Contoh Teks MC Formal, Semi, dan Non Formal Singkat

contoh teks mc
contoh teks mc formal

Contoh Teks MC Formal, Semi Formal dan Non Formal – Bagi kamu yang seringkali datang ke seminar, pastinya MC sudah tidak asing lagi di telingamu . MC atau Master Of Ceremony selalu menjadi pemandu jalannya acara dari awal hingga akhir. Uniknya MC dapat digunakan dalam semua jenis acara. Mulai dari acara formal dan non formal. Simak penjelasan mengenai teks mc formal dan non formal sebagai berikut.

Namun sebelum kita lanjut untuk menyajikan contoh teks mc formal dan non formal. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa itu MC? Untuk Lebih detailnya, yuk simak penjelasan mengenai pengertian MC sebagai berikut.

Pengertian MC secara Umum

teks mc
teks mc

Pengertian MC atau Master Of Ceremony adalah seseorang yang bertugas untuk mengarahkan jalannya acara formal atau non formal, dari awal sampai akhir.

Adanya MC diharapkan dapat mengarahkan sebuah acara, hingga dapat berjalan sesuai rencana yang telah disusun dengan baik, sehingga dapat dikatakan bila MC memiliki peran besar dalam suatu acara.

Seorang MC harus memiliki keahlian dalam mengolah bahasa secara lisan. Mulai dari pemilihan kata, penggunaan speed, intonasi, penekanan kalimat dan kata, hingga bahasa tubuh secara tepat. Selain itu, dia juga harus mengenal perbedaan antara acara formal dan nonformal.

Seorang MC sering disebut sebagai seniman bahasa dan kata-kata indah.

Untuk menjadi seorang MC tidaklah mudah. Kamu harus memenuhi beberapa syarat sebelum mulai memandu sebuah acara. Syarat tersebut adalah memiliki kepribadian sangat baik, berpenampilan simpatik dan atraktif, mahir dalam berkomunikasi dan berbahasa yang baik, cekatan dan tanggap, hingga memiliki pengetahuan luas.

Perlu kamu ketahui bahwa seorang MC tidaklah cukup dengan voice atau suara bagus saja. Akan tetapi, seorang harus bisa menghibur, menarik perhatian, pembangkir semangat, hingga menyampaikan pesan moral kepada khalayak ramai. Biasanya seorang MC berasal dari orang-orang yang berkepribadian ceria setiap harinya. Sehingga mampu mencairkan suasana.

Kumpulan Contoh Teks MC

Seorang MC harus mengetahui perbedaan penggunaan tata bahasa saat acara formal, semi formal dan juga non formal. Bagi Kamu yang belum mengetahui teks mc formal, semi formal dan non formal, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas semuanya.

Adapun penjelasan tentang macam-macam teks MC beserta contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Teks MC Formal
  2. Teks MC Semi Formal
  3. Teks MC Non Formal

Oke langsung saja kita simak pembahasan mengenai tiga jenis teks MC yang ada dibawah ini lengkap beserta dengan contohnya.

A. Teks MC Formal

teks mc formal
teks mc formal

Teks MC formal adalah naskah pemandu acara yang digunakan sebagai panduan dalam memimpin sebuah acara resmi atau formal.

Sebenarnya menjadi MC dalam acara formal lebih mudah ketimbang acara semi formal atau non formal. Pasalnya kita hanya menganut sesuai dengan teks tersebut tanpa adanya improvisasi dan dialog dengan para pendengar.

Adapun daftar kumpulan contoh teks mc formal adalah sebagai berikut:

  1. Teks MC Seminar
  2. Teks MC Islami
  3. Teks MC Bahasa Inggris
  4. Teks MC Perpisahan Sekolah
  5. Teks MC Wisuda Universitas

Oke langsung saja simak kumpulan contoh teks mc formal yang ada dibawah ini.

1. Contoh Teks MC Seminar Singkat

contoh teks mc seminar

Dalam kesempatan kali ini, pastiguna akan menyediakan sebuah contoh teks mc formal seminar singkat di dalam sebuah acara seminar yang membahas tentang narkoba.

Adapun contoh teks mc formal singkat tentang narkoba adalah sebagai berikut.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita yang telah hadir pada pagi hari ini.

Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, hingga membuat kita sehat wal afiat pada pagi hari ini. Sehingga kita dapat menghadiri seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Sebelumnya memasuki acara inti, saya ucapkan selamat datang kepada Ibu Susi beserta rombongan Karang Taruna Desa Bojong. Selamat datang saya ucapkan kepada Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong. Selamat datang saya ucapkan juga kepada Ibu Harsinih selaku Dokter RSUD Bojong. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan doa sesuai agama dan keyakinan masing masing, agar cara seminar tentang narkoba ini bisa berjalan dengan kondusif dan lancar.

Berdoa mulai. Berdoa selesai.

Hadirin yang saya hormati, saya akan membacakan susunan acara seminar pada hari ini meliputi sebagai berikut.

  1. Pembukaan.
  2. Sambutan dari Ketua Pelaksana Seminar.
  3. Seminar tentang Narkoba yang dijelaskan oleh Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar.
  4. Seminar tentang Dampak dari Narkoba yang dijelaskan oleh Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong.
  5. Sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar.
  6. Berbagi pengalaman dari mantan pemakai narkoba.
  7. Ikrar dalam mencegah penggunaan Narkoba.
  8. Doa.
  9. Penutup.

Itulah susunan acara seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Untuk mengefisienkan waktu langsung masuk dalam acara selanjutnya. Selanjutnya saya persilahkan Bapak Ibdu selaku Ketua Pelaksana Seminar untuk menyampaikan sepatah dua patah. Untuk Bapak Ibdu, saya persilahkan tempat dan waktunya.

Itulah sambutan dari Bapak Ibdu selaku Ketua Pelaksana Seminar. Selanjutnya ada Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar, yang akan menjelaskan tentang narkoba. Untuk Ibu Susi, saya persilahkan tempat dan waktunya.

Itulah sambutan dari Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar. Selanjutnya ada Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong, yang akan menjelaskan tentang Dampak dari Narkoba. Untuk Bapak Bandik, saya persilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong. Selanjutnya akan dilakukan sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar. Silahkan mungkin ada pertanyaan dari hadirin. Saya beri kesempatan untuk 5 penanya.

Itulah sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar, selanjutnya akan ada berbagi pengalaman dari Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba. Bapak Jamil dipersilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba, selanjutnya akan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar dalam mencegah penggunaan Narkoba. Pengucapan ikrar akan dipimpin oleh Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar. Ibu Susi dipersilahkan.

Pengucapan ikrar dari Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar

menjadikannya sebagai penutup seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Acara dilakukan dengan pembacaan doa yang akan dilakukan oleh Bapak Subhan. Bapak Subhan dipersilahkan.

Sekian seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga, mohon maaf apabila saya memiliki kesalahan selama menjadi MC. Terima kasih saya ucapkan kepada Ibu Susi beserta rombongan Karang Taruna Desa Bojong, Bapak Bandik selaku Kapolda Bojong, Ibu Harsinih selaku Dokter RSUD Bojong, Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba, dan hadirin semua.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Teks MC Islami

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الحمد لله رب العالمين- وبه نستعين على امورالدنياوالدين – والصلاةوالسلام على سيدناومولنامحمد- وعلى اله وصحبه اجمعين- ولاحول ولاقوةالابالله العلى العظيم- امابعد
Yang terhormat para alim, ulama’, sesepuh-pinisepuh. Wabil khusus Bapak Ky. …….. yang kami nanti-nantikan segala fatwah dan mauidhoh hasanahnya.

Yang terhormat jajaran perangkat desa, Desa Pesantren yang kami patuhi segala peraturannya.

Tamu undangan, hadzirin walhadzirat yang kami hormati.

Muslimin walmuslimat rohimakumullah yang saya mulyakan.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita. Sehingga kita dapat melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid ini dengan tiada suatu halangan apapun. Semoga perkumpulan kita malam hari ini membawa manfaat di dunia dan di akhirat.

Keduanya shalawat dan salam mudah-mudahan tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang mana Beliau adalah Nabi yang membawa syafaat Allah dan mudah-mudahan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya, dengan ucapan Amin Allahumma Amin.

Sebagai pemandu acara tidak lain saya akan membacakan susunan acara pada Pengajian malam hari ini:

Acara yang pertama : Pembukaan

Acara yang kedua : Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi

Acara yang ketiga : Tahlil

Acara yang keempat : Sambutan-sambutan

Acara yang kelima : Mauidzoh Hasanah, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Acara yang keenam : Penutup

Untuk membuka acara, marilah kita baca bersama-sama Surat Ummul Kitab. Al-Faatihah! ….

Trimakasih.

Acara yang kedua yaitu Pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi yang akan dilantunkan oleh Sdr/Bpk ….

Kepadanya dipersilahkan.

Trimakasih.

Acara yang ketiga adalah Tahlil yang akan dipimpin oleh Bapak/Sdr. ….

Kepada Bapak/Sdr. …. dipersilahkan.

Trimakasih.

Untuk acara yang keempat yaitu sambutan-sambutan.

1. Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kepada Bpk. ….. dipersilahkan.

Trimakasih atas sambutannya.

2. Sambutan yang kedua akan disampaikan oleh Atas nama sesepuh Dukuh Pesadean, Kepada Bpk. ….. kami persilahkan.

Trimakasih.

3. Sambutan ketiga akan disampaikan oleh Bapak Kepala Desa Pesantren, Kepada yang terhormat Bpk ….. kami persilahkan.

Trimakasih atas sambutannya.

Hadzirin walhadzirat kini tibalah pada acara yang kita nanti-nantikan, mauidzoh hasanah/uraian inti Peringatan Maulid Nabi kita Muhammad SAW yang akan disampaikan oleh Bpk Kyai …..

Kepada Beliau kami persilahkan.

Kami ucapkan terima kasih pada Bpk Kyai ….. yang sudah berkenan memberikan mauidzoh hasanah/uraian inti Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dipenghujung acara yaitu Penutup/Do’a akan dipimpin oleh Bapak. …. Kepadanya kami persilahkan.

Trimakasih.

Kami selaku penata acara mohon maaf apabila ada kata yang salah atau kurang berkenan dihati Bapak/Ibu, sekali lagi saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Cukup sekian.

SEBELUM MENINGGALKAN LAMAN INI KLIK DISINI DULU UNTUK SUBSCRIBE

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3. Contoh Teks MC Bahasa Inggris

contoh teks mc formal bahasa inggris
contoh teks mc formal bahasa inggris

4. Contoh Teks MC Formal Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrohmairrohim….

Yth. bapak ibu wali kelas 7, 8, dan 9.
Yth. Kepala XXX.
Dewan guru, bapak2, ibu2 para undangan.

Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan berkahnya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi SMP XXX.
Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad Saw. Kepada keluarga beliau, para sahabat serta kaum muslmin yang senantiasa beristiqomah dalam menjalankan syariat Islam hingga akhir zaman nanti.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, adapun susunan acara pada pagi ini adalah sebagai berikut

  • Pembukaan
  • Kata Sambutan
  • Prosesi pelepasan
  • Hiburan
  • Penutupan

Hadirin sekalian, untuk memulai acara marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmallah bersama2.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah -Kata sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh , ketua panitia. Kepadanya dipersilakan.

Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan wisudawan, kepadanya dipersilakan.

Terimakasih saya sampaikan. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh kepala Sekolah SMP XXX, kepadanya, dipersilakan.

Terimakasih saya sampaikan. Hadirin sekalian. Kini kita memasuki acara inti, yakni prosesi wisuda siswa-siswi kelas 9 SMP XXX yang akan dipandu oleh wali kelas 9. Kepadanya dipersilakan.

Hadirin sekalian, inilah acara yang kita tunggu-tunggu, yakni acara hiburan yang akan menghibur anda semua dengan penampilan-penampilan dari siswa-siswi SMP XXX.

Hadirin sekalian, tibalah kita dipenghujung acara yakni penutupan, mari kita tutup acara perpisahan siswa-siswi SMP XXX ini dengan bacaan hamdalah, Alhamdulillah, ..

Hadirin yang saya hormati, acara demi acara telah kita lalui bersama. Semoga apa yang telah kita lalui diterima oleh Allah swt. Saya selaku pembawa acara mengucapkan terimakasih atas perhatiannya. Dan mohon maaf apabila terdapat hal2 atau kata2 yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Terimakasih, wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

5. Contoh Teks MC Formal Wisuda Universitas

Assalamu’alaikum, wr wb.

Alhamdulillah, alhamdulillahirabbil’alamin. Wabihinasta’in. Wa’ala umuri dunya waddin. Wassholatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyai wamursalin. Wa’ala ‘alihi wasohbihi ajma’in ammaa ba’du.

  • Yth. Ketua Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, ______________
  • Yth.. Ibu _______________ selaku Sekretaris Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yth.. Bapak dan Ibu dosen Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  • Serta kepada wisudawan/wisudawati periode II, 2 September 2014 yang berbahagia.

Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat kesehatan, keselamatan, dan karunia kepada kita. Sehingga kita dapat hadir di acara ini dengan selamat/sehat wal’afiat. Amin.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Besar Nabi Muhammad SAW yang selalu kita tunggu syafaatnya hingga hari akhir nanti.

Selanjutnya saya _____________ dan saya _____________ selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dan sari tilawah
  3. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
  4. Sambutan-sambutan
  5. Pembekalan Wisudawan/wisudawati periode II, 2 September 2014
  6. Penyerahan penghargaan Mahasiswa terbaik dan prakata
  7. Pemberian kenang-kenangan
  8. Hiburan
  9. Istirahat
  10. Penutup

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmalah bersama-sama, “BISMILLAHIRROHMANIRROHIMM”.

Acara ke dua yaitu pembacaan ayat suci Al Qur’an……………….dan sari tilawah yang akan dibacakan oleh Saudara __________ dan Saudari ___________. Kepada Saudara ____________ dan Saudari ____________ kami persilahkan.

[PEMBACAAN TILAWAH]

Terimakasih kepada saudara __________ dan saudari _________. Semoga dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan sari tilawah tadi, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, Aamiin.

Dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dipimpin oleh sauda/ri ___________. Kepada saudari ___________, kami persilahkan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hadirin dimohon untuk berdiri.

[MENYANYIKAN]

Hadirin diperkenankan untuk duduk kembali.
Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan:

1. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua IKATAN ALUMNI PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kepada Bapak _____________ kami persilahkan.

[SAMBUTAN]

Demikian sambutan dari Ketua IKATAN ALUMNI PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

2. Sambutan kedua dari Ketua Program Studi PGSD. Kepada Bapak ______________ kami persilahkan.

[SAMBUTAN]

Demikian sambutan dari Bapak ______________ Kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Hadirin sekalian yang berbahagia, sampailah kita pada acara pembekalan wisudawan/wisudawati PGSD FKIP UMS periode II, 2 september 2014 dengan pembicara bapak _____________ Kepada _____________ kami persilahkan.

[PEMBEKALAN BERLANGSUNG]

Terimakasih kepada Bapak _______________

Acara selanjutnya penyerahan Penghargaan mahasiswa terbaik dan prakata.

Dan Penyerahan Mahasiswa Terbaik Diberikan kepada……____________. kepada saudari _____________ kami persilahkan untuk maju dan menyampaikan prakata.

Acara selanjutnya penyerahan kenang-kenangan

Pemberian kenang-kenangan dari wisudawati kepada Ketua Progdi ___________

Acara selanjutnya adalah HIBURAN, kepada ELSTE BAND kami persilahkan untuk mempersiapkan diri.

Acara yang ke sembilan, ISTIRAHAT.

Acara yang terakhir yaitu penutup.

Atas nama pembawa acara, saya ______________ dan saya _______________ mengucapkan terima kasih, mohon maaf sebesar-besarnya jika sekiranya ada ulah kata yang kurang berkenan di hati para hadirin. Dan marilah kita tutup acara Pembekalan Wisudawan dan wisudawati Periode II, 2 September 2014 dengan bersama-sama mengucapkan Hamdalah.

ALHAMDULILLAH HIROBIL ALAMIIN.

Billahi taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum wr. wb.

