Pengertian Intervensi adalah: Macam, Bentuk, Jenis, Contoh

Pengertian intervensi – Pernahkah Anda mendengar berita tentang intervensi? Istilah ini sudah menjadi sebuah kosakata umum di masa sekarang, dan kebanyakan berorientasi negatif di dunia politik. Padahal sejatinya banyak hal yang bisa dikaitkan dengan istilah tersebut. Nah daripada bingung, yuk baca sampai habis ulasan berikut, dan Anda akan mengerti semua hal yang berkaitan dengannya.

Pengertian Intervensi

pengertian intervensi
pengertian intervensi

Kalau merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, pengertian intervensi adalah sikap ikut campur pada sebuah konflik yang melibatkan dua pihak. Sedangkan secara umum bisa arti intervensi adalah sebagai pihak ketiga yang hadir dalam sebuah urusan, baik itu urusan ekonomi hingga politik.

Sedangkan melihat definisi intervensi menurut para ahli, Anda bisa memahaminya lewat pernyataan J.G Starke. Dia menyebutkannya bahwa arti intervensi adalah sebagai bentuk propaganda sebuah negara agar terwujud sebuah perang saudara atau revolusi melawan negara lain. Wah seram juga arti intervensi ini ya hehe.

Senada dengan pengertian intervensi menurut Dr. Wirjono Prodjodikoro yang mengartikannya, sebagai campur tangan dari negara lain yang sifatnya ancaman dan kekerasan ketika sebuah keinginan tidak dipenuhi. Tapi dia juga menegaskan, kalau tidak semua campur tangan itu berhubungan dengan sebuah negara kepada negara lain.

Macam-Macam Intervensi

Dalam kehidupan manusia ternyata intervensi banyak ditemukan, dan memberi dampak berbeda terhadap lingkungan tempatnya terjadi. Berikut ini beberapa macam intervensi yang sering terjadi yaitu:

1. Intervensi Kesehatan

Intervensi kesehatan adalah berhubungan dengan campur tangan yang dilakukan oleh seorang tenaga medis baik itu dokter perawat, atau bidan. Dalam upaya menolong pasiennya, untuk mencapai kondisi sembuh dari suatu penyakit.

2. Intervensi Hukum

Adanya pihak ketiga ikut serta dalam sebuah kasus, yang sedang melibatkan dua pihak yaitu penggugat dan tergugat. Pihak ketiga ini bisa dari pihak netral atau salah satu yang sedang bertikai, terkadang mempengaruhi hasil kasus di akhir gelar perkara.

3. Intervensi Psikologi

Intervensi psikologi adalah sebuah peran serta psikolog untuk membantu seseorang, pasangan, atau kelompok untuk mengobati sebuah kondisi psikis melalui layanan psikologi. Hasil dari intervensi ini kebanyakan positif, sama halnya dengan kesehatan karena menyangkut kesembuhan pasien.

Ada beberapa campur tangan yang biasa dilakukan dalam dunia psikologi, seperti Behavioral yang tujuannya untuk merubah perilaku seseorang dari berbagai sisi seperti emosinya, kognisi, hingga sosiologi. Ada juga yang disebut psikoterapi berhubungan dengan treatment, yang tepat untuk masalah emosional pasien. Dan 11 jenis lainnya yang sering digunakan oleh psikolog dalam membantu pasien.

4. Intervensi Pemerintah

Intervensi pemerintah adalah campur tangan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat, melalui berbagai program kerja yang tujuannya untuk mencapai kesejahteraan atau tujuan lainnya. Biasanya dalam campur tangan ini membutuhkan proses cukup panjang, tergantung program yang dilakukan.

Bentuk Intervensi

Nah Setelah kita bahas mengenai pengertian intervensi beserta macam-macamnya, Yuk kita lanjut pada bentuk-bentuk intervensi yang juga sangat bervariasi menurut Kalevi J. Hosti, mungkin salah satunya pernah Anda rasakan sendiri.

1. Klasik

Merupakan campur tangan yang terjadi melalui sebuah misi tertentu yang tidak diketahui banyak orang, namun dampaknya sangat luar biasa. Bentuk intervensi ini banyak digunakan oleh negara-negara berkembang, untuk mengetahui alasan terjadinya sebuah peristiwa terutama yang merugikan mereka. Hasil dari campur tangan ini, bisa dijadikan salah satu acuan dalam pengambilan tindakan.

2. Militer

Keikutsertaan militer dalam kondisi tertentu yang melibatkan sebuah negara, biasanya berhubungan dengan kekuasaan dan penegakan keadilan. Campur tangan ini bisa dilakukan dengan mengirimkan tim berbasis militer, untuk membantu pemerintahan dalam menggempur pihak yang dirasa akan menyulitkan negara.

3. Diplomatik

Adanya campur tangan personal dalam menyelesaikan masalah politik yang dialami sebuah negara, biasanya dilakukan oleh diplomat negara yang ditugaskan di negara lain yang sedang mengalami konflik. Dia akan memberikan pernyataan, yang akan jadi cara berperan dalam penyelesaian sebuah kasus di negara tempat dia ditempatkan.

