Contoh Daftar Isi Makalah, Proposal, Skripsi, Laporan Yang Baik Dan Benar

contoh daftar isi yang benar
contoh daftar isi yang benar

Contoh Daftar Isi – Ini sangat diperlukan dalam membuat sebuah makalah, skripsi, laporan pkl magang, proposal dan karya tulis ilmiah untuk memperoleh hasil yang baik dan benar. Sebagai persembahan nantinya, buat pembaca agar mudah pada saat hendak membaca.

Sebelum lanjut membaca artikel kali ini, kami akan sedikit memberikan sebuah gambaran tentang pembahasan yang akan kami sajikan di sini. Oke langsung saja, cek pada daftar isi di bawah ini.

Daftar Isi

daftar isi
daftar isi

Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini, kita bisa berjumpa dalam rangka membahas tentang daftar isi secara menyeluruh mulai dari cara membuat daftar isi hingga melihat berbagai contoh daftar isi tentang makalah, skripsi, laporan pkl magang, proposal dan karya tulis ilmiah untuk memperoleh hasil yang baik dan benar

Cara Membuat Daftar Isi

cara membuat daftar isi
cara membuat daftar isi

Nah, terus bagaimana cara membuat daftar isi? cara membuat daftar isi yang baik dan benar harus memenuhi unsur unsur yang berada di dalam daftar isi yang nantinya akan dijelaskan dibawah secara lengkap. Intinya simaklah artikel dibawah ini, nanti kalian akan mengetahui bagaimana cara membuat daftar isi yang baik dan benar.

Untuk membuat daftar isi diperlukan tahap-tahap, agar daftar isi yang kita buat menjadi sempurna hasilnya. nah, salah satu tahap yang paling ampuh sebelum membuat daftar isi yang baik dan benar adalah dengan mengetahui pengertian, fungsi, unsur dan juga melihat dari contoh-contoh daftar isi yang sudah jadi.

Pengertian Daftar Isi

pengertian daftar isi
pengertian daftar isi

Pengertian daftar isi adalah urutan sebuah judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat dalam sebuah penulisan makalah, laporan, skripsi, proposal, karya ilmiah atau juga bisa diartikan sebagai lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman pada penulisan.

Selain paham pengertian daftar isi, salah satu cara membuat daftar isi yang baik dan benar adalah dengan memahami sepenuhnya termasuk fungsi daftar isi dan unsur-unsur daftar isi yang akan kita bahas dibawah ini.

Fungsi Daftar Isi

fungsi daftar isi
fungsi daftar isi

Fungsi daftar isi adalah untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul yang di inginkan secara cepat tanpa harus melihat satu persatu dari keseluruhan penulisan. Maka dari itu, salah satu cara membuat daftar isi yang baik dan benar yakni dengan memahami betul fungsinya serta unsur-unsur yang harus dipenuhi dalam membuat daftar isi.

Peran atau fungsi daftar isi dalam sebuah penulisan sangatlah penting dalam pembuatan makalah, skripsi, laporan, proposal dan karya ilmiah. Karena dengan adanya daftar isi pembaca akan mudah menemukan halaman yang sedang dicari. Tanpa adanya daftar isi, pembaca akan kesulitan, bisa jadi pembaca tidak jadi membaca karya yang anda buat dengan susah payah.

Sebuah penulisan yang bagus bisa dilihat hanya dengan melihat di dalam unsur-unsur daftar isi apakah terpenuhi atau tidak. Apabila isi yang terdapat dalam daftar isi itu bagus, maka pembaca akan tertarik untuk membaca isi dari penulisan tersebut, namun jika daftar isinya kurang bagus otomatis pembaca cenderung malas untuk membacanya.

Unsur-Unsur Yang Terdapat Di Dalam Daftar Isi

unsur-unsur yang terdapat di dalam daftar isi
penjelasan tentang unsur-unsur yang terdapat di dalam daftar isi

Secara kaidah penyusunan di dalam daftar isi terdapat unsur-unsur yang harus anda ketahui secara detail dari masing-masing unsur tersebut. Agar dalam penyusunannya anda bisa membedakan apakah materi dalam karya penulisanmu.

Berikut adalah penjelasan dari unsur-unsur yang terdapat dalam daftar isi :

1. Halaman Judul

Halaman judul adalah unsur-unsur daftar isi yang harus terpenuhi biasanya dalam lembar yang berisi judul penulisan karya anda, entah itu makalah, skripsi, laporan, karya ilmiah, proposal dan lain sebagainya. Lembar judul yang baik dan benar harus memiliki judul, logo sekolah/instansi/organisasi (bila ada), nama penyusun, dan juga nama sekolah/instansi/organisasi dan tahun penulisan.

2. Kata Pengantar

Kata Pengantar ialah salah satu unsur-unsur daftar isi yang harus dipenuhi dan biasanya dalam lembar yang berisi kata pengantar yang berupa ucapan puji syukur, terima kasih, gambaran singkat isi dan harapan penulis. Berikut contoh kata pengantar.

3. Latar Belakang

Latar belakang adalah lembar yang berisi tentang dasar atau suatu hal yang pokok yang menjadikan sebab ditulisnya sebuah karya penulisan. Berikut contoh latar belakang.

4. Batasan Masalah

Batasan masalah merupakan unsur-unsur daftar isi yang berupa halaman atau lembar yang memiliki isi yang mencakup masalah yang sudah dipersempit dari latar belakang untuk kedepannya di bahas dalam isi suatu karya penulisan.

5. Rumusan Masalah

Rumusan masalah yaitu unsur -unsur daftar isi yang berisi poin-poin yang menjadi masalah dari topik yang diangkat menjadi suatu karya penulisan. Untuk menulis rumusan masalah yang baik ditulis dalam bentuk poin-poin pertanyaan. Berikut contoh rumusan masalah.

6. Tujuan

Tujuan yaitu berisikan pioin-poin yang menjadi konsentrasi dan penulis setelah dalam menulis suatu karya penulisan makalah, laporan, proposal, maupun skripsi.

7. Manfaat

Manfaat yaitu suatu hal yang akan di peroleh ketika setelah penulisan makalah, laporan, proposal, skripsi atau karya ilmiah selesai dipublikasikan.

8. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah adalah suatu pendekatan yang di ambil oleh penulis untuk menganalisa masalah yang akan disampaikan kepada materi makalah atau karya tulis ilmiah yang berkaitan.

9. Hipotesis

Hipotesis yaitu berupa dugaan awal yang bersifat subjektif oleh penulis pada suatu isi dan kesimpulan suatu penulisan makalah dan karya ilmiahnya.

10. Simpulan

Simpulan ialah berisi inti dari isi dan pembahasan suatu karya penulisan sepaert makalah, laporan, skripai, proposal maupun karya ilmiah.

11. Saran

Saran merupakan saran dari penulis dari suatu karya penulisan makalah, proposal, skripsi, laporan dan karya ilmiah kepada pembaca.

Nah, itulah penjelasan dari unsur-unsur daftar isi. selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penulisan yang sesuai dengan isi dalam sebuah karya penulisan ini, dan yang harus anda ingat yaitu daftar isi yang baik adalah daftar isi yang bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui isi dari sebuah karya penulisan. Maka dari itu, kita juga akan lihat beberapa contoh daftar isi yang adalah di bawah ini.

Kumpulan Contoh Daftar Isi

contoh daftar isi
contoh daftar isi

Sebenarnya daftar isi dari semua penulisan itu intinya sama, yang membedakan cuma beberapa hal saja dan tidak terlalu banyak. Namun, mungkin masih ada yang kebingungan untuk membuat daftar isi yang baik dan benar.

Maka dari itu, kita bisa melihat berbagai macam contoh daftar isi yang baik dan benar. Karena cara membuat daftar isi yang bagus dan menarik paling mudah dengan belajar melalui contoh-contoh dari berbagai daftar isi seperti yang ada di bawah ini:

1. CONTOH DAFTAR ISI MAKALAH

contoh daftar isi makalah
contoh daftar isi makalah singkat

Nah berikut adalah contoh daftar isi daftar isi makalah pkn sebagai contoh daftar isi yang pertama kali kita bahas.

Menurut saya cara buat daftar isi makalah yang paling mudah yaitu dengan melihat contohnya. Semoga dengan adanya contoh daftar isi makalah singkat yang ada di bawah ini bisa membantu kamu dalam membuat daftar isi dengan cara paling mudah untuk menyelesaikan tugas kalian.

Berikut adalah Contoh Daftar Isi Makalah Singkat

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ………………………. i
DAFTAR ISI ……………………………………… i

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah………… 1
B. Rumusan Masalah…………………… 2
C. Tujuan Penulisan …………………….. 2

BAB II PEMBAHASAN

A. Pengertian Pkn ……………………….. 4
B. Ciri-ciri Pkn ………………………………… 5
C. Pembagian Pkn ………………………. 6
D. Contoh Pkn ……………………………….. 7

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan ……………………………….. 26
B. Saran ………………………………………… 26

DAFTAR PUSTAKA ………………………. 27

2. CONTOH DAFTAR ISI SKRIPSI

contoh daftar isi skripsi
contoh daftar isi skripsi yang bernar

Setelah melihat contoh daftar isi makalah singkat di atas. Kita akan belajar dari contoh daftar isi skripsi yang benar itu seperti apa? Yang mana kebanyakan para mahasiswa pasti mengalami proses ini atau membuat daftar isi skripsi. Nah dengan adanya contoh daftar isi yang benar di bawah ini mudah-mudahan bisa membantu kalian, dan menurut saya cara membuat daftar isi paling mudah yakni dengan melihat contoh penulisan daftar isi yang udah jadi.

Berikut adalah Contoh Daftar Isi Skripsi yang Benar

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………… i
HALAMAN PERSEMBAHAN …….. ii
HALAMAN MOTTO ………………………. iii
HALAMAN PERNYATAAN …………. iv
HALAMAN PEMBIMBINGAN .….. v
HALAMAN PENGESAHAN ……….. vi
ABSTRACT ………………………………………. vii
PRAKATA …………………………………………. x
DAFTAR ISI ………………………………………
DAFTAR TABEL ……………………………..
DAFTAR GAMBAR ………………………..
DAFTAR LAMPIRAN …………………….

BAB I. PENAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah ………
1.2 Perumusan Masalah …………….

1.3.1 Tujuan dan Manfaat Penelitian………
1.3.2 Manfaat Penelitian ……………

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Landasan Teori ………………………
2.1.1 Manajemen Sumber daya manusia…
2.1.2 Kompensasi …………………………

a Kompensasi Langsung …………

(1) Gaji ………………………………………………
(2) Upah Insentif …………………………
(3) Bonus …………………………………………

3. CONTOH DAFTAR ISI LAPORAN

contoh daftar isi laporan
contoh daftar isi laporan

Cara membuat daftar isi sudah biasa dikalangan maha siswa yang sedang mendapatkan tugas kuliahnya. Namun kebanyakan yang dialami oleh para siswa-siswi smk ketika selesai melakukan PKL(praktek kerja lapangan). Dari sebagai mereka biasanya mengalami kesulitan dalam membuat daftar isi.

Namun tidak perlu kawatir, bagi kalian yang kesulitan dalam membuat laporan berikut adalah cara buat daftar isi paling mudah yakni dengan melihat contoh daftar isi laporan PKL atau sekarang lebih dikenal dengan PRAKERIN (praktek kerja industri) seperti di bawah ini.

Berikut adalah Contoh Daftar Isi Laporan Prakerin

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN ……… I
KATA PENGANTAR ………………… II
DAFTAR ISI ……………………………….. IV
DAFTAR GAMBAR …………………. V
DAFTAR LAMPIRAN ……………… VI
DAFTAR PUSTAKA …………………. VII

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang …………………… 1
B. Tujuan ……………………………………. 2
C. Ruang lingkup ……………………. 2
D. Kegunaan …………………………….. 2
E. Definisi Istilah ……………………… 2

BAB II HASIL PRAKTEK KERJA INDUSTRI

A. Gambaran Umum Industri………………… 4
B. Aktifitas yang dilakukan selama PRAKERIN…4
C. Masalah yang dihadapi………………………. 5
D. Alternatif Pemecahan Masalah………. 5
E. Pemecahan Masalah yang di Ambil…… 5

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan …………………… 17
B. Saran ……………………………….. 17

4. CONTOH DAFTAR ISI LAPORAN MAGANG

contoh daftar isi laporan magang
contoh daftar isi laporan magang
Berikut adalah Contoh daftar isi laporan pendidikan sistem ganda

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL …………………… i
KATA PENGANTAR ……………………… ii
DAFTAR ISI …………………………………….. iv
DAFTAR TABEL …………………………….. v
DAFTAR GAMBAR ……………………….. vi

