Penjelasan Lengkap Teks Prosedur : pengertian, tujuan, macam, ciri, struktur dan kaidah kebahasaan

Teks Prosedur – Penggunaan sebuah cerita atau teks dalam bahasa Indonesia memang berbeda-beda, sebagian besar memang mudah untuk dipahami karena sering kita gunakan dalam kegiatan keseharian.

Akan tetapi pada sebuah teks akan memiliki fungsi tersendiri, sehingga kamu diharuskan untuk memahami apa fungsi serta tujuan dari penulisan sebuah teks, seperti pada teks prosedur yang memiliki kaidah penulisannya sendiri.

Pengertian Teks Prosedur

pengertian teks prosedur
pengertian teks prosedur

Pada penulisannya tentunya teks ini akan memiliki arti yang tidak sama dengan teks lainnya, untuk kamu yang belum begitu paham tentang teks ini. Bahwa sebenarnya teks ini akan memberikan kamu atau beberapa pembaca lain, sebuah cara untuk melakukan sesuatu sesuai dengan langkah atau prosedur yang penulis itu berikan, dengan kata lain memberikan kamu sebuah arahan untuk melakukan sesuatu. Atau pengertiannya secara istilah akan kami jelaskan di bawah ini.

Pengertian teks prosedur adalah?

Teks Prosedur merupakan teks yang berisi tentang langkah-langkah untuk melakukan sesuatu hal baik melakukan suatu kegiatan tertentu maupun membuat sesuatu yang disajikan secara berurutan.

Tujuan Teks Prosedur

tujuan teks prosedur
tujuan teks prosedur

Dalam setiap jenis teks pastilah mempunyai tujuan tersendiri, untuk itu kali ini kami akan menjelaskan tentang 2 tujuan dari teks prosedur. yuk simak di bawah ini.

Tujuan Teks Prosedur

1. Membantu pendengar atau pembacanya dalam melakukan sesuatu

Dalam teks ini biasanya anda sebagai pendengar atau pembaca akan diberikan sebuah arahan, yang biasanya arahan tersebut ditujukan untuk melakukan sesuatu. Dengan menggunakan teks prosedur ini contohnya anda sebagai salah satu pembaca, akan dipermudah dalam mencari cara ketika akan melakukan sesuatu dengan arahan atau langkah yang diberikan oleh penulis untuk mencapai tujuan.

2. Berpatokan pada hasil akhir

Pada penulisannya biasanya teks ini akan berpatokan pada hasil akhir, jika kamu masih bingung apa yang dimaksud dengan hasil akhir. Bahwa pada setiap penulisan teks prosedur ini akan berisikan sebuah langkah, yang akan menjelaskan tentang beberapa cara untuk melakukan sesuatu, sehingga kamu sebagai pembaca akan membutuhkan langkah yang dilakukan agar hasil akhirnya sesuai dengan tujuan.

Ciri-ciri teks prosedur

ciri-ciri teks prosedur
ciri-ciri teks prosedur

untuk lebih memahami teks prosedur tidak cukup dengan mengetahui pengertian dan tujuannya saja, Yakni kalian juga harus mengetahui 4 ciri-ciri teks prosedur yang kami jelaskan di bawah ini.

Ciri-ciri Teks Prosedur

1. Adanya kalimat perintah

Setiap teks prosedur tentunya akan memiliki banyak ciri tersendiri, salah satu ciri yang paling jelas terlihat pada teks prosedur ini adalah adanya kalimat perintah. Yang mana kalimat perintah ini akan menjadi sebuah bantuan bagi kamu yang sedang melihat langkah dalam melakukan sesuatu, sehingga memang pada penulisan teks ini kalimat perintah akan selalu menjadi hal utama yang dituliskan oleh penulis.

2. Kata kerja aktif

Pada penulisan teks prosedur biasanya beberapa orang akan menggunakan kata kerja aktif, sehingga kamu akan menjelaskan beberapa hal yang ditulis dengan cara langsung. Misalkan kamu menuliskan beberapa cara yang harus dilakukan ketika menanam atau memotong sesuatu, maka dari itu kamu harus menuliskannya dengan kata kerja aktif atau langsung, sehingga nantinya akan mudah dipahami pembaca.

3. Terdapat konjungsi atau penghubung

Setiap kalimat atau teks dalam bahasa Indonesia, akan membutuhkan beberapa kata penghubung yang nantinya berfungsi untuk menghubungkan setiap kata pada beberapa kalimat. hal ini juga ada pada teks yang satu ini, dimana ketika kamu membuat teks ini kamu diharuskan untuk menyisipkan kata konjungsi atau penghubung, sehingga tujuan utamanya agar kalimat atau kata yang kamu tuliskan muda dimengerti.

4. Terdapat kata keterangan

Tentunya karena teks ini berisikan tentang prosedur untuk melakukan sesuatu, maka kamu diharuskan untuk menuliskan beberapa keterangan pada jenis teks ini. Dalam hal ini biasanya pada bagian keterangan akan menjelaskan tentang bagaimana kamu menjelaskan suatu cara, yang nantinya akan berisikan keterangan waktu atau tempat untuk melakukan cara tersebut agar mudah dipahami oleh pembaca.

Struktur Teks Prosedur

struktur teks prosedur
struktur teks prosedur

Dalam membuat sebuah teks ini, yang harus kalian ketahui yakni 3 struktur teks prosedur diantaranya yaitu tujuan, material, dan langkah-langkah. Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Struktur Teks Prosedur

• Tujuan

Dalam pembuatan teks ini, kamu diharuskan untuk menceritakan apa tujuan dari dituliskannya prosedur ini kepada pembaca atau pendengar. Yang nantinya tujuan ini akan bermaksud agar pendengar dan pembaca lebih mengerti, apa yang akan kamu tuliskan pada tulisan yang kamu telah buat, dengan kata lain tujuan ini juga dapat membantu pembaca agar menjadi lebih terpikat dengan apa yang sudah kamu tuliskan.

• Material

Biasanya pada sebuah teks yang berisikan prosedur, akan ada beberapa bagian yang memberikan informasi tentang material yang digunakan oleh penulis untuk melakukan sesuatu. Biasanya material ini bersikan tentang bagaimana kamu menyiapkan alat atau bahan yang digunakan untuk melakukan beberapa langkah, sehingga tentunya bagian ini menjadi salah satu bagian penting pada jenis teks ini.

• Langkah-langkah

Setelah menuliskan beberapa tujuan atau maksud dibuatnya teks ini, maka hal selanjutnya adalah kamu diharuskan untuk menuliskan material yang digunakan dalam melakukan langkahnya. Setelah itu bagian terakhir pada teks ini adalah menuliskan langkah yang akan dilakukan oleh kamu, dalam hal ini kamu diharuskan untuk menuliskan langkah untuk melakukan sesuatu secara berurutan agar mudah dipahami.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

kaidah kebahasaan teks prosedur
kaidah kebahasaan teks prosedur

Adapun kaidah kebahasaan teks prosedur ada 4 yaitu konjungsi temporal, kata kerja imperatif, verba material dan partisipan manusia. Dan jangan kawatir teman, kami akan ulas satu per satu khusus untuk kalian di bawah ini hehe…

4 kaidah kebahasaan teks prosedur

• Konjungsi temporal

Pada jenis kata penghubung ini kamu diharuskan untuk memasukan kata yang dapat menghubungkan beberapa kalimat atau antar kata yang menjelaskan rentetan waktu, sehingga nantinya dalam melakukan beberapa langkah dalam pembuatan suatu hal dapat lebih dimengerti. Dalam hal ini waktu memang menjadi salah satu penjelas kepada pembaca, yang akan menyatakan beberapa hal seperti aturannya.

• Kata kerja imperatif

Jika kamu belum pernah mendengar kata imperatif, sebenarnya kata ini memang akan membantu kamu dalam melakukan beberapa langkah ketika membaca teks ini. Biasanya pembaca akan diajak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan perintah yang diberikan oleh penulisnya, tidak haya perintah akan tetapi biasanya pada bagian teks ini kamu akan melihat beberapa kalimat larangan dari penulis tersebut.

• Verba material dan tingkah laku

Jangan sampai salah untuk mengira, bahwa sebenarnya untuk verba material dan tingkah laku ini penulis memang bermaksud untuk membuat anda agar tetap fokus, pada bagaimana cara melakukan sesuatu menggunakan material yang ada. Biasanya akan disertai dengan cara anda untuk melakukan sesuatu, maka dari itu pada teks ini akan menggunakan beberapa jenis verba seperti verba tingkah laku ini.

• Partisipan manusia

Pada setiap penulisan teks ini, tentunya akan ada selalu bagian dari apa yang dilakukan oleh kamu sebagai manusia. Kamu akan melihat beberapa hal yang memang membutuhkan partisipasi dari manusia, seperti halnya untuk menjelaskan tentang memotong atau memindahkan sesuatu, yang mana hal ini memang hanya dapat dilakukan oleh manusia saja, maka akan ada selalu bagian pada teks tentang partisipasinya.

Macam-macam Teks Prosedur

macam-macam teks prosedur
macam-macam teks prosedur

• Teks prosedur sederhana

Untuk jenis yang pertama maka kamu akan mengetahui tentang jenis teks prosedur sederhana, yang biasanya pada jenis teks ini kamu hanya akan melihat beberapa langkah untuk pembuatan teks secara sederhana. Bahkan cara untuk melakukan sesuatu hal pun akan ditulis dengan lebih sederhana, misalnya hanya akan terdapat beberapa prosedur atau langkah saja yang tidak lebih dari satu atau dua langkah.

• Teks prosedur protokol

Untuk yang selanjutnya adalah teks protokol, pada jenis teks ini anda akan menjadi lebih fleksibel ketika sedang melakukan sesuatu. Biasanya dalam penulisannya atau melakukan sesuatu sesuai apa yang ditulis, kamu tidak perlu untuk mengikuti semua caranya secara berurutan, karena semua cara dalam teks ini tidak akan mempengaruhi satu sama lain ketika kamu tidak mengikutinya sesuai dengan urutan.

• Teks prosedur kompleks

Berbeda dengan jenis lainnya, pada jenis teks yang kompleks ini biasanya berisikan tentang suatu cara dengan bagian prosedur yang panjang. Bahkan pada bagian prosedur yang panjang ini masih terdapat subprosedur, sehingga rentetan caranya sangat panjang.
Dengan memperhatikan kaidah penulisan pada teks prosedur ini, maka kamu akan dibuat menjadi lebih mengerti tentang bagaimana melakukan sesuatu sesuai dengan langkah yang dianjurkan, dengan tujuan agar hasil akhir yang didapat menjadi lebih baik.

Leave a Comment