4. Subversi

Bentuk yang satu ini cukup mengerikan karena tak terlihat secara kasat mata, sebab pihak yang melakukan campur tangan lebih memilih cara “bawah tanah”. Biasanya berhubungan dengan campur tangan militer dan politik sebuah negara ke negara lain, yang orientasinya untuk memanfaatkan pihak-pihak tertentu di negara tujuan.

5. Kekuatan Kemiliteran

Merupakan intervensi pihak militer di sebuah negara yang terlihat secara nyata, dengan mengirimkan kekuatan militernya untuk melakukan sebuah ekspedisi atau kunjungan ke daerah tertentu. Tujuannya bisa beragam, mulai dari perebutan kekuasaan hingga mendamaikan pihak-pihak yang sedang berseteru di daerah tersebut.

6. Gerilya

Adalah bentuk yang menjadi kolaborasi dari subversi dan perang, jadi banyak melibatkan kekerasan dan pemaksaan. Selain itu juga sering mengikutsertakan pihak asing untuk mencapai sebuah tujuan, di antaranya merebut kekuasaan di sebuah kawasan dan hal berbau politik.

Jenis Intervensi

jenis intervensi
jenis intervensi

Sudah mulai paham tentang istilah yang satu ini? Tarik nafas dulu, tenangkan pikiran biar bisa semakin banyak wawasannya dengan mengetahui beberapa jenis intervensi berikut ini. Ada yang dilihat dari dampaknya, ada juga yang ditinjau dari segi jangkauannya.

• Dampak

Dua jenis intervensi dilihat dari dampak yang ditimbulkan, pertama adalah jenis intervensi positif yang dilakukan untuk mencapai sebuah keadilan. Kedua adalah jenis intervensi negatif yang berhubungan dengan campur tangan satu pihak, untuk mengambil manfaat dari pihak lain untuk kepentingan sendiri. Terkadang jenis intervensi ini merugikan salah satu pihak, terutama yang dijadikan objek intervensi itu sendiri.

• Jangkauan

Ada tiga jenis intervensi kalau dilihat dari jangkauannya yaitu:

1. Reprisal

Merupakan keikutsertaan suatu pihak pendukung dari pihak bersengketa, untuk membalas dampak kerugian yang ditimbulkan oleh lawan. Bisa juga diartikan kondisi pro dari sebuah negara ke negara lain yang diperlihatkan dengan tindakan langsung, dengan membalaskan sakit hati negara dukungannya.

2. Eksternal

Adalah jenis intervensi dengan pihak ketiga dalam konflik dua pihak, dengan tujuan baik yaitu mendamaikan pihak yang bermasalah tanpa memperlihatkan sikap keberpihakan pada salah satu.

3. Internal

Yaitu sikap campur tangan satu pihak terhadap komponen pihak lawan, sehingga mau menjadi bagian pemberontak dengan tujuan agar berubah keberpihakan. Ini hanya akan menguntungkan salah satu pihak, jika upaya tersebut berhasil.

Contoh Intervensi

Untuk lebih memperjelas tentang istilah ini, Anda akan diberikan beberapa contoh intervensi konkret yang pernah atau sedang terjadi saat ini.

  1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melakukan campur tangan dalam masalah peperangan, yang melibatkan Israel dengan Palestina. Di mana sempat dikeluarkan pernyataan keras kepada Israel, untuk menghentikan bombardir ke berbagai wilayah Palestina.
  2. Salah satu psikolog kondang Indonesia campur tangan, untuk ikut mengobati penyakit bipolar yang dialami artis Marshanda.
  3. Ikut sertanya orang tua dalam upaya memperbaiki hubungan sepasang suami istri, yang sedang bertengkar. Tujuannya adalah agar masalah bisa cepat selesai, kedua belah pihak bisa berdamai dan melanjutkan rumah tangga.
  4. Campur tangan ahli kesehatan dalam upaya menemukan vaksin untuk virus Covid-19, saat ini berbagai ahli dari banyak negara sudah melakukan upaya tersebut agar pandemi segera berakhir.
  5. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melakukan upaya campur tangan, untuk mencegah tindakan aneksasi (pengambilan paksa sebuah kawasan-red) yang dilakukan Israel pada Palestina awal Agustus 2020. Hal ini sangat diapresiasi oleh petinggi Palestina, mereka berharap masalah aneksasi Israel tidak lagi berlanjut.

Walaupun kebanyakan berhubungan dengan masalah kenegaraan dan politik, setidaknya dengan mengetahui secara lengkap tentang intervensi akan membuat Anda melek informasi. Paling tidak untuk diri sendiri, agar tidak hanya diam saja ketika teman-teman lain sibuk membahas masalah yang berkaitan dengan campur tangan.

Nah selesai sudah pembahasan kita mulai dari pengertian intervensi, macam-macam intervensi, bentuk-bentuk intervensi, jenis-jenis intervensi, hingga contoh-contoh intervensi. Semoga bermanfaat

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar