Sejarah Permainan Tenis Lapangan Beserta Pengertian, Teknik, dan Peraturannya

Permainan tenis lapangan – Salah satu olahraga yang cukup populer di era modern saat ini adalah permainan tenis. Permainan yang hampir mirip dengan badminton ini menggunakan bola tenis yang lumayan berat. Tak heran jika tenis lapangan adalah salah satu olahraga yang bisa membakar kalori tubuh cukup banyak. Permainan ini juga sudah masuk dalam salah satu cabang olahraga dalam pertandingan olimpiade.

Sebagai pemanasan dalam materi tenis lapangan kali ini, kita akan bahas mengenai sejarah tenis lapangan singkat sebagai wawasan buat kita bersama sebelum belajar mengenai permainan tenis lapangan secara detail.

Sejarah Permainan Tenis Lapangan Singkat

sejarah tenis lapangan
sejarah tenis lapangan

Catatan sejarah kuno menunjukkan bahwa permainan yang mirip dengan tenis sudah dimainkan sejak zaman sebelum Masehi di wilayah Mesir dan Yunani. Permainan sejenis tenis juga ditemukan pernah dimainkan pada abad ke-11 di Perancis. Sejarah tenis lapangan modern muncul pada abad ke-19. Permainan ini mulai digemari oleh masyarakat Eropa.

Dalam sejarah permainan tenis lapangan, pada tahun 1877 berdiri club tenis bernama All England Croquet and Lawn Tennis Club. Dari grup ini pula kemudian lahirlah turnamen tenis Wimbledon yang sangat bergengsi dan terus ada hingga kini. Tenis berkembang sangat pesat. Pada tahun 1988, olahraga ini bahkan sudah resmi masuk ajang olimpiade di Seoul Korea.

[su_box title=”Baca juga artikel terkait tentang:” box_color=”#020202″]

Nah itulah sejarah tenis lapangan singkat yang bisa menambah wawasan kita mengenai olahraga tenis yang populer ini. Namun tahukah kamu, apa pengertian tenis lapangan? Jika belum, yuk simak penjelasan mengenai pengertian tenis lapangan di bawah ini.

Pengertian Tenis Lapangan

pengertian tenis lapangan
pengertian tenis lapangan

Apa itu tenis lapangan? jadi, Pengertian tenis adalah salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kemampuan dan kelincahan otot tangan. Meskipun begitu, semua anggota tubuh lain termasuk badan dan kaki juga ikut aktif bergerak. Permainan tenis lapangan adalah olahraga yang memakai alat berupa pemukul dengan bola kasti. Seorang pemain akan fokus mengarahkan bola agar bisa memantul ke area lawan.

Tenis lapangan bisa dimainkan oleh 2 orang yang berlawanan. Tenis juga bisa dimainkan oleh 2 grup yang masing-masing terdiri dari 2 orang laki-laki, perempuan, atau campuran. Kejuaraan tenis sudah ada mulai dari tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Bahkan, kompetisi tenis juga sudah diselenggarakan untuk berbagai tingkatan usia.

Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan

teknik permainan tenis lapangan
teknik permainan tenis lapangan

Inti dari permainan tenis adalah persaingan untuk memasukkan bola kasti ke dalam wilayah lawan. Siapa yang bisa memantulkan bola ke area lawan, maka ia akan mendapatkan skor. Sedangkan alat untuk memantulkan bola adalah raket tenis yang didesain khusus untuk bisa menahan berat bola kasti tersebut.

Dalam permainan tenis, ada beberapa teknik dasar tenis lapangan yang harus dikuasai oleh atlet. Apa saja teknik-tenik tenis lapangan itu? Yuk simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Teknik Pegangan Raket Tenis Lapangan

cara memegang raket tenis lapangan
cara memegang raket tenis lapangan

Teknik dasar tenis lapangan yang pertama harus dikuasai adalah tenik memegang raket tenis lapangan. Ternyata cara atlet memegang raket tenis lapangan dengan benar di dunia ini dibedakan menjadi 3 yaitu:

– Continental Grip

Grip adalah pegangan raket kayu yang biasa digunakan oleh pemain-pemain tenis jaman dulu. Cara memegang raket tenis lapangan denga menggunakan teknik continental adalah tangan memegang tangkai raket menggunakan telapak tangan dengan bagian atas raket sedangkan ibu jari memanjang dada dibagian muka tangkai raket tenis.

– Eastern Grip

Eastern adalah tenik memegang raket tenis lapangan yang paling mudah dilakukuan untuk pemula. Teknik memegang raket tenis ini biasanya disebut dengan ‘pegangan berjabat tangan’. Cara melakukan genggaman eastern yaitu tangan kiri memegang leher raket, sedangkan tangan kanan memegang tangkai raket tenis. Pegangan tangan kanan diantar ibu jari dan telunjuk seperti membentuk huruf V.

– Western Grip

Grip western merupakan grip yang ekstrim digunakan terutama untuk pukulan topspin. Grip ini biasanya di gunakan oleh pemain spesialis lapangan tanah liat (clay), serta banyak pemain modern yang menggunakan teknik memegang raket tenis jenis ini. Cara melakukan teknik western yaitu tangan memegang raket dengan telapak tangan berada di bawah gagang dengan ibu jari berada di samping gagang. Kemudian jari-jari lain juga ikut merapat di gagang di samping gagang raket tenis.

2. Teknik Menerima Pukulan

teknik menerima pukulan dalam tenis lapangan
teknik menerima pukulan dalam tenis lapangan

Teknik dasar tenis lapangan berikutnya yaitu teknik menerima pukulan. Saat persiapan menerima servis/pukulan yang dilakukan oleh lawan, atlet tenis harus melakukan sikap yang benar yaitu:

  • Salah satu tangan memegang raket dan diarahkan di depan badan.
  • Tangan yang satunya memegang leher raket.
  • Raket harus diposisikan setinggi bahu.
  • Badan pemain agak membungkuk.
  • Kaki pemain agak dibuka (kira-kira sejajar bahu).
  • Tumpuan berat badan diarahkan ke depan.
  • Pandangan mata ditujukan pada net.

3. Teknik Pukulan

teknik pukulan dalam tenis lapangan
teknik pukulan dalam tenis lapangan

Teknik dasar dalam permainan tenis lapangan berikutnya adalah teknik pukulan dalam tenis lapangan. Teknik pukulan bertujuan untuk mengembalikan servis bola yang dilakukan oleh lawan. Kamu harus bisa menguasai teknik dasar pukulan dalam bermain tenis lapangan sebagai berikut:

a. Pukulan Chop

  • Tangan memegang raket, kemudian putar badan ke arah samping kiri.
  • Tarik raket ke bagian samping kanan.
  • Pastikan perkenaan bola dengan raket ada di posisi samping badan.
  • Badan kemudian digerakkan ke depan mengikuti ayunan tangan dan raket.

b. Forehand Drive

  • Tangan pegang raket, kemudian raket diayunkan ke belakang.
  • Pastikan raket bisa menjangkau bola tepat di bagian samping pinggang.
  • Kemudian lempar kembali bola dengan ayunan lengan lurus ke depan.

c. Backhand Drive

  • Tangan pegang raket, kemudian tangan diputar ke bagian dalam/kiri badan.
  • Pastikan perkenaan bola tepat berada di samping kiri pinggang.
  • Over kembali bola ke arah lawan dengan tangan mengayun ke depan.

d. Pukulan Voli

  • Jenis pukulan ini dilakukan sebelum bola memantul di lapangan.
  • Tumpuan berat badan pada tumit kaki bagian belakang.
  • Kaki belakang melangkah ke arah depan pada saat bola di-over dengan posisi tangan diluruskan.
  • Pukulan dilakukan dengan lembut/tidak keras.

e. Servis

  • Posisi tangan memegang raket dengan teknik kontinental.
  • Tumpuan berat badan ada di depan saat bola mulai dilambungkan.
  • Kemudian lambungkan bola di sisi kanan badan.
  • Tekuk lutut Kamu sebelum memukul bola.
  • Luruskan tangan yang memegang raket, kemudian pukul bolanya.
  • Pindahkan kaki belakang ke arah depan.
  • Badan kemudian menjaga keseimbangan.

f. Overhead Smash

  • Pukulan harus dilakukan dengan keras agar bisa mematikan dan tak terbaca arah geraknya oleh lawan.
  • Pegang raket dengan benar dan arahkan ke atas tubuh.
  • Posisi kaki kanan di bagian belakang badan.
  • Perkenaan bola dengan raket harus tepat di bagian atas kepala.
  • Bola kemudian dilempar ke arah bawah di area lawan.

g. Lob/Pukulan Melambung

  • Peganglah raket, kemudian ayunkan raket ke belakang.
  • Perkenaan bola dengan raket harus dilakukan secara rileks.
  • Selanjutnya, lemparkan bola ke arah depan.