6. Contoh Teks MC Workshop

Yang Terhormat Prof. Dr. Didi Sukyadi, MA. Selaku Pemateri
Yang kami hormati segenap peserta Short Course.
Hadirin yang berbahagia

Assalaamu alaikum Warahtulaahi wabaraktuh

Salam sejahtera untuk kita semua
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah swt, bahwa kita bisa bertemu pada pagi hari ini Sabtu, 17 November 2018 dalam acara Short Course ‘Scientific Writing for International Publication’ dengan tema Speak Up Your Idea.

Acara ini yang diselenggarakan oleh Komunitas Awardee LPDP Universitas Pendidikan Indonesia.

Bapak/Ibu yang kami hormati

Berikut adalah susunan acara pada pagi hari ini

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars LPDP
  3. Sambutan Lurah Komunitas Awardee LPDP UPI
  4. Penutup

Mengawali acara pada pagi hari ini, marilah kita berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. Berdoa mulai.

Terima kasih

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Mars LPDP

Hadirin dimohon berdiri

(menyanyi)
Indonesia Raya
Mars LPDP

Hadirin disilakan duduk kembali.

Acara selanjutnya adalah sambutan.
Sambutan akan disampaikan oleh Lurah Komunitas Awardee LPDP UPI,
Kepada Saudara Satrio Aji Pramono,
kami silakan.

(sambutan)

Terima kasih disampaikan.

Hadirin yang kami hormati,

Acara yang terakhir adalah penutup
Demikianlah pembukaan acara Short Course pada pagi hari ini.
Saya sebagai pembawa acara mohon undur diri. Terima kasih

Wassalaamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga :

B. Teks MC Semi Formal

teks mc semi formal
teks mc semi formal

Teks mc semi formal adalah perpaduan antara teks mc formal dan non formal atau bisa dikatakan dengan acara yang kayak resmi, namun tidak terlalu kaku.

Jika dibandingkan dengan mc formal, menjadi mc semi formal diharuskan untuk memberikan improvisasi atau kreatifitas kita dalam membawakan sebuah acara.

Untuk itu, kita harus menguasai atau memahami tema materi secara garis besar dalam acara tersebut. Sehingga kita bisa kembangkan sendiri pada saat acara sedang berjalan.

Oke langsung saja simak kumpulan contoh teks mc semi formal yang ada di bawah ini.

1. Contoh Teks MC Semi Formal

Assalammualaikum wr.wb
Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kami ucapkan selamat datang di acara Peringatan Hari Buruh (May Day) tahun 2017 yang terselenggara atas sinergitas PT Perkebunan Nusantara XII, Serikat Pekerja Perkebunan PTPN XII, dan PT Industri Gula Glenmore, bertempat di salah satu Wisata kebanggan masyarakat Glenmore, Wisata Waduk Sidodadi.

Peringatan Hari Buruh kali ini, dikemas dalam bentuk Seminar Hubungan Industrial dab bakti Sosial, yang diantaranya Donor Darah seprti yang telah dimulai (Bapak Ibu, sudah donor? Alhamdulillah semoga bermanfaat) *tenyum. Selain itu, akan diadakan tebar benih 100.000 ekor benih ikan nila di sungai Kalibaru, serta Pembagian Kartu Kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan. Sebagai bentuk syukur kita akan dilaksanakan juga Santunan Anak Yatim.

Dalam acara yang bertemakan “Dengan Peningkatan Perlindungan Terhadap Pekerja, diharapkan Tercipta Ketenangan Kerja dan Produktivitas Pekerja Semakin Optimal” izinkan kami menyapa terlebih dahulu:

  • Direksi PT Perkebunan Nusantara XII atau yang mewakili
  • Anggota DPRD Kab. Banyuwangi Komisi I, Bpk. Gunawan (Selamat datang, Bapak)
  • Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Selamat siang, selamat datang Bapak)
  • Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Banyuwangi (Selamat siang, selamat datang Bapak)
  • Forum Pimpinan Kecamatan Glenmore
  • Juga telah hadir di tengah-tengah kita, Al Mukarom Gus Muh
  • Ketua SP.BUN PTPN XII beserta jajaran (Ivan Gusmawan)
  • Ketua Gabungan Perusahaan Perkebunan Wilayah III Banyuwangi, Bapak Ir. Arief Budianto, MM)
  • Direktur PT IGG atau yang mewakili
  • Jajaran Manajer Kebun PTPN XII
  • Tokoh-tokoh Masyarakat
  • Kepala Balai Benih Ikan atau yang mewakili
  • Yang telah membantu kegiatan Donor Darah, PMI Kab. Banyuwangi, terima kasih
  • Rekan-rekan Media baik cetak maupun elektronik
  • Karyawan- karywati di lingkungan kerja PTPN XII
  • Dan Seluruh undangan yang kami banggakan

Bapak/Ibu yang kami hormati, untuk menambah semangat Nasionalisme dan menyatukan tekad seluruh putra bangsa, kami mengajak undangan dan hadirin untuk bersama-sama menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan Mars SP.BUN. (Hadirin dimohon berdiri)
Hadirin disilakan duduk kembali. Dilantunkan dengan begitu indah oleh Paduan Suara Gabungan Guru TK Kalirejo, Kendenglembu dan Pegundangan.

Bapak Ibu yang kami hormati,
Sesaat lagi kita akan menyaksikan pemberian santunan anak yatim untuk itu kepada nama-nama yang kami panggil mohon untuk ke depan. (……………………….) kami mengundang Direksi PTPN XII, Direktur PT IGG, Ketua SP.BUN, didampingi Ketua GPP Wil .III, Al mukarom Gus Muh, dan FORPIMKA Glenmore untuk berkenan memberikan santunan. (kami persilakan kembali ke tempat)

Bapak/Ibu yang kami hormati, Peringatan May Day kali ini juga akan diserahkan Kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, kepada nama-nama yang kami panggil mohon untuk ke depan dan menerima kartu Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis.(…………………) yang kami hormati Kepala BPJS Ketenagakerjaan cab. Banyuwangi, Bapak Budi Sujatmiko mohon berkenan memberikan Kartu BPJS secara simbolis.

  • Sambutan Ketua Panitia, yang kami hormati Bapak Juni SP, dari SP.BUN PTPN XII Korwil I disilakan
  • Sambutan Kepala BPJS Ketenagakerjaan
  • Sambutan Camat Glenmore (Bapak Didik Suharsono)
  • Sambutan Direksi PTPN XII yang dalam hali ini diwakili oleh Sekper PTPN XII, yang kami hormati ir. Ardi Iriantono disilakan

Inti… Seminar Hubungan Industrial dengan Narasumber Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Banyuwangi, Bapak. Drs. Alam Sudrajat, M.Ap

Bapak/Ibu yang kami hormati sebagai bagian dari rasa syukur atas karunia Allah SWT dan teriring harapan semoga kita semua senantiasa dalam lindunganNya, marilah bersama-sama kita memanjatkan Do’a yang akan dipimpin oleh Al Mukarom Gus Muh, disilakan.

*Ramah-tamah dan Hiburan

*Tebar benih 100.000 ekor Ikan Nila
(Rombongan VIP, bersama-sama berangkat dengan kendaraan wisata Waduk Sidodadi, Mobil Kayu, dan dikuti romongan lain dibelakang)

Sekian. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Teks MC Pengajian

contoh teks mc pengajian

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk kita yang telah hadir pada pagi hari ini.

Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, hingga dapat membuat kita sehat wal afiat pada pagi hari ini. Sehingga kita dapat menghadiri pengajian mingguan. Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Sebelum memulai acara pengajian mingguan ini, saya ucapkan selamat datang kepada Ustad Qori beserta rombongan Jama’ah Bojong.

Selamat datang saya ucapkan kepada Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Selamat datang saya ucapkan juga kepada Ibu Ida selaku Ketua Pengajian Bojong. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan doa sesuai agama dan keyakinan masing masing, agar cara pengajian mingguan ini bisa berjalan dengan kondusif dan lancar.

Berdoa mulai. Berdoa selesai.

Hadirin yang saya hormati, saya akan membacakan susunan acara seminar pada hari ini meliputi sebagai berikut.

  1. Pembukaan.
  2. Pembacaan Al-quran oleh Ibnu Thoriq.
  3. Sambutan oleh Bapak Bandik selaku Walikota Bojong.
  4. Sambutan oleh Ibu Ida selaku Ketua Pengajian Bojong.
  5. Ceramah oleh Ustad Qori.
  6. Doa.
  7. Penutup.

Itulah susunan acara pengajian mingguan, untuk mengefisienkan waktu langsung masuk dalam acara selanjutnya. Selanjutnya saya persilahkan pembacaan Alquran oleh Ibnu Thoriq. Untuk Ibnu Thoriq saya persilahkan.

Masyaallah luar biasa merdu lantunan ayat Al Qur’an yang dibacakan oleh Ibnu Thoriq. Selanjutnya sambutan oleh Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Bapak Bandik saya persilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Selanjutnya ada Ibu Ida selaku Ketua Pengajian Bojong. Bapak Bandik saya persilahkan.

Itulah sambutan dari Bapak Bandik selaku Walikota Bojong. Selanjutnya ada Ustad Qori, yang akan ceramah. Ustad Qori, saya persilahkan.

Sekian acara pengajian mingguan hari ini. Terima kasih untuk jamaah yang telah hadir. Mohon mahan bila ada salah kata selama memandu acara. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca juga : Susunan Acara Pengajian

C. Teks MC Non Formal

teks mc non formal
teks mc non formal

Teks MC non formal adalah teks MC yang lebih nyantai dan tidak kaku, mulai dari bahasa dan tema-temanya juga yang lebih trend dan terbaru.

Adapun tema-tema terkait contoh teks MC non formal adalah sebagai berikut

  1. Teks MC Ulang Tahun
  2. Teks MC Bazar
  3. Teks MC Family Gathering
  4. Teks MC Reuni
  5. DLL

Oke langsung saja simak kumpulan contoh teks MC non formal yang ada dibawah ini.

1. Contoh Teks MC Ulang Tahun Kota

Assalamu’alaikum, salam sejahtera!

Halo semua, apa kabarnya nih? Saya harapkan semua baik, sehat dan tentunya semangat karena hari ini kita punya acara heboh yang bikin kalian semua terhibur. Sudah tahu dong kalau acara hari ini digelar khusus untuk memeriahkan hari ulang tahun kota X? Kota kebanggan kita semua, yak an? Semoga kota X dan warganya selalu diberikan kehidupan yang baik, berkah dan menyenangkan ya!

Baik, hari ini kita punya banyak banget acara hiburan dari sejumlah penampil, antara lain:

  1. Tari Remu yang akan dibawakan oleh tabita parahiyangan sebagai pembuka acara
  2. Kemudian ada penampilan dari Noah, artis ibukota yang akan membawakan lima lagu untuk kalian semua. Tentunya Noah yang paling ditunggu-tunggu kan?
  3. Setelah penampilan Noah aka nada hiburan stand up comedy dari Acul nih teman-teman. Gak tau siapa Acul? Aduh, dia komika paling lucu saat ini, dijamin pasti terhibur.
  4. Setelah penampilan Acul akan ada sambutan, sepatah dua kata kata dari bapak Walikota kita.
  5. Setelah sambutan bapak walikota, acara dilanjutkan kembali dengan menampilkan kebolehan ibu PKK masing-masing kecamatan loh. Pasti heboh yang ini.
  6. Setelah penampilan ibu PKK selesai, artis terkenal Syahrini akan menghibur kita dengan 4 lagunya. Ini pasti yang paling ditunggu para ibu-ibu.

Nah itu sejumlah acara yang akan kita saksikan hari ini. Tanpa banyak kata-kata lagi, sajian pertama dari Tabita Parahiyangan dipersilahkan! Let’s check this out!

Mungkin itulah kumpulan contoh teks mc formal, semi formal dan non formal singkat yang bisa pastiguna sajikan. Semoga dengan adanya kumpulan contoh teks mc dalam berbagai acara ini, mulai dari seminar, pengajian, pernikahan, ulang tahun, perpisahan sekolah, universitas, dan masih banyak lagi.

semoga bisa membuat kamu tahu perbedaan antara teks mc formal, semi formal dan non formal.

Karena seorang MC atau Master Of Ceremony harus mengetahui perbedaan antara teks mc formal dan non formal secara mendalam. Hal ini karena setiap acara memiliki etika pembawaan yang berbeda-beda. Itulah sebab nya sering disebut sebagai seniman bahasa dan kata-kata.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri