Asal Mula Sejarah Permainan Tenis Meja Lengkap

Sejarah permainan tenis meja – “Bakso bulat seperti bola ping pong…” Kamu pasti tahu kan, penggalan lagu anak-anak tersebut? Eits, kali ini bukan mau membahas baksonya, namun yang mau dibahas adalah ping pong terkusus kita akan bahas mengenai sejarah tenis meja. Hal apa yang kalian ketahui tentang permainan ini, selain dari permainan ini menggunakan lapangan menyerupai meja? Bolanya yang bulat menyerupai bakso? Hehe

Oke. Rasa-rasanya tidak ada yang tidak tahu permainan Tenis Meja. Permainan Tenis Meja dimainkan oleh siapa pun, di hampir seluruh belahan dunia mana pun. Kamu sendiri pun barangkali juga pernah memainkan permainan Tenis Meja. Hayoo, kira-kira kapan terakhir kali kamu bermain Tenis Meja? Atau Tenis Meja justru buat kamu sudah menjadi hobi?

Permainan Tenis Meja, saat ini sudah menjadi suatu cabang olahraga yang banyak sekali diperlombakan. Perlombaan Tenis Meja bahkan sudah sampai ada kategori tingkat dunia, yaitu perlombaan Tenis Meja dengan mempertemukan atlet-atlet antar Negara. Saking terkenalnya, sampai-sampai pemandangan orang yang bermain Tenis Meja banyak sekali kita jumpai. Hal ini tidak lain karena orang-orang banyak yang menyukai permainan ini.

Sekalipun saat ini permainan Tenis Meja sangat digemari oleh banyak orang, dan merupakan cabang olahraga yang kerap diperlombakan, namun di antara kita belum banyak yang mengetahui tentang sejarah tenis meja ini. Keberadaan setiap permainan olahraga tentu tidak ada secara tiba-tiba. Setiap jenis permainan yang ada saat ini, tentu memiliki asal-usul atau ada sejarahnya. Termasuk permainan Tenis Meja yang sejak tadi kita bahas.

Oleh karena itu sebelum kita bahas mengenai teknik dasar permainan tenis meja dan peraturan permainan tenis meja dll. Ada baiknya kita mengetahui sejarah tenis meja lengkap dari a-z sebagai berikut.

Sejarah Tenis Meja Lengkap

sejarah tenis meja
sejarah tenis meja

Sebetulnya bagaimana sih sejarah permainan tenis meja itu sendiri? Orang-orang di belahan dunia mana yang pertama kali memainkannya? Nah, dari pada tambah penasaran, yuk kita tarik ke belakang, menengok dan mencari tahu sejarah permainan tenis meja pertama kali mulai dimainkan itu bagaimana? Oh ya, mencaritahunya kita akan menggunakan bantuan buku yang berjudul “Ensiklopedia Tenis Meja”, susunan Hetti Restianti yang diterbitkan oleh penerbit PT. Multi Kreasi (Cetakan Januari 2011). Berikut ini sejarah tenis meja singkat, yang dirangkum dari buku yang disusun Hetti Restianti.

Cikal Bakal dari Sejarah Tenis Meja Singkat

sejarah tenis meja singkat
sejarah tenis meja singkat

Permainan tenis ternyata merupakan olahraga yang sudah sangat tua lho. Hal ini terekam pada pahatan yang dibuat sekitar 1500 tahun sebelum masehi di dinding sebuah kuil di Mesir, yang menunjukkan representasi dari permainan bola tenis, dan dimainkan pada saat upacara keagamaan. Permainan ini kemudian meluas ke seluruh daratan Eropa pada abad ke-8.

Pada awal perkembangannya, sebagaimana yang diterangkan Hetti (2011), tenis dimainkan dengan menggunakan tangan atau tongkat yang dipukulkan secara bergantian pada sebuah bola yang terbuat dari kayu yang padat. Permaianan ini kemudian berkembang lagi menjadi permainan yang dimainkan dengan cara memukul bola hingga melintasi sebuah dinding penghalang. Karena pada saat itu dirasakan bahwa kontrol bola lebih terasa menggunakan tangan, maka media yang berkembang pada waktu itu adalah dengan menggunakan sarung tangan kulit yang kemudian berkembang dengan menambahkan gagang. Inilah cikal bakal lahirnya sebuah raket tenis. Bola pun mengalangi perkembangan dari sebuah bola kayu padat menjadi bola dari kulit yang diisi dengan dedak kulit padi.

Olahraga ini sangat berkembang di Perancis. Pada abad ke 16 s. d 18, olahraga ini mulai banyak digandrungi terutama oleh kalangan raja dan bangsawan. Saat itu olahraga ini dikenal dengan nama Jeu de Pelme atau olahraga kepalan tangan. Kata tenis sendiri dipercaya berasal dari pemain Perancis yang sering menyebut kata tenez yang artinya “main”, pada saat akan memulai permainan dan hingga sekarang kata tersebut dipakai sebagai nama olahraga ini.

Nah, itu merupakan cikal bakal Tenis Meja. Jadi, jika dilihat dari sejarah tenis meja merupakan inovasi atau pengembangan dari permaianan tenis dengan menggunakan alat pukul raket, dan saat itu belum menggunakan lapangan berbentuk meja. Nanti selanjutnya akan dibahas, bagaimana mulanya peralihan permainan tenis lapangan menjadi tenis meja, yang pada mulanya dianggap sebagai permainan yang lucu. Yang mana saat ini kamu bisa lihat ukuran lapangan tenis meja lebih detail di sini.

Asal Mula Sejarah Permainan Tenis Meja

asal mula permainan tenis meja
asal mula sejarah permainan tenis meja

Oke, awal mula permainan tenis meja muncul memang dianggap sebagai permainan yang lucu bahkan kurang menarik. Karena mulanya seorang gadis dan seorang pemuda memukul bola plastik kecil melintas di atas net (yang selanjutnya disebut ping pong). Pada perkembangan selanjutnya, dari hasil latihan sampai terampil dalam bermain ping pong, itu dapatlah ditentukan bahwa tubuh merupakan subjek yang harus melewati latihan khusus dan intensif, serta harus mampu memukul bola lebih dari 100 Mph dan harus dapat menguasai bola itu sendiri.

Dalam sejarah pertandingan tenis meja diselenggarakan di London tahun 1926, yang merupakan kompetisi antara 7 negara dan selanjutnya diikuti oleh 34 negara. Pada tahun 1930, Inggris mampu mendapat unggulan, yakni Fred Derry yang memenangi kejuaraan tunggal Wimbolden pada tahun 1928-1929. Sukses yang diperoleh Eropa Timur, membuat nama Victor Barna dan Richard Bergmann menjadi tokoh legendaris. Barna sendiri menjadi raja Tenis Meja selama 16 tahun dalam nomor tunggal dan ganda.

Sebagai tambahan wawasan kita tentang sejarah tenis meja, berikut rangkuman urutan tahun bersejarah yang menyertai olahraga tenis meja. Susunan sejarah tenis meja ini dikumpulkan oleh Ron Crayden dalam buku (The First 100 Years): The Story of Table Tennis.

  • 1880 : Adaptasi tenis rumput (lawn tennis) ke meja makan dengan peralatan seadanya. Permainan ini dimainkan oleh kaum Victorian/bangsawan setelah acara makan malam. Dahulu dikenal pula nama Pingpong.
  • 1890 : Beberapa hak paten yang berkaitan dengan tenis meja terdaftar di Inggris dan Amerika Serikat. Misalnya, produk perlengkapan tenis rumput dan tenis meja bermerk Gossima.
  • 1900 : Pengenalan bola seluloid untuk menggantikan bola karet dan gabus. Bola berbahan seluloid lebih baik daripada karet gabus.
  • 1901 : Table Tennis Association dan Pingpong Association didirikan di Inggris tahun 1903; tidak lama kemudian kedua organisasi ini bergabung. Pada tahun yang sama, kedua organisasi tenis meja ini menerbitkan buku pertama tentang permainan tenis meja di Inggris. Adapun di Cina, tenis meja dipopulerkan oleh orang Barat.
  • 1904 : Nama olahraga pingpong makin terkenal di wilayah Eropa Timur.
  • 1922 : Walaupun aturan main tenis meja belum terlalu popular, permainan ini terus mencapai puncak kejayaan di Eropa. Masyarakat pencinta tenis meja membuat peraturan permainan standar versi Inggris.
  • 1926 : Federasi Tenis Meja Internasional (ITTF) atau International Table Tennis Federation (ITTF) didirikan di Berlin, Jerman. Kejuaraan dunia pertama atau World Championship diadakan di London, Inggris. Sejak itu, semua aturan permainan tenis meja menggunakan standar ITTF. Ivor Montagu dari Inggris terpilih sebagai Presiden I ITTF.

Ternyata menarik sekali yah, sejarah tenis meja. Mulai dari perkembangan awal hingga perkembangannya yang seperti saat ini, tenis meja selalu menjadi olahraga yang digemari oleh banyak orang. Nah itulah awal mula dari sejarah permainan tenis meja yang bisa kamu ketahui. Jangan lupa untuk terus belajar ya.

Tinggalkan komentar