Apa itu Konjungsi? Pengertian, Contoh Macam-macam Kata Penghubung

Apa itu konjungsi ? konjungsi biasa disebut dengan kata penghubung, berikut adalah penjelasannya mulai dari pengertian, dan macam-macam kata penghubung beserta contohnya. Yang mana, dengan adanya pembahasan ini mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan Anda tentang konjungsi atau kata penghubung.

Selain jenis kalimat dalam bahasa Indonesia, ada juga yang dinamakan sebagai jenis kata dimana beberapa jenis kata memang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bahkan setiap jenis kata dalam Bahasa Indonesia akan memiliki arti, fungsi, serta tujuan yang berbeda-beda dalam penggunaannya, salah satu jenis kata yang sering ditemukan atau digunakan adalah kata penghubung atau konjungsi.

Tentunya jenis kata ini merupakan salah satu jenis kata yang cukup penting untuk diketahui, karena jenis kata ini memiliki arti serta fungsi yang jelas dengan kegunaan yang sangat penting untuk anda. Sebagai salah satu jenis kata yang juga sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu sangat penting untuk kamu mengerti pengertian, maksud, jenis, serta ciri dari salah satu jenis kata ini.

Pengertian Konjungsi / Kata Penghubung

pengertian konjungsi
pengertian konjungsi

Apa itu konjungsi ?

Pertama-tama ada baiknya jika mengenal sebuah pengertian dalam Bahasa Indonesia dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebagai salah satu patokan jika informasi yang diberikan memang benar adanya. Untuk saat ini pengertian dari kata konjungsi dapat diartikan sebagai kata penghubung atau ungkapan penghubung antar kata, antar kalimat, ataupun antar frasa, yang biasanya dijadikan penghubung kalimat.

Konjungsi adalah

Jika kamu masih merasa bingung, maka sebenarnya kata konjungsi ini merupakan salah satu penghubung yang sering anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, ketika sedang menyampaikan beberapa hal atau sebuah kalimat. tentunya ada beberapa alasan mengapa sangat penting untuk kamu mengetahui jenis dari kata penghubung ini, yang akan anda temukan dalam kehidupan sehari-hari ketika menggunakannya.

Dapat dikatakan jika jenis kata ini memang sering kali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu untuk kamu yang masih menyepelekan pembelajaran tentang kata penghubung ini, ada baiknya jika kamu mengubah pola fikir tersebut. Jika kamu tidak mengetahui fungsi serta jenis atau tujuan dari sebuah kata penghubung, maka kedepannya ketika kamu menyampaikan sesuatu akan terasa sulit dimengerti.

Penggunaan dari kata ini memang bermaksud sebagai penghubung, akan tetapi selain daripada itu penggunaannya juga bermaksud untuk menegaskan sebuah informasi yang disampaikan. Misalkan, ketika kamu menggunakan kata penghubung ini, biasanya kata-kata yang kamu sampaikan akan memiliki maksud tertentu dalam, sehingga orang yang menerima informasi tersebut akan lebih mengerti.

Macam-Macam Konjungsi atau kata Penghubung berserta Contohnya

macam-macam konjungsi
macam-macam konjungsi

Ada beberapa jenis dari kata penghubung atau konjungsi yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana beberapa jenisnya ini akan memberikan anda kemudahan untuk berkomunikasi dengan lancar sesuai aturan tata bahasa Indonesia. Maka dari itulah penting hukumnya untuk kamu mempelajari ciri serta tujuan dari beberapa kata ini, agar kedepannya kamu menjadi lebih paham.

Berikut adalah macam-macam kata penghubung atau jenis-jenis konjungsi. Yang mana akan kami berikan penjelasan beserta contohnya disetiap jenis konjungsi. Yuk simak macam-macam kata penghubung di bawah ini.

1. Konjungsi Aditif atau Gabungan

konjungsi aditif
konjungsi aditif

Memang beberapa jenis konjungsi memiliki maksud serta tujuan tertentu dalam penggunaanya, kamu juga tidak bisa menggunakannya secara sembarangan pada setiap kalimat. sehingga setiap konjungsi yang digunakan akan tetap serta jelas penggunaannya, untuk jenis yang satu ini memiliki fungsi untuk menghubungkan antar klausa, kalimat dan paragraf sebagai kalimat yang memiliki kedudukan sama.

Jika anda ingin menggunakannya, maka gunakanlah jenis konjungsi ini pada sebuah kalimat yang apabila digantikan akan memiliki kedudukan sama. Sehingga ketika digunakan tidak akan mengubah arti dari kalimat tersebut, untuk kata yang sering digunakan pada kalimat ini adalah dan, lagipula, dan serta, beberapa kata ini memang sering digunakan pada penggunaan jenis konjungsi yang satu ini.

Contoh kalimat:

  • , Kaka sedang mandi dan adik bermain sepeda
  • , Budi, Asri serta Arip akan menggelar halal bihalal minggu depan.

2. Konjungsi Pertentangan

konjungsi pertentangan
konjungsi pertentangan

Jika pada jenis konjungsi yang sebelumnya pada penggunaan katanya akan digunakan untuk kalimat yang memiliki kedudukan sama, maka akan berbeda dengan jenis klausa yang satu ini. Dimana pada rumus atau tata bahasa Indonesia, jenis klausa ini memang merupakan salah satu kata penghubung atau konjungsi dengan jenis pertentangan, meskipun pada fungsinya kata ini digunakan sebagai penghubung.

Memang kata penghubung atau konjungsi ini sering digunakan sebagai salah satu penghubung pada sebuah kalimat, akan tetapi pada kalimat tersebut biasanya memang memiliki kedudukan atau derajat yang sama. Namun, pada jenis konjungsi ini akan mempertentangkan kedua bagian tersebut, biasanya konjungsi ini juga sering digunakan dalam keseharian seperti tetapi, melainkan, dan sedangkan.

Contoh kalimat:

  • , sekolah itu luas tetapi tidak berkualitas.
  • , orang itu cantik tetapi tidak baik hati.
  • , ia tidak bersalah, melainkan melakukan yang seharusnya.

3. Konjungsi Pilihan

konjungsi pilihan
konjungsi pilihan

Banyak sekali jenis konjungsi yang harus kamu hafalkan, demi dapat memberikan maksud dari suatu informasi secara jelas. Untuk jenis konjungsi atau kata penghubung yang satu ini, biasanya digunakan juga dalam kehidupan sehari-hari dalam frekuensi yang cukup sering, untuk kamu yang merasa asing bahwa sebenarnya jenis konjungsi ini juga sering kali dikatakan sebagai konjungsi disjungtif atau pilihan.

Secara panjang lebar bahwa jenis konjungsi yang satu ini merupakan salah satu konjungsi, dengan fungsi tersendiri dalam menghubungkan dua unsur kalimat, atau beberapa macam kalimat dengan tujuan tertentu. Biasanya tujuan yang ingin dicapai dalam menggunakan jenis konjungsi yang satu ini, adalah untuk memberikan pilihan yang diberikan kepada lawan bicara seperti atau, ataupun, dan maupun.

Contoh kalimat:

  • , Kamu mau makan nasi goreng atau mie rebus?
  • , Susu kental ataupun susu bubuk sama saja, keduanya memiliki manfaat yang sama.
  • , baik libur maupun tidak sama saja, bekerja tidak pernah ada habisnya.

4. Konjungsi Waktu

konjungsi waktu
konjungsi waktu

Semua jenis konjungsi sangatlah penting untuk anda pelajari, sebagai salah satu acuan yang menjadi dasar kebenaran ketika kamu sedang menyampaikan suatu informasi kepada orang lain. Untuk jenis konjungsi yang selanjutnya adalah konjungsi waktu, dimana hal ini bukan bermaksud untuk menggabungkan beberapa waktu pada sebuah kalimat akan tetapi memiliki arti lainnya tersendiri.

Untuk konjungsi waktu sering kali diartikan untuk menggabungkan kalimat yang menentukan tempat atau situasi tertentu, dimana fungsi sebenarnya adalah menjelaskan hubungan waktu antara dua hal. Biasanya kalimat yang digabungkan dengan jenis konjungsi ini adalah jenis kalimat yang kedudukannya setara atau sederajat, penghubung yang digunakan seperti sebelumnya, selanjutnya, bilamana, sesudah, dan sejak.

Contoh kalimat:

  • , Setelah penampilan dari boy band ini, penampilan yang selanjutnya adalah penampilan dari Super Junior.
  • , tank itu sudah ada di tempat ini sejak perang dunia kedua.
  • , Dani memakan mie yang sebelumnya dia masak di dapur.

5. Konjungsi Tujuan

konjungsi tujuan
konjungsi tujuan

Dengan semua jenis konjungsi yang ada, biasanya anda akan dibuat bingung untuk memilih beberapa kata penghubung atau konjungsi untuk digunakan. Akan tetapi sebenarnya anda hanya perlu mengetahui terlebih dahulu fungsinya, untuk konjungsi tujuan menjelaskan maksud atau tujuan dari sebuah kejadian atau suatu tindakan, kata penghubungnya diantaranya adalah guna, untuk, agar, dan supaya.

Contoh kalimat:

  • Ani membuat selokan untuk saluran perairan.
  • Tukan bangunan itu membuat jembatan supaya mudah untuk menyebrang sungai.
  • Pohon itu ditebang agar tidak mengganggu pengemudi saat rindang.
  • Dian mencuci mobilnya guna menjaganya dari jamur.

Dalam penggunaannya memang kata penghubung atau konjungsi sering kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dimana penggunaanya dapat dilihat dari tujuan untuk menyampaikan kata atau informasi. Maka akan membuat kamu menjadi lebih mudah, terutama dalam membedakannya.

Mungkin, itu dulu yang bisa pastiguna.com sampaikan tentang pengenalan apa itu konjungsi? pengertian konjungsi, macam-macam konjungsi dan contoh konjungsi di setiap jenisnya. Yang mana konjungsi sering disebut dengan kata penghubung. Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk pembaca pastiguna.com yang berbahagia. Aamiin…..

Leave a Comment