√ Contoh Dialog Interaktif : Pengertian, Unsur, Komentar, dan Kesimpulan

Apa itu dialog interaktif? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan dialog interaktif? Ya, Yang akan kita bahas adalah pengertian dialog interaktif, unsur-unsur dialog interaktif, hal-hal yang perlu diperhatikan saat dialog interaktif, komentar dalam dialog interaktif, cara menyimpulkan dalam dialog interaktif, dan contoh dialog interaktif.

Saat Kamu sedang menonton televisi, mungkin kamu pernah melihat acara talkshow yang dipandu oleh seorang pembawa acara dengan mengundang seorang pembicara dan dihadiri oleh penonton, maka kegiatan tersebut biasa disebut sebagai dialog interaktif. Tidak hanya di televisi, Kamu juga bisa mendengarkan di radio atau mendatangi sebuah acara yang mendiskusikan sebuah topik.

Dengan berdiskusi, orang menjadi lebih tahu mengenai sebuah suatu hal atau topik permasalahan secara lebih jelas dan tajam, karena dengan berdiskusi penonton dapat berinteraksi langsung narasumber yang merupakan orang ahli dalam bidangnya. Kegiatan ini akan menambah wawasanmu mengenai berbagai macam hal yang mungkin sebelumnya Kamu tidak terlalu mengetahuinya.

Pengertian Dialog Interaktif

pengertian dialog interaktif
pengertian dialog interaktif

Apa yang dimaksud dengan dialog interaktif?

Jadi, Pengertian dialog interaktif adalah sebuah dialog yang biasanya dilakukan di radio, televisi, atau forum umum yang akan melibatkan peran antara narasumber dengan peserta atau pendengar yang dapat ikut menanyakan dan menanggapi isi obrolan dalam dialog yang diselenggarakan tersebut.

Dalam kegiatan ini, ada beberapa atau mungkin banyak orang yang terlibat, diantaranya moderator, narasumber, dan peserta. Narasumber yang diundap pada kegiatan diskusi tersebut biasanya merupakan seorang pakar atau ahli dalam topik atau masalah yang akan didiskusikan.

Peserta atau pemirsa yang mengikuti dialog tersebut dapat memberikan usulan, saran, dan masukan tentang topik pembicaraan yang sedang dibicarakan di dalam kegiatan dialog. Dengan adanya interaksi, maka topik pembicaraan yang diulas menjadi sangat mendalam dan lebih jelas.

Umumnya, diskusi ini akan membahas hal atau masalah yang terbaru dan sedang terjadi di masyarakat. Namun, bukan hanya topik tersebut, kadang dialog tersebut juga akan membahas hal-hal lainnya. Mengikuti kegiatan seperti ini, akan membuat Kamu memiliki banyak pengetahuan dan tidak akan terlewat informasi mengenai masalah yang terjadi saat ini.

Unsur-Unsur Dialog Interaktif

unsur-unsur dialog interaktif
unsur-unsur dialog interaktif

Pada kegiatan diskusi ini terdapat unsur-unsur dialog interaktif yang tidak dapat dihilangkan dan merupakan bagian penting, yaitu 5 W + 1 H. 5 W + 1 H merupakan kata tanya dalam bahasa inggris, yakni what, who, when, where, why, dan how. Dalam bahasa Indonesia, pertanyaan ini akan menanyakan mengenai apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana.

Semua unsur pertanyaan tersebut harus ada dalam dialog interaktif, agar orang dapat mengerti apa inti dari hal yang didiskusikan pada kegiatan tersebut.

Unsur-unsur dalam dialog interaktif
  • What: Apa topik yang dibahas dan dibicarakan?
  • Who: Siapa saja pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut?
    Siapa saja yang dibicarakan di dalam topik pembicaraan?
  • When: Kapan kegiatan dialog tersebut diselenggarakan?
    Kapan masalah dalam topik tersebut terjadi?
  • Where: Di mana kegiatan dialog tersebut diselenggarakan?
    Di mana masalah tersebut terjadi?
  • Why: Mengapa topik tersebut menjadi hal yang sangat penting?
    Mengapa masalah tersebut bisa terjadi?
    Mengapa kegiatan dialog harus diadakan untuk membahas topik tersebut?
  • How: Bagaimana masalah tersebut dapat terjadi?
    Bagaimana cara memecahkan masalah tersebut?

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Dialog Interaktif

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Dialog Interaktif
Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Dialog Interaktif

Dalam mengikuti ataupun menyimak kegiatan dialog, agar Kamu mendapatkan hasil dari kegiatan tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu untuk Kamu perhatikan saat kegiatan dialog berlangsung.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat dialog interaktif

1. Tema atau Topik

Saat kamu akan mengikuti kegiatan dialog dalam sebuah forum, pastikan untuk mengetahui tema atau topik yang akan dibahas sebelumnya. Hal ini sangat penting agar Kamu mengerti saat kegiatan berlangsung. Jangan sampai, Kamu malah bingung dan tidak nyambung, loh.

2. Narasumber

Sebaiknya, Kamu memastikan bahwa narasumber dari forum yang akan didatangi adalah orang yang memang ahli dalam membahas topik tersebut.

