Penjelasan Mengenai Peraturan Permainan Bulutangkis Lengkap

Peraturan permainan bulutangkis – Semua permainan tentunya memiliki peraturan sendiri-sendiri. Bulutangkis merupakan sebuah permainan dimainkan sesuai peraturan khusus. Peraturan permainan bulutangkis ini telah diatur oleh pihak terkait. Jangan buat aturan sendiri ya gaess, hehehe.

Peraturan Permainan Bulutangkis

peraturan bulutangkis
peraturan bulutangkis

Mengenai peraturan dalam permainan bulu tangkis kami akan coba jelaskan satu per satu untuk kalian. Yakni, mulai dari peraturan service dalam permainan bulu tangkis, garis lapangan bulu tangkis, bentuk permainan bulu tangkis, dan cara perhitungan point dalam permainan bulu tangkis. Yuk langsung saja, simak penjelasannya berikut ini.

Peraturan Service dalam Permainan Bulutangkis

peraturan bulu tangkis
peraturan bulu tangkis

Servis yaitu sebuah gerakan memukul bola dengan raket yang bertujuan untuk diarahkan ke lawan. Selain itu, servis digunakan dalam rangka mengawali sebuah pertandingan bulutangkis. Pastikan saat melakukannya masuk ke dalam wilayah musuh dengan tepat.

Untuk melakukan servis pastikan Sobat berdiri di sisi lapangan, boleh di kiri ataupun di kanan dengan posisi menyeberangi jaring. Bukan menyeberangi jalan ya, haha.

Saat Sobat melakukan servis dan masuk ke area musuh, maka servis tersebut berhasil. Namun sebaliknya, jika keluar arena maka dianggap gagal.

Di sisi lapangan ada wasit yang memandu jalannya pertandingan sehingga tahu apakah servis yang dilakukan sudah benar atau belum. Jika salah melakukan servis, maka akan diulang. Kalaupun beberapa kali salah, maka akan dilempar ke tim lawan.

Saat melakukan servis tentunya juga ada peraturan yang ada dalam permainan bulutangkis tertentu yang harus Sobat lakukan agar sah. Dengan begitu tidak perlu diulang. Maka harus dipahami, resapi, lakukan, hehe.

Berikut langkah-langkah melakukan servis:
  1. Usahakann kepala raket berada di bawah pegangan.
  2. Letakan bola di bawah pinggang, namun jangan terlalu pendek.
  3. Gerakan sedikit kaki kiri sambil jinjit.
  4. Geser kaki secara perlahan, namun jangan sampai pisah dari tanah.
  5. Ayunkan raket secara pelahan dengan stabil, jangan merubah ayunan secara tiba-tiba.
  6. Setelah bola dipukul, semua orang dalam lapangan bergerak sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Saat melakukan servis, biasanya juga terdapat beberapa kesalahan yang tidak disengaja. Bisa jadi orang tersebut tidak paham saat melakukan servis.

Beberapa kesalahan yang sering dijumpai adalah:
  • Terlalu tinggi mengangkat raket sehingga bola susah dipukul, bahkan terkadang tidak kena.
  • Meletakkan bola lebih tinggi dari pinggang dan juga salah menggenggam raket.
  • Menginjak garis depan pada lapangan bulutangkis, baik secara sengaja ataupun tidak.
  • Menggerakkan kaki kiri sehingga berpindah posisi jauh dari sebelumnya.
  • Sebelum kok dipukul, Sobat melangkahkan kok kiri tersebut.
  • Memukul dan mengayunkan kok tidak seimbang.
  • Tim lawan bergerak sebelum kok dipukul. Begitu bula sebaliknya, tim pemukul bergerak terlebih dahulu.

Servis yang baik akan menghasilkan pukulan yang baik pula, bahkan tidak sedikit pukulan masuk dan susah untuk dikembalikan lawan. Jika hal tersebut terjadi maka Sobat akan mendapat poin tambahan. Usahakan pukulan selaras dengan ayunan raket. Cukup mudah kan gaess..!!

Garis Lapangan Area Permainan

peraturan permainan bulutangkis
peraturan permainan bulutangkis

Ada banyak perbedaan lapangan yang harus Sobat pahami saat bermain bulutangkis. Baik itu permainan tunggal ataupun ganda. Selain luas ukuran, ada beberapa hal lain yang membedakan lapangan tersebut. Tentunya antara satu dengan lainnya memiliki fungsi masing-masing.

Ada beberapa garis untuk lapangan bulutangkis. Tapi bukan penggaris yaa, hehehe. Di antaranya adalah garis samping yang memiliki 2 garis yaitu garis luar dan garis dalam. Begitu pula garis belakang juga memiliki garis luar dan garis dalam.

Kegunaan dari garis tersebut sebetulnya untuk permainan dengan jumlah orang tertentu. Jika permainan tunggal, maka menggunakan garis belakang luar dan garis samping bagian dalam. Sedangkan garis bagian belakang luar dan samping luar digunakan untuk pemain partai ganda dalam bulutangkis.

Sama halnya saat melakukan servis, Sobat harus melihat garis tersebut. Dalam partai tunggal, garis yang digunakan adalah garis dalam samping dan garis belakang bagian luar. Untuk partai ganda gunakan garis samping luar dan garis belakang dalam.

Sedangkan ukuran garis tergantung peraturan permainan bulutangkis ataupun ukuran ganda yang telah ditetapkan. Dengan mengetahui garis tersebut. maka akan mudah saat melakukan pembuatan lapangan. Untuk ukuran net biasanya sudah dibuat pabrik. So.. jangan buat garis sendiri, hohoho.

Bentuk Permainan Bulutangkis

aturan permainan bulu tangkis
aturan permainan bulu tangkis

Permainan bulutangkis memiliki banyak cabang, dengan jumlah pemain satu atau dua. Ada 5 jenis permainan bulutangkis yang harus Sobat ketahui. Dengan begitu, saat mengikuti pertandingan bulutangkis tidak merasa kebinggungan.

Berikut ulasan bentuk permainan bulutangkis:

1. Partai Tunggal Putra

Permainan ini hanya dilakukan oleh satu orang putra dari tim lawan dan satu orang putra dari tim Sobat. Untuk peraturan permainan juga sama. Tim yang dinyatakan menang siapa yang mendapat poin maksimal terlebih dahulu.

2. Partai Tunggal Putri

Seperti halnya tunggal putra, tunggal putri juga menampilkan perlawanan. Masing-masing dari tim memberikan perwakilan satu orang putri untuk melakukan pertandingan. Untuk ukuran lapangan juga sama dengan ganda putra.

3. Partai Ganda Putra

Jika tunggal putra hanya memainkan satu orang masing-masing tim, maka pertandingan ini memainkan dua orang masing-masing pihak. Untuk ukuran lapangan lebih luas dari ukuran permainan tunggal putra dan juga tunggal putri.

4. Partai Ganda Putri

Partai seru untuk lelaki. Hehe. Sama seperti ganda putra, namun peserta permainan ini adalah putri. Ganda putri mengharuskan Sobat memberi perwakilan tim 2 orang putri. Untuk ukuran lapangan sama dengan ukuran yang digunakan pada ganda putra.

5. Partai Ganda Campuran

Peraturan permainan bulutangkis secara singkat ini di lakukan oleh satu orang pria dan satu orang wanita. Begitu pula tim lawan. Saat melakukan formasi ini, kekompakan harus benar terjaga. Sedikit miss komunikasi akan memberikan efek yang fatal dan berujung pada kekalahan.

Perhitungan Point Permainan Bulutangkis

aturan permainan bulutangkis
aturan permainan bulutangkis

Poin merupakan sesuatu yang harus dikumpukan saat melakukan pertandingan ini. Tim yang lebih dahulu meraih poin maksimal dinyatakan menang. Namun, semua itu tidak lepas dari peraturan pertandingan yang harus dilakukan.

Saat melakukan pertandingan buluitangkis biasanya menggunakan sistem pindah bola ataupun rely poin. Jika pemberi servis memasukan bola ke dalam area lawan, maka otomatis mendapatkan satu poin tambahan. Berikut penjelasannya:

1. Sistem Pindah Bola

Setiap set yang dilakukan harus menentukan siapa yang melakukan servis tersebut. Dengan begitu, akan lebih jelas saat mendapat poin. Jika bola tersebut masuk ke dalam area musuh, maka otomatis akan mendapat poin tambahan.

Saat Sobat mendapatkan poin. Hal tersebut juga berpengaruh pada posisi servis yang akan dilakukan. Biasanya posisi tersebut ditentukan oleh poin genap atau ganjil yang didapat. Semua pemain harus mendaftarkan diri terlebih dahulu siapa yang berhak melakukan servis tersebut, jangan illegal.

Seorang pemain diberi dua kesempatan untuk melakukan sebuah servis, tidak ada kesempatan ketiga, hehe. Jika salah melakukan servis, bola akan pindah tangan. Hal ini berlaku untuk pasangan ganda. Untuk pindah bola dilakukan oleh pasangan yang berada disebelah kanan.

2. Sistem Rely Poin

Perhitungan poin pada pemainan bulutangkis sudah mengalami perubahan. Jika sistem klasik menggunakan poin 15 sebagai batas maksimal. Peraturan permainan bulutangkis terbaru dan modern sudah menggunakan sistem rely poin 21. Peraturan ini dimulai pada tahun 2006.

Saat pertandingan berlangsung, ada 5 jenis pertandingan seperti yang sudah diuraikan di atas. Jika salah satu tim berhasil mendapatkan 3 kali kemengangan beruntun, maka tim terebut dinyatakan menang. Ataupun saat melakukan pertandingan mendapat 3 kemenangan dari 5 partainya.

Setiap pertandingan bulutangkis selalu dipimpin oleh wasit. Bukan kepala sekolah yaa, hahaha. Jadi Sobat harus mendengarkan apa yang diarahkan. Jika Sobat melanggar ketentuan itu bisa mendapat teguran atau bahkan didiskualifikasi. Untuk itu, perlu kiranya memahami peraturan permainan bulutangkis.

Leave a Comment