Gambar dan Ukuran Lapangan Lompat Jauh Beserta Keterangannya

Gambar dan Ukuran lapangan lompat jauh lengkap – Jika kita perhatikan, terdapat lintasan lompat jauh yang bervariasi, tergantung pada spesifikasi dari setiap aturan dan persyaratan organisasi. Arena olahraga atletik, yang terutama digunakan oleh anak-anak muda, misalnya di sekolah dasar, tidak perlu memiliki landasan pacu penuh karena mereka tidak akan bisa mendapatkan kecepatan lebih dari jarak yang lebih jauh.

Ini juga berarti bahwa sekolah dapat menginstal jalur kedua yang akan memberikan area yang lebih besar sehingga lebih banyak orang dapat menggunakan fasilitas pada satu waktu, yang sangat cocok untuk sekolah yang sibuk dengan banyak siswa yang ingin menggunakan lompat jauh.

Meskipun jika anda perlu menyesuaikan dengan anggaran yang ketat, pilihan satu lajur dalam membuat arena lompat jauh akan menjadi pilihan yang lebih baik. Hal ini memungkinkan anda untuk menyesuaikan arena olahraga atletik anda.

Namun untuk klub atletik yang lebih profesional, lintasan atau arena lapangan lompat jauh harus tetap dalam pedoman sesuai dengan peraturan lompat jauh yang ditetapkan oleh badan pengelola atletik IAAF karena fasilitas yang digunakan dalam kompetisi, ini memastikan kompetisi yang adil dan hasil jarak yang akurat.

Oke langsung saja, simak penjelasan tentang gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya yang ada dibawah ini.

Gambar Lapangan Lompat Jauh beserta Ukurannya

gambar lapangan lompat jauh
gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya

Nah, setelah melihat gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya sesuai standar internasional di atas. Namun kebanyakan dalam urusan penyediaan fasilitas arena lapangan lompat jauh, banyak sekolah dan pusat pendidikan tinggi membuat lapangan lompat jauh tunggal dan multi jalur. Karena lintasan lompat jauh yang semacam itu dapat digunakan multi fungsi, terutama dalam hal meningkatkan tingkat kebugaran dengan cara bermain atletik.

Lebih banyak orang menikmati aktivitas ini karena sepertinya lebih mengasyikkan daripada berlari karena teknik dasar lompat jauh ini mudah dipelajari oleh setiap orang. Selain itu olahraga ini juga sangat penting bagi anak-anak untuk meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran fisik mereka, ini dapat dilakukan dengan cepat menggunakan perakitan fasilitas olahraga.

Ukuran Lapangan Lompat Jauh dan Keterangannya

ukuran lapangan lompat jauh
ukuran lapangan lompat jauh dan keterangannya

Lapangan lompat jauh beserta ukurannya telah ditentukan organisasi atletik IAAF. Ukuran lintasan lapangan lompat jauh menurut IAAF yaitu, untuk pit lompat jauh adalah 9 meter kali 2,75 meter. Oleh karena itu, ukuran lapangan lompat jauh harus sesuai dengan dimensi ini jika fasilitas digunakan secara kompetitif.

[su_box title=”Ukuran Lapangan Lompat Jauh dan keterangannya:” box_color=”#020202″]

  • Panjang bak lompat jauh : 9 meter
  • Lebar bak lompat jauh : 2,75 meter
  • Panjang lintasan untuk awan lari sebelum melompat : 13-45 meter
  • Lebar lintasan untuk awan lari sebelum melompat : 1,22 meter
  • Panjang papan tumpu lompat jauh : 1,22 meter
  • Lebar papan tumpu lompat jauh : 20 meter
  • Pada area bak lompat jauh diisi dengan pasir[/su_box]

Demikianlah beberapa informasi terkait gambar lapangan lompat jauh dan ukurannya. Semoga adanya pembahasan mengenai ukuran lapangan lompat jauh beserta keterangan ini, dapat membantu Anda. Jika kamu penasaran dengan asal usul dari perlombaan lompat jauh. Yuk simak sejarah lompat jauh yang telah kami bahas di artikel sebelumnya.

Tinggalkan komentar