3. Pendapat Narasumber

Selain isi materi yang disampaikan oleh narasumber itu penting, biasanya narasumber juga akan memberikan pendapatnya tersendiri. Kamu harus memastikan sendiri, bahwa pendapat dari narasumber tersebut memang benar sesuai dengan fakta dan data yang ada, jangan sampai mudah terpengaruh apabila narasumber memberikan pendapat hanya dari segi subjektif saja.

4. Kesimpulan Kegiatan Dialog

Di akhir kegiatan dialog, biasanya moderator akan menyampaikan kesimpulan dari dialog yang telah diadakan. Selain itu, Kamu juga bisa mencatat pada saat kegiatan dialog tersebut berlangsung agar mendapatkan hal-hal yang penting dari kegiatan tersebut.

Komentar dalam Dialog Interaktif

komentar dalam dialog interaktif
komentar dalam dialog interaktif

Setelah Kamu selesai menyimak atau mengikuti kegiatan dialog, Kamu juga dapat memberikan komentar terhadap apa yang disampaikan oleh narasumber. Saat Kamu akan menyampaikan komentar, tentu ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan, yaitu:

Hal-hal yang harus diperhatikan saat berkomentar dalam dialog interaktif:

1. Berikan komentar yang bersifat objektif dan bukan hanya dari pandangan Kamu saja, sehingga komentar tersebut tidak memihak.

2. Lebih baik untuk menyampaikan komentar beserta bukti dan data sehingga lebih meyakinkan.

3. Sertai alasan yang masuk akal.

Cara Menyimpulkan Dialog Interaktif

cara menyimpulkan dalam dialog interaktif
cara menyimpulkan dalam dialog interaktif

Di akhir kegiatan dialog pasti terdapat kesimpulan yang dapat Kamu ambil sebagai pengetahuan. Umumnya, kesimpulan tersebut disampaikan oleh moderator, tetapi Kamu juga dapat membuat kesimpulan sendiri yang bisa saja kesimpulan tersebut berbeda dengan apa yang disampaikan oleh moderator. Cara menyimpulkan, sebagai berikut:

Cara menyimpulkan dialog interaktif:

1. Berusaha untuk memperhatikan selama kegiatan dialog berlangsung. Jika Kamu kehilangan fokus ketika memperhatikan, bisa saja Kamu kehilangan poin penting saat dialog berlangsung. Jika, terdapat poin yang terlewat, Kamu bisa kehilangan informasi lengkapnya.

2. Jangan lupakan mengenai unsur-unsur dalam dialog yaitu 5 W + 1 H. Menyimak dialog dengan panduan 5 W + 1 H akan memudahkan Kamu untuk memahami inti dari topik yang sedang dibahas dalam diskusi.

Pahami dengan benar, apa yang sebenarnya dibahas dalam kegiatan tersebut, siapa saja yang terlibat, kapan terjadi masalah dalam topik yang dibicarakan, di mana kegiatan tersebut terjadi atau berlangsung, mengapa hal tersebut dapat terjadi, dan bagaimana proses serta menanggapai hal tersebut.

Jika Kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka dengan begitu Kamu akan mendapatkan kesimpulan dari kegiatan dialog yang telah Kamu simak.

3. Catat hasil dari jawaban 5 w + 1 H. Kamu tidak perlu membuat catatan panjang dari pertanyaan tersebut, tetapi Kamu bisa mencatat hal-hal yang penting.

Contoh Dialog Interaktif

contoh dialog interaktif
contoh dialog interaktif
Berikut merupakan contoh singkat dialog interaktif yang dilakukan di radio:

Nama acara : Selamat Pagi
Stasiun Radio : Sinar FM
Pewawancara : Nadin
Narasumber : dr. Ratna

Nadin : Selamat pagi para pendengar radio Sinar FM. Saat ini kita sudah kedatangan tamu yaitu dr. Ratna yang akan menjelaskan dan memberikan informasi penting mengenai cuci tangan sebelum makan. Selamat pagi, dr. Ratna.

Dr. Ratna: Selamat pagi, Mba Nadin dan juga para pendengar.

Nadin : Baik dok, saat ini banyak gerakan yang mengajak untuk mencuci tangan kita dengan sabun. Jadi, sebenarnya apa manfaat dari hal tersebut?

Dr. Ratna: Tentu saja banyak, apalagi tubuh yang sehat diawali dengan tangan kita yang dalam kondisi bersih tidak ada kuman.

Ternyata dalam mengikuti atau menyimak dialog interaktif, ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan, agar dengan kegiatan tersebut Kamu menjadi lebih paham mengenai topik yang didiskusikan. Jangan lupa untuk selalu kritis dan bersikap objektif dalam menyampaikan hal ketika mengikuti dialog.

Nah Alhadulillah  akhirnya materi tentang dialog interaktif telah selesai kita bahas lengkap mulai dari pengertian dialog interaktif, unsur-unsur dialog interaktif, hal-hal yang perlu diperhatikan saat dialog interaktif, komentar dalam dialog interaktif, cara menyimpulkan dalam dialog interaktif, dan contoh dialog interaktif. semoga bermanfaat.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar