Ideologi Komunisme

ideologi komunisme
ideologi komunisme

Ideologi Komunisme – Ideologi adalah suatu sistem berpikir, pandangan dan juga pedoman hidup yang dianut dan diaplikasikan pada perilaku yang dikerjakan. Dari berbagai macam jenis ideologi, Anda mungkin pernah mendengar ideologi komunisme yang pada kesempatan kali ini akan dibahas khusus mengenai ideologi komunisme. Simak baik-baik ya!

Pengertian Ideologi komunisme

Pengertian Ideologi komunisme adalah sebuah paham atau ideologi yang menekankan kepemilikan alat – alat secara bersama dengan adanya tujuan untuk tercapainya negara dan masyarakat yang makmur. Pada komunisme, masyarakat hidup tanpa kasta ataupun kelas di mana semua dan setiap individu adalah sama tanpa terkecuali.

Sama rata pada ideologi komunisme mencakup semua bidang termasuk ekonomi,dan bahkan juga agama, di mana pemerintah memberikan doktrin. Pada negara yang menganut paham komunisme, kepentingan yang dimiliki oleh individu lebih kecil dibandingkan dengan kepentingan dan kehendak dari partai, pemerintah dan juga negara.

Ciri-Ciri Ideologi Komunisme

Adapun ciri-ciri ideologi komunisme yang membedakannya dengan paham atau ideologi yang lainnya adalah:

  1. Bersifat ateis dan tidak mengimani adanya Tuhan. Individu penganut paham komunisme menganggap bahwa Tuhan itu tidak ada jika dia berpikir bahwa Tuhan tidak ada, namun juga menganggap Tuhan ada jika dia berpikir bahwa Tuhan itu ada. Pada dasarnya, keberadaan Tuhan tergantung terhadap pemikiran manusia itu sendiri.
  2. Mengajarkan teori pertentangan dan perjuangan kelas sosial sehingga tidak ada kesenjangan sosial di antara pemilik tanah dan juga kaum proletariat.
  3. Memberikan doktrin revolusi secara terus – menerus (permanent revolution) yang menjalar ke seluruh dunia.
  4. Semua dan setiap individu tidak memiliki kepemilikan atas sarana seperti pertanian, tanah, pabrik, perdagangan, tambang, konstruksi, alat komunikasi dan juga alat transportasi karena semua aset dan sarana tersebut adalah milik negara.
  5. Kurang dan bahkan tidak menghargai individu sebagai seorang manusia yang memiliki hak.
  6. Komunisme menganut sistem politik satu partai pada dunia politik.
  7. Untuk menuju masyarakat yang makmur dan tanpa kelas, ada proses diktator proletariat di mana terjadinya pembersihan kelas yang melawan komunisme (biasanya tuan tanah atau yang memiliki kekayaan).

Sistem Ekonomi pada Pemerintahan Komunisme

Sistem ekonomi yang dilakukan oleh pemerintahan komunisme di mana semua keputusan terkait dengan ekonomi dibuat oleh masyarakat secara teori, namun karena adanya pemerintahan dan rezim otoriter sehingga ekonomi juga akan menguntungkan elite politik partai tunggal.

Sistem ekonomi yang dianut dan dikembangkan oleh pemerintahan komunisme adalah:

  1. Segala jenis transportasi yang ada di dalam negara tersebut adalah milik negara sepenuhnya baik itu transportasi darat, laut, dan juga transportasi udara.
  2. Pada sistem ekonomi yang dilakukan pada negara penganut komunisme, semua aspek perindustrian kepemilikannya dimiliki oleh negara dan pemerintahan.
  3. Tidak ada kepemilikan pribadi oleh individu manapun karena semua proses ekonomi dilakukan dan dikendalikan oleh pemerintah dan negara.

Tokoh-Tokoh Komunisme

Ada beberapa orang yang menjadi tokoh yang terkenal dengan ideologi komunisme, di antaranya adalah:

1. Karl Marx

Karl Marx adalah tokoh yang terkenal dengan komunismenya, beliau menyatakan bahwa jalan yang dilalui untuk menuju masyarakat yang sosialis ditentukan oleh material secara dialektis.

2. Joseph Stalin

Bagi Joseph Stalin kekuasaan bukan dilaksanakan oleh yang memberikan suara (masyarakat) namun oleh orang yang memerintah (pemerintah atau negara).

3. Vladimir Ilivh Ulyanov

Vladimir Ilivh Ulyanov atau Lenin menghasilkan sebuah konsep yaitu konsep Lenin yang menyatakan bahwa diktator mengandung arti yang memiliki sifat politik yaitu diktator komunis atas kaum proletariat.

Negara yang Menganut Paham Komunisme

Ideologi komunisme memengaruhi beberapa negara dalam melakukan pemerintahan dan dalam ruang lingkup politik. Adapun beberapa negara yang menganut paham komunisme di antaranya adalah:

1. Korea Utara

Sebagai negara yang terkenal dengan sistem pemerintahan komunisnya, negara ini dikenal dengan sistem pemerintahan otoriter oleh Kim Jong Un yang memiliki kendali penuh atas pengambilan kebijakan, perekonomian, informasi dan juga beberapa aspek kehidupan.

2. Tiongkok

Sebagai negara penganut komunisme terbesar di dunia, Tiongkok menganut sistem komunisme pada sistem partai sehingga hanya ada partai tunggal yaitu Partai Komunis Tiongkok di sana. Sedangkan untuk sistem ekonomi, Tiongkok menganut paham liberalisme dan paham kapitalisme.

3. Vietnam

Vietnam adalah salah satu negara penganut ideologi komunisme yang ada di Asia Tenggara. Komunisme yang dianut pada Vietnam meliputi berbagai macam aspek kehidupan di mana hanya ada partai tunggal yaitu Partai Komunis Vietnam di negara ini.

Sejarah Ideologi Komunisme

Pada tanggal 21 Februari 1848, Karl Marx dan Friedrich Engels menulis Manifesto Komunis yang merupakan tanggapan dari keduanya atas kondisi kerja buruk untuk para pekerja yang ada di seluruh Eropa. Tujuan dari penulisan Manifesto Komunis tersebut untuk dapat membangun sistem yang tidak ada perbedaan kelas atau kasta. Ideologi ini kemudian mulai berkembang selama masa Revolusi Perancis dan munculnya Manifesto Komunis tersebut.

Manifesto Komunis tersebut pada akhirnya menyebabkan Revolusi Perancis merupakan titik balik utama Ketika kelas pedagang yang sedang melakukan proses kontrol atas alat produksi kemudian membalikkan struktur di mana tidak ada pemilik atau tuan tanah dan semua individu adalah sama dan setara.

Kelebihan Ideologi Komunisme

Komunisme memiliki beberapa kelebihan, di antara kelebihan ideologi komunisme adalah sebagai berikut:

  1. Negara yang menganut paham komunisme pada bidang ekonomi akan lebih mudah untuk menekan angka pengangguran karena semua masyarakat diberdayakan dan dipekerjakan karena peningkatan lapangan pekerjaan merupakan jaminan yang diberikan oleh negara.
  2. Karena adanya kerataan untuk semua orang, kemudian setiap orang akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk membangun kehidupan mereka sendiri.
  3. Pada negara yang menganut paham ini, hampir tidak ada permasalahan ekonomi karena kesejahteraan masyarakat dijamin secara langsung oleh negara dan pemerintah.

Kekurangan Ideologi Komunisme

Selain memiliki kelebihan, ideologi ini juga memiliki kekurangan. Diantara kekurangan ideologi komunisme adalah sebagai berikut:

  1. Tidak menjunjung adanya Hak Asasi Manusia (HAM).
  2. Kekurangan utama yang ada pada komunisme adalah masyarakatnya mudah sekali untuk dimanipulasi untuk dapat melayani negara.
  3. Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam hidup termasuk dalam mengejar kepentingan dan tujuannya sendiri karena semua orang bekerja mengikuti tujuan dan juga kebutuhan negara.

Contoh Penerapan Ideologi Komunisme

Adapun beberapa contoh ideologi komunisme yaitu:

  1. Pemerintah Cina mengembangkan Lompatan Jauh ke Depan pada tahun 1950-an. Saat ini, pemerintah mengendalikan industri yang sukses sehingga kemudian dapat menghasilkan keuntungan yang besar untuk pemerintah namun pekerja tidak diberikan upah yang cukup dan bahkan cenderung kurang.
  2. Tanah pertanian dan pekerja di Korea Utara berada di bawah kendali pemerintah.
  3. Semua obat – obatan, persediaan medis dan juga profesional medis di Kuba berada di bawah kendali pemerintah.

Setelah penjelasan mengenai ideologi komunisme di atas, Anda pasti dapat mengetahui alasan mengapa Indonesia tidak menganut paham komunisme. Karena sangat bertentangan dengan ideologi Pancasila yang sekarang negara kita anut, ‘kan? Hehe.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri