Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan Singkat Berbagai Tema

teks pidato tentang pendidikan
teks pidato tentang pendidikan

Contoh teks pidato tentang pendidikan – Baik itu pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, setiap manusia berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Pendidikan ini adalah suatu hal yang begitu penting. Bukan hanya diperlukan untuk masa sekarang, tetapi juga diperlukan untuk masa yang akan datang. Hal ini sudah sangat sering dicantumkan dalam teks pidato tentang pendidikan.

Pidato mengenai pendidikan ini umumnya disampaikan oleh mereka yang sangat peduli terhadap bidang pendidikan. Namun, jika kebetulan Anda ditunjuk untuk membawakan pidato atau kata sambutan yang bertemakan pendidikan, Anda bisa mencari contoh teks pidato tentang pendidikan yang kini sangat mudah untuk ditemukan.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pendidikan

teks pidato singkat tentang pendidikan
teks pidato singkat tentang pendidikan

Berikut adalah kumpulan contoh teks pidato singkat tentang pendidikan yang akan kami sajikan di bawah ini. Mudah-mudahan dengan adanya beberapa contoh teks pidato tentang pendidikan di bawah ini, dapat membantu anda dalam mencari referensi sebagai bahan untuk berpidato nanti.

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan #1

contoh teks pidato tentang pendidikan
contoh teks pidato tentang pendidikan

<strong>Teks Pidato Tentang Pendidikan untuk Anak Cacat</strong>

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati, Bapak Ibu Wali Murid SLB Merdeka.

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru SLB Merdeka.

Beserta seluruh siswa siswi SLB Merdeka yang saya cintai.

Puji syukur alhamdulillah sudah selayaknya kita ucapkan ke hadirat Allah swt. karena tanpa hidayah, rahmat dan kasih sayang-Nya, tentu kita tidak akan bisa berjumpa di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Selawat serta salam, kita harapkan semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. karena atas jasa beliaulah, kita yang ada di masa sekarang ini bisa hidup berdampingan dengan aman dan damai.

Hadirin yang saya hormati,

Hal utama yang ingin saya bicarakan di sini adalah pemerataan pendidikan bagi anak-anak yang dianggap tidak sempurna oleh masyarakat. Dengan kata lain, anak-anak cacat atau anak-anak penyandang disabilitas. Telah sering kita dengar bahwa ada beberapa anak penyandang disabilitas yang mendapatkan perlakuan kurang baik, baik dalam hal pelayanan publik maupun pendidikan.

Tentu ini adalah kasus yang patut disayangkan, sekaligus kita renungkan bersama untuk menemukan solusi terbaik. Diharapkan juga agar solusi tersebut tidak hanya diterapkan pada saat ini, namun terus berkelanjutan di masa yang akan datang, walaupun masa pengabdian bapak dan ibu guru yang ada saat ini sudah berakhir.

Siapapun harus mengakui bahwa pendidikan itu adalah salah satu pilar penting. Pilar penting untuk apa? Untuk kehidupan yang lebih baik. Apabila pendidikan yang diterima oleh para generasi penerus bangsa, termasuk anak-anak disabilitas itu layak serta tepat sasaran, dapat dipastikan ini akan menunjang peningkatan kualitas sumber daya yang kita punya.

Tidak sedikit dari kita yang mendengar bahwa pendidikan yang telah diberikan kepada penyandang disabilitas masih kurang memadai. Begitu minim dan cenderung belum memenuhi standar pengajaran. Hal ini tidak boleh kita biarkan. Salah satu caranya adalah setiap tenaga pengajar sebaiknya memberikan pendidikan yang lebih berkualitas kepada mereka.

Melakukan hal tersebut bukanlah suatu hal yang merugikan Bapak Ibu sekalian. Justru dengan kita memberikan yang terbaik, ini akan sangat bermanfaat bagi mereka. Untuk orang tua juga, jangan segan-segan untuk berkomunikasi dengan guru, demi memastikan anaknya mendapatkan pendidikan yang baik.

Jadi, kesimpulannya adalah marilah kita saling membantu untuk menghasilkan generasi yang berguna. Anak-anak kita ini boleh saja memiliki kekurangan, tetapi mereka mempunyai kesempatan yang sama dengan anak-anak lain untuk memajukan negara ini.

Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Saya harapkan juga agar apa yang sudah kita bicarakan pada hari ini bisa bermanfaat. Amin ya robbalalamin.

Wassalamualaikum wr. wb.

Contoh Teks Pidato Tentang Pendidikan #2

teks pidato tentang pendidikan sekolah
teks pidato tentang pendidikan sekolah

<strong>Teks Pidato Tentang Pendidikan Khususnya Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan</strong>

Assalamualaikum wr. wb.

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru SMA Merdeka beserta staff.

Yang saya hormati, Bapak Ibu Guru dari sekolah KKM SMA Merdeka.

Serta saudara-saudari sekalian yang berbahagia.

Sebelum membicarakan hal lain, sebaiknya kita panjatkan rasa syukur ke hadirat Allah swt. terlebih dahulu, yang telah membimbing kita, sehingga kita bisa tetap istiqomah dalam mendidik putra dan putri bangsa.

Selawat serta salam, mari kita harapkan semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw. karena atas jasa beliaulah, kita yang ada di masa sekarang ini, bisa hidup berdampingan dengan aman dan damai.

Sebelumnya, saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu dan juga saudara-saudara sekalian, karena sudah bersedia meluangkan waktu untuk menghadiri acara yang khusus kami adakan pada siang hari ini.

Saya, bahkan Anda juga sudah sering mendengar ungkapan “Meningkatkan mutu pendidikan” atau “Peningkatan kualitas pendidikan”. Ungkapan ini tidak salah, hanya saja terkadang diucapkan tanpa mengetahui makna yang sebenarnya. Banyak dari kita yang masih menganggap bahwa mutu pendidikan itu adalah soal tinggi rendahnya hasil yang telah dicapai oleh pendidikan.

Memang anggapan tersebut tidak salah. Hanya saja, kurang bijaksana rasanya jika mutu atau kualitas pendidikan hanya ditinjau dari segi tersebut. Oleh sebab itu, kita harus meluruskan pemahaman ini terlebih dahulu.

Pendidikan akan dikatakan bermutu, apabila hasilnya terlihat dalam hal kemampuan serta keinginan dari individu untuk menciptakan hubungan yang baik, baik itu kepada sesama manusia maupun kepada Tuhan. Ini catatan pentingnya, dan harus dipahami juga bahwa mutu pendidikan itu kaitannya sangat erat dengan mutu guru yang menyelenggarakan pendidikan.

Oleh sebab itu, jika ada keinginan untuk meningkatkan mutu pendidikan, maka yang harus disentuh terlebih dahulu adalah gurunya. Dengan kata lain, selain melakukan upaya peningkatan, mutu pendidikan juga harus melakukan upaya peningkatan mutu tenaga pengajarnya. Nah, peningkatan mutu tenaga pengajar dalam hal ini juga tidak hanya berarti meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.

Namun, juga berarti meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola semua proses pendidikan terhadap anak didiknya. Peningkatan mutu ini juga menyinggung perbaikan program prajabatan, kemudian pengangkatan dan penempatan sekaligus pemeliharaan dalam masa jabatan. Peningkatan kesejahteraan serta pengembangan karir juga termasuk di dalamnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, sebenarnya sudah banyak upaya yang dilakukan. Ini patut diacungi jempol, karena upaya tersebut sistemik dan terarah, baik itu melalui proyek pembangunan maupun kegiatan pembinaan yang dilakukan secara rutin. Hal yang saya bicarakan ini, bagusnya dilakukan di berbagai tingkatan, baik itu di tingkat pusat maupun di tingkat daerah.

Peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan sangat krusial. Maka mengingat hal tersebut, perlu rasanya kita menimbang dengan baik tuntutan kualitas yang kini menjadi standar bagi para guru. Nah, tuntutan kualitas tersebut adalah kompetensi profesional yang memadai dan diharapkan untuk dimiliki, dihayati serta diterapkan oleh setiap guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

Disadari atau tidak, guru-guru mendapatkan titipan atau amanah yang besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia negeri ini. Ini adalah amanah yang tidak bisa dianggap remeh bapak ibu sekalian. Jadi, sudah selayaknya kita meningkatkan kualitas diri kita sebagai pengajar, agar cita-cita dalam meningkatkan mutu pendidikan bisa tercapai.

Tapi walaupun demikian, amanah ini sebaiknya tidak kita anggap sebagai beban, agar kita tetap bisa enjoy menjalani hidup. Demikian kiranya yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Saya harapkan juga agar apa yang sudah kita bicarakan pada hari ini bisa bermanfaat. Amin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum wr. wb.

Selain pilihan kata, yang membuat pidato menjadi lebih menarik adalah penggunaan intonasi yang tepat. Jadi, sebelum tampil, pastikan Anda sudah mempelajari dan memahami isi teks pidato tentang pendidikan yang akan Anda sampaikan nanti, agar bisa menentukan intonasi apa yang tepat untuk digunakan.

Selain itu, bisa disisipkan pula humor anekdot untuk mencairkan suasana agar para hadirin yang ada tidak tegang. Tips menulis pidato dengan pilihan kata dan intonasi ini juga bisa diaplikasikan untuk teks pidato perpisahan atau teks pidato dengan tema lainnya.

Nah itulah kumpulan teks pidato tentang pendidikan singkat dengan berbagai tema yang bisa anda jadikan bahan untuk disampaikan kepada audien. Semoga bermanfaat,,,