Nama Posisi Pemain Sepak Bola Beserta Tugasnya

posisi pemain sepakbola
posisi pemain sepakbola

Nama posisi pemain sepak bola beserta tugasnya – Dalam dunia olahraga permainan bola besar, mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya sepak bola. Dalam peraturan permainan sepak bola, jumlah formasi pemain adalah 11 orang. Oleh karenanya, banyak juga yang menyebut kesebelasan. Di dalam sejarah sepak bola, ada banyak macam nama posisi pemain dalam permainan sepak bola tersendiri.

Nama-nama Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

posisi pemain sepak bola
posisi pemain sepak bola dan tugasnya

Secara umum, nama-nama posisi pemain dalam permainan sepak bola terdiri dari kiper, bek, gelandang dan juga penyerang. Masing-masing posisi tentu memiliki tugas masing-masing. Hal ini sangat penting untuk dipahami semua tim. Karena berkaitan dengan strategi penyerangan dan pertahanan.

Umumnya kiper dan kesepuluh pemain yang memiliki posisi dan tugasnya masing-masing di lapangan sepak bola. Misalnya saja kiper, posisinya di area gawang untuk menjaga gawang tim dari masuknya bola lawan. Gawang saja dijagain, apalagi hati kita euy.

1. Goal Keeper atau Posisi Penjaga Gawang

posisi pemain sepak bola
posisi pemain sepak bola

Kiper atau penjaga gawang merupakan pemain dalam sepak bola yang posisinya berada di barisan pertama. Biasanya yang paling khas dari penjaga gawang atau kiper ini adalah sarung tangan dan kostumnya yang berbeda dari kesepuluh pemain lainnya.

Posisi ini memiliki keistimewaan dibandingkan yang lain, yaitu dapat menyentuh bola dengan tangan. Eits, tapi terkhusus di area penaltinya sendiri ya, hehehe.

Kiper juga merupakan seorang yang berada di lapisan pertahanan terakhir dalam sebuah tim. Yang berarti juga menjadi orang pertama dalam suatu serangan. Tak jarang juga, seorang kiper memiliki perawakan tinggi dan besar.

Selain itu, seorang kiper diharuskan memiliki insting yang kuat, refleks yang sempurna, juga kecepatan dan kelincahan yang tinggi. Penjaga gawang pun harus memiliki tendangan yang kuat untuk melempar dan menggerakkan bola ke arah pemain satu tim.

Adapun tugas dari penjaga gawang adalah berikut:
  • Saving atau menyelamatkan gawang dari kebobolan, merupakan suatu tindakan untuk menghindari atau mencegah terjadinya gol dengan melakukan berbagai usaha. Contohnya menepis, menangkap serta menyundul bola.
  • Clearing atau membersihkan adalah suatu usaha untuk menjaga bola supaya jauh dari area yang berbahaya.
  • Mengarahkan pertahanan yang merupakan pemain paling belakang. Seorang kiper dapat mengarahkan para bek untuk memposisikan diri.
  • Mendistribusikan bola merupakan keputusan kiper untuk menendang bola atau membuang bola setelah melakukan saving sebelumnya.

2. Posisi Striker atau Pemain Penyerang Sepak bola

pemain penyerang dalam permainan sepak bola disebut
pemain penyerang dalam permainan sepak bola disebut

Nama posisi pemain sepak bola beserta tugasnya berikutnya adalah Striker. Striker atau penyerang merupakan posisi pemain sepak bola yang biasanya berada paling dekat dengan gawang lawan. Dikenal juga sebagai forward yang bertugas untuk menciptakan gol. Ada banyak contoh pemain striker terbaik dalam sejarah sepak bola yang bisa kamu ketahui di media-media.

Dalam permainan sepak bola, terdapat tiga hal utama yang dibutuhkan oleh penyerang yaitu teknik, kecepatan dan bakat. Baca juga tentang teknik dasar permainan sepak bola. Ketiganya adalah kelengkapan yang harus dimiliki untuk menjadi pemain handal.

Selain itu, dibutuhkan naluri dan konsentrasi yang tajam. Kalau bahasa milineal nya adalah peka hehe. Sesaat setelah permainan dimulai, berbeda dengan bek maupun gelandang, penyerang tidak harus melakukan banyak gerakan.

Namun saat diberi umpan bola, penyerang diharuskan mencetak gol. Adapun untuk pembagian tugas dan posisi penyerang adalah sebagaimana berikut ini:

Posisi Center-Forward (Pemain Penyerang Tengah Sepak Bola)

penyerang tengah dalam permainan sepak bola
penyerang tengah dalam permainan sepak bola

Berada di dekat gawang lawan dan bertugas menyerang serta mencetak gol. Adapun perannya adalah menciptakan gol dari umpan bola oleh rekan sesama tim. Selain itu, juga memberi ruang pada gelandang serang dan pemain sayap saat mengalihkan perhatian pertahanan lawan.

Posisi Wings-Forward (Pemain Penyerang Sayap Sepak Bola)

penyerang sayap dalam permainan sepak bola
penyerang sayap dalam permainan sepak bola

Juga dikenal dengan istilah withdrawn striker atau second striker. Merupakan penyerang yang ditarik ke belakang untuk melakukan pergerakan menyerang. Tugasnya juga mencetak gol serta membantu menyerang dari sektor sayap atau samping lapangan.

