Kata Sambutan

Contoh Kata Sambutan – Kata sambutan seringkali disampaikan oleh pembawa acara untuk menyapa para tamu yang sudah hadir dalam sebuah kegiatan formal atau non formal. Biasanya sambutan disampaikan pada awal kegiatan, sebelum masuk dalam acara inti. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda dapat simak penjelasanya dalam artikel berikut ini.

Pengertian Kata Sambutan

pengertian kata sambutan
pengertian kata sambutan

Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan kata sambutan? Baik, pengertian kata sambutan adalah sebuah rangkaian kalimat yang disampaikan pembawa acara di awal kegiatan. Ucapan sambutan tersebut ditujukan kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir dalam acara yang telah diselenggarakan. Acara yang seringkali menyampaikan sambutan yaitu resepsi, seminar, upacara, hingga ulang tahun.

Isi sambutan biasanya berisi ungkapan terima kasih, rasa syukur, hingga permintaan maaf kepada para tamu yang sudah hadir. Hal ini bertujuan agar para tamu dapat merasa tersanjung dan juga memaklumi bila di pertengahan acara terdapat sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam menyampaikan sambutan, harus menciptakan kesan positif kepada para tamu undangan. Kesan positif tersebut didukung dengan kemampuan Anda sebagai pembawa acara, dalam berbicara secara baik dan sopan di depan para tamu undangan. Dengan begitu mereka akan merasa senang saat mendengarkan sambutan Anda.

Ciri-ciri Sambutan

ciri-ciri kata sambutan
ciri-ciri kata sambutan

Kata sambutan memiliki ciri-ciri tersendiri di dalamnya. Sehingga dapat dikatakan bila ucapan sambutan tersebut berbeda dengan jenis teks lainnya. Berikut adalah penjelasan mengenai ciri-ciri ucapan yang harus Anda ketahui sebelum menjadi pembawa acara.

  1. Ucapan sambutan berisi tentang pembuka acara.
  2. Ucapan sambutan biasa dilakukan di awal acara.
  3. Ucapan sambutan memiliki sifat menasehati para tamu undangan yang telah hadir.
  4. Ucapan sambutan seringkali disampaikan dalam acara formal.
  5. Ucapan sambutan sangat disarankan untuk pendengarnya.

Tujuan Kata Sambutan

tujuan kata sambutan
tujuan kata sambutan

Kata sambutan yang disampaikan dalam sebuah acara, memiliki tujuan tertentu di dalamnya. Salah satu tujuan dari sambutan ini adalah memaklumi bila di pertengahan acara terdapat sesuatu hal yang tidak diinginkan. Simak penjelasan secara lebih detail tentang tujuan dari ucapan sambutan dalam sebuah acara berikut ini.

  1. Ucapan sambutan memiliki tujuan untuk membuat para tamu undangan mendapatkan pengaruh positif dari pembawa acaranya.
  2. Ucapan sambutan memiliki tujuan dalam memberikan sebuah informasi dan juga pemahaman kepada para tamu undangan yang hadir.
  3. Ucapan sambutan memiliki tujuan agar para tamu undangan merasa senang dengan pidato yang menghibur dan tidak membosankan.
  4. Ucapan sambutan memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para tamu undangan agar kehidupannya lebih berkualitas kedepannya.
  5. Ucapan sambutan memiliki tujuan untuk mengarahkan para tamu undangan agar sukarela dalam mengikuti kemauan pembawa acara.
  6. Ucapan sambutan memiliki tujuan membuat para tamu undangan merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh pembawa acara.
  7. Ucapan sambutan memiliki tujuan untuk membuat penyelenggara acara mempertanggungjawabkan kegiatan yang telah diadakan.

Contoh Kata Sambutan

contoh kata sambutan
contoh kata sambutan

Ucapan sambutan dapat dilakukan dalam berbagai acara. Mulai dari pernikahan, seminar, ulang tahun, perayaan tahunan, hingga acara keagamaan dan lain sebagainya.

Biasanya kata sambutan disampaikan oleh tuang rumah, ketua panitia acara, atau tokoh-tokoh mulai dari ketua RT sampai Presiden yang di undang dalam sebuah acara. Berikut adalah contoh-contoh kata sambutan singkat yang bisa Anda contoh saat di beri kesempatan untuk memberikan kata sambutan dalam sebuah acara.

1. Contoh Kata Sambutan Ketua Panitia

contoh kata sambutan ketua panitia
contoh kata sambutan ketua panitia

Nah dalam contoh naskah sambutan yang pertama ini, kami hadirkan sebuah contoh kata sambutan ketua panitia acara karang taruna. Kenapa kok contoh kata sambutannya di acara karang taruna? ya, karena di setiap daerahmu pasti ada juga kan karang taruna. Untuk itu, Anda harus persiapkan ini gaes, sebelum Anda terjun di masyarakat.

Dan pastinya jika kalian aktif di karang taruna, tidak menuntut kemungkinan suatu saat nanti Anda bakal di mintai untuk memberikan kata sambutan di acara karang taruna tersebut.

Contoh Kata Sambutan Acara Karang Taruna

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat malam hadirin.
Yang terhormat Bapak Kepala Desa Tegal Siwalan.
Yang terhormat Ibu Ketua Karang Taruna Desa Tegal Siwalan.

Kami sangat menghargai kerja keras para panitia acara yang membuat kegiatan hari ini dapat berjalan dengan sukses.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih untuk hadirin yang telah meluangkan waktu untuk datang dalam acara hari ini.

Rasa syukur kita limpahkan karena atas berkat dan rahmat yang telah Allah berikan, sehingga kita dapat berkumpul dalam ruangan ini dengan keadaan yang bahagia dan sehat wal afiat.

Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Hadirin yang berbahagia dan dirahmati Allah SWT, saya sebagai perwakilan dari Karang Taruna ingin mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah datang dalam acara Puncak Penghargaan Tegal Siwalan. Juga tidak lupa saya ucapkan terima kasih juga kepada para penyelenggara acara yang telah mensukseskan jalannya kegiatan ini.

Hadirin yang berbahagia dan dirahmati Allah SWT, saya berharap dengan diselenggarakan acara Puncak Penghargaan Tegal Siwalan menjadi motivasi kepada masyarakat Tegal Siwalan untuk selalu menjaga lingkungan sekitar.

Tidak hanya itu, saya harap acara Puncak Penghargaan Tegal Siwalan ini dapat berjalan dengan lancar hingga dapat mengadakannya pada tahun ke tahun. Amin.

2. Contoh Kata Sambutan Singkat

Berikut adalah contoh kata sambutan singkat di dalam sebuah acara yang membahas tentang kesehatan. Contoh sambutan singkat ini, menurut saya sangat bagus dan bisa Anda sampaikan dalam menyambut sebuah acara.

Kenapa? karena isi dari kata sambutan di bawah ini, sangat bermanfaat untuk generasi penerus kita terutama tentang kesehatan. Yuk langsung saja, simak contoh naskah sambutan singkat di bawah ini.

Contoh Kata Sambutan Acara tentang Kesehatan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat pagi anak-anak. Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua untuk berkumpul dalam acara Pentingnya Kesehatan bagi Tubuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kecamatan Klutuk.
Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah Negeri 5 Klutuk.

Saya sangat menghargai kerja keras para panitia acara yang membuat kegiatan pagi hari ini dapat berjalan dengan sukses.

Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada anak anak Sekolah Dasar 5 Klutuk yang telah meluangkan waktu untuk datang dalam acara hari ini.

Anak-anak yang saya sayangi, setiap manusia memiliki organ tubuh yang telah diberikan oleh Allah SWT. Organ tubuh ini harus kalian gunakan untuk beraktivitas. Oleh sebab itu, kalian harus bersyukur karena telah memiliki organ tubuh lengkap yang sudah diberikan oleh Allah SWT.

Anak-anak yang saya sayangi, wujudkan rasa syukur kalian kepada Allah SWT dengan cara menggunakan organ tubuh dengan baik.

Misalnya menggunakan mata untuk membaca buku, menggunakan mulut untuk berkata baik, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kalian juga harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit mematikan.

Anak-anak yang saya sayangi, tidak ada hal yang lebih nikmat dari sehatnya badan dari berbagai macam penyakit. Bila tubuh kalian sehat, pasti dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa ada hambatan sedikit saja. Tidak hanya itu bila badan kalian sehat, pasti akan banyak makanan yang dapat kalian makan secara nikmat.

Menjaga kesehatan dapat kalian lakukan dengan berbagai macam cara. Cara pertama adalah dengan makan makanan yang bergizi seimbang.

Mulai dari sayuran, buah, dan juga vitamin. Kemudian cara kedua adalah dengan menghindari minum minuman beralkohol, rokok, dan juga narkoba. Itu semua akan merusak kesehatan organ tubuh kalian.

Cara ketiga adalah olahraga secara teratur. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara empat adalah selalu menerapkan pola pikir positif terhadap semua hal yang terjadi dalam kehidupan kalian. Lalu cara terakhir adalah selalu berprasangka baik kepada orang lain. Dengan begitu akan membuat pikiran dan hati kalian menjadi sehat.

Anak-anak yang saya sayangi, cukup sekian sambutan yang bisa saya sampaikan. Bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati kalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Contoh Kata Sambutan Tuan Rumah

contoh sambutan tuan rumah

Kata sambutan biasa disampaikan sebelum masuk ke dalam acara inti. Biasanya sambutan dilakukan dalam berbagai macam acara. Mulai dari resepsi, ulang tahun, penyuluhan, hingga seminar. Tujuan dari sambutan adalah untuk memberikan informasi baru kepada audiens.

Tinggalkan komentar