Pengertian CERPEN adalah: Ciri-Ciri, Fungsi, Struktur, Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Jika sebelumnya kamu pernah mendengar di sekolah, tentang apa itu yang dinamakan dengan cerpen yang mungkin kamu masih bingung untuk menjelaskannya. Saat ini ada pengertian simpel, dari apa itu yang dinamakan dengan jenis teks ini, mungkin anda sendiri bingung mengapa jenis teks dalam bahasa Indonesia begitu banyak. Sehingga, hal ini akan sedikit sulit untuk dihafal atau dipelajari dalam waktu singkat.

Untuk kamu yang belum begitu paham, beberapa unsur yang membangun jenis teks ini sehingga dapat dikatakan sebagai sebuah jenis teks yang seru untuk dibaca. Setelah melihat pengertiannya, kemudian mempelajari hal lainnya, kamu akan lebih mengerti apa yang dimaksud dengan teks ini sehingga akan lebih paham untuk mengenal lebih jauh lagi, dimana hal ini memang cukup mudah untuk dilakukan.

Pengertian Cerpen

pengertian cerpen
pengertian cerpen

Sebagai salah seorang yang ingin mengerti, tentang pengertian dari teks ini maka kamu harus mencoba untuk mempelajarinya secara perlahan, sehingga tidak akan membuat kamu pusing untuk mengerti apa yang dimaksud dengan teks ini. Dari pengertiannya saja mungkin kamu sudah dapat mengerti bahwa, dalam bahasa Indonesia ada beberapa jenis teks yang mungkin memiliki arti dan makna yang berbeda.

Jika dilihat dari namanya, jenis teks ini merupakan sebuah cerita pendek yang disingkat menjadi cerpen sehingga lebih mudah dalam pengucapan sehari-harinya. Dalam pengerjaannya biasanya, cerita ini memang mengandung berbagai hal didalamnya, termasuk untuk menceritakan pengalaman yang memang benar-benar terjadi, atau mungkin untuk pengalaman yang saat ini belum pernah terjadi dalam karangan.

Dalam penulisannya kamu tidak boleh terkesan monoton, karena dalam teks ini memang kamu harus mencoba untuk menuliskan sebuah cerita dengan senatural mungkin. Apalagi untuk menambahkan kesan bahwa cerita tersebut, memang akan sangat seru untuk dibaca sehingga tidak membosankan nantinya. Dalam hal ini, mungkin kamu pernah disuruh untuk membuat jenis teks ini di sekolah atau tempat lainnya.

Sebagian orang yang sudah sering atau terbiasa dalam menulis cerpen, maka akan lebih mudah untuk memahaminya termasuk untuk mengerti pengertian dari jenis tulisan ini. Dimana jika dilihat lebih jauh lagi, penulisannya cukup mudah dan tidak perlu untuk berfikir keras dalam menuliskannya. Kamu hanya perlu, untuk memastikan jika semua unsur yang ada pada jenis teks ini, ada pada tulisan yang saat ini dibuat.

Ciri-Ciri Cerpen

ciri-ciri cerpen
ciri-ciri cerpen
Ciri-ciri cerpen

1. Mengandung tentang pengalaman pribadi

Dalam memahami jenis teks ini, kamu memang harus mengerti terlebih dahulu apa ciri yang dikandung dari jenis teks ini sehingga menjadi lebih mudah untuk dipahami olah kamu. Seperti pada jenis teks yang lain, untuk jenis teks yang satu ini tentunya jalan ceritanya berasal dari sumber yang berbeda. Dimana untuk sebuah cerpen memang biasanya, akan mengandung sebuah cerita dari pengalaman pribadi.

Dengan hal ini pembuatan dari sebuah teks seperti ini, memang akan terkesan cukup mudah untuk dilakukan dengan tidak banyaknya syarat yang ditentukan dalam penulisannya sehingga menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan oleh kamu. Jika kamu sering melihat pada beberapa jenis teks ini, pengalaman pribadi yang dibuat biasanya terkesan humoris, sehingga sangat nyaman untuk dibacakan oleh kamu.

2. Pemakaian katanya cukup sederhana

Jika pada beberapa jenis teks, akan mengandung penggunaan kata yang mungkin saat ini banyak digunakan pada jenis teks lain, kamu harus lebih mengerti bahwa sebenarnya pada jenis teks ini penggunaan katanya jauh lebih sederhana. Dimana kamu hanya cukup menggunakan kata-kata, yang saat ini akan membuat kamu lebih mudah untuk membangun jalan cerita yang akan dibuat berdasarkan pengalaman pribadi.

3. Jumlah katanya lebih pendek

Sebuah jalan cerita yang memang dibuat dengan teks ini, akan mengandung jalan cerita yang cukup pendek sehingga tidak menuntut kamu untuk membuat tulisan dengan jumlah kata yang panjang. Jika kamu memang sudah mengerti bahwa sebenarnya, ada beberapa kaidah penulisan yang benar hal ini akan membuat kamu lebih mudah untuk menuliskan jumlah kata yang saat ini mungkin kamu usahakan dengan baik.

Struktur Cerpen

struktur cerpen
struktur cerpen
Struktur cerpen

1. Abstrak
Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa membangun jenis cerita ini, sehingga nantinya bisa menjadi lebih mudah untuk dimengerti oleh pembaca. Dengan adanya abstrak ini, kamu bisa menjadi lebih mengerti dengan adanya pengenalan cerita yang saat ini akan membuat kamu lebih paham lagi.

2. Orientasi
Jika kamu sudah selesai dengan abstrak, maka langkah selanjutnya yang harus diperhatikan dalam penulisan cerpen adalah orientasi. Dengan orientasi ini kamu bisa mengerti jalan cerita, yang dituliskan oleh penulis dari awal penceritaan hingga bagian ke permasalahannya.

3. Komplikasi
Sebuah hal yang membuat cerpen menjadi nyaman untuk dibaca, hingga saat ini memang terletak pada bagian komplikasinya. Dengan bagian ini, kamu bisa menjadi lebih paham dengan apa yang dimaksud oleh masalah dalam sebuah cerita, yang dibangun oleh penulis sehingga seru untuk dibaca.

4. Evaluasi
Sebelumnya, setelah ada masalah yang muncul maka dari itu penulisan akan memberikan, sebuah evaluasi yang diberikan berdasarkan dari apa yang harus diselesaikan. Kemudian nantinya, kamu akan mengerti inti dari permasalahan yang terjadi dalam cerita yang telah disiapkan tersebut.

5. Resolusi
Setelah adanya masalah dan hal lainnya, maka kamu harus mengerti akan ada sebuah resolusi atau suatu penyelesaian dari penulisan jenis teks ini. Maka setelah kamu mengerti jalan cerita dari teks ini, yang berujung pada penyelesaian, disitulah teks ini akan selesai untuk dibuat nantinya.

6. Koda
Untuk lebih memahami inti dari cerita yang saat itu dibuat, maka kamu harus tahu bahwa sebenarnya ada sebuah koda yang menjadi unsur baik dari cerita tersebut. Dimana koda ini, akan menjadi salah satu hal utama yang sangat baik karena mengandung unsur amanah atau pembelajaran, untuk semua yang membaca cerita pendek anda ini.

Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen

Ada dua unsur yang memang untuk saat ini membantu penulisan pada cerita pendek, dimana keduanya ini juga memegang peranan yang sangat penting sehingga harus kamu pelajari. Untuk saat ini, jenis teks cerita pendek ini memang akan memberikan kamu sebuah inti, dari apa yang dinamakan dengan cerita pendek yang saat ini banyak dibuat oleh beberapa orang dengan berbagai jenis dalam cerita didalamnya.

Unsur intrinsik merupakan unsur yang membangun dari dalam cerita, seperti penjelasan tentang tema, tokoh, alur, dan plot. Sedangkan untuk ekstrinsik akan menceritakan tentang, sudut pandang dari masyarakat, biografi penulis, atau hal lainnya yang sifatnya membangun dari luar.

Fungsi Sastra Dalam Cerpen

fungsi cerpen
fungsi cerpen

Jika kamu melihat pada beberapa penulisan sastra, maka sebenarnya dalam penulisannya kamu harus mengerti hal ini memiliki peranan yang sangat baik. Salah satunya adalah untuk memastikan jika apapun yang ditulis pada cerita tersebut akan terkesan menarik, seperti humoris atau hal lainnya.

Sebagian orang berfikir bahwa penulisan pada cerpen tidak akan membutuhkan hal lainnya, padahal memang ada beberapa hal yang bisa membangun cerpen ini, sehingga menghasilkan sebuah tulisan yang menarik.

Leave a Comment