Pengertian Teks Deskripsi

Apa itu teks deskripsi? Berikut adalah pengertian teks deskripsi, ciri-ciri, struktur, jenis, kaidah, cara membuat teks deskripsi dan contoh teks deskripsi itu sendiri. Ya, artikel ini pastiguna buat khusus untuk kamu….. iya kamu yang sedang belajar tentang teks ini. hehe…

Dalam menuliskan sesuatu menggunakan bahasa Indonesia, tentunya memiliki sebuah maksud serta ciri dari penulisannya itu sendiri. Dalam hal ini, setiap teks akan memiliki karakter tersendiri yang harus kamu pahami, salah satunya adalah teks deskripsi sebagai salah satu teks yang wajib kamu mengerti atau pahami, sehingga ketika menuliskannya kamu sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan teks deskripsi ini.

Pengertian Teks Deskripsi

pengertian teks deskripsi
pengertian teks deskripsi

Apa itu teks deskripsi ?

Pengertian teks deskripsi adalah sebagai salah satu jenis teks yang menjelaskan tentang suatu barang, benda, atau orang. Selain itu dalam teks ini juga kamu diharuskan untuk memaparkan suatu hal secara rinci, singkat, namun juga dapat dimengerti oleh orang yang membacanya, bahkan biasanya teks ini memang sering kali digunakan dalam keseharian untuk mendeskripsikan.

Nah itulah pengertian teks deskripsi, yang intinya yaitu penulis ingin menggambarkan atau mengilustrasikan suatu keadaan, warna, rasa dan lain-lain kepada pembaca melalui teks deskripsi tersebut. Jika pembaca sudah bisa membayangkan sesuai dengan objek informasi yang disampaikan oleh penulis, nah itulah yang dikatakan berhasilnya penulisan teks deskripsi tersebut.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

ciri-ciri teks deskripsi
ciri-ciri teks deskripsi

Nah setelah kita tahu apa itu teks deskripsi melalui pengertian teks deskripsi di atas. Sekarang kita lanjut ke materi teks deskripsi yang selanjutnya yaitu kita juga harus tahu apa saja ciri-ciri teks deskripsi?

Ciri-ciri Teks Deskripsi

• Adanya keterlibatan panca indra

Ciri teks deskripsi yang pertama adalah adanya keterlibatan panca indra. Pada setiap penulisan jenis teks deskripsi ini dapat membuat kamu selalu melibatkan beberapa panca indra, karena memang kamu akan menjelaskan atau mendeskripsikan beberapa hal, yang mungkin sudah pernah kamu sentuh, kamu lihat, atau kamu rasakan sebelumnya, dengan demikian dalam hal ini panca indra kamu merupakan salah satu modal untuk melakukan penjabaran dan penulisan pada jenis teks deskripsi.

• Selalu menggambarkan suatu objek

Karena maksud serta tujuan dari penulisan jenis teks deskripsi adalah untuk mendeskripsikan atau menjabarkan suatu hal, maka dalam penulisannya kamu diharuskan untuk menggambarkan suatu objek yang akan diberikan informasinya kepada pembaca. Objek disini dapat diartikan kedalam beberapa hal yang biasanya bermacam-macam, mulai dari benda yang hidup hingga benda mati yang berada di sekitar kita.

• Paragrafnya jelas, rinci, dan mudah dipahami

Jangan sampai salah bahwa pada setiap penulisan teks ini, kamu diharuskan untuk menuliskan beberapa informasi untuk pembaca dengan cara yang jelas. Kejelasan ini dalam artian semua informasi yang kamu tuliskan mudah untuk dipahami dengan kerincian yang juga harus jelas, karena semua informasi yang kamu berikan akan bermaksud untuk mejelaskan atau memaparkan suatu benda hidup dan benda mati.

Dari ciri-ciri teks deskrpsi diatas dapat kita rangkum bahwa ciri teks deskripsi yang pertama yaitu adanya keterlibatan panca indra, menggambarkan suatu objek, paragrafnya jelas, rinci, dan mudah dipahami.

Struktur Teks Deskripsi

struktur teks deskripsi
struktur teks deskripsi

Di dalam setiap jenis teks, pasti mempunyai struktur yang berbeda-beda. Untuk itu kita harus tahu struktur dari setiap jenis teks tersebut, khususnya pada teks deskripsi yang sedang kita pelajari saat ini. Nah kali ini kita akan bahas mengenai struktur teks deskripsi itu pa aja sih?

Berikut adalah struktur teks deskripsi yang harus kamu pahami agar tidak salah dalam membuat teks deskripsi.

Struktur Teks Deskripsi

• Judul

Setiap teks dalam bahasa Indonesia tentunya akan membutuhkan sebuah judul pada penulisannya, dalam hal ini judul yang kamu buat akan mewakili isi dari tulisan yang akan kamu tulis. Jangan sampai kamu menuliskan beberapa informasi untuk pembaca, tanpa kamu memperhatikan judul yang akan kamu buat sehingga judul serta isi dari tulisan yang kamu buat haruslah sesuai atau dapat dikatakan sinkron.

• Identifikasi

Dengan menuliskan teks ini maka kamu diharuskan untuk melakukan identifikasi terhadap objeknya, misalkan beberapa benda atau makhluk hidup. Sehingga dengan melakukan identifikasi ini ada beberapa maksud tertentu, salah satu maksudnya adalah agar kamu sebagai pembaca atau penulis nantinya dapat lebih mengerti akan hal apa yang akan kamu deskripsikan pada tulisan yang telah dibuat tersebut.

• Deskripsi

Jelas bagian ini merupakan salah satu bagian penting pada penulisan teks ini, yang nantinya menjadi inti dari penulisan yang telah anda tulis. Setelah memikirkan judul dari sebuah tulisan, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi suatu hal yang akan ditulis, setelahnya barulah kamu melakukan deskripsi pada hal yang telah kamu mengerti atau identifikasi itu.

• Penutup

Jangan pernah lupa untuk memberikan beberapa kalimat penutup setelah kamu menuliskan jenis teks ini, yang biasanya kalimat ini akan mewakili inti dari semua deskripsi yang telah kamu lakukan. Kamu hanya cukup untuk memberikan beberapa penjelasan yang singkat pada bagian ini, sehingga nantinya akan menjadi kata penutup untuk pembaca yang membaca tulisan kamu dengan mengetahui inti penulisannya.

Oke jangan sampai lupa ya,,, jadi struktur teks deskripsi itu ada 4 yaitu judul, identifikasi, deskripsi, dan penutup.

Jenis Teks Deskripsi

jenis teks deskripsi
jenis teks deskripsi

Berikut adalah jenis-jenis teks deskripsi lengkap beserta penjelasannya yang dapat kamu simak di bawah ini.

Jenis Teks Deskripsi

• Subjektif

Pada penulisan jenis teks deskripsi subjektif ini, biasanya kamu sebagai salah satu pembaca akan memahami apa yang dituliskan seorang penulis mengenai sebuah objek, dengan melihat sudut pandang dari penulis tersebut ketika menuliskannya. Dalam hal ini suatu objek akan dilihat dari, bagaimana penulis tersebut memaparkan atau suatu benda atau makhluk hidup berdasarkan sudut pandangnya.

• Spatial

Untuk jenis teks deskripsi spatial ini tentunya kamu akan menjadi lebih paham, tentang pendeskripsian suatu objek yang akan dijelaskan atau dipaparkan mengenai tempat, benda, ruang, dan lain sebagainya. Sehingga terkadang untuk jenis teks yang satu ini, pada penulisannya akan terkesan sedikit singkat akan tetapi tetap saja mudah untuk dipahami oleh pembaca atau anda sebagai salah satu penulis yang menulisnya.

• Objektif

Jika kamu menyukai beberapa hal yang sangat realistis, maka ketika kamu menulis ada baiknya menggunakan jenis teks deskripsi objektif ini. Ada beberapa hal menarik tentang jenis teks ini, yakni ketika kamu menuliskan atau memaparkan sebuah objek, maka kamu akan menuliskan apapun tentang objek tersebut sesuai dengan faktanya, atau dengan kata lain kamu tidak akan menambahkan opini.

Saya ulang ya teman-teman agar tidak lupa. Jadi jenis teks deskripsi itu ada 3 yakni subjektif, spatial, dan objektif.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

kaidah kebahasaan teks deskripsi
kaidah kebahasaan teks deskripsi

Berikut adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi beserta contohnya lengkap. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi
  1. Memakai kata benda untuk mendeskripsikannya. contohnya seperti: Meja, Kursi, Rumah, dan lain-lain.
  2. Memakai frasa yang mengandung kata benda. Contohnya seperti: beliau merupakan seorang Kepala Lab yang ramah, dan lain-lain.
  3. Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Contohnya seperti: Tiga siswi pandai, Dua kaos kaki hitam, dan lain-lain.
  4. Mengandung kata kerja Transitif untuk dapat memberikan informasi subjek. Contohnya seperti: Siswi itu mengenakan seragam Putih, dan lain-lain.
  5. Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) yang bertujuan untuk mengungkapkan sebuah pandangan dari sisi pribadi si penulis mengenai/tentang sebuah subjek. Contohnya seperti: Saya yakin sepatu itu beli di pasar, saya kira dia siswa yang pandai, dan lain-lain.
  6. Mengandung kata keterangan dalam memberikan sebuah informasi tambahan mengenai suatu objek. Contohnya seperti: dengan cepat atau lambat, di kopi shop, di rumah sakit, dan lain-lain.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupakan sebuah perumpamaan atau metafora. Contohnya seperti: wajahnya bersinar seperti cahaya, dan lain-lain.

Untuk bagian yang satu ini, biasanya kamu diharuskan untuk menambahkan beberapa kata kiasan, yang nantinya berfungsi untuk membuat beberapa benda atau objek yang anda tuliskan terkesan lebih hidup. Tentunya bagian ini menjadi salah satu bagian yang penting dalam penulisan teks ini, karena kamu pasti membutuhkan beberapa kata yang dapat membantu kesan dari tulisan menjadi lebih hidup.

Cara Membuat Teks Deskripsi

cara membuat teks deskripsi
cara membuat teks deskripsi

Berikut adalah tips dan cara membuat teks deskripsi yang bisa kamu perhatikan di bawah ini.

Cara Membuat Teks Deskripsi

• Tentukan objek yang akan di deskripsikan

Sebelum kamu membuat jenis teks ini, pastinya kamu diharuskan untuk mencari terlebih dahulu objek apa yang akan kamu deskripsikan, dimana terdapat dua jenis objek yang biasanya dideskripsikan oleh beberapa orang yakni objek hidup dan mati. Dimana anda dapat memilih keduanya ini, dengan memilihnya kamu akan menjadi lebih mudah dalam melakukan proses identifikasi sebelum mendeskripsikan.

• Lakukan penulisan sesuai kaidah teks deskripsi

Jangan lupa ketika kamu memang menuliskan jenis teks ini, kamu diharuskan untuk memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar sehingga sesuai dengan aturan yang berlaku. Ketika kamu sudah memperhatikan kaidah penulisan yang baik dan benar, maka nantinya teks deskripsi kamu akan menjadi lebih indah untuk dibaca atau menjadi lebih terkesan hidup ketika dipaparkan pada sebuah teks.

Contoh Teks Deskripsi

contoh teks deskripsi
contoh teks deskripsi
Contoh Teks Deskripsi

Aku memiliki sebuah sepeda motor sport, yang sampai saat ini aku sangat menyukainya karena tampilannya yang gagah. Badan dari motor ini terkesan sangat gagah, dengan warna oranye sebagai warna utama pada motor, ditambah lagi dengan memberikan nomor pada bagian depan motor yang membuatnya terlihat seperti motor balap. Motorku ini sudah lama menjadi barang kesayanganku, yang akan selalu aku rawat dengan baik karena aku sangat menyukainya.

Sebuah jenis teks deskripsi ini akan menjadi lebih indah ketika kamu mampu untuk menjabarkannya dengan cara yang benar, atau mungkin ketika kamu mampu untuk membuatnya sedikit terkesan menjadi lebih hidup bagi orang yang membacanya.

Nah itulah pembahasan kita mengenai Apa itu teks deskripsi? mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis, kaidah, cara membuat teks deskripsi dan contoh teks deskripsi itu sendiri. Semoga bermanfaat….

Tinggalkan komentar