3. Midfielder atau Pemain Gelandang Sepak bola

gelandang
posisi sepak bola sebagai gelandang

Seorang gelandang atau midfielder merupakan pemain yang posisinya berada di antara para bek dan penyerang. Secara umum, tugas nama posisi pemain sepak bola ini ialah menghubungkan antara bek dan penyerang. Hal ini dilakukan untuk mencegah serangan lawan untuk mencapai pertahanan.

Selain itu, gelandang juga bertugas menggiring bola ke depan untuk diberikan pada penyerang saat tim berada dalam mode serangan.

Bagi pemain di posisi gelandang, umumnya merupakan yang paling banyak memakai tenaga. Hal ini karena jarak yang mereka tempuh dalam permainan cukup jauh.

Berikut divisi dari posisi gelandang dalam permainan sepak bola beserta penjelasannya:

Posisi Defending Mindfielder (Pemain Gelandang Bertahan Sepak Bola)

gelandang bertahan
posisi sepak bola sebagai gelandang bertahan

Disingkat menjadi DM. Posisi ini merupakan pemain yang berada di belakang garis pertahanan dan di depan pembela. Tugas dari posisi ini adalah untuk mencegah bola mencapai garis pertahanan. Sehingga, bola dari arah lawan tidak akan masuk ke gawang tim.

Posisi Center Midfielder (Pemain Gelandang Tengah Sepak Bola)

gelandang tengah
posisi sepak bola sebagai gelandang tengah

Merupakan pemain yang ditempatkan di tengah lapangan dengan tugas utamanya menjaga sektor tengah, mengatur ritme permainan, membantu pertahanan tengah dan sayap, membuat peluang gol untuk penyerang serta menghentikan serangan lawan.

Posisi Attacking Midfielder (Pemain Gelandang Serang Sepak Bola)

gelandang serang
posisi sepak bola sebagai gelandang serang

Merupakan pemain yang diharuskan memiliki kemampuan mengendalikan bola yang baik. Gelandang serang umumnya merupakan otak dari sebuah kesebelasan tim. Ia diharuskan terampil dalam menciptakan pola strategis. Sehingga, tim berhasil memperoleh kemenangan.

Posisi Winger (Pemain Gelandang Sayap Sepak Bola)

gelandang sayap
posisi sepak bola sebagai gelandang sayap

Sebenarnya peran dari gelandang sayap hampir serupa dengan gelandang serang. Bedanya hanya terletak pada tugas di wilayah sisi lapangan, baik kanan ataupun kiri. Gelandang sayap termasuk ke dalam nama-nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya pada formasi 4-3-3.

4. Pemain Bertahan (Defender) atau Bek/Back

pemain bertahan dalam permainan sepak bola
pemain bertahan dalam permainan sepak bola

Nama posisi berikutnya adalah defender atau bek yang menempati posisi di belakang serta berperan membantu kiper untuk mencegah gol dari tim lawan. Ada banyak sekali pemain bek terbaik dalam dunia sepak bola yang bisa kamu pelajari cara bermainnya. Adapun 4 macam posisi defensif atau defender tersebut adalah:

Posisi Center Back (Pemain Bek Tengah Sepak bola)

bek tengah
posisi pemain bola sebagai bek tengah

Merupakan 2 orang pemain belakang yang posisinya berada di tengah. Tugasnya adalah menjaga daerah tengah pertahanan. Umumnya bek tengah diharuskan memiliki skill menyundul yang apik. Gunanya adalah untuk membantu mencegah serangan saat terjadi tendangan bebas.

Posisi Wings Back (Pemain Bek Sayap Sepak Bola)

bek sayap
posisi pemain bola sebagai bek sayap

Bek sayap merupakan 2 orang pemain yang berada di sisi kanan dan kiri lapangan paling belakang. Tugasnya menjaga daerah pertahanan sayap dan sekali-kali bertugas untuk maju menyerang saat mode serang.

Dari 11 nama posisi pemain dalam permainan sepak bola di atas, bek sayap merupakan pemain yang membutuhkan fisik dan tenaga paling kuat. Karena tugasnya 2 kali lebih banyak dibanding posisi pemain lainnya.

Dari posisi-posisi yang ada tersebut, akhirnya menghasilkan suatu formasi sepak bola. Misalnya komposisi nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya sesuai dengan formasi 4-2-2. Bahkan tidak jarang ada formasi 5 pemain bek sepak bola yang bertugas sebagai sweeper.

Tugas utamanya adalah mendeteksi serangan, mengawasi hingga merebut bola. Hanya saja, di dunia modern seperti sekarang ini posisi tersebut sudah jarang digunakan.

Beberapa nama posisi pemain sepak bola dan tugasnya di atas wajib dipahami oleh masing-masing tim. Dan yang tidak kalah penting lagi adalah memahami detail tugas masing-masing. Sehingga, benar-benar menghasilkan kemenangan dalam pertandingan. Baca juga tugas wasit sepak bola.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri