Ideologi kapitalisme

ideologi kapitalisme
ideologi kapitalisme

Ideologi Kapitalisme – Memiliki pandangan dan pedoman hidup tentu saja menjadi keharusan bagi setiap individu tanpa terkecuali. Pandangan dan pedoman hidup tersebut kemudian disebut dengan istilah ideologi, di mana ideologi sendiri memiliki berbagai jenis salah satunya yaitu ideologi kapitalisme.

Melalui pembahasan kali ini, akan dijelaskan mengenai salah satu jenis ideologi yaitu ideologi kapitalisme mulai dari pengertian, ciri-ciri yang dimiliki, sejarah, kelebihan, kekurangan, beserta beberapa contoh. Simak pembahasan sampai akhir sehingga Anda dapat memahami ideologi ini.

Pengertian Ideologi Kapitalisme

Adapun pengertian ideologi kapitalisme jika berdasarkan etimologis atau bahasanya, kapitalisme berasal dari Bahasa latin yaitu caput, yang berarti kepala, kehidupan, dan juga kesejahteraan. Kata caput kemudian berkembang menjadi capital yang diinterpretasikan sebagai titik atau batas kesejahteraan, menyebabkan interpretasi atau pengertian awal dari kapitalisme adalah segala proses usaha untuk mencapai kesejahteraan dengan memenuhi kebutuhan.

Ideologi kapitalisme dapat diartikan sebagai sebuah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan secara penuh bagi semua dan setiap orang untuk dapat mengendalikan kegiatan segala macam kegiatan ekonomi untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar – besarnya. Adapun pengertian ideologi kapitalisme menurut beberapa ahli adalah:

1. Max Weber

Pengertian ideologi kapitalisme menurut Max Weber adalah suatu sistem ekonomi yang berlaku pada pasar yang dipacu untuk dapat menghasilkan keuntungan dengan kegiatan ekonomi (tukar menukar) yang terjadi pada pasar tersebut

2. Karl Marx

Sedangkan Karl Marx menyatakan bahwa pengertian ideologi kapitalisme adalah sistem dimana kebijakan pasar beserta dengan harga dari suatu barang ditentukan langsung oleh pemilik modal (penjual) yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal

3. Adam Smith

Adam Smith mendefinisikan kapitalisme dengan fokus kesejahteraan, dimana menurutnya pengertian ideologi kapitalisme adalah sistem yang dapat menciptakan kesejahteraan untuk semua masyarakat negara jika negara (pemerintah) tidak melakukan intervensi pada kebijakan maupun mekanisme pasar.

Ciri-Ciri Ideologi Kapitalisme

Untuk bisa membedakan kapitalisme dengan ideologi yang lain, ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri ideologi kapitalisme ini sendiri, diantaranya adalah:

  1. Setiap individu memiliki kebebasan untuk dapat memilih pekerjaan sendiri
  2. Ekonomi diatur oleh mekanisme pasar dan bukan oleh pemerintah
  3. Peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi sangat kecil
  4. Kepemilikan alat produksi bisa merupakan kepemilikan pribadi dari seorang individu
  5. Adanya pengakuan terhadap hak pribadi dari masing – masing individu
  6. Perekonomian digerakkan berdasarkan motif untuk mendapatkan laba atau keuntungan
  7. Dalam paham atau ideologi ini, manusia dipandang sebagai pribadi atau individu yang selalu mengejar keuntungan dirinya sendiri atau homo-economicus

Sejarah Ideologi Kapitalisme

Sejarah ideologi kapitalisme berawal pada abad ke-18 dimana dataran Eropa masih dikuasai oleh tiga golongan besar yang terdiri dari raja (kerajaan), pihak gereja dan juga kaum Feodal. Pada saat itu, peran dari pihak gereja sangat besar dalam semua aspek, bahkan pihak gereja memiliki hak untuk dapat membatasi kebebasan individu untuk hanya mengemukakan pendapat.

Kekuasaan berlebih yang dimiliki oleh pihak gereja tersebut kemudian menyiksa rakyat yang kemudian menimbulkan reaksi perlawanan dari kaum feodal maupun kerajaan. Salah satu peristiwa yang terjadi saat itu yaitu Revolusi Inggris juga memiliki peranan penting untuk dapat membangkitkan semangat baru terkait dengan kapitalisme yang mulai muncul dan menjangkau ranah ekonomi.

Pada saat Revolusi Inggris, negara Inggris berubah pada kegiatan ekonomi yang awalnya berpusat pada kegiatan pertanian menjadi kegiatan industri yang menyebabkan adanya perubahan pada alat industri yang digunakan. Adam Smith yang merupakan pelopor dari kapitalis mengemukakan hasil pemikirannya yaitu Invisible Hand dan pasar bebas, yang memiliki kaitan erat terhadap kebebasan dari setiap individu untuk melakukan produksi.

Kelebihan Ideologi Kapitalisme

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kapitalisme, diantara kelebihan ideologi kapitalisme adalah:

  1. Kapitalisme dapat meningkatkan tingkat efisiensi pemanfaatan sumber daya dan juga distribusi barang
  2. Pengawasan politik dan sosial yang dilakukan pada saat menjalankan ideologi kapitalisme ini minimal dan bahkan dapat dikatakan sangat kecil karena biaya dan waktu produksi yang diperlukan lebih kecil
  3. Semua dan setiap individu memiliki pilihan yang lebih banyak dalam melakukan usaha atau bisnis sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing – masing
  4. Berkembangnya kreativitas masyarakat karena dibebaskan untuk melakukan segala hal yang terbaik
  5. Adanya kapitalisme dipercaya dapat membentuk perekonomian dimana konsumen mengatur pasar
  6. Adanya kapitalisme juga dipercaya dapat mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi desentralisasi

Kekurangan Ideologi Kapitalisme

Selain memiliki kelebihan, kapitalisme juga memiliki beberapa kekurangan. Diantara kekurangan ideologi kapitalisme yaitu:

  1. Kapitalisme menghasilkan persaingan yang sengit dan sangat ketat
  2. Dapat memicu dan mendorong kurangnya sumber daya alam karena eksploitasi yang dilakukan demi menjaga keberlangsungan proses ekonomi
  3. Dipercaya sebagai penyebab tidak adilnya distribusi kekayaan dan kekuasaan dimana hanya segelintir orang yang memiliki kekuasaan dan kekayaan
  4. Tujuan bisnis hanya berkisar pada profit atau keuntungan dimana perusahaan atau usaha yang besar cenderung untuk mengambil perusahaan atau usaha yang kecil
  5. Ekonomi cenderung berorientasi pada uang dan dilihat dengan menggunakan sudut pandang yang materialistik
  6. Sistem penentuan harga terkadang gagal untuk dapat mengalokasikan sumber daya yang ada seperti upah buruh secara efisien sehingga tidak diperhitungkan karena memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar – besarnya.

Contoh Ideologi Kapitalisme

Ada beberapa hal yang dapat menjadi contoh dari kapitalisme, diantara contoh ideologi kapitalisme yaitu:

1. Perekonomian Jepang

Sistem politik yang berlaku di Jepang sebelum Barat memengaruhi pandangan negaranya adalah feodalisme yang menganut sistem perbudakan dimana semua orang pada dasarnya adalah budak dan seorang budak tidak memiliki hak apapun namun memiliki kewajiban mematuhi majikan atau tuannya.

Namun saat ini Jepang sudah berubah, dapat dilihat dari sistem ekonominya yang berubah misalnya warga atau masyarakat Jepang dapat melakukan pekerjaan dan usaha sesuai dengan keinginan, juga dapat memiliki aset dan properti pribadi.

2. Pipa Gas di Australia

Pembangunan pipa gas di Australia dilakukan secara publik namun pemegang lisensinya adalah operator swasta, dimana operator tersebut hanya menerima biaya dan pengembalian aset namun juga bisa memperoleh pengembalian investasi yang normal untuk dapat meningkatkan efisiensi, kapasitas, dan distribusi.

3. Walmart

Seperti yang sudah dijelaskan pada kekurangan yang dimiliki oleh ideologi kapitalisme, ideologi ini terkadang membuat beberapa sumber daya (khususnya pekerja) tidak menerima haknya secara penuh karena pengeluaran untuk gaji pekerja dipotong demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Pekerja atau karyawan Walmart mendapatkan upah kerja yang begitu kecil bahkan mereka harus mengajukan kupon makanan, padahal pendapatan atau keuntungan yang didapatkan oleh Walmart sendiri sangat banyak, berkisar pada $ 100 hingga 120 Miliar setiap kuartalnya.

Salah satu dasar pemikiran dari ideologi kapitalisme adalah setiap individu memiliki kebebasan dalam menentukan pekerjaan atau usaha yang dilakukan, tanpa campur tangan dari pemerintah. Setelah membaca penjelasan di atas, diharapkan Anda sudah tidak bingung mengenai salah satu jenis ideologi ini ya.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri