Unsur-Unsur Drama [Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Naskah Drama]

Unsur-unsur drama – Berikut adalah penjelasan mengenai unsur-unsur naskah drama baik unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam teks drama. Mengetahui unsur drama akan menjadi wajib bagi kalian, kalau kamu ingin paham tentang naskah drama.

Namun sebelum membahas mengenai unsur-unsur teks drama, alangkah lebih baiknya Anda sudah mengerti tentang pengertian dari drama itu sendiri. Namun jika masih belum, Anda juga bisa baca artikel pastiguna.com yang sebelumnya telah membahas pengertian drama menurut para ahli lengkap.

Oke, jika kalian ingin mengetahui pengertian drama secara singkat, kami akan coba berikan penjelasannya untuk anda. Ya, Drama adalah sebuah sebuah karya sastra yang di tulis dalam bentuk percakapan, dialog, atau obrolan, dan nantinya akan ada pementasan atau pertunjukannya. Oke langsung saja kita bahas mengenai unsur-unsur drama berikut ini.

Unsur-Unsur Drama

unsur-unsur drama
unsur-unsur drama

Berbicara tentang unsur drama pernah nggak kalian mendapat soal seperti ini, Sebutkan unsur-unsur drama? dan jelaskan masing-masing dari unsur-unsur unsur teks drama? Nah, adanya pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang menjadikan motivasi kami untuk menjawab dengan membuat artikel kali ini.

Secara umum, unsur-unsur drama dibagi menjadi 2 yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik drama. Lalu yang jadi pertanyaan, unsur-unsur drama meliputi apa saja? Yuk simak penjelasannya berikut.

Unsur Intrinsik Drama

unsur intrinsik drama
unsur intrinsik drama

Unsur intrinsik drama adalah unsur-unsur pembentuk drama dari dalam. Komponen-komponen yang termasuk sebagai unsur intrinsik drama antara lain adalah tema, alur, tokoh dan penokohan, latar/setting, dialog, bahasa, konflik dan amanat.

Unsur Intrinsik Drama Beserta Penjelasannya

1. Tema

Unsur intrinsik drama yang pertama adalah tema. Lalu, Apa yang dimaksud dengan tema? Ya, Pengertian tema pada drama merupakan suatu ide pokok atau gagasan utama dari sebuah cerita drama. Atau bisa dikatakan bahwa tema adalah gagasan pokok dari keseluruhan isi cerita dalam drama tersebut.

2. Alur

Selain tema, di dalam drama juga terdapat alur cerita. Nah, tahukah Anda apa yang dimaksud alur dalam drama? ya, alur dalam drama adalah jalan cerita dari sebuah pentas atau pertunjukkan drama mulai awal hingga babak terakhir. Selain itu, Alur juga sering disebut dengan istilah plot. Pada umumnya alur cerita dimulai dari tahapan eksposisi, komplikasi, klimaks dan resolusi.

3. Tokoh

Unsur intrinsik drama selanjutnya adalah tokoh. Namun, apa itu tokoh dalam sebuah drama? Baik, Tokoh merupakan pemeran yang ada dalam cerita drama. Adapun tokoh dapat dibedakan menjadi beberapa jenis misalnya seperti tokoh protagonis, antagonis, figuran. Tokoh protagonis adalah tokoh utama yang baik, kemudian antagonis adalah tokoh yang berperan jadi jahat, serta tokoh figuran yang menjadi peran pembantu.

Selain itu, ada juga unsur penokohan atau perwatakan. Unsur ini bisa dilakukan dengan cara menyebutkan langsung di dalam sebuah cerita (analitik) maupun tidak langsung (dramatik).

4. Latar/Setting

Unsur intrinsik drama yang berikutnya adalah unsur latar atau setting. Latar atau setting dibagi menjadi 2 yakni latar tempat dan latar waktu. Latar tempat yakni menggambarkan lokasi drama, sedangkan latar waktu yakni untuk memberi info kapan terjadinya adegan dalam drama serta latar situasi untuk menjelaskan suasana dalam sebuah cerita di drama tersebut.

5. Dialog

Dalam sebuah drama, juga terdapat unsur dialog. Apa itu dialog dalam drama? Pengertian dialog merupakan serangkaian percakapan dalam sebuah cerita drama. Dialog bisa dilakukan oleh satu tokoh dengan tokoh yang lain, Selain itu juga bisa berupa dialog sendiri yang biasa disebut dengan monolog. Dengan adanya dialog dalam dram akan dapat memberikan penjelasan terkait jalannya cerita, biasanya juga disertai gaya atau mimik wajah atau  ekspresi.

6. Bahasa

Unsur intrinsik drama berikutnya yakni bahasa atau gaya bahasa. Apa yang dimaksud bahasa dalam drama? Bahasa merupakan kata-kata yang digunakan dalam sebuah percakapan cerita drama. Selain itu, bahasa juga dapat menggambarkan watak tokoh, latar, ataupun peristiwa yang sedang terjadi dalam drama tersebut.

7. Konflik

Unsur-unsur intrinsik drama selanjutnya adalah konflik. Apa itu konflik? ya Arti konflik adalah suatu pertentangan atau masalah yang terjadi pada sebuah cerita drama. Konflik merupakan inti dari permasalahan yang ada dalam sebuah drama. Dalam sebuah drama konflik bisa terjadi 1 kali atau lebih.

8. Amanat

Nah, unsur-unsur intrinsik drama yang paling penting menurut admin adalah amanat. Kanapa amanat? ya, karena amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada penonton, yang mana di dalam pesan amanat tersebut mengandung unsur-unsur kebaikan yang bisa kita ambil hikmahnya. Amanat drama atau pesan disampaikan melalui peran para tokoh dalam cerita drama tersebut.

Unsur Ekstrinsik Drama

unsur ekstrinsik drama
unsur ekstrinsik drama

Tahukah anda apa itu unsur ekstrinsik drama? ya, unsur ekstrinsik drama merupakan unsur-unsur pembentuk drama yang berasal dari luar teks drama. Adapun komponen-komponen dari unsur-unsur ekstrinsik drama adalah sebagai berikut :

  • Latar belakang pengarang
  • Nilai agama dan kepercayaan
  • Kondisi politik negara
  • Psikologis pengarang
  • Situasi sosial budaya

Nah itulah 5 unsur ekstrinsik drama. Hal-hal tersebut yang menjadi faktor luar yang mempengaruhi dibuatnya sebuah drama. Seperti halnya latar belakang pengarang, pasti memiliki latar belakang yang berbeda-beda, Dengan perbedaan itu akan menghasilkan sebuah karya drama yang berbeda-beda juga, dari satu pengarang dengan pengarang lainnya.

Selain latar belakang, nilai-nilai lain seperti nilai agama, politik, sosial dan budaya juga turut serta mempengaruhi drama. Karena, hal ini akan melandasi jalan cerita hingga perwatakan yang dibuat oleh pengarang drama. Tidak hanya itu, kondisi psikologis pengarang juga turut serta menjadi unsur ekstrinsik drama yang sangat penting pula.

Perbedaan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Drama

perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik
perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik drama

Tahukah Anda tentang perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik drama? Baik, Perbedaannya yaitu unsur intrinsik adalah unsur-unsur pembentuk drama dari luar sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur pembentuk dram dari luar, sebagai mana yang sudah kami jelaskan di atas.

Nah alhamdulillah selesailah pembahasan kita kali ini mengenai unsur-unsur drama, yang mana sudah kita ketahui ada 2 unsur pembentuk drama. Yang pertama yakni unsur intrinsik drama yang terdiri dari tema, alur, tokoh dan penokohan, latar/setting, dialog, bahasa, konflik dan amanat. Yak kedua yaitu unsur ekstrinsik drama yang terdiri dari latar belakang pengarang, nilai agama dan kepercayaan, kondisi politik negara, psikologis pengarang, situasi sosial budaya.

Dan sudah kita bahas juga mengenai perbedaan unsur intrinsik dan ekstrinsik drama seperti di atas. Kamu bisa baca artikel selanjutnya mengenai contoh naskah drama beserta unsur intrinsik dan ekstrinsik. Semoga bermanfaat.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar