Sebutkan Macam-macam Gaya dan Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik dasar lompat jauh – Untuk kamu yang berminat mendalami lompat jauh, nih Teknik Lompat Jauh dan Gaya Lompat Jauh. Pada dasarnya, ada empat komponen utama lompat jauh, yaitu: pendekatan lari, dua langkah terakhir, lepas landas dan aksi di udara, lalu yang terakhir adalah pendaratan.

Rahasia sukses dalam melakukan lompat jauh, yaitu setiap atlet perlu mengetahui teknik kecepatan berlari pada saat akan melompat. Dan teknik lompatan tinggi dari papan adalah juga termasuk yang menentukan kesuksesan melompat. Karena kecepatan adalah faktor penting di dalam melakukan lompat jauh, tidak mengherankan dalam sejarah lompat jauh banyak atlet lompat jauh juga merangkap, sebagai atlet sprint. Contoh seorang atlet lompat yang merangkap sebagai atlet sprint adalah Carl Lewis dari AS.

Sebutkan Teknik Dasar Lompat Jauh

teknik dasar lompat jauh
Sebutkan Teknik Dasar Lompat Jauh

Baiklah, langsung saja kita akan bahas satu per satu mengenai apa saja teknik dalam lompat jauh? berikut adalah tahapan dalam teknik-teknik lompat jauh yang harus kamu ketahui.

1. Teknik Awalan Lompat Jauh

teknik awalan lompat jauh
teknik awalan lompat jauh

Teknik awalan lompat jauh bertujuan untuk memperoleh kecepatan maksimum sebelum tinggal landas atau take off. Faktor utama untuk memaksimalkan jarak yang ditempuh oleh suatu objek adalah kecepatan dan sudut terbangnya saat lepas landas.

Tekniknya, pelompat tingkat atas biasanya meninggalkan tanah pada sudut dua puluh derajat atau kurang. Oleh karena itu, lebih bermanfaat bagi pelompat untuk fokus pada komponen kecepatan lompat. Semakin besar kecepatan saat lepas landas, semakin lama lintasan akan.

Teknik lompat jauh yang ini memiliki variasi cara. Antara 12 dan 19 langkah di tingkat pemula dan menengah, sedangkan di tingkat elit mereka lebih dekat antara 20 dan 22 langkah. Jarak dan jumlah langkah tepat dalam suatu teknik awalan lompat jauh tergantung pada pengalaman pelompat, teknik lari, dan tingkat pengkondisian. Kontrol dan koordinasi dalam dalam teknik awalan lompat jauh sangat penting karena atlet harus sedekat mungkin ke depan papan lepas landas tanpa melewati garis dengan bagian kaki mana pun.

2. Teknik tumpuan lompat jauh

Teknik tumpuan lompat jauh
Teknik tumpuan lompat jauh

teknik tumpuan dalam lompat jauh yaitu bagaimana dua langkah terakhir dilakukan juga amat penting diketahui oleh atlet. Cara ini bertujuan mempersiapkan tubuh untuk lepas landas sambil mempertahankan kecepatan sebanyak mungkin. Langkah kedua dari belakang lebih panjang dari langkah terakhir.

Pesaing mulai menurunkan pusat gravitasinya untuk mempersiapkan tubuh terhadap impuls vertikal. Langkah terakhir lebih pendek karena tubuh mulai meningkatkan pusat gravitasi dalam persiapan untuk tinggal landas.

Dua langkah terakhir sangat penting karena menentukan kecepatan yang digunakan atlet untuk memasuki lompatan.

3. Teknik Tolakan Lompat Jauh

teknik tolakan lompat jauh
teknik tolakan lompat jauh

Setelah memahami teknik awalan dan tumupuan lompat jauh, selanjutnya yaitu teknik tolakan lompat jauh. Lepas landas adalah untuk menciptakan impuls vertikal melalui pusat gravitasi atlet sambil mempertahankan keseimbangan dan kontrol.

Fase ini adalah salah satu bagian paling teknis dari lompat jauh. Pelompat harus sadar untuk meletakkan posisi kaki rata di tanah, karena melompat dari tumit atau jari kaki yang tidak pas akan mempengaruhi lompatan.

Melepas dari papan tumit-pertama memiliki efek pengereman, yang mengurangi kecepatan dan ketegangan sendi. Melompat dari jari kaki akan mengurangi stabilitas, membuat kaki berisiko tertekuk atau jatuh dari bawah pelompat. Saat berkonsentrasi pada penempatan kaki, atlet juga harus bekerja untuk mempertahankan posisi tubuh yang tepat, menjaga tubuh tetap tegak dan menggerakkan pinggul ke depan dan ke atas untuk mencapai jarak maksimum dari kontak papan hingga pelepasan kaki.

Ada empat gaya utama lepas landas dalam lompat jauh yaitu: gaya tendangan, gaya lengan ganda, lari cepat sprint, dan lari cepat kekuatan atau takeoff terikat.

1. Tendangan

Gaya lepas landas tendangan adalah gaya lepas landas di mana atlet secara aktif melakukan gerak kaki seperti menendang, sebelum kaki diarahkan dan menginjak papan kemudian mendarat ke dalam arena lompat.

2. Lengan ganda

Selanjutnya gaya lepas landas lengan ganda. Melakukan gaya ini yaitu menggerakkan kedua lengan ke arah vertikal saat atlet lepas landas. Ini menghasilkan tinggi pinggul yang tinggi dan dorongan vertikal yang besar.

3. Sprint

Lepas landas lari adalah gaya yang paling banyak diinstruksikan oleh para pelatih. Ini adalah aksi lengan tunggal klasik yang menyerupai pelompat dengan langkah penuh. Ini adalah gaya lepas landas yang efisien untuk mempertahankan kecepatan melalui tinggal landas.

4. Lari cepat atau berlari

Sprint kekuatan atau takeoff nampak sangat mirip dengan gaya sprint, tetapi ada satu perbedaan utama. Lengan yang mendorong kembali saat lepas landas (lengan di sisi kaki lepas landas) sepenuhnya memanjang ke belakang, alih-alih tetap pada posisi bengkok. Ekstensi tambahan ini meningkatkan dorongan saat lepas landas.

4. Teknik Melayang Lompat Jauh

teknik melayang lompat jauh
teknik melayang lompat jauh

Setelah mempelajari teknik atau gaya melompat, selanjutnya yang perlu dipahami adalah teknik melayang lompat jauh. Ada tiga teknik melayang lompat jauh, yaitu: hang, sail dan hitch-kick. Masing-masing teknik lompat jauh ini diatur untuk mengimbangi rotasi ke depan pada saat take-off.

Begitu tubuh mengudara, tidak ada yang bisa dilakukan atlet untuk mengubah arahnya dan akibatnya di mana dia akan mendarat di lubang. Namun, dapat dikatakan bahwa ada teknik lompat jauh tertentu yang dapat memengaruhi pendaratan atlet, yang dapat berdampak pada jarak yang diukur. Misalnya, jika atlet mendarat dengan kaki terlebih dahulu tetapi jatuh kembali karena tidak seimbang dengan benar, jarak yang lebih rendah akan diukur.

Berikut adalah 3 teknik melayang lompat jauh yang harus kamu ketahui.

1. Berlayar

Teknik berlayar adalah salah satu teknik lompat jauh yang paling dasar. Setelah fase lepas landas selesai, pelompat segera mengangkat kaki ke posisi menyentuh kaki. Ini memungkinkan tubuh untuk berlayar di udara, secara efektif menyertai momentum yang dicapai oleh lompatan.

2. Menggantung

Teknik lompat jauh gaya menggantung bekerja dengan memanjangkan tubuh untuk membuatnya seefisien mungkin. Di sini kedua lengan dan kaki direntangkan untuk mencapai jarak maksimum dari pinggul pada titik melompat. Posisi ini ditahan sampai setelah pelompat mencapai puncak lompatan, di mana atlet akan menjentikkan kaki ke depan ke posisi pendaratan.

3. Tendangan halangan

Tendangan halangan juga dikenal sebagai “memanjat” atau “berlari di udara”. Teknik lompat jauh yang satu ini menangkal kecepatan rotasi atlet dengan bersepeda lengan dan kaki selama penerbangan, dan juga merupakan teknik yang paling kompleks.

5. Teknik Mendarat Lompat Jauh

teknik mendarat lompat jauh
teknik mendarat lompat jauh

Yang terakhir adalah teknik mendarat lompat jauh. Saat mendarat, tujuan utama atlet adalah berusaha untuk tidak jatuh kembali ke lubang pendaratan. Lompatan diukur dari lokasi di mana tubuh menyentuh pasir yang paling dekat dengan titik lepas landas. Baca juga mengenai ukuran lapangan lompat jauh.

Untuk alasan ini banyak pelompat akan berusaha menjaga kaki mereka di depan tubuh pada jarak maksimum dari pinggul. Saat mendarat, pesaing sering menggunakan lengan mereka dalam gerakan menyapu untuk membantu menjaga kaki tetap ke atas dan tubuh maju, dan  mendorong kaki mereka keras ke pasir dan memutar tubuh ke samping. Teknik lompat jauh ini dapat memperlambat momentum vertikal (ke bawah) dari bawah dan juga memutarnya ke sisi atlet, berusaha memastikan bahwa tumit adalah bagian tubuh terjauh.

Gaya Lompat Jauh

gaya lompat jauh
gaya lompat jauh

Adapun gaya dalam lompat jauh, dikenal ada 3 gaya lompat jauh yang bisa dicoba di antaranya adalah :

1. Lompat Jauh Gaya Menggantung

Lompat Jauh Gaya Menggantung
Lompat Jauh Gaya Menggantung

Lompat jauh gaya menggantung, sering juga disebut dengan gaya schnepper, merupakan salah satu gaya dari lompat jauh yang tidak bisa diubah kecepatannya saat akan bertumpu pada papan tumpuan atau papan kayu. Seperti halnya lompat jauh gaya jongkok, posisi badan pada gaya ini pun lebih tegap. Pada gaya menggantung ayunan ke belakang dan depan akan diterapkan pada kaki, pun bersamaan dengan kedua lengan yang juga diayunkan ke belakang dan ke depan

2. Lompat Jauh Gaya Jongkok (otordok)

Lompat Jauh Gaya Jongkok
Lompat Jauh Gaya Jongkok

Pada lompat jauh gaya jongkok atau yang disebut juga gaya ortodok, tujuan utama dari gaya lompat jauh ini adalah lari secepatnya dari jarak 40 sampai 45 m dilintasan. Saat melakukan tolakan pada papan kayu maka kaki yang digunakan merupakan kaki yang paling kuat dengan posisi badan atlet yang lebih tegap, di mana kedua tangan diangkat ke atas. Lalu saat pendaratan maka akan diawali dengan digunakannya tumit kaki yang sedikit ditekuk untuk awalan pendaratan.

3. Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)

Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara
Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara

Secara umum, lompat jauh gaya berjalan di udara diawali dengan mengambil awalan sepanjang 10 langkah, kemudian atlet lari dengan penambahan kecepatan sebelum melakukan tolakan. Saat bertumpu, pinggang sedikit diturunkan, paha kaki diayunkan secara bebas dengan meluruskan lutut, mata kaki, dan pinggang.

Demikianlah beberapa macam teknik dasar lompat jauh dan gaya lompat jauh yang perlu kamu pelajari. Namun kamu tidak boleh hanya jago menguasai teknik-teknik lompat jauh yaa, namun kamu juga harus memahami bagaimana peraturan lompat jauh saat ini, agar perjuanganmu tidak sia-sia hanya karena gak tahu aturan ya guys. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan komentar