√ Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Apa itu teks ulasan? Berikut adalah penjelasan lengkap mulai dari pengertian teks ulasan, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan dan contoh teks ulasan. Tujuan teks ulasan adalah untuk menilai suatu karya tulis ilmiah seperti buku, Namun tidak hanya buku saja. Teks ulasan juga dapat dibuat untuk karya-karya lain seperti artikel, karya sastra (cerpen, novel, drama, dan puisi), serta karya seni (musik, tari, kriya, lukis, pertunjukan, dan film).

Sebagai insan akademik tentu kita harus membaca karya ilmiah, salah satunya adalah buku. Tapi bukan buku yang mengandung percintaan ya, sebaiknya kamu membaca buku-buku yang bermanfaat untuk pendidikan. Misalnya artikel ilmiah atau proposal penelitian tertentu. Setelah membaca buku itu, barulah kamu bisa membuat review atau teks ulasan yang isinya membahas kembali isi buku tersebut.

Pada umumnya ulasan dibuat dalam bentuk artikel, misalnya ulasan dari buku, resensi dan lain sebagainya. Atau bisa juga dibuat dari jenis buku lainnya seperti novel, drama, puisi, musik, lukis, karya pertujukkan dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan ulasan ini bisa kamu buat dari sebuah peristiwa atau kejadian. Contohnya kejadian yang lagi viral saat ini, bisa dibuat menjadi ulasan.

Oke, sebagai pemanasan untuk mengenal apa itu teks ulasan? Yuk simak pengertian teks ulasan yang ada dibawah ini.

Pengertian Teks Ulasan

pengertian teks ulasan
pengertian teks ulasan

Membahas tentang pengertian teks ulasan, pasti kalian sering di hadapkan dengan pertanyaan seperti ini ya, Jelaskan pengertian teks ulasan? Apa pengertian dari teks ulasan? Apa maksud dari teks ulasan? dan lain sebagainya. iya kan hehe….

Pada dasarnya pengertian dari teks ulasan adalah sebuah teks yang di dalamnya terdapat ulasan, penilaian atau review terhadap sebuah karya baik yang berupa tulisan, film, drama, atau buku. Teks ini juga biasa disebut sebagai resensi dari sebuah karya tertentu. Pada saat kamu sedang mengulas sebuah karya, maka kamu bisa bersikap kritis demi kemajuan kemajuan dari karya yang diulas tersebut.

Secara umum ulasan dibuat dalam bentuk artikel, sehingga teks jenis ulasan ini biasa disebut sebagai artikel ulasan. Jadi, bisa dikatakan bahwa pengertian teks ulasan adalah teks yang fungsinya untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik pada sebuah karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

Nah setelah membaca penjelasan diatas, kamu sudah tahukan apa itu teks ulasan? Namun, jangan hanya tahu soal pengertian teks ulasan saja kawan. Kamu juga harus tahu apa saja tujuan teks ulasan yang ada dibawah ini.

Tujuan Teks ulasan

Membicarakan tentang apa tujuan teks ulasan? Maka seperti yang telah kamu simak dalam pengertian teks ulasan di atas, bahwa teks ulasan memiliki beberapa tujuan yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasan selengkapnya.

[su_box title=”Apa tujuan penulisan teks ulasan?” box_color=”#020202″]

  1. Menunjukkan pandangan atau penilaian dari sisi penulis resensi terhadap suatu karya.
  2. Memberikan sebuah informasi kepada khalayak umum mengenai kelayakan yang dimiliki oleh suatu karya.
  3. Membantu para pembaca untuk mengetahui isi dari suatu karya.
  4. Memberitahukan kepada pembaca tentang kelebihan dan kekurangan dari suatu karya.
  5. Memberikan sebuah gambaran tentang perbandingan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  6. Memberikan informasi yang komprehensif tentang suatu karya yang diulas.
  7. Memberitahukan dan mengajak para pembaca untuk ikut merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan tentang masalah yang terdapat didalam suatu karya tersebut.
  8. Memberikan pertimbangan terhadap suatu karya tersebut apakah layak untuk dinikmati atau tidak oleh pembaca.
  9. Memudahkan pembaca dalam memahami antara hubungan suatu karya dengan karya lain yang sejenis.
  10. Memberikan pertimbangan kepada pembaca terhadap suatu karya sebelum memutuskan untuk memilih, membeli dan menikmati karya tersebut.[/su_box]

Itulah 10 tujuan teks ulasan yang dapat kamu ketahui, selanjutnya kita akan bahas mengenai ciri-ciri teks ulasan. Kira-kira apa ya ciri-cirinya, daripada penasaran yuk simak penjelasannya sebagai berikut.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

ciri ciri teks ulasan
ciri ciri teks ulasan

Selain dari pengertian kalian pasti akan mendapatkan soal mengenai ciri-ciri dari teks ulasan. Iya, karena untuk memahami teks ulasan kalian juga harus mengetahui ciri ciri teks ini. Adapaun ciri-ciri teks ulasan dapat kamu simak sebagai berikut :

[su_box title=”Sebutkan ciri-ciri teks ulasan?” box_color=”#020202″]

  1. Strukturnya terdiri dari tafsiran, orientasi, rangkuman dan juga evaluasi.
  2. Memuat informasi yang berdasarkan pada sebuah pandangan atau opini yang diberikan oleh penulis, tentang sebuah karya atau jenis produk tertentu.
  3. Opini yang dibuat harus berdasar pada fakta yang diinterpretasikan.
  4. Nama lain dari ulasan adalah resensi.[/su_box]

Struktur Teks Ulasan

struktur teks ulasan
struktur teks ulasan

Yang dimaksud dengan struktur teks ulasan adalah sebuah susunan yang membangun sebuah teks ulasan, yang menjadikannya sebagai teks yang utuh. Struktur teks ulasan tersebut terdiri dari beberapa macam, diantaranya yaitu :

[su_box title=”Struktur teks ulasan beserta penjelasannya” box_color=”#020202″]

1. Orientasi

Orientasi adalah bagian pertama dari struktur teks ulasan yang menjelaskan mengenai suatu gambaran yang umum, dari sebuah karya baik yang berbentuk film, drama atau bahkan buku yang akan diulas. Bagian dari orientasi ini memberikan penjelasan pada setiap pembaca, tentang apa saja yang akan ia ulas di dalamnya.

2. Tafsiran

Tafsiran adalah bagian dari struktur teks ulasan yang isinya merupakan sebuah penjelasan yang detail tentang karya yang sedang diulas. Contohnya bagian-bagian dari karya tersebut, keunikannya, keunggulannya, kualitasnya, dan lain sebagainya.

3. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian dari struktur teks ulasan yang isinya merupakan suatu pandangan dari yang mengulas tentang sebuah hasil karya yang diulas. Evaluasi ini akan dilakukan setelah pengulas melakukan tafsir yang cukup pada hasil karya itu sendiri. Di bagian ini pengulas juga akan menyebutkan bagian yang memiliki nilai atau kelebihan dari karya itu sendiri. Atau bisa juga mengulas tentang kekurangan dari karya itu.

4. Rangkuman

Rangkuman adalah bagian dari struktur teks ulasan yang isinya merupakan kesimpulan dari sebuah ulasan, pada sebuah karya. Bagian rangkuman ini akan memuat komentar dari penulis, misalnya apakah karya tersebut memang berkualitas atau tidak layak untuk ditonton atau dibaca.[/su_box]

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

kaidah kebahasaan teks ulasan
kaidah kebahasaan teks ulasan

Sebuah teks ulasan yang baik adalah teks yang disusun sesuai dengan struktur teks ulasan dan menggunakan kaidah kebahasaan teks ulasan, termasuk di dalamnya terdapat kaidah ejaan. Berikut ini beberapa contoh kaidah kebahasaan teks ulasan yang biasanya ada di dalam sebuah ulasan. Diantaranya yaitu :

[su_box title=”Kaidah kebahasaan teks ulasan” box_color=”#020202″]

1. Istilah

Istilah merupakan kata atau gabungan kata yang cermat, yang mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifatnya yang khas di suatu bidang tertentu. Istilah yang khusus adalah sebuah istilah yang digunakan di bidang tertentu, dan pemakaiannya hanya dipahami oleh orang-orang yang berkecimpung di bidang tersebut.

Contohnya :

  • Istilah umum : film, bunga
  • Istilah khusus : komedi, mawar

2. Sinonim dan antonim

  • Sinonim adalah sebuah kata yang bentuknya berbeda, tapi memiliki arti atau pengertian yang sama dan mirip. Misalnya obrolan orang itu mirip dengan dialog yang ada di film Romeo dan Juliet.
  • Antonim adalah kata yang maknanya berlawanan antara satu dengan yang lainnya. Misalnya besar atau kecil bukan jaminan bahwa barang tersebut berharga atau tidak.

3. Nomina

Nomina adalah kelas kata yang menyatakan sebuah nama dari seseorang, tempat, atau seluruh benda dan segala jenis benda yang dibedakan. Kata benda dibagi kembali menjadi dua jenis, yaitu kata benda yang konkret seperti meja, buku dan bola. Serta kata benda abstrak seperti angin dan pikiran. Nomina juga dibedakan menjadi dua macam yaitu nomina dasar dan turunan.

Contohnya :

  • Nomina dasar : rumah dan jalan
  • Nomina turunan : perumahan dan jalanan
  • Imbuhan : Pe – an

4. Verba

  • Verba aktif adalah verba yang subjeknya berperan sebagai pelaku, atau yang menunjukkan tindakan atau perbuatan. Contohnya : Reza memelihara ikan lauhan.
  • Verba pasif adalah verba yang subjeknya sebagai penderita, sasaran tindakan, atau hasilnya. Contohnya : Film komedi banyak disiarkan di televisi.

5. Pronomina

Pronomia (baca: kata ganti) adalah jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina.

Contohnya :

  • Kata ganti orang
  • Kata ganti pemilik
  • Kata ganti petunjuk
  • Kata ganti penghubung
  • Kata ganti tak tentu

6. Konjungsi

Konjungsi adalah kata tugas atau penghubung yang fungsinya adalah untuk menghubungkan dua klausa, kalimat, ataupun paragraf.[/su_box]

Contoh Teks Ulasan Beserta Strukturnya

contoh teks ulasan
contoh teks ulasan beserta strukturnya

Memasuki pebahasan yang terakhir yakni kita akan sediakan contoh teks ulasan beserta strukturnya yang mudah-mudahan dapat membantu kamu dalam memahami apa itu teks ulasan dan nantinya kamu bisa membuatnya sendiri. Oke langsung saja simak contoh teks ulasan tentang film yang berjudul “Tenggelamnya Kapal Van Der Dijk”.

[su_box title=”Contoh teks ulasan beserta strukturnya” box_color=”#020202″]

Tenggelamnya Kapal Van Der Dijk

Orientasi :

Film ini adalah adaptasi dari novel roman karya Buya Hamka. Yang dibintangi oleh sejumlah artis berbakat yaitu Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahadian. Film yang disutradarai oleh Sunil Soraya ini, menjadi film yang laris di tahun 2013 lalu.

Tafsiran :

Dikisahkan bahwa seseorang yang bernama Zainudin yang diperankan oleh Herjunot Ali berlayar dari Makassar menuju Batipuh di tahun 1930. Lalu ia bertemu dengan Hayati yang diperankan oleh Pevita Pearce, Zainudin pun jatuh cinta pada Hayati.

Setelah itu akan ada banyak konflik yang muncul di dalam film tersebut, seperti misalnya hubungan Zainudin dan Hayati yang tidak disetujui oleh orang tua dan para tetua suku. Karena Zainudin dianggap belum mapan, dan bukan seseorang yang berdarah Minang seperti Hayati.

Sebelum Zainudin meninggalkan Batipuh, mereka berjanji untuk hidup bersama suatu hari nanti. Tapi kenyataannya, saat Zainudin kembali ke Batipuh ia bertemu Hayati yang sudah menikah dengan Aziz.

Evaluasi :

Film ini memperlihatkan artistik dan properti di tahun 1930an, tetapi masih kurang meyakinkan. Akibatnya konflik menjadi kurang menarik, sebagian sempat naik tapi kemudian datar kembali. Penggunaan backsound lagu Nidji menjadi kurang pas, karena setting film ini adalah tahun 1930an. Penyebab kapal tenggelam juga tidak jelas disebabkan oleh apa.

Rangkuman :

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan, keseluruhan film tetap menarik untuk ditonton. Penggunaann katanya pas, kostumnya apik, dan penggunaan kalimatnya juga puitis sehingga cocok ditontong bersama keluarga.[/su_box]

Dengan melihat contoh teks ulasan beserta strukturnya di atas, maka kamu bisa mencoba membuat ulasan yang serupa dari sebuah film atau buku.

Nah alhamdulillah pembahasan tentang teks ulasan telah selesai, mulai dari pengertian teks ulasan, tujuan teks ulasan, ciri-ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, dan contoh teks ulasan beserta strukturnya. Mungkin itu yang bisa admin sampaikan, apabila ada kekurangan mohon di maklumi karena keterbatasan kami. Serta tinggal komentar sebagai evaluasi atau motivasi agar admin terus semangat untuk berbagi, dan share jika sekiranya bermanfaat untuk teman-teman yang lainnya.

Satu pemikiran pada “√ Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya”

Tinggalkan komentar