Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur Intrinsik, Ekstrinsik

teks cerpen
teks cerpen

Teks Cerpen – Cerita pendek atau yang biasa di sebut dengan cerpen adalah sebuah karya yang akan kami bahas lengkap mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur instrinsik dan ekstrinsik, beserta fungsi sastra dalam cerpen.

Untuk kamu yang belum begitu paham, beberapa unsur yang membangun jenis teks cerpen ini sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah jenis teks yang seru untuk dibaca. Setelah melihat arti cerpen, kemudian mempelajari hal lainnya, kamu akan lebih mengerti apa yang dimaksud dengan cerpen ini sehingga akan lebih paham untuk mengenal lebih jauh lagi, dimana hal ini memang cukup mudah untuk dilakukan.

Pengertian Cerpen

pengertian cerpen
pengertian cerpen

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan cerpen?

Sebagai salah seorang yang ingin mengerti, tentang pengertian cerpen maka kamu harus mencoba untuk mempelajarinya secara perlahan, sehingga tidak akan membuat kamu pusing untuk mengerti apa yang dimaksud dengan cerpen. Dari pengertiannya saja mungkin kamu sudah dapat mengerti bahwa, dalam bahasa Indonesia ada beberapa jenis teks yang mungkin memiliki arti dan makna yang berbeda.

Jika dilihat dari namanya, pengertian cerpen adalah sebuah cerita pendek yang disingkat menjadi cerpen sehingga lebih mudah dalam pengucapan sehari-harinya. Dalam pengerjaannya biasanya, cerita ini memang mengandung berbagai hal didalamnya, termasuk untuk menceritakan pengalaman yang memang benar-benar terjadi, atau mungkin untuk pengalaman yang saat ini belum pernah terjadi dalam karangan.

Dalam penulisannya kamu tidak boleh terkesan monoton, karena dalam teks cerpen memang kamu harus mencoba untuk menuliskan sebuah cerita dengan senatural mungkin. Apalagi untuk menambahkan kesan bahwa cerita tersebut, memang akan sangat seru untuk dibaca sehingga tidak membosankan nantinya. Dalam hal ini, mungkin kamu pernah disuruh untuk membuat jenis teks ini di sekolah atau tempat lainnya.

Sebagian orang yang sudah sering atau terbiasa dalam menulis cerpen, maka akan lebih mudah untuk memahami pengertian cerpen atau cerita pendek ini. Dimana jika dilihat lebih jauh lagi, penulisannya cukup mudah dan tidak perlu untuk berfikir keras dalam menuliskannya. Kamu hanya perlu, untuk memastikan jika semua unsur yang ada pada jenis teks ini, ada pada tulisan yang saat ini dibuat.

pengertian cerpen menurut kbbi
pengertian cerpen menurut kbbi
Pengertian Cerpen Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Cerpen berasal dari dua kata yaitu “cerita” yang memiliki arti sebuah tuturan mengenai bagaimana tentang sesuatu hal terjadi serta relatif “pendek” yang mempunyai arti kisah yang diceritakan dengan tulisan pendek atau tidak lebih dari 10.000 kata yang memberikan sebuah kesan yang dominan dan hanya memusatkan kepada satu tokoh di dalam sebuah cerita pendek tersebut.

Adapun perbedaan pendapat mengenai pengertian cerpen menurut para ahli, untuk lebih jelasnya kamu bisa langsung simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Cerpen Menurut Para Ahli

1. Pengertian Cerpen Menurut Sumardjo dan Saini

Sumardjo dan Saini telah berpendapat bahwa arti cerpen adalah cerita fiktif atau cerita yang tidak benar-benar terjadi, namun bisa saja terjadi pada suatu saat atau kapanpun dan dimanapun yang mana ceritanya relatif pendek.

2. Pengertian Cerpen Menurut Nugroho Notosusanto

Nugroho Notosusanto berpendapat bahwa arti cerpen adalah cerita yang memiliki panjang sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi, yang mana isinya terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri.

3. Pengertian Cerpen Menurut H. B. Jassin

B. Jassin berpendapat bahwa pengertian cerpen adalah sebuah cerita singkat yang harus mempunyai bagian-bagian terpenting seperti perkenalan, pertikaian dan penyelesaian dalam teks tersebut.