Jenis Pukulan dalam Tenis Lapangan

jenis pukulan dalam tenis lapangan
jenis pukulan dalam tenis lapangan

Setelah Kamu tahu tentang teknik dasar tenis lapangan yang harus dikuasai, kalau ingin jadi atlet profesional. Kamu juga harus tahu jenis-jenis pukulan dalam tenis lapangan. Kamu gak mungkin kan akan bertanding dengan lawan hanya berbekal teknik dasar di atas? Hehehe.

Karena itulah, agar bisa menang, Kamu juga harus memahami apa saja jenis pukulan dalam permainan tenis lapangan seperti smash, spin, groundstroke, slice (chop), dropshot, passingshot. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Smash

Smash adalah salah satu jenis pukulan serangan dalam permainan tenis lapangan. Smash masuk dalam jenis serangan yang mematikan. Pukulan smash bertujuan mengarahkan bola kasti ke arah area lawan dengan menukik tajam ke bawah.

2. Spin

Spin adalah jenis pukulan pada tenis lapangan yang dilakukan dengan teknik raket sedikit dimiringkan. Nah, ternyata teknik ini akan membuat bola terlempar dengan gerakan spin/berputar.

3. Groundstroke

Groundstroke adalah salah satu pukulan serangan dalam tenis lapangan. Groundstroke masuk dalam jenis serangan patahan. Kamu bisa menggunakan teknik pukulan backhand atau forehand.

4. Slice atau Chop

Jenis pukulan dengan raket sedikit dimiringkan. Bola dipukul ke arah bawah. Teknik yang digunakan bisa menggunakan forehand atau backhand.

5. Dropshot

Merupakan pukulan serangan dengan sasaran bagian net lawan. Tujuannya, agar lawan ragu apakah bola akan mengenai net bagiannya sendiri atau net musuhnya.

6. Passing Shot

Pukulan yang sifatnya bisa menipu lawan. Pukulan dilakukan dengan cepat hingga lawan tidak akan menduga datangnya serangan.

Wah tak terasa, ternyata kita sudah memasuki pembahasan yang terakhir yaitu mengenai peraturan dalam permainan tenis lapangan. Apa saja peraturan dalam tenis lapangan? langsung saja baca penjelasannya di bawah ini.

Peraturan Tenis Lapangan dan Gambarnya

peraturan tenis lapangan
peraturan tenis lapangan

Gambar lapangan tenis beserta keterangannya di atas, saya kira sudah cukup untuk menjelasakan tentang ukuran lapangan tenis lapangan dengan jelas. Selanjutnya kita bahas mengenai peraturan-peraturan tenis lapangan. Oke langsung saja, yuk simak peraturan dalam permainan tenis lapangan sebagai berikut.

  1. Lapangan permainan tenis berukuran panjang 23,77 m dan lebar 8,23 meter. Untuk permainan ganda, digunakan lapangan dengan lebar 10,97 meter.
  2. Raket permainan menggunakan bahan nylon dengan berat 1,5 – 15 ons.
  3. Bola yang digunakan berukuran diameter 63,5 – 66,67 cm dengan berat antara 56,7 – 58,48 gram.
  4. Atlet diharuskan mengenakan seragam tenis yang lengkap.
  5. Net/jaring pemisah berukuran tinggi 910 cm dari permukaan tanah. Net harus dibuat dari anyaman nylon.

Tenis lapangan menjadi permainan olahraga yang sangat populer belakangan ini. Berbagai kalangan masyarakat menengah ke atas gemar melakukan olahraga yang menyenangkan ini untuk membakar kalori dan menjaga tubuh tetap ideal. Semoga materi tenis lapangan yang kita bahas mulai dari sejarah, pengertian, teknik, jenis, lapangan, dan peraturan dalam permainan tenis lapangan dapat membantumu dalam belajar tentang materi tenis lapangan kali ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar