Sit Up

Perut buncit adalah masalah yang hampir dialami oleh setiap orang. Berbagai macam usaha dan cara dilakukan agar memperoleh tubuh yang seimbang. Salah satunya dengan sit up, namun sayang manfaatnya tidak banyak didapatkan apabila masih salah dalam melakukannya. Nah, apa saja sih manfaat dan kesalahan yang sering dilakukan. Simak dari awal hingga akhir ya.

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Sit Up

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Sit Up
Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Sit Up

Sudah rajin olahraga, tapi tak kunjung mendapatkan hasilnya? Bahkan, merasa jenuh dan hampir putus asa. Tenang, jangan buru-buru coba perhatikan dan koreksi apakah ada yang salah dengan tekniknya. Tapi sebelum membahas lebih jauh, Anda harus paham apa definisi sit up, yaitu gerakan melatih otot perut dengan membaringkan diri di sebuah matras atau lantai.

Kedua lutut dilipat dan dijejakkan di lantai. Punggung ditidurkan kemudian ditarik maju dan terlentang mengikuti arah gerakan lutut. Kegiatan ini dilakukan selama beberapa menit, dengan nafas yang stabil. Seiring perkembangannya, olahraga ini dilakukan dengan beberapa variasi. Ada yang ditempelkan ke lantai maupun diluruskan (kaki).

Manfaatnya sangat banyak, selain perut buncit hilang, lemak yang ada di samping pinggul juga terbakar, sehingga semakin percaya diri tampil di depan umum. Tapi semua ini tidak akan Anda dapatkan apabila salah dalam melakukannya.

Kesalah yang biasa dilakukan seperti posisi belum pas pada saat melakukan gerakan, sehingga menjadi tidak nyaman atau bahkan cidera. Terburu-buru atau terlalu cepat, lakukan dengan santai. Kemudian Ingin cepat langsing. Ingat, segala sesuatu tidak bisa diperoleh secara instan ya. Jadi tidak cukup satu kali saja. Lalu bagaimana yang benar?

  1. Menempatkan tubuh dalam posisi yang pas,yaitu di atas matras. Tekuk kedua lutut dan renggangkan kaki. Arahkan siku ke dua sisi tubuh. Jika sudah nyaman baru dimulai.
  2. Angkat tubuh dari matras dan tekuk dada ke paha. Lakukan dengan sambil membuang nafas. Pastikan punggung bagian bawah mengikuti ketika tubuh terangkat.
  3. Fokus pada pergerakan otot perut saja.
  4. Lakukan beberapa set dengan waktu tertentu. Tidak perlu terburu-buru, atur nafas dengan benar.
  5. Lakukan secara rutin, yaitu sebanyak 3 set dan masing-masing 15-20 kali. Tapi sesuaikan dengan kemampuan ya, jangan memaksa. Anda masih bisa mengulang gerakan pada latihan berikutnya.

11 Manfaat Sit Up Bagi Tubuh

manfaat sit up
manfaat sit up

Sit up merupakan olahraga yang biasanya digunakan dalam tes kebugaran jasmani. Jika keseluruhan teknik sudah Anda kuasai dan lakukan dengan benar, maka akan membentuk otot perut. Ini dia manfaat sit up yang harus Anda ketahui :

1. Menjaga Kestabilan Gerakan Tubuh

Pertama adalah menjaga kestabilan gerakan tubuh. Tidak hanya perut saja yang akan bereaksi ketika melakukan olahraga ini, tetapi juga anggota yang lain. Seperti leher, pinggul, bahu dan lengan. Semuanya adalah bagian penting penjaga tubuh agar tetap stabil dan sesuai porsinya.

2. Menjaga Keseimbangan Tubuh

Pernahkah Anda mengalami hampir terjatuh padahal tak menginjak atau menabrak apapun? Jika pernah, itu berarti keseimbangan tubuh Anda kurang terjaga. Sehingga, melakukan sit up adalah pilihan yang tepat, karena bermanfaat untuk menjaga keseimbangan, dan lebih terlatih menopang beban.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Fungsi dari metabolisme tubuh adalah mengolah zat dan nutrisi yang masuk. Sehingga apabila ini berjalan dengan baik, maka akan banyak manfaat yang dirasakan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan olahraga ini agar metabolisme meningkat dan organ tubuh lain bisa terangsang.

4. Menjaga Postur Tubuh

Ini merupakan alasan mengapa banyak orang yang berambisi melakukan sit up. Hal ini yaitu menjaga postur tubuh agar tetap ideal, karena lemak yang menumpuk akan terbakar dan luruh secara lebih efektif. Bagaimana, apakah Anda tidak tertarik untuk melakukannya?

5. Peredaran Darah Menjadi Lancar

Pada dasarnya, semua jenis olahraga mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, dengan syarat dilakukan secara rutin. Termasuk jenis olahraga ini yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi oksigen dan darah di dalam tubuh, sehingga tidak menggumpal dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

6. Memperkuat Otot

Tidak hanya push up dan pull up yang mampu memperkuat otot, sit up pun juga efektif. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak hanya perut saja yang akan mengecil. Faktanya, gerakan yang dilakukan mampu mengangkat seluruh beban perut, sehingga otot lainnya ikut menguat, di antaranya adalah:

  • Otot Penstabil

Bertugas untuk menghubungkan berbagai kelompok otot. Bagian ini bekerja dengan baik pada saat Anda melakukan gerakan.

  • Otot Kaki

Otot kaki juga akan ikut merasakan manfaat dari olahraga ini, sehingga Anda tetap kuat walaupun berjalan atau berlari cukup jauh.

  • Fleksor Pinggul

bagian ini bertanggung jawab sebagai stabilisator yang meningkatkan kemampuan dalam memutar atau menekuk.

  • Otot Punggung

Olahraga sit up sangat bermanfaat untuk melatih otot punggung, sehingga tidak khawatir keseleo pada saat mengangkat barang.

7. Sangat Bagus untuk Otot Inti

Otot inti bertanggung jawab untuk postur tubuh. Bagian ini sangat penting bagi pencapaian kinestetik. Pembagiannya dibagi dalam beberapa kelompok:

  1. Otot perut, sebagai pendukung berat dan gerakan tubuh manusia.
  2. Otot panggul merupakan komponen penting, agar keseimbangan tetap terjaga.
  3. Otot persendian panggul yang bermanfaat agar bisa membungkuk dan bergerak. Jangan sampai mengalami osteoartritis.
  4. Otot punggung bawah yang rentan terhadap cidera, tapi berperan penting agar bisa mengangkat barang. Oleh karena itu wajib menjaganya.

8. Resiko Cidera Menjadi Berkurang

Ada beberapa cara sit up agar risiko cedera menjadi berkurang yaitu:

  1. Meningkatkan kekuatan inti, karena keseimbangan dan kekuatan tubuh bisa terjaga.
  2. Meningkatkan fleksibilitas, terutama pada bagian pinggul dan punggung. Apabila fleksibilitas berkurang, maka itu disebabkan oleh otot tegang yang langsung ditekuk saat berolahraga.
  3. Mencegah sakit punggung, Anda akan terhindar dari banyak tekanan sehingga masalah kecil bisa terselesaikan. Dari situ otot kendali tetap terlatih dan tidak terjadi kejang.

9. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa jantung merupakan organ penting dalam tubuh. Olahraga sit up bermanfaat untuk menguatkan jantung. Jadi, darah bisa dipompa dengan baik. Nah, apabila Anda memiliki jantung yang kuat, maka daya tahan kardiovaskular akan lebih baik. Sehingga, oksigen bisa tersalurkan secara maksimal ke organ lainnya.

10. Penampilan Tubuh Meningkat

Anda akan semakin percaya diri karena memiliki tubuh yang proporsional (tegak dan kuat). Gerakannya dirancang secara khusus untuk membakar lebih banyak kalori, sehingga tubuh tetap ramping dengan fisik dan mental yang kuat.

11. Termasuk Olahraga yang Hemat Biaya

Anda dapat mengemat biaya karena tidak perlu banyak peralatan untuk menjadi sehat. Anda pun tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membayar tempat gym. Kegiatan ini bisa dilakukan di manapun asalkan memiliki permukaan lantai yang datar.

Mulai sekarang, cobalah berlatih bagaimana cara melakukan sit up dengan benar. Hindari kesalahan yang menyebabkan manfaat tidak bisa dicapai dengan baik. Jangan langsung cepat dalam set yang banyak apabila belum nyaman dan kuat, hal ini justru membahayakan. Perhatikan juga beberapa faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani anda.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar