Materi Permainan Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, Jenis, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya

Bola Tangan
Bola Tangan

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Permainan bola tangan – Pada hakikatnya, olahraga ini hampir sama dengan sepak bola. Hanya saja cara memainkannya berbeda, yakni dengan menggunakan tangan. Selain itu, dari segi jumlah anggota juga lebih sedikit. Bola tangan dimainkan secara beregu yang terdiri dari 7 pemain inti dan cadangan. Saling berlawanan antara satu dengan lainnya.

Pengertian Permainan Bola Tangan

pengertian bola tangan
pengertian bola tangan

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Apa pengertiannya dan bagaimana para ahli mendefinisikannya. Menurut Haris, permainan ini memegang prinsip olahraga pada umumnya. Yaitu permainan tim dengan menggunakan tangan.

Hasilnya (menang atau kalah) ditentukan oleh banyaknya goal, disebut sebagai gabungan sepak bola dan basket. Sedangkan menurut Mahendra adalah gerak dasar agar kecepatan gerak dan kekuatan bisa terbentuk, terkoordinasi secara kolektif. Gerakannya serupa dengan basket yaitu mengubah arah, melompat, berlari cepat, melempar dan bergerak eksplosif.

Menurut Lutan, bola tangan adalah permainan berirama cepat dan melibatkan dua tim. Berbeda dengan olahraga voli, masing-masing team olahraga ini terdiri dari 7 anggota yang memiliki tugas berbeda. Seperti menangkap, melempar, mengoper dan mendrible bola dengan tangan sambil terus berusaha agar dapat menciptakan goal.

Siapa yang poinnya paling banyak dialah yang menang. Terdiri dari dua babak dengan jangka waktu 30 menit dan istirahat 10 menit.

Sejarah Permainan Bola Tangan

sejarah bola tangan
sejarah bola tangan

Berdasarkan catatan yang telah ditemukan, olahraga ini pertama kali ada sejak zaman Yunani dengan nama Urania, yaitu pada tahun 130-200 masehi. Peraturan dan cara bermainnya sedikit berbeda dibanding yang Anda ketahui saat ini. Lalu dibawa oleh oleh Walther Von Der Vogelweide dan berkembang di Jerman hingga abad ke 11.

Tersebar sangat pesat hingga ke Amerika dan Eropa. Sedangkan pada abad ke 14 dimainkan di Perancis dan Denmark. Mengalami perubahan pada aturannya di abad ke 19, yang mana harus dimainkan oleh 7 orang. Beberapa tokoh penggagasnya adalah Dr. Karl Schelenz dan Hirschman dan dikenal sebagai bapak bola tangan modern.

Berkat keduanya juga, olahraga ini bisa tersebar ke berbagai penjuru dunia. Serta banyak kompetisi resmi yang diselenggarakan, hingga pada akhirnya didirikan IHF (International Handball Federation) tahun 1946 sebagai organisasi dunia. Pernah mengadakan pertandingan pada tahun 1954 dengan 160 negara peserta.

Jenis-Jenis Bola Tangan

jenis permainan bola tangan
jenis permainan bola tangan

Pada umumnya, ada 3 jenis permainan bola tangan, yaitu :

  • Hand Ball Gabungan yang menggunakan peraturan indoor handball tapi dilakukan di lapangan terbuka.
  • Indoor Hand Ball yaitu dimainkan oleh 7 pemain di tempat yang tertutup.
  • Outdoor Hand Ball yang dimainkan oleh 11 pemain di lapangan yang terbuka.

Ada beberapa macam ukuran bola pada permainan ini. Yaitu bola dengan berat 425-475 gram untuk putra yang berusia 16 tahun ke atas. Sedangkan berat 325-375 gram untuk putri dengan usia 1 tahun ke atas. Terakhir berat 290-330 gram untuk remaja putra dan putri di bawah usia di atas. Nah untuk ukuran lapangan, panjangnya 40 meter dengan lebar 20 meter.

Peraturan Permainan Bola Tangan

peraturan permainan bola tangan
peraturan permainan bola tangan

Setiap jenis olahraga, termasuk salah satu contoh permainan bola besar ini pasti memiliki aturannya masing-masing. Tak terkecuali hand ball ini. Walaupun mirip dengan sepak bola, Anda tetap harus menyimak beberapa poin di bawah ini :

1. Cara Memainkan Bola

Yaitu :

  • Bola tidak boleh disentuh dengan anggota tubuh selain badan, paha, lutut, kepala dan tangan.
  • Setelah tiga langkah pemain, bola harus dipantulkan tidak boleh dibawa terus menerus.
  • Batas waktu menahan bola adalah 3 detik.

2. Aturan Bermain di dekat Gawang

  • Bola yang ada di dekat gawang menjadi hak penjaga gawang.
  • Bagi pemain bertahan yang memasuki daerah gawang maka akan ada hukuman lemparan 14 meter.
  • Penjaga gawang bisa bergerak bebas ketika di daerahnya.

3. Mengambalikan Bola ke Area Gawang

  • Ketika membawa bola di area gawang, maka pemain harus berjalan.
  • Bola boleh dilempar ketika memasuki gawang.
  • Lemparan sudut dilakukan apabila bola sudah keluar.
  • Dilarang menahan bola lebih dari 3 detik.

4. Peraturan Penjaga Gawang

  • Boleh melempar bola dengan cara apapun.
  • Bola dilarang dibawa keluar gawang oleh penjaga.
  • Boleh membawa bola di area gawang dengan berjalan.
  • Sanksi diberikan apabila penjaga menahan bola lebih dari 3 detik.

5. Aturan Terjadinya Gol

  • Pemain harus kembali ke tempat semula setelah terjadinya gol.
  • Apabila bola melewati garis gawang maka dikatakan gol.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa permainan hand ball hanya diperbolehkan menggunakan tangan. Tidak boleh dengan kaki, apabila pemain sedang memegang bola maka dia tidak boleh berlari atau berjalan. Sedangkan yang tidak, harus mengambil posisi yang tepat. Bagaimana sampai sini sudah cukup jelas kan?

Manfaat Olahraga Bola Tangan Bagi Kesehatan

manfaat olahraga bola tangan
manfaat olahraga bola tangan

Walaupun di Indonesia olahraga ini dibilang belum populer tapi Anda bisa mencobanya jika ingin. Karena memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini :

1. Membuat Organ Tubuh Bekerja Secara Keseluruhan

Karena membutuhkan gerakan yang beragam maka seluruh anggota tubuh otomatis turut bergerak. Seperti berbalik, memukul bola, berlari dan lain-lain. Sehingga membentuk kekuatan otot bekerja.

2. Meningkatkan Ketahanan Kardiovaskular

Memiliki panjang 40 meter dan lebar 20 meter membuat pemain mampu berlari selama 60 menit permainan. Sehingga aktivitas jantung dan ketahanan aerobik menjadi meningkat.

3. Mengembangkan Kecerdasan

Karena permainan hand ball membutuhkan koordinasi dan strategi yang baik agar bisa menciptakan gol.maka secara tidak langsung pemainnya memiliki kecerdasan yang tinggi. Kerjasama antara fisik dan otak sangat dibutuhkan.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Tubuh dengan kardiovaskular yang baik, maka cadangan oksigennya menjadi lebih banyak untuk otot. Apalagi gerakan berlari yang membuat jantung bergerak secara aktif. Sehingga terlatih dengan baik dan terhindar dari resiko berbagai macam penyakit.

5. Menjaga Tubuh agar Tetap Fit

Karena bisa dilakukan semua usia. Maka olahraga ini sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, khususnya orang yang sudah lanjut usia.

6. Mampu Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Fokus

Tahukah Anda bahwa untuk menjadi sukses dibutuhkan 5% fisik dan 95% mental. Olahraga hand ball yang mengandalkan strategi yang tepat membuat Anda lebih fokus dalam melakukan segala hal. Sehingga semua kegiatan berjalan dengan lancar. Anda juga akan lebih percaya diri karena secara tidak langsung postur tubuh akan terbentuk.

7. Mampu Membakar Lemak dan Kalori

University of Utah sudah melakukan penelitian yang mana hand ball sangat bermanfaat untuk membakar kalori dibandingkan dengan bulu tangkis. Sehingga oksigen bisa masuk dan ventilation menjadi lebih tinggi.

8. Meningkatkan Koordinasi Tangan dan Mata

Belajar untuk mengantisipasi dimana bola akan jatuh akan meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Sehingga Anda menjadi lebih tanggap dan tangkas.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk melakukan olahraga bola tangan bersama teman-teman. Di beberapa daerah sering menggunaka permainan bola tangan ini sebagai acara pengisi kemerdekaan loh.