Berbagai Contoh Susunan Teks Pembawa Acara Pengajian

Teks pembawa acara Pengajian
Teks pembawa acara Pengajian

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Susunan Teks Pembawa Acara Pengajian – Acara pengajian kini cukup digemari banyak orang karena isi ceramah sekaligus MC yang dianggap dapat disimak dengan sangat menarik. Kini Anda juga bisa mengetahui isi teks pembawa acara pengajian yang bagus lewat program televisi. Umumnya, membuat teks ini juga cukup mudah, tidak jauh berbeda dengan contoh teks pembawa acara rapat.

Teks tersebut merupakan susunan isi dari acara ceramah di pengajian lengkap dengan sambutan berbahasa Arab untuk mengawalinya. Anda tak perlu menghafal doa yang berdurasi panjang karena tugasnya hanya mempersilahkan.

Susunan Teks Pembawa Acara Pengajian

susunan teks pembawa acara
susunan teks pembawa acara

Susunan teks pembawa acara pengajian harus dibuat berdasarkan waktu berjalannya acara dengan menuliskannya secara rinci. Anda juga perlu menambahkan durasi waktu di tiap sesi sesuai kondisi nyata, namun jika terdapat keadaan darurat sesi bisa ditunda atau dipercepat.

1. Pembukaan

Struktur teks pembawa acara pengajian pertama adalah pembukaan yang terdapat di hampir seluruh susunan jenis teks lainnya. Pembukaan di acara pengajian bertujuan untuk memperkenalkan tema yang hendak dibahas dalam sebuah ceramah, menunjukkan tahapan sesi dari sebuah acara kepada para audiens.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Susunan teks pembawa acara pengajian kedua yang hampir selalu ada di seluruh acara pengajian yakni pembacaan ayat suci al Quran. Tugas Anda di sini adalah mempersilahkan seseorang dengan tugas lain yakni sebagai pembaca al Quran. Biasanya disampaikan ketika Anda usai membaca susunan acara secara rinci beserta durasi waktu hingga sesi berakhirnya acara pengajian.

3. Sambutan-Sambutan

Sesi sambutan juga harus ada di dalam susunan teks pembawa acara pengajian karena seluruh jajaran penyelenggara, tamu penting, dan lain sebagainya juga harus disebutkan. Anda harus tau siapa saja pihak yang dipersilahkan untuk naik ke atas panggung memberikan sambutannya.

4. Inti Acara Pengajian

Ini merupakan sesi paling penting yang ditunggu oleh semua audiens yakni saat tokoh utama memberikan isi ceramahnya. Sampaikan dengan singkat sekaligus menyebutkan nama tokoh tersebut beserta panggilan populernya. Sertakan sedikit kalimat untuk bercanda dengan para audiens ketika suasana mulai tegang namun pastikan tetap kondusif.

5. Pengumuman Penting atau Tanya Jawab

Selanjutnya yakni membacakan susunan tentang sesi tanya jawab dan memberikan durasi waktu tertentu kepada si penanya dan penceramah untuk menjawabnya. Jika di dalam sebuah acara pengajian tidak terdapat sesi tanya jawab, Anda bisa menggantinya dengan berita penting yang harus diumumkan kepada audiens.

6. Penutup dan Doa

Sesi terakhir yang pasti ada di semua teks acara termasuk pengajian adalah penutup, namun kali ini disertai doa dan salam secara Islami. Persilahkan seseorang dengan menyebut nama dan sedikit identitas populernya untuk menaiki panggung sebagai pembaca doa. Atau bisa juga dengan mempersilahkan penceramah untuk membaca doa bagi audiens

Contoh-Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian

contoh teks pembawa acara pengajian
contoh teks pembawa acara pengajian

Yuk simak berbagai contoh teks pembawa acara pengajian dengan berbagai macam tema. Yang mudah-mudahan dengan adanya contoh teks pembawa acara pengajian di bawah ini, bisa membantumu dalam mencari referensi, sebelum nanti menjadi pembawa acara di dalam sebuah pengajian atau majelis. Oke, langsung saja simak contoh-contoh teks pembawa acara di bawah ini.

1. Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Majlis Taklim

contoh teks pembawa acara pengajian majelis taklim
contoh teks pembawa acara pengajian majelis taklim
Teks Pembawa Acara Pengajian Majlis Taklim

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada saudara terhormat Bapak Muhammad Jaya,

Ketua pengurus masjid, para panitia dan hadirin yang Kami hormati.

Sebelum mengawali acara pagi ini, mari panjatkan syukur sebesar-besarnya atas kehadirat Allah SWT. Berkatnya, kita semua dapat menghadiri majlis taklim di pagi hari ini untuk memperoleh ilmu barokah dan bermanfaat. Semoga para hadirin yang berbahagia dan kita semua selalu diberikan kesehatan agar tidak ada halangan untuk mengejar ilmu-Nya.

Para hadirin yang dirahmati Allah,

Saya hadir sebagai pembawa acara sehingga izinkanlah untuk membaca rangkaian pengajian akbar pagi hari ini dengan tema Takdir dan Nasib. Berikut susunan pengajian berdurasi dua jam, dimulai pukul 5 hingga 7 pagi.

  1. Pembukaan Acara
  2. Pelafalan ayat suci Al Quran oleh ananda Yusmita
  3. Sambutan dari Bpk. Muhammad Jawa sebagai ketua pengurus masjid Al Karomah.
  4. Acara inti yakni pengajian yang akan dibawakan oleh Ustad Muhammad Bustomi mukarrom.
  5. Pembacaan doa.

Demikian susunan acara pengajian di pagi yang cerah ini semoga berkah terlimpahkan. Untuk mengawali acara, mari kita semua yang hadir di majlis membaca basmallah terlebih dahulu bersama-sama.

  • Pembacaan Ayat Suci Al Quran

Acara kedua yakni diisi pembacaan ayat suci yang akan dibacakan oleh ananda Yusmita Faraiza, anggota remaja masjid, tempat dan waktunya Kami persilahkan. (Setelah pembacaan ayat suci) Terima kasih atas pembacaan ayat suci yang merdu dan mampu menangkan hadirin yang ada di sini, semoga berkah makin berlimpah untuk kita semua.

  • Sambutan Ketua

Sebentar lagi kita akan memasuki inti acara yang paling ditunggu, tetapi sebelumnya mari kita dengar sambutan ketua pengurus masjid. Kepada Bapak Muhammad Jaya, Kami persilahkan.

  • Inti Acara

Akhirnya sampai di acara inti yang paling ditunggu, yakni ceramah bertema Nasib dan Takdir yang disampaikan oleh Pak Ustad Muhammad Bustomi yang kami hormati. Silahkan kepada beliau, kami persilahkan tempat dan waktunya.

  • Penutup dan Doa

Kita sampai di penghujung acara setelah mendengarkan ceramah sekaligus doa yang bermanfaat dari Ustad Bustomi. Saya ucapkan permintaan maaf sebesar-besarnya jika ada salah dan kurang yang kurang berkenan. Mari kita akhiri ceramah pagi ini dengan ucapan hamdalah bersama, semoga kita berkesempatan untuk bertemu lagi.

Wassalamualaikum wr. wb.

2. Contoh Teks Pembawa Acara Pengajian Akbar di Bulan Ramadhan

contoh teks pembawa acara pengajian akbar
contoh teks pembawa acara pengajian akbar
Teks Pembawa Acara Pengajian Akbar di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bapak Ustad Muhammad Zaenal Abidin yang terhormat,

Yang saya hormati takmir masjid, Bapak Ali Mustofa,

Ketua panitia acara, serta para hadirin yang kami muliakan.

Mari kita haturkan syukur atas kenikmatan yang diberikan Allah yang Maha Esa, berkatnya kita mampu hadir dalam acara pengajian akbar paling dinanti tahun ini. Karena diselenggarakan hanya setahun sekali selama bulan suci penuh berkah, Ramadhan tiba.

Serta shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai junjungan kita, karena telah membimbing umat dari kegelapan ke jalan terang di bawah ridha-Nya. Di bulan yang berkah ini, marilah kita saling mengasihi, menyayangi, menambah amalan ibadah agar semakin dilimpahkan rahmatNya kepada kita yang hadir.

Sebagai pembawa acara di kesempatan langka kali ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan rangkaian acara pengajian akbar memperingati bulan Ramadhan.

  1. Pertama, acara diawali dengan bacaan basmallah dan pembacaan ayat suci Al Quran.
  2. Sambutan takmir masjid yakni Bapak Ali Mustofa.
  3. Sambutan ketua panitia dari kelompok remaja masjid Hasanuddin II.
  4. Acara inti yakni ceramah Ustad Muhammad Zaenal Abidin mukarrom.
  5. Sesi tanya jawab yang diberikan kepada para hadirin yang dimuliakan Allah.
  6. Doa bersama dipimpin Ustad Muhammad Zaenal Abidin.
  7. Penutup Acara.

Demikian susunan acara yang akan dimulai dalam beberapa menit lagi, selagi menunggu acara inti marilah kita bersama-sama membaca basmallah. Bagi para pengisi acara dimohon hadir di panggung, para hadirin dimohon sabar dan menyimak jalannya acara hingga usai.

Agar Anda dapat memahami susunan teks pembawa acara pengajian (teks MC) di atas dengan mudah, maka baca juga contohnya. Atau membacanya sambil melakukan aktivitas lain seperti makan cemilan. Buatlah gambaran contoh teksnya sesuai dengan susunan di atas dan cobalah membacanya di depan cermin agar Anda percaya diri saat di atas panggung.