Permainan Golf : Teknik, Peraturan, Manfaat dan Tips Bermain!

Jika Anda tidak ingin olahraga yang membutuhkan kekuatan atau tenaga besar, maka golf adalah solusinya. Salah satu cabang permainan bola kecil yang membutuhkan keseimbangan, keakuratan dan kekuatan dalam memukul. Anda hanya perlu memegang, mengayun kemudian memukul. Nah, berikut ini penjelasan lengkap terkait teknik, peraturan dan manfaatnya.

Teknik Dasar Permainan Golf

teknik dasar permainan golf
teknik dasar permainan golf

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus memahami bahwa olahraga ini dilakukan dengan menggunakan bola kecil yang dimasukkan ke dalam lubang dengan stik sebagai pemukulnya. Pertama kali hadir pada abad ke 15 Masehi di Skotlandia, yang mana waktu itu pemukulnya masih dari kayu dan bolanya berbahan karet. Kini olahraga ini banyak dipilih karena bisa meningkatkan faktor kebugaran jasmani juga.

Sempat dilarang oleh pemerintah setempat, karena dinilai mengganggu jalannya pemerintahan. Namun seiring berjalannya waktu, permainan ini dibawa ke Inggris dan justru berkembang pesat di sana hingga terkenal ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Bahkan saat ini dibentuk IGF (International Golf Federation) dan berpusat di Switzerland. Berikut ini teknik dasarnya :

1. Teknik Memegang Stik Golf

Teknik memegang stik adalah pertama kali yang harus Anda ketahui. Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa poin di bawah ini :

  • Interlocking golf grip yaitu teknik yang biasa digunakan oleh pemain profesional. Caranya dengan mengaitkan jari kelingking bagian kanan dan telunjuk bagian kiri.
  • Overlapping golf grip, yaitu jari kelingking bagian kanan ada diantara jari telunjuk dan tengah bagian kiri.
  • Baseball grip, adalah yang paling umum digunakan tangan kanan ada di atas tangan kiri. Bagaimana sampai sini jelas bukan?

2. Teknik Mengayun Stik Golf

Cara mengayun stik dengan benar bermanfaat baik seimbangnya pukulan. Begini lengkapnya:

  • Teknik backswing, yaitu mengayunkan stik ke belakang tubuh hingga kepala terlewati.
  • Teknik downing, yaitu setelah backswing dilakukan maka selanjutnya melancarkan pukulan agar mengenai bola dengan tepat.

3. Teknik Memukul Stik Golf

Selanjutnya adalah memukul, pukulan yang akurat sangat dibutuhkan. Bagaimana caranya agar bola masuk ke dalam lubang. Anda harus memahami tekniknya dengan benar :

  • Tee shot, adalah pukulan pertama untuk memulai permainan dari letak awal bola menuju lubang.
  • Fairway shot, yang baru dilakukan setelah tee shot.
  • Punch, teknik yang tepat digunakan apabila angin sedang tidak bersahabat (berhembus sangat kencang)
  • Putting, digunakan ketika bola sudah dekat dengan lubang. Tujuannya agar lebih mudah dimasukkan.
  • Bunker shot, hanya digunakan ketika bola keluar area.

Sekarang Anda paham kan bagaimana teknik dasar di atas. Jika sudah segera praktekkan dengan teman-teman.

Peraturan Permainan Golf

peraturan permainan golf
peraturan permainan golf

Nah, Anda tidak bisa dikatakan menang apabila peraturan tidak dipatuhi dengan baik. Perhatikan beberapa poin di bawah ini.

  • Pemain harus berjalan melakukan pukulan selanjutnya setelah satu kali pukulan.
  • Pukulan pertama ada di teeing ground.
  • Siapapun yang berhasil melakukan pukulan paling sedikit ialah pemenangnya.
  • Apabila seorang pemain mendapatkan pinalti maka ia berhak membersihkan, mengangkat bahkan mengganti bola.
  • Bola boleh dianggap tidak dapat dimainkan pada posisi apapun di lapangan oleh pemain.

Selain beberapa poin di atas, aturan lainnya adalah ukuran lapangan yang harus terdiri dari 9-18 hole untuk dijadikan sebagai sasaran. 18 hole tersebut harus terselesaikan dalam sebuah permainan. Berawal dari teebox dan diakhiri dengan memasukkan bola di area putting green. Setiap lubang dalam lapangan golf ditandai dengan bendera warna.

Antara pemain profesional dengan pemula berbeda tempat dalam melakukan pukulan pertamanya. Pemain profesional laki-laki bertempat di teebox yang paling jauh, ditandai dengan patok batu hitam. Sedangkan untuk wanita adalah teebox paling depan dengan patok batu berwarna merah.

Untuk pemula, area awalnya ada di belakang pemain profesional wanita. Tandanya adalah patok batuputih. Pada umumnya tinggi teebox adalah 100 cm dan masing-masing hole mempunyai hazards (rintangan) tersendiri. Yaitu bunker (cekungan berisi pasir) dan air (sungai atau danau).

Manfaat Bermain Golf

manfaat bermain golf
manfaat bermain golf

Pada dasarnya semua olahraga pasti mempunyai manfaat masing-masing. Tak menutup kemungkinan dengan golf ini, walaupun sering dianggap olahraga paling santai dan tidak menghabiskan tenaga. Namun memiliki manfaat yang cukup banyak. Apa saja? Ini dia :

1. Stress Berkurang

Berdasarkan riset yang dilakukan, ketika mata manusia melihat warna hijau maka stress bisa dikurangi. Nah ketika bermain golf, maka yang dilihat adalah pemandangan rumput hijau dan luas. Disertai udara segar yang menenangkan.

2. Membakar Lemak Jahat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu aturan permainan ini adalah berjalan melakukan pukulan selanjutnya. Nah apabila dilakukan secara rutin maka lemak tubuh akan hancur dan berat badan menurun. Bisa menjadi alternatif diet sehat.

3. Melatih Konsentrasi

Memasukkan bola ke dalam lubang membutuhkan konsentrasi yang penuh. Bagaimana caranya agar bisa akurat dan memenangkan pertandingan.

4. Fisik Menjadi Kuat

Bagi Anda yang malas untuk melakukan gerakan yang ekstrem. Maka golf adalah alternatif untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Tangan dan kaki menjadi kuat karena dibuat berjalan dan mengayunkan stik.

5. Menambah Teman

Walaupun ini merupakan olahraga yang kompetitif tapi seringkali memberikan kesempatan bagi pemain untuk mendiskusikan masalah yang dihadapinya dengan teman. Bagaimana pukulan yang baik dan strategi apa yang dijalankan. Biasanya di samping lapangan terdapat cafe untuk bersantai.

Juga tak sedikit yang beranggapan sebagai sarana menjalin kerja sama. Bahkan beberapa perusahaan mewajibkan para mitranya untuk bermain golf agar lebih dekat.

6. Sebagai Hiburan

Anda akan merasakan sensasi bermain dan rekreasi dalam waktu yang bersamaan. Terkadang juga tidak perlu memikirkan kemenangan apabila bertanding dengan teman sendiri.

Tips Bermain Golf

tips bermain golf
tips bermain golf

Setiap permainan membutuhkan trik dan tips agar menang. Tidak terkecuali pada pertandingan golf ini, pastinya Anda tidak mau kan menanggung malu karena kalah berkali-kali? Maka dari itu, simak penjelasan di bawah ini :

  • Jangan mudah menyerah, bagaimanapun juga jika Anda ingin menaklukkan lawan maka sifat tekad kuat dan terus belajar harus Anda miliki.
  • Kenali putting dengan baik, agar permainan terasa mudah dan enjoy.
  • Kuasai Iron, Anda harus belajar bagaimana caranya bermain dengan stik yang lumayan panjang.
  • Lakukan short game dan driving sesering mungkin, agar performa meningkat dan berkembang cepat.
  • Catat skor setiap latihan, agar Anda mengetahui sejauh mana tingkatan permainan. Sehingga bisa menerapkan strategi yang tepat.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencobanya sebagai sarana mengisi waktu luang? Jika iya, persiapkan dengan baik ya. Mulailah berlatih ketelitian, keseimbangan dan mengayunkan stik agar nantinya menang dalam pertandingan. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup dan bawa keluarga berlibur bersama.

Jangan pikirkan pekerjaan ketika Anda bermain golf. Karena itu adalah saat merefresh pikiran, memberikan motivasi pada diri sendiri dan bersenang-senang. Segera cari tempatnya dan ajak teman-teman untuk bergabung bersama. Tetap jaga kesehatan ya.

Tinggalkan komentar