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang ………………………… 1
B. Tujuan …………………………………………. 2
C. Ruang lingkup …………………………. 2
D. Kegunaan ………………………………….. 2
E. Definisi Istilah …………………………… 2

BAB II HASIL PENDIDIKAN SISTEM GANDA

A. Gambaran Umum dunia usaha…………  4
B. Aktifitas yang dilakukan selama PSG… 4
C. Masalah yang dihadapi…………………. 5
D. Alternatif Pemecahan Masalah…. 5
E. Solusi Masalah yang di Ambil……… 5

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan ……………………………………… 26
B. Saran …………………………………………………… 26

DAFTAR PUSTAKA……………………………….. 27

LAMPIRAN

5. CONTOH DAFTAR ISI LAPORAN PKL

contoh daftar isi laporan PKL
contoh daftar isi laporan PKL
Berikut adalah Contoh daftar isi Laporan PKL

DAFTAR ISI

LEMBAR PERSETUJUAN …………. i
KATA PENGANTAR ……………………… ii
DAFTAR ISI …………………………………….. iv
DAFTAR GAMBAR ……………………….. v
DAFTAR LAMPIRAN ……………………. vi
DAFTAR PUSTAKA ……………………….. vii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang …………………………. 1
B. Tujuan ………………………………………….. 2
C. Ruang lingkup …………………………. 2
D. Manfaat ………………………………………. 2
E. Definisi Istilah …………………………… 2

BAB II HASIL PRAKTEK KERJA LAPANGAN

A. Gambaran Umum Industri……………… 4
B. Aktifitas yang dikerjakan selama PKL… 4
C. Masalah yang dihadapi ……………. 5
D. Pemecahan Masalah ………………… 5
E. Pemecahan Masalah yang di terima… 5

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan ……………………………………… 26
B. Saran …………………………………………………… 26

6. CONTOH DAFTAR ISI PENELITIAN

contoh daftar isi penelitian
contoh daftar isi penelitian
Berikut adalah Contoh daftar isi penelitian

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ……………….
ABSTRAK …………………………………
DAFTAR ISI ……………………………..

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah …………
B. Batasan Masalah ……………………….
C. Identifikasi Masalah …………………
D. Rumusan Masalah dan Pemecahan…
E. Tujuan Penelitian ………………………
F. Kegunaan Penelitian ………………
G. Definisi Operasional…………………

BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN HYPOTESIS PENELITIAN

A. Kajian Pustaka …………………………

1. Hakikat IPA ……………………………
2. Belajar dan Mengajar ………………………
3. Pengertian Prestasi Belajar ……………
4. Model Pembelajaran …………………………
5. Pembelajaran Example Non Example……

B. Kerangka Berpikir ……………………………
C. Hipotesis Tindakan …………………………

BAB III METODOLOGI PENELIITIAN

A. Lokasi dan Waktu Penelitian ………

7. CONTOH DAFTAR ISI KARYA TULIS ILMIAH

contoh daftar isi karya tulis ilmiah
contoh daftar isi karya tulis ilmiah
Berikut adalah Contoh daftar isi karya tulis ilmiah

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………
DAFTAR ISI ……………………….

BAB I MENGENAL KARYA TULIS ILMIAH

Jenis-jenis Karya Tulis Ilmiah……………
Kerangka Umum Karya Tulis Ilmiah…

BAB II MENGENAL OPENOFFICE.ORG WRITER

Sejarah Open Office.org …………………
Isi Paket Openoffice.org Writer……
Instalasi Openoffice.org …………………
Menjalankan Openoffice.org Writer…

BAB III MEMBUAT KERANGKA KARYA TULIS ILMIAH

Mengatur Format Huruf……………………
Mengatur Format Paragraf …………….
Pengaturan Tabulasi Paragraf ………
Membuat Daftar Berutir …………………
Membuat Daftar Bernomor …………

Alhamdulilah, penjelasan kali ini sudah selesai lengkap dengan kumpulan contoh daftar isi yang benar, mulai dari contoh daftar isi makalah, skripsi, laporan PKL, magang, praktikum, penelitian, proposal dan daftar isi karya tulis ilmiah.

Yang mana dengan banyaknya contoh daftar isi, kita bisa mengetahui cara membuat daftar isi yang baik dan benar serta cara buat daftar isi paling mudah dan simple. Semoga bermanfaat…

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri