Contoh Teks MC Formal dan Non Formal Singkat

Contoh Teks MC Formal dan Non Formal – Bagi kamu yang seringkali datang ke seminar, pastinya MC sudah tidak asing lagi di telingamu . MC atau Master Of Ceremony selalu menjadi pemandu jalannya acara dari awal hingga akhir. Uniknya MC dapat digunakan dalam semua jenis acara. Mulai dari acara formal dan non formal. Simak penjelasan mengenai teks mc formal dan non formal sebagai berikut.

Pengertian MC secara Umum

teks mc
teks mc

MC atau Master Of Ceremony merupakan seseorang yang bertugas untuk mengarahkan jalannya acara formal atau non formal, dari awal sampai akhir. Adanya MC diharapkan dapat mengarahkan sebuah acara, hingga dapat berjalan sesuai rencana yang telah disusun dengan baik, sehingga dapat dikatakan bila MC memiliki peran besar dalam suatu acara.

Seorang MC harus memiliki keahlian dalam mengolah bahasa secara lisan. Mulai dari pemilihan kata, penggunaan speed, intonasi, penekanan kalimat dan kata, hingga bahasa tubuh secara tepat. Selain itu, dia juga harus mengenal perbedaan antara acara formal dan nonformal.

Seorang MC sering disebut sebagai seniman bahasa dan kata-kata indah.

Untuk menjadi seorang MC tidaklah mudah. Kamu harus memenuhi beberapa syarat sebelum mulai memandu sebuah acara. Syarat tersebut adalah memiliki kepribadian sangat baik, berpenampilan simpatik dan atraktif, mahir dalam berkomunikasi dan berbahasa yang baik, cekatan dan tanggap, hingga memiliki pengetahuan luas.

Perlu kamu ketahui bahwa seorang MC tidaklah cukup dengan voice atau suara bagus saja. Akan tetapi, seorang harus bisa menghibur, menarik perhatian, pembangkir semangat, hingga menyampaikan pesan moral kepada khalayak ramai. Biasanya seorang MC berasal dari orang-orang yang berkepribadian ceria setiap harinya. Sehingga mampu mencairkan suasana.

Contoh Teks MC Formal dan Non Formal Singkat

teks mc formal
teks mc formal

Seorang MC harus mengetahui perbedaan penggunaan tata bahasa saat acara formal dan juga non formal. Bagi Kamu yang belum mengetahui teks mc formal dan non formal, dapat simak contohnya sebagai berikut.

1. Contoh Teks MC Formal Singkat

Dalam kesempatan kali ini, pastiguna akan menyediakan sebuah contoh teks mc formal singkat di dalam sebuah acara seminar yang membahas tentang narkoba. Yuk langsung simak contoh teks mc formal singkatnya di bawah ini.

Contoh Teks MC Acara Seminar tentang Narkoba

contoh teks mc seminar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita yang telah hadir pada pagi hari ini.

Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, hingga membuat kita sehat wal afiat pada pagi hari ini. Sehingga kita dapat menghadiri seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Sebelumnya memasuki acara inti, saya ucapkan selamat datang kepada Ibu Susi beserta rombongan Karang Taruna Desa Bojong. Selamat datang saya ucapkan kepada Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong. Selamat datang saya ucapkan juga kepada Ibu Harsinih selaku Dokter RSUD Bojong. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan doa sesuai agama dan keyakinan masing masing, agar cara seminar tentang narkoba ini bisa berjalan dengan kondusif dan lancar.

Berdoa mulai. Berdoa selesai.

Hadirin yang saya hormati, saya akan membacakan susunan acara seminar pada hari ini meliputi sebagai berikut.

  1. Pembukaan.
  2. Sambutan dari Ketua Pelaksana Seminar.
  3. Seminar tentang Narkoba yang dijelaskan oleh Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar.
  4. Seminar tentang Dampak dari Narkoba yang dijelaskan oleh Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong.
  5. Sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar.
  6. Berbagi pengalaman dari mantan pemakai narkoba.
  7. Ikrar dalam mencegah penggunaan Narkoba.
  8. Doa.
  9. Penutup.

Itulah susunan acara seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Untuk mengefisienkan waktu langsung masuk dalam acara selanjutnya. Selanjutnya saya persilahkan Bapak Ibdu selaku Ketua Pelaksana Seminar untuk menyampaikan sepatah dua patah. Untuk Bapak Ibdu, saya persilahkan tempat dan waktunya.

Itulah sambutan dari Bapak Ibdu selaku Ketua Pelaksana Seminar. Selanjutnya ada Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar, yang akan menjelaskan tentang narkoba. Untuk Ibu Susi, saya persilahkan tempat dan waktunya.

Itulah sambutan dari Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar. Selanjutnya ada Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong, yang akan menjelaskan tentang Dampak dari Narkoba. Untuk Bapak Bandik, saya persilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong. Selanjutnya akan dilakukan sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar. Silahkan mungkin ada pertanyaan dari hadirin. Saya beri kesempatan untuk 5 penanya.

Itulah sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar, selanjutnya akan ada berbagi pengalaman dari Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba. Bapak Jamil dipersilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba, selanjutnya akan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar dalam mencegah penggunaan Narkoba. Pengucapan ikrar akan dipimpin oleh Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar. Ibu Susi dipersilahkan.

Pengucapan ikrar dari Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar

menjadikannya sebagai penutup seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Acara dilakukan dengan pembacaan doa yang akan dilakukan oleh Bapak Subhan. Bapak Subhan dipersilahkan.

Sekian seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga, mohon maaf apabila saya memiliki kesalahan selama menjadi MC. Terima kasih saya ucapkan kepada Ibu Susi beserta rombongan Karang Taruna Desa Bojong, Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong, Ibu Harsinih selaku Dokter RSUD Bojong, Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba, dan hadirin semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

2. Contoh Teks MC Non Formal Singkat

teks mc non formal
teks mc non formal

Yang kedua adalah contoh teks MC non formal singkat dalam sebuah acara pengajian. Yuk langsung saja, simak contoh teks mc pengajian singkat di bawah ini.

Contoh Teks MC Acara untuk Pengajian

contoh teks mc pengajian

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita yang telah hadir pada pagi hari ini.

Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, hingga dapat membuat kita sehat wal afiat pada pagi hari ini. Sehingga kita dapat menghadiri pengajian mingguan. Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Sebelum memulai acara pengajian mingguan ini, saya ucapkan selamat datang kepada Ustad Qori beserta rombongan Jama’ah Bojong.

Selamat datang saya ucapkan kepada Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Selamat datang saya ucapkan juga kepada Ibu Ida selaku Ketua Pengajian Bojong. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan doa sesuai agama dan keyakinan masing masing, agar cara pengajian mingguan ini bisa berjalan dengan kondusif dan lancar.

Berdoa mulai. Berdoa selesai.

Hadirin yang saya hormati, saya akan membacakan susunan acara seminar pada hari ini meliputi sebagai berikut.

  1. Pembukaan.
  2. Pembacaan Al-quran oleh Ibnu Thoriq.
  3. Sambutan oleh Bapak Bandik selaku Walikota Bojong.
  4. Sambutan oleh Ibu Ida selaku Ketua Pengajian Bojong.
  5. Ceramah oleh Ustad Qori.
  6. Doa.
  7. Penutup.

Itulah susunan acara pengajian mingguan, untuk mengefisienkan waktu langsung masuk dalam acara selanjutnya. Selanjutnya saya persilahkan pembacaan Alquran oleh Ibnu Thoriq. Untuk Ibnu Thoriq saya persilahkan.

Masyaallah luar biasa merdu lantunan ayat Al Qur’an yang dibacakan oleh Ibnu Thoriq. Selanjutnya sambutan oleh Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Bapak Bandik saya persilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Selanjutnya ada Ibu Ida selaku Ketua Pengajian Bojong. Bapak Bandik saya persilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Selanjutnya ada Ustad Qori, yang akan ceramah. Ustad Qori, saya persilahkan.

Sekian acara pengajian mingguan hari ini. Terima kasih untuk jamaah yang telah hadir. Mohon mahan bila ada salah kata selama memandu acara. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Nah itulah contoh teks mc formal dan non formal singkat yang bisa pastiguna sajikan. Semoga dengan 2 contoh teks mc dalam acara seminar dan pengajian tersebut bisa membuat kamu tahu perbedaan antara teks teks mc formal dan non formal.

Karena seorang MC atau Master Of Ceremony harus mengetahui perbedaan antara teks mc formal dan non formal secara mendalam. Hal ini karena setiap acara memiliki etika pembawaan yang berbeda-beda. Itulah sebab nya sering disebut sebagai seniman bahasa dan kata-kata.

Tinggalkan komentar