4. Pengertian Cerpen Menurut Hendy

Hendy berpendapat bahwa cerita pendek merupakan suatu karangan dengan kisah pendek yang mengandung suatu kisah yang tunggal.

5. Pengertian Cerpen Menurut Aoh. K.H

Aoh. K.H berpendapat bahwa pengertian cerpen adalah salah satu dari karangan fiksi yang disebut juga dengan kisahan prosa yang pendek.

6. Pengertian Cerpen Menurut J.S. Badudu

J.S. Badudu berpendapat bahwa cerita pendek yaitu suatu cerita yang hanya menjurus dan terfokus hanya kepada satu peristiwa saja.

7. Pengertian Cerpen Menurut A. Bakar Hamid

A. Bakar Hamid berpendapat bahwa cerpen atau cerita pendek yakni teks yang dilihat dari kuantitas kata yang digunakan, yakni sekitar 500 kata sampai 20.000 kata, memiliki plot atau alur, mempunyai satu karakter, dan adanya kesan.

Ciri-Ciri Cerpen

ciri-ciri cerpen
ciri-ciri cerpen

Tahukah kamu apa saja ciri-ciri cerpen? Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ciri-ciri teks cerpen yang bisa kamu simak di bawah ini.

Ciri-ciri Cerpen Secara Umum
  1. Lebih pendek bila di bandingkan dengan novel
  2. Cerita pendek mempunyai jumlah kata tidak sampai melebihi 10.000 ( sepuluh ribu) kata
  3. Cerita cerpen biasanya memiliki isi yang berasal dari kehidupan sehari-hari manusia.
  4. Cerita pendek biasanya hanya menggambarkan inti sarinya saja atau fokus pada satu tokoh utama saja.
  5. Dalam sebuah cerpen singkat biasanya penggambaran tokohnya mengalami suatu masalah atau konflik kemudian sampai pada solusinya atau tahap penyelesainnya.
  6. Cerita pendek biasanya menggunakan kata yang cukup sederhana, ekonomis serta mudah dipahami oleh pembaca.
  7. Ciri-ciri cerpen biasanya akan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi pembaca, sehingga pembaca sampai ikut merasakan apa yang terjadi dalam kisah atau cerita tersebut.
  8. Dalam cerita pendek biasanya biasanya hanya membahas tentang satu kejadian saja dalam sebuah cerita tersebut.
  9. Kemudian, cerita cerpen singkat juga hanya mempunyai alur cerita yang lurus atau tunggal.
  10. Ciri-ciri cerpen singkat yang terakhir yaitu penokohan dalam sebuah cerpen sangatlah sederhana, atau tidak sampai mendalam dan juga lebih singkat.

Dari penjelasan di atas, jadi kamu bisa mengenali ciri-ciri teks cerpen yaitu mengandung pengalaman pribadi, pemakaian katanya cukup sederhana, dan jumlah katannya pendek. Untuk membuat teks cerpen yang baik, kamu juga harus mengetahui apa saja struktur teks cerpen? yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Struktur Cerpen

struktur cerpen
struktur cerpen

Berikut adalah penjelasan mengenai struktur teks cerpen, yang mana terdapat 6 struktur cerpen yang terdiri dari abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda. Simak penjelasannya selengkapnya mengenai struktur cerpen berikut ini.

Struktur teks cerpen

1. Abstrak

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membangun jenis cerita ini, sehingga nantinya bisa menjadi lebih mudah untuk dimengerti oleh pembaca. Dengan adanya abstrak ini, kamu bisa menjadi lebih mengerti dengan adanya pengenalan cerita yang saat ini akan membuat kamu lebih paham lagi.

2. Orientasi

Jika kamu sudah selesai dengan abstrak, maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dalam penulisan cerpen adalah orientasi. Dengan orientasi ini kamu bisa mengerti jalan cerita, yang dituliskan oleh penulis dari awal penceritaan hingga bagian ke permasalahannya.

3. Komplikasi

Sebuah hal yang membuat cerpen menjadi nyaman untuk dibaca, hingga saat ini memang terletak pada bagian komplikasinya. Dengan bagian ini, kamu bisa menjadi lebih paham dengan apa yang dimaksud oleh masalah dalam sebuah cerita, yang dibangun oleh penulis sehingga seru untuk dibaca.

4. Evaluasi

Sebelumnya, setelah ada masalah yang muncul maka dari itu penulisan akan memberikan, sebuah evaluasi yang diberikan berdasarkan dari apa yang harus diselesaikan. Kemudian nantinya, kamu akan mengerti inti dari permasalahan yang terjadi dalam cerita yang telah disiapkan tersebut.

5. Resolusi

Setelah adanya masalah dan hal lainnya, maka kamu harus mengerti akan ada sebuah resolusi atau suatu penyelesaian dari penulisan jenis teks ini. Maka setelah kamu mengerti jalan cerita dari teks ini, yang berujung pada penyelesaian, disitulah teks ini akan selesai untuk dibuat nantinya.

6. Koda

Untuk lebih memahami inti dari cerita yang saat itu dibuat, maka kamu harus tahu bahwa sebenarnya ada sebuah koda yang menjadi unsur baik dari cerita tersebut. Dimana koda ini, akan menjadi salah satu hal utama yang sangat baik karena mengandung unsur amanah atau pembelajaran, untuk semua yang membaca cerita pendek anda ini.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen

Ada dua unsur cerpen yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik cepen yang memang untuk saat ini membantu penulisan pada cerita pendek, dimana keduanya ini juga memegang peranan yang sangat penting sehingga harus kamu pelajari. Untuk saat ini, jenis teks cerita pendek ini memang akan memberikan kamu sebuah inti, dari apa yang dinamakan dengan cerita pendek yang saat ini banyak dibuat oleh beberapa orang dengan berbagai jenis dalam cerita didalamnya.

Unsur Intrinsik Cerpen dan Unsur Ekstrinsik Cerpen

1. Unsur Intrinsik Cerpen

Unsur intrinsik cerpen adalah unsur yang terdapat dalam sebuah cerita pendek diantaranya yaitu tema, alur/plot, Setting/latar, tokoh, penokohan /watak, sudut pandang, dan amanat.

2. Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur ekstrinsik cerpen adalah unsur yang akan menceritakan tentang, sudut pandang dari masyarakat, biografi penulis, atau hal lainnya yang sifatnya membangun dari luar. Unsur ekstrinsik cerpen di bagi menjadi dua diantaranya yaitu latar belakang masyarakat dan latar belekang pengarang.

Fungsi Sastra Dalam Teks Cerpen

fungsi cerpen
fungsi cerpen

Jika kamu melihat pada beberapa penulisan sastra, maka sebenarnya dalam penulisannya kamu harus mengerti hal ini memiliki peranan yang sangat baik. Salah satunya adalah untuk memastikan jika apapun yang ditulis pada cerita tersebut akan terkesan menarik, seperti humoris atau hal lainnya.

Sebagian orang berfikir bahwa penulisan pada cerpen tidak akan membutuhkan hal lainnya, padahal memang ada beberapa hal yang bisa membangun cerpen ini, sehingga menghasilkan sebuah tulisan yang menarik. Adapun fungsi sastra dalam teks cerpen dapat kasmu simak sebagai berikut.

Berikut adalah Fungsi Sastra Dalam Cerpen
  1. Fungsi Rekreatif, merupakan fungsi cerpen yang berperan untuk menghibur para pembacanya.
  2. Fungsi Didaktif, merupakan fungsi cerpen yang berperan untuk mendidik dan mengarahkan pembaca melalui nilai-nilai kebenaran yang terkandung di dalam cerita pendek tersebut.
  3. Fungsi Estetis, merupakan fungsi cerpen yang berperan untuk memberikan keindahan kepada pembacanya dengan nilai estetisnya.
  4. Fungsi Moralitas, merupakan fungsi cerpen yang berperan untuk memberikan nilai moral, sehingga pembaca akan mengerti mana moral yang baik dan buruk dalam suatu cerpen.
  5. Fungsi Religiusitas, merupakan fungsi cerpen yang berperan untuk memberikan nilai-nilai religius atau keagamaan yang akan memberikan suatu keteladanan bagi pembacanya.

Nah alhamdulillah materi cerpen yang kita bahas kali ini telah selesai mulai dari pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen, struktur cerpen, unsur-unsur cerpen, dan fungsi frasa dalam cerpen. Selanjutnya kamu bisa membaca sebuah contoh cerpen persahabatan yang menarik dipembahasan pastiguna berikutnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini kamu jadi tahu apa itu cerpen atau cerita pendek.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri