Budaya : Pengertian, Unsur, Wujud, Ciri, Faktor

Budaya adalah istilah yang merujuk pada serangkaian besar dan beragam aspek kehidupan sosial yang sebagian besar tidak berwujud. Pengertian budaya sendiri sering merujuk ke istilah sosiologi yang menyangkut dengan nilai-nilai dan norma-norma sosial yang berlaku.

Lalu seperti apakah pengertian lebih lanjut dari budaya dan apa sajakah unsur-unsur dan ciri-ciri budaya itu sendiri? Untuk kamu yang penasaran, cari tahu jawabannya di bawah ini….

Pengertian Budaya

pengertian budaya
pengertian budaya

Menurut sosiolog, budaya terdiri dari nilai-nilai, kepercayaan, sistem bahasa, komunikasi, dan praktik-praktik yang sama-sama dimiliki orang dan yang dapat digunakan untuk mendefinisikannya sebagai suatu kolektif.

Budaya juga mencakup benda-benda material yang umum bagi kelompok atau masyarakat itu. Budaya adalah salah satu konsep paling penting dalam sosiologi karena sosiolog mengakui bahwa budaya memainkan peran penting dalam kehidupan sosial manusia.

Penting untuk membentuk hubungan sosial, mempertahankan tatanan sosial, menentukan bagaimana manusia memahami dunia dan tempat manusia di dalamnya, dan dalam membentuk tindakan dan pengalaman manusia sehari-hari dalam masyarakat. Budaya sendiri terdiri dari hal-hal non-material dan material.

Singkatnya, sosiolog mendefinisikan aspek budaya non-material sebagai nilai-nilai dan keyakinan, bahasa, komunikasi, dan praktik yang dimiliki bersama oleh sekelompok orang. Memperluas kategori-kategori ini, budaya terdiri dari pengetahuan, akal sehat, asumsi, dan harapan manusia juga aturan, norma, hukum, dan moral yang mengatur masyarakat.

Budaya juga berkaitan dengan cara manusia berbicara dan menulisnya sebagaimana apa yang oleh sosiolog disebut “wacana”. Budaya juga mengaitkan simbol yang manusia gunakan untuk mengekspresikan makna, ide, dan konsep (seperti rambu lalu lintas dan emoji, misalnya).

Budaya juga adalah apa yang manusia lakukan dan bagaimana manusia berperilaku. Budaya mengekspresikan identitas ras, kelas, jenis kelamin, dan seksualitas,. Budaya juga mencakup praktik kolektif yang manusia ikuti, seperti upacara keagamaan, perayaan adat istiadat, dan lain sebagainya.

Budaya material sendiri terdiri dari benda-benda yang dibuat dan digunakan manusia. Aspek budaya ini mencakup berbagai hal, mulai dari bangunan, gadget teknologi, dan pakaian, hingga film, musik, sastra, dan seni, antara lain. Aspek budaya material lebih sering disebut sebagai produk budaya.

Sosiolog melihat dua sisi budaya – materi dan non-materi – sebagai suatu hal yang terhubung erat. Budaya material muncul dari dan dibentuk oleh aspek budaya non-material. Dengan kata lain, apa yang manusia hargai, percayai, dan ketahui memengaruhi hal-hal yang manusia buat.

Budaya material juga dapat mempengaruhi aspek budaya non-material. Misalnya, film dokumenter yang kuat dapat mengubah sikap dan kepercayaan orang. Inilah mengapa produk budaya cenderung mengikuti pola.

Apa yang terjadi sebelumnya dalam hal musik, film, televisi, dan seni, misalnya, memengaruhi nilai-nilai, kepercayaan, dan harapan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka, yang kemudian, pada gilirannya, memengaruhi penciptaan produk budaya tambahan.

Unsur- Unsur Budaya

unsur-unsur budaya
unsur-unsur budaya

Pengertian budaya adalah totalitas perilaku manusia yang dipelajari dan ditransmisikan secara sosial yang kemudian dibagikan dan dipraktikkan di semua masyarakat. Setiap budaya memiliki beberapa unsur di antaranya adalah :

1. Bahasa

Bahasa adalah sumber komunikasi dan untuk mengirimkan pesan dari satu orang ke orang lain. Bahasa adalah metode untuk membentuk perilaku dan pengalaman seseorang.. Bahasa adalah pintu masuk ke suatu budaya. Bahasa adalah seperangkat pola, kata, dan kalimat yang secara sosial memiliki makna dan terminologi khusus yang sama dengan budaya yang sama.

2. Simbol

Simbol adalah apa pun yang digunakan untuk mewakili ekspresi pada suatu situasi peristiwa. Simbol langsung memandu perilaku manusia dan digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa di masa lalu, sekarang atau masa depan. Simbol adalah ungkapan singkat untuk identifikasi suatu objek atau situasi.

3. Norma

Norma sebagai elemen budaya adalah aturan dan pedoman yang menentukan perilaku individu. Norma menjaga seseorang dalam batas masyarakat dan budayanya dan memberi manusia batasan tentang sesuatu yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Norma membentuk perilaku manusia dan memberi pengetahuan tentang yang salah dan benar. Norma dapat dibagi menjadi:

a) Norma sosial

Norma sosial adalah cara adat sederhana orang-orang atau tindakan normal dan kebiasaan orang dalam suatu budaya. Norma sosial adalah cara perilaku yang diakui atau diterima dan menjadi pola perilaku yang digunakan seseorang secara umum dalam kehidupan sehari-harinya.

b) Adat istiadat

Adat istiadat berarti kebiasaan atau kepercayaan sesuai dengan harapan adat kelompok. Adat adalah perilaku manusia yang mengacu pada apa yang seharusnya dan apa yang tidak seharusnya. Adat istiadat memiliki ikatan serius terhadap tatanan sosial. Hukuman dapat berupa formal dan informal untuk pelanggaran adat istiadat.

4. Nilai

Nilai adalah apa yang manusia sukai dan apa yang akan manusia katakan dalam masyarakat. Nilai adalah ide dan pemikiran yang baik dari seseorang. Nilai tergantung pada budaya. Budaya bervariasi dari masyarakat ke masyarakat dan dengan demikian nilai-nilai berbeda dalam setiap situasi sosial.

5. Keyakinan atau agama

Setiap budaya memiliki kepercayaan yang diyakini. Keyakinan ini bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan dan keinginan spiritual. Misal orang muslim percaya dengan adanya selametan orang meninggal, upacara ngaben untuk masyarakat Hindu dan sebagainya.

Wujud Budaya

wujud budaya
wujud budaya

Ada 3 wujud budaya di antaranya adalah :

1. Ide atau gagasan

Contoh dari ide adalah misalnya masyarakat Jawa percaya dengan mitos-mitos.

2. Aktivitas

Wujud budaya dalam aktivitas adalah mengadakan upacara 17 Agustus-an setiap tahunnya.

3. Pola perilaku

Contoh dari pola pelaku adalah mencium tangan orangtua setiap mau bepergian.

Ciri-Ciri Budaya

ciri-ciri budaya
ciri-ciri budaya

Sementara ciri-ciri budaya sendiri adalah :

1. Dapat dipelajari
2. Memiliki sombol
3. Diwariskan dari generasi ke generasi
4. Dinamis
5. Etnosentris

Faktor yang Mempengaruhi Budaya

faktor yang mempengaruhi budaya
faktor yang mempengaruhi budaya

Ada sejumlah besar faktor yang mempengaruhi budaya di antaranya adalah

1. Nilai:

Nilai adalah bagian terpenting dari budaya yang mempengaruhi perilaku manusia sebagai konsumen. Nilai-nilai adalah keyakinan dan norma yang diterima oleh masyarakat yang berbeda dari budaya kamu.

Sebagai contoh, hampir semua budaya percaya pada kebebasan berpikir, berkeyakinan dan pengalaman yang telah melahirkan demokrasi, kebebasan pers, komunikasi bebas, peradilan independen, kebebasan memilih produk sesuai preferensi dan kebebasan perusahaan untuk mengembangkan produk.

2. Norma

Norma perilaku publik adalah aspek penting lain dari budaya yang berkaitan dengan penampilan publik. Misalnya, di Indonesia pakaian yang diatur adalah yang sekiranya menutupi aurat karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam.

Sementara di negara-negara Barat ada kebebasan penuh untuk berpakaian khusus di pantai dan itu sudah dianggap biasa namun jika norma itu dibawa ke Indonesia maka itu akan dianggap cabul dan telanjang di depan umum atau bahkan secara pribadi tidak diperbolehkan.

Kesimpulannya, pengertian budaya adalah ‘cara hidup’ sekelompok orang, yang berarti cara mereka melakukan sesuatu. Kelompok yang berbeda di suatu daerah mungkin memiliki budaya yang berbeda juga.

Tinggalkan komentar