Teks Pembawa Acara Rapat

Teks pembawa acara rapat
Teks pembawa acara rapat

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Acara formal tentu harus diselenggarakan dengan rapi, disiplin waktu dan dibawakan dengan cara yang tepat karena di sana banyak pihak penting yang hadir. Kesalahan saat membacakan teks pembawa acara rapat harus diminimalisir, apalagi jika di dalam sebuah acara formal terdapat tamu berharga. Pembawaan teks MC sangat berarti bagi penilaian para audiens di sana.

Acara rapat terkadang memang tidak semegah dan semeriah berbagai event hajatan, hiburan, atau lainnya. Tetapi sifatnya lebih formal dan harus rapi agar tidak terjadi penilaian yang buruk bagi suatu instansi yang sedang menjalankan rapat. Bahkan acara tersebut dapat diawasi banyak pihak meskipun dihadiri oleh peserta yang cukup sedikit, misal rapat dewan dan lainnya.

5 Jenis Teks Pembawa Acara untuk Rapat

pembawa acara rapat
pembawa acara rapat

Teks pembawa acara rapat secara umum memiliki susunan yang sama dan tidak ada jenis khusus yang dibuat untuk membuat teks terbagi atau terkategori. Namun beberapa isi dari pembukan dan susunan lain bisa saja berbeda sesuai dengan instansi atau pihak penyelenggara rapat.

1. Teks Pembawa Acara Rapat Sekolah

Bentuk susunan teks pembawa acara rapat di instansi pendidikan harus disesuaikan dengan tema rapat, tidak seperti teks pembawa acara pengajian yang mengutamakan improvisasi. Serta seberapa besar atau penting acara tersebut diselenggarakan, jika untuk wali murid di sekolah maka Anda harus menyusunnya dengan rapi dan dalam waktu cukup panjang. Namun jika rapat untuk para guru maka buatlah yang lebih sederhana saja.

2. Teks Pembawa Acara Rapat Perusahaan

Acara formal yang cukup menegangkan dan harus diatur se-formal dan se-resmi mungkin adalah rapat di perusahaan. Menjadi pembawa acara di rapat perusahaan sangat berpengaruh pada penilaian performa Anda. Terutama jika Anda terpilih dan berada di posisi karyawan biasa, maka harus mempersiapkan teks dan bahasa pembawaan secara matang.

3. Teks Pembawa Acara Rapat di Masyarakat

Selain di berbagai lembaga atau institusi formal, di kalangan masyarakat Kita sebenarnya terdapat dan seringkali mengadakan rapat yang biasa disebut musyawarah. Sifatnya non-formal sehingga Anda tidak boleh terlalu kaku saat membawakannya. Gunakan bahasa yang interaktif dan sebaiknya susunan acara dibuat berdurasi waktu cukup panjang.

4. Teks Pembawa Acara Rapat Dewan Pemerintahan

Teks untuk membawakan acara rapat para dewan di gedung pemerintahan tentu harus dibuat sebaik mungkin, karena sifat formalnya yang penilainnya sangat mempengaruhi citra. Teks tidak boleh dibuat asal-asalan dan harus disusun serapi mungkin, jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang disengaja atau tidak secara sering.

5. Teks Pembawa Acara Rapat Lembaga Non Pemerintah

Lembaga non pemerintah masih tergolong formal jika memiliki kinerja luar biasa dan patut diacungi jempol. Susunan teks yang harus Anda buat untuk acara rapat beberapa pihak dalam lembaga tersbut juga harus formal dan baku. Bahkan Anda harus lebih teliti ketika mengucapkan susunan kalimat atau kata karena bisa berakibat fatal pada performa Anda.

Kumpulan Contoh Teks Pembawa Acara Rapat

contoh teks pembawa acara rapat
contoh teks pembawa acara rapat

Dalam pembahasan kali ini, kita akan melihat berbagai contoh teks pembawa acara rapat yang nantinya bisa kamu jadikan sebagai referensi pada saat kamu menjadi pembawa acara dalam suatu rapat. Nggak usah lama-lama ya, yuk simak contoh-contoh teks pembawa acara rapat berikut ini.

1. Contoh Teks Pembawa Acara Rapat Satu Divisi di Perusahaan Manufaktur

contoh teks pembawa acara rapat perusahaan
contoh teks pembawa acara rapat perusahaan
Teks Pembawa Acara Rapat Perusahaan

Selamat Pagi,

Bapak Santoso S.si., M.A yang terhormat selaku direktur utama PT. Mentos Sejahtera.

Yang terhormat Bapak Mulyo selaku ketua divisi penanganan produksi.

Serta karyawan dan karyawati perusahaan yang saya banggakan.

Sebelum kita mulai acara rapat pagi ini, marilah berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing, berdoa dimulai! Tidak lupa kita ucapkan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena memberikan berkah dan kesehatan. Berkat Tuhan, kita dapat menghadiri acara rapat hari ini tanpa ada halangan dan masalah yang menghambat sehingga tepat waktu.

Rapat kali ini akan membahas mengenai permasalahan yang menyebabkan produksi bahan baku utama mengalami penurunan sekaligus kajian atas hambatannya di lapangan. Saya sebagai pembawa acara rapat hendak membacakan susunan acara yang berlangsung selama 2 jam ini, dimulai pukul 08.00 sampai 10.00.

  1. Pertama adalah pembukaan acara
  2. Sambutan Direktur Utama PT. Mentos Sejahtera, Bapak Santoso S.si., M.A
  3. Sambutan Bapak Mulyo, ketua divisi produksi bahan baku.
  4. Pembahasan inti masalah oleh Bapak Mulyo.
  5. Pemberian seluruh data valid dari karyawan / karyawati bersangkutan.
  6. Pencarian Solusi dengan Diskusi Terarah.
  7. Penutup dan Doa.

Demikian rangkaian susunan acara rapat singkat dengan tujuan untuk mengetahui solusi terbaik masalah perusahaan yang diambil dari hasil rapat. Acara sudah dimulai dengan pembacaan doa, selanjutnya masuk pada sesi sambutan oleh Direktur Utama PT. Mentos Sejahtera, kepadanya kami persilahkan.

  • Setelah Sambutan

Selanjutnya para peserta rapat diharapkan untuk menyimak sambutan dari Bapak Ketua Divisi Penanganan Produksi Bahak Baku Utama, Bapak Mulyo. Mari kita sambut dengan baik ketua regu kita ini.

  • Pembahasan Inti Masalah

Acara telah sampai pada inti yang paling ditunggu dan menegangkan, yakni pembahasan tentang permasalahan pada hambatan produksi. Masalah dibahas secara berurutan oleh ketua divisi sebagai penyampai pertama, kemudian diikuti oleh Bapak Direktur.

  • Pemberian Data Valid

Selanjutnya karyawan dan karyawati di bidang produksi dapat memberikan argumen dan pembuktian dari data yang valid. Pemberian data tersebut harus menunggu sesi yang tepat ketika diminta oleh kedua pihak, yakni Pak Direktur dan Ketua Divisi.

  • Pencarian Solusi

Akhirnya kita hampir sampai di penghujung acara, ini merupakan sesi paling penting untuk ditunggu. Pencarian solusi utama dalam mengatasi hambatan produksi diberikan sesuai hasil data valid, disampaikan dalam bentuk diskusi pemberian ide dan kesepakatan.

  • Penutup

Setelah solusi yang dianggap terbaik ditemukan, sekarang saatnya kita mengakhiri rapat pagi hari ni. Sebelum bubar, mari kita akhiri dengan doa bersama sesuai keyakinan masing-masing.

2. Contoh Teks Pembawa Acara Rapat Sekolah

contoh teks pembawa acara rapat sekolah
contoh teks pembawa acara rapat sekolah
Teks Pembawa Acara Rapat Penyusunan Program Baru di Sekolah Dasar

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat pagi Bapak/Ibu guru sekalian yang saya hormati,

Pagi ini saya akan memulai rapat penyusunan program yang rencananya akan dilaksanakan 2 tahun ke depan. Program ini memerlukan pembahasan sangat matang agar dapat berjalan dengan baik. Namun, saya di sini hadir sebagai pembawa acara sehingga izinkanlah untuk membacakan susunan acara dengan rinci seperti berikut.

Sebelum kita benar-benar memulai dan memasuki acara inti, marilah hadirin sekalian di sini berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing. Acara selanjutnya yakni sambutan oleh kepala sekolah, Bapak Riyadi S.Pd, kepadanya kami persilahkan tempat dan waktu.

  1. Pembukaan dengan doa.
  2. Sambutan Kepala Sekolah.
  3. Pembahasan Masalah oleh Guru Kelas.
  4. Diskusi.
  5. Kesimpulan.
  6. Penutup.

(Setelah Sambutan)

Semoga sambutan tersebut juga memberikan manfaat penting bagi hadirin sekalian. Akhirnya kita akan mulai memasuki acara inti yakni pembahasan mengenai program dimulai dari kepala sekolah kemudian guru kelas.

(Pembahasan dan Diskusi)

Setelah pembahasan kali ini usai, selanjutnya mari kita berdiskusi bersama tentangĀ  rencana alur program yang akan dijalankan. Diskusi bisa dimulai dari seluruh guru di sini yang ingin mengajukan pertanyaan dan akan dijawab oleh argumen dengan data valid.

(Kesimpulan)

Kita sampai pada sesi terakhir yakni pada kesimpulan yang telah disampaikan oleh moderator. Beliau menyatakan bahwa program masih harus direncanakan beberapa kali sebulan.

(Penutup)

Akhirnya kita sampai di penghujung acara rapat kali ini, semoga para hadirin termasuk saya diberi kesehatan untuk dapat bertemu di rapat selanjutnya. Mari kita akhiri dengan ucapan hamdalah bersama-sama.

Jika Anda mengkategorikan teks pembawa acara rapat sesuai dengan seluruh instansi yang ada di negeri ini maka jumlahnya akan sangat banyak lebih dari 5 di atas. Namun Anda harus memahami lebih banyak lagi tentang struktur, penggunaan bahasa yang tepat, atau contohnya setelah memahami definisi di atas. Jangan lupa untuk tetap bawakan teks tanpa menulis detail.