Teknik Dasar Permainan Bola Basket beserta Penjelasannya [Lengkap]

Teknik dasar permainan bola basket yang harus kamu ketahui mulai teknik memegang bola basket, mengoper, menangkap, menggiring, pivot, menembak, rebound dan teknik screen. Yuk simak penjelasannya satu per satu di bawah ini secara lengkap.

Permainan bola basket atau yang juga dikenal dengan nama basket ball ialah permainan yang dimainkan oleh dua regu putri maupun putra. Permainan atau olahraga ini dilakukan dengan aturan tertentu. Sehingga, setiap pemain harus mengetahui teknik dasar permainan bola basket.

Rincian Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang Benar

teknik dasar permainan bola basket
teknik dasar permainan bola basket

Semua jenis olahraga yang pasti memiliki teknik tersendiri untuk memainkannya, begitu juga dengan bola basket. Tiap regu harus terdiri dari 5 orang pemain. Gak usah banyak-banyak ya, ini olahraga bukan tawuran, hehe. Berikut adalah rincian lengkap tentang teknik dasar permainan bola basket.

1. Teknik Memegang Bola Basket

cara memegang bola basket
cara memegang bola basket

Teknik paling dasar yang harus Sobat kuasai adalah teknik memegang bola secara baik dan benar. Teknik ini bertujuan agar bola tidak mudah lepas dari tangan selama permainan berlangsung, kayak pacar aja nih gampang lepas hufft.

Pertama, sikap awal tangan harus membentuk sebuah mangkuk besar. Sementara bola harus berada di antara kedua telapak tangan. Dan bagian telapak tangan melekat di samping bola dan sedikit ke belakang.

Pastikan jari-jari tangan melekat dengan memberikan jarak antar jari. Kemudian letakkan ibu jari pada bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Posisi yang benar akan memudahkan dalam bermain basket.

2. Teknik Mengoper Bola Basket

cara mengoper bola basket
cara mengoper bola basket

Teknik permainan bola basket profesional selanjutnya adalah teknik mengoper bola atau yang disebut passing. Teknik ini harus dikuasai agar kerjasama dalam tim dapat berjalan dengan lancar. Passing dapat dilakukan dengan satu maupun dua tangan.
Terdapat beberapa teknik passing yang berbeda yaitu :

Chest Pass

chest pass dalam bola basket
chest pass dalam bola basket

Chest pass adalah teknik mengumpan bola yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Bola dipegang menggunakkan ujung jari dari kedua tangan. Ingat yang dipegang bola bukan tangan aku, hehe.

Ketika akan melemparkan bola, kedua lengan diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke bagian bawah bola. Bola yang diumpan secara chest pass harus lurus dan tidak boleh melambung atau mengarah ke bawah, bukan bawah kolong jembatan hehe.

Bounce Pass

Bounce Pass dalam bola basket
Bounce Pass dalam bola basket

Bounce pass adalah teknik mengoper dengan mendorong bola ke arah bawah dan memantulkan bola tersebut ke lantai, bukan ke pantai, hoho. Saat melakukan bounce pass, Sobat tidak dapat melakukannya dalam jarak dekat.

Overhead Pass

overhead pass dalam bola basket
overhead pass dalam bola basket

Sesuai dengan namanya, overhead pass adalah teknik mengoper dengan tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat. Passing dengan teknik ini dapat membuat lawan terkecoh karena dilakukan di atas kepala.

Back Pass

back pass dalam bola basket
back pass dalam bola basket

Teknik dasar operan permainan bola basket ini dapat dilakukan apabila penerima berada dekat dengan Sobat. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari posisi arah belakang punggung. Teknik cukup mudah untuk dilakukan.

Under Pass

under pass dalam bola basket
under pass dalam bola basket

Under Pass dilakukan dengan cara mengoper bola pada jarak sepinggang dan diarahkan lurus kepada penerima. Jangan diarahkan ke wasit ya guys, haha. Sobat memerlukan tenaga yang lebih untuk melakukan teknik ini.

3. Teknik Menangkap Bola Basket

cara menangkap bola basket
cara menangkap bola basket

Setelah sobat belajar mengoper bola, teknik dasar permainan bola basket yang harus dikuasai selanjutnya adalah teknik menangkap bola. Bukan menangkap nyamuk hehe. Menangkap bola dapat dilakukan dengan satu maupun dua tangan.

Saat ingin menangkap bola, pemain fokus dan pastikan bola berada pada telapak tangan sambil merentangkan jari-jari tangan. Menangkap bola juga dapat dilakukan di atas kepala dan di depan dada.

4. Teknik Menggiring Bola Basket

cara menggiring bola basket
cara menggiring bola basket

Setelah menguasai teknik memegang dan mengoper bola. Teknik selanjutnya adalah menggiring bola atau dribbling. Dribbling dilakukan dengan cara memantulkan bola pada telapak tangan sambil berlari atau diam. Berikut beberapa teknik menggiring bola.

Teknik Dribble Rendah

teknik drible rendah bola basket
teknik drible rendah bola basket

Teknik Dribble Rendah akan membuat lawan sulit merebut bola. Sehingga, cocok digunakkan untuk menerobos area pertahanan lawan. Saat melakukan dribble rendah, kaki hanya dibuka selebar bahu. Jangan lebar-lebar nanti ngilu, hehehe.

Jika Sobat menggiring dengan tangan kanan, maka kaki kiri harus berada di depan. Begitu pula sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk melindungi bola dari incaran lawan. Perhatikan juga tinggi pantulan bola.

Teknik Dribble Tinggi

teknik drible tinggi bola basket
teknik drible tinggi bola basket

Dribble tinggi digunakkan saat berada jauh dari penjagaan lawan. Pada dribble tinggi, kaki dibuka sejajar. Jika Sobat menggunakan tangan kanan, maka bola dipantul-pantulkan di samping kanan depan, begitu pula sebaliknya. Jangan pakek dua tangan ya Sob, hehe.

Seperti pada dribble rendah, pastikan tubuh tidak terlalu tegap, melainkan sedikit condong ke depan. Teknik dribble di atas merupakan teknik untuk pemula. Jika Sobat telah menguasai kedua teknik tersebut, maka dapat mempelajari teknik dribble lanjutan.

5. Teknik Pivot (Cara Berputar)

pivot basket
pivot basket

Kegunaan teknik dasar permainan bola basket ini dipakai untuk mengelabuhi lawan. Teknik Pivot adalah sebuah teknik dengan cara memutar badan yang bertumpu pada kaki sebagai poros. Bukan ballet ini guys, hehe.

Jika poros bergeser, maka pivot gagal dilakukan dan terjadi pelanggaran. Saat melakukan pivot, Sobat harus menjaga bola dengan kuat agar tidak direbut lawan. Dalam hal ini, pemain dapat menggunakan badan untuk menjaga bola tesebut.

6. Teknik Menembak (Shooting) Bola Basket

teknik shooting bola basket
teknik shooting bola basket

Mendapatkan poin sangatlah penting dalam permainan bola basket. Pasang posisi kuda-kuda yang baik sebelum menembak. Jika akan menembak dengan tangan kanan, maka kaki kanan harus berada di depan. Macam-macam cara untuk melakukan shooting, yaitu:

Free Throw

free throw
free throw

Dalam melakukan lemparan ini, posisi harus berdiri dengan dua kaki sejajar dengan bahu. Pada saat ingin menembak, tekuklah lutut sedikit dan lepaskan bola dengan jari tangan mengarah ke depan.

Jump Shot

Jump Shot
Jump Shot

Posisi yang diambil hampir sama dengan free throw. Namun, saat shooting akan dilakukan, badan harus melompat dan mengangkat bola ke atas kepala secara bersamaan. Agar kekuatan shooting bisa maksimal.

Lay Up

lay up adalah
lay up adalah

Lay Up dilakukan dari arah samping kiri maupun kanan. Kunci utama dalam lay-up adalah ketepatan kaki. Sebab, lay up hanya dilakukan dalam tiga hitungan. Jangan lama-lama nanti diambil orang, hehe.

7. Teknik Rebound Bola Basket

teknik rebound bola basket
teknik rebound bola basket

Teknik rebound bertujuan untuk menguasai kembali bola basket yang gagal masuk ke dalam ring. Jenis teknik dasar permainan bola basket ini terdiri atas dua jenis rebound, yaitu defensive rebound dan offensive rebound. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda.

Tujuan defensive rebound untuk merebut kembali bola yang gagal dimasukkan oleh lawan. Sedangkan tujuan rebound offensive adalah untuk memasukkan kembali bola yang gagal dimasukkan teman ke ring lawan. Kalau tetep gak masuk bawa pulang aja ringnya, hehehe.

8. Teknik Screen

teknik screen bola basket
teknik screen bola basket

Screen digunakan untuk membebaskan pemain lain agar dapat melakukan shooting atau passing yang lebih terbuka. Teknik dasar permainan bola basket ini dapat digunakan untuk melawan pertahanan man-to-man pemain lawan. Bukan screen layar tancap ya.

Beberapa contoh teknik dasar dalam permainan bola basket dan cara bermain bola basket di atas sangat perlu Sobat ketahui. Terutama bagi yang baru akan memulainya.

Leave a Comment