Senam Aerobik : Pengertian, Sejarah, Macam, dan Manfaatnya

Senam Aerobik – Bisa dibilang, senam adalah olahraga yang menyenangkan. Karena selain sehat, musik yang mengiringi membuat mood menjadi baik. Salah satunya adalah senam aerobik yang dikenal mampu meningkatkan oksigen dalam tubuh. Memiliki peranan penting dalam proses metabolisme dan pembakaran. Mungkin yang menyukai senam hanya wanita saja, namun ini tidak menutup kemungkinan banyak juga laki-laki yang menyukai olahraga jenis senam, khususnya senam aerobik.

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas tuntas mulai dari sejarah senam aerobik, pengertian senam aerobik, macam-macam senam aerobik hingga berbagai manfaat senam aerobik yang sangat bagus untuk kesehatan kita.

Pengertian dan Sejarah Senam Aerobik

Pengertian senam aerobik
sejarah dan pengertian senam aerobik

Pengertian senam aerobik adalah kemampuan melakukan berbagai macam gerakan yang lebih rumit, dengan tempo yang tinggi dan keberlanjutan. Ini merupakan pendapat dari Federation International Gymnastique (FIG). Atau bisa juga diartikan sebagai gerakan yang memaksa tubuh untuk memperbaiki sistemnya.

Seperti meningkatkan detak jantung sehingga oksigen bisa dipompa secara teratur. Diimplementasikan dengan bergoyang, melompat, tertawa dan meregangkan badan. Bahkan beberapa ada yang dikombinasikan dengan tarian tradisional, rakyat ataupun kontemporer.

Negara asal pencipta senam aerobik adalah Amerika Serikat pada tahun 1970. Masuk ke Indonesia tahun 1980 an dengan nama fit aerobics, dikenal sebagai kegiatan rekreasi dan kebugaran. Namun seiring berkembangnya zaman, senam ini dimunculkan di sebuah acara atau event dan pada tahun 1990 dan diganti namanya menjadi aerobics.

Organisasi dan pesertanya kian meningkat. Sehingga dicetuskan IAF (International Aerobics Federation) di Tokyo, Jepang. Pada tahun 1995 diselenggarakan kejuaran aerobik pertama kali di Prancis yang membuat Indonesia melakukan pembinaan besar-besaran kepada para atletnya agar menang dalam perlombaan tersebut.

Semakin menampakkan wujudnya pada tahun 2000 sebagai salah satu cabang yang dilombakan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Surabaya. Hingga saat ini, aerobik mempunyai banyak peminat yang tersebar di berbagai daerah. Sampai sini paham kan?

Macam-macam Senam Aerobik

macam-macam senam aerobik
macam-macam senam aerobik

Seperti yang telah disinggung dalam pembahasan tentang pengertian senam aerobik di atas, aerobik memanfaatkan irama yang mengiringi setiap gerakannya. Sebagai panduan dan pemberi motivasi agar lebih bersemangat. Berdasarkan jenis musik dan alat yang digunakan, senam aerobik dibagi menjadi beberapa poin di bawah ini :

  1. Senam dengan gerakan yang keras dinamakan high impact aerobics.
  2. Menggunakan gerakan ringan disebut dengan low impact aerobics.
  3. Discorobics, merupakan kombinasi antara aliran gerakan keras dan ringan.
  4. Rockrobic yaitu memadukan gerakan ringan dan rock n roll.
  5. Aerobic sport, perpaduan gerakan keras, ringan dan beberapa kelenturan .
  6. Aerobic dance, kombinasi bentuk tarian yang amat indah.
  7. Aerobik dengan alat, seperti kursi, tongkat, tali, pita, bola ataupun bangku. Tujuannya untuk menambah intensitas, variasi dan volume latihan.

Usahakan untuk memakai pakaian dari bahan yang menyerap keringat dan panas dari dalam tubuh. Jangan memakai yang ketat. Gunakan jogging shoes untuk melindungi tulang kaki agar tidak cidera. Bagi para wanita, agar lebih cantik bisa memakai hand decker atau wristband.

Jangan lupa membawa handuk untuk membersihkan keringat dan air secukupnya agar tidak dehidrasi. Terakhir siapkan CD yang didalamnya sudah diisi lagu untuk mengiringi senam.

Video Senam Aerobik

15 Manfaat Senam Aerobik

Senam aerobik memiliki manfaat tersendiri apabila dilakukan secara rutin. Apa saja? Yuk simak 15 manfaat senam aerobik dibawah ini beserta dengan penjelasannya :

manfaat senam aerobik
manfaat senam aerobik

1. Menurunkan Berat Badan

Pertama adalah menurunkan berat badan, karena seluruh bagian tubuh digerakkan secara maksimal dan dalam waktu yang lumayan panjang. Hasilnya bisa lebih maksimal apabila diimbangi dengan diet efektif.

2. Menurunkan Kolesterol

Kedua adalah menurunkan kolesterol, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas, gerakan ini mampu meningkatkan kinerja jantung. Sehingga oksigen yang dialirkan menjadi lebih banyak, peredaran menjadi lancar dan meminimalisir menumpuknya kolesterol jahat pada pembuluh darah.

3. Mengurangi Resiko Darah Tinggi

Lancarnya peredaran darah membuat Anda terhindar dari resiko tekanan darah tinggi. Sehingga penyakit berbahaya lainnya tidak berani datang.

4. Mengurangi Stres

Gerakan dan musik dalam senam aerobik mampu membuat Anda lebih bahagia. Karena pada saat itu, tubuh menghasilkan banyak hormon endorfin. Juga terbukti meningkatkan kepercayaan diri, dan menjaga fungsi otak agar terhindar dari depresi.

5. Menjaga Kesehatan Otot

Karena gerakannya bertujuan untuk melatih otot tubuh sehingga manfaatnya menjadi lebih besar. Anda akan terhindar dari asam urat, suplai oksigen ke otot lebih lancar dan lain-lain.

6. Melatih Tulang dan Sendi

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka fungsi tulang dan sendinya semakin berkurang. Sehingga Anda harus rajin melakukan gerakan senam.

7. Awet Muda

Anda akan terlihat awet muda apabila senam dengan rutin. Kulit juga terlihat indah dan kencang. Bukankah ini yang diinginkan semua wanita?

8. Menjaga Sistem Pernapasan

Tahukah Anda bahwa orang yang jarang berolahraga akan mudah kehabisan nafas dibandingkan dengan yang sering berolahraga. Aerobik sangat baik untuk melatih sistem pernapasan Anda, sehingga lebih kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

9. Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem imun yang kebal akan membuat Anda lebih sehat. Karena terhindar dari berbagai macam virus dan bakteri.

10. Meningkatkan Stamina

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga itu melelahkan, tapi bisa dipastikan stamina Ana akan meningkat. Sehingga lebih bertenaga dan tidak mudah lelah, letih ataupun lesu.

11. Panjang Umur

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga mendapatkan umur yang lebih panjang. Karena kesehatan terjaga dengan baik.

12. Memperlancar Proses Persalinan

Anda perlu tahu bahwa senam aerobik membantu melancarkan proses persalinan bagi ibu hamil. Karena gerakannya mampu membuat elastisitas perut dan vagina kian meningkat. Tapi sebelum melakukan, alangkah baiknya berkonsultasi dengan Dokter terlebih dahulu..

13. Mengontrol Kadar Gula Darah

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh Louisiana State University kepada seseorang yang rutin melakukan gerakan aerobik. Kadar glukosanya menurun dengan cepat yaitu dari 7,7% menjadi 7,3%. Sehingga gula darah bisa terkontrol.

14. Mempercantik Kulit

Karena kalori dan lemak sudah terbakar, keringat, kotoran runtuh ketika bergerak. Maka kulit akan menjadi lebih kencang, terlihat bersih dan bercahaya. Bagaimana bagi para perempuan apakah Anda tidak tertarik?

15. Kelenturan Tubuh Meningkat

Tahukah Anda bahwa otot manusia memiliki sifat seperti pita karet yang apabila dilatih secara rutin maka kemampuannya akan semakin berkembang. Sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila mengangkat beban berat.

Agar hasilnya lebih maksimal lakukan latihan dengan takaran cukup. Bagaimana maksudnya?

  • Lama olahraga minimal 15 menit
  • Frekuensi latihannya 3 kali dalam satu minggu. Atau bisa juga 5 kali tergantung hasil yang ingin dicapai.
  • Melihat denyut nadi untuk menentukan intensitas latihan.. Apabila sudah berusia 40 tahun ke atas maka denyut nadi awalnya adalah 125/menit dan di akhir tidak boleh melebihi 153/menit. Apabila usianya 15-17 tahun, maka denyut nadi awal harus 143/menit dan akhir 173/menit. Tidak boleh lebih dari itu. Sampai sini paham kan?
  • Lakukan pemanasan selama 10 menit, gerakan inti 15-20 menit dan pendinginan 5 menit.

Nah akhirnya telah selesai pembahasan kita mulai dari sejarah senam aerobik, pengertian senam aerobik, macam-macam senam aerobik hingga berbagai manfaat senam aerobik yang sangat bagus untuk kesehatan kita.

Sekarang lakukan senam aerobik di rumah masing-masing mengikuti tutorial yang ada di Youtube. Atau bisa juga bergabung dengan klub untuk menambah teman baru. Walaupun pada awalnya Anda akan mengalami sesak nafas, muntah, mual atau sukar tidur tapi lama kelamaan semua itu akan hilang. Selain aerobik, Anda juga bisa melakukan senam akrobatiksenam lantai, atau senam ketangkasan.

Tinggalkan komentar