Pengertian Website

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Pengertian website – Tahukah Anda apa itu website? Di era digital ini, keberadaan sebuah website sangat dibutuhkan untuk menunjang berbagai aktivitas seperti menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja fungsi, jenis, unsur dan bagaimana cara membuat website tersebut.

Oke, sebagai pemanasan kita mulai dari mengetahui pengertian website menurut para ahli. Selanjutnya untuk pembahasan lebih lengkap dalam artikel kali ini, Anda dapat melihat daftar isi yang ada dibawah ini.

Pengertian Menurut Para Ahli

pengertian website
pengertian website menurut para ahli

Untuk mengetahui apa itu website? Anda cukup simak penjelasan tentang pengertian website menurut para ahli. Adapun beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian website dapat Anda simak sebagai berikut.

1. Suwanto Raharjo

Menurut pendapat Suswanto Raharjo, pengertian website adalah Jenis layanan internet yang sangat banyak dipakai daripada layanan lainnya seperti email, ftp, news dan gopher.

2. Gregorius

Menurut pendapat Gregorius, pengertian website adalah Sekumpulan halaman web yang mana file-file di dalamnya saling berkaitan dan terhubung satu sama lain.

3. Hakim Lukmanul

Menurut pendapat Hakim Lukmanul, pengertian website adalah Fasilitas di internet yang mampu menghubungkan dokumen-dokumen di lingkungan lokal maupun yang berada pada jarak jauh.

4. Yuhefizar

Menurut pendapat Yuhefizar, pengertian website adalah Suatu cara untuk mempertunjukkan sebuah informasi berupa video, teks, suara atau gambar dan mampu menghubungkan antar dokumen sehingga seseorang dapat mengaksesnya lewat browser.

5. Haer Talib

Menurut pendapat Haer Talib, pengertian website adalah Sebuah tempat yang memiliki alamat dan nama di dalam internet.

6. Feri Indayudha

Menurut pendapat Feri Indayudha, pengertian website adalah Program di internet yang di dalamnya berisi film, suara, gambar dan musik.

7. Hanson

Menurut pendapat Hanson, pengertian website adalah Sebuah sistem yang mempermudah proses pertukaran data melalui internet.

8. Wahana Komputer

Menurut Wahana Komputer, pengertian website adalah Sebuah komunikasi interaktif yang berlangsung menggunakan jaringan komputer.

9. Boone (Thomson)

Menurut pendapat Boone (Thomson), pengertian website adalah Sumber informasi grafis di mana masing-masing saling terhubung pada internet yang jauh lebih besar.

10. Ali Zaki dan Smitdev Community

Menurut pendapat Ali Zaki dan Smitdev Community, pengertian website adalah Sekumpulan halaman web yang terdiri atas minimal 2 halaman atau lebih di dalam sebuah domain.

Sejarah Website dan Perkembangannya

sejarah website
sejarah website

Orang yang berjasa menemukan web adalah Sir Timothy John Tim Berners Lee. Sejarah website, pertama kali muncul pada tahun 1991. Awal mulanya, Tim hanya menemukan sebuah solusi untuk menyusun arsip-arsip dari penelitiannya. Oleh karena itu, Tim mengembangkan sebuah sistem untuk kebutuhan pribadinya berupa program perangkat lunak yang dikenal dengan istilah Equire.

Program tersebut berhasil membantu Tim dalam membuat sebuah jaringan untuk mengaitkan berbagai macam arsip sehingga mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi. Hal inilah yang menjadi landasan terjadinya revolusi hingga terbentuk web, hehe.

WWW atau kependekan dari World Wide Web pertamanya dikembangkan di salah satu Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa bernama CERN yang terletak di Jenewa, Swiss. Tim mengajukan proposal proyek untuk menciptakan hypertext pada tahun 1989. Pada Oktober 1990, WWW telah diaplikasikan di CERN. Pada tahun berikutnya, WWW resmi dipakai pada jaringan internet secara luas.

Apa Fungsi Website?

fungsi website
fungsi website

Tahukah Anda apa fungsi website? Jadi, sebernarnya website banyak fungsi yang dapat Anda manfaatkan. Diantaranya fungsi website yakni sebagai media komunikasi, informasi, hiburan dan transaksi. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Fungsi website sebagai media komunikasi

Pada umumnya, web yang memiliki fungsi komunikasi adalah web dinamis. Web ini dibuat memakai sebuah program web lengkap dengan berbagai fasilitas untuk komunikasi. Fasilitas tersebut antara lain web mail, chatting form dan form contact.

2. Fungsi website sebagai media informasi

Web dibuat untuk menyampaikan informasi melalui konten-konten menarik yang ditampilkan. Situs yang baik dianjurkan untuk menampilkan teks dan grafik yang mudah untuk didownload. Pemajangan animasi gambar atau tulisan bergerak juga harus dibatasi. Anda bisa menggantinya dengan menambahkan library, news, reference, profile company dan lain-lain.

3. Fungsi website sebagai media hiburan

Apabila web dibuat dengan tujuan untuk menyajikan konten hiburan maka Anda bisa menambahkan animasi dalam bentuk gambar atau elemen bergerak. Dengan demikian, dapat mempercantik desain tampilan web Anda. Contohnya game online, musik online, dan film online.

4. Fungsi website sebagai media transaksi

Perkembangan teknologi yang sangat cepat memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat. Kini, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi seperti bisnis, jasa atau barang secara online melalui web. Web menjadi sarana penghubung antara konsumen dan perusahaan. Proses pembayarannya pun sangat mudah, yaitu dengan memanfaatkan kartu kredit, melakukan pembayaran tunai atau transfer.

Jenis-jenis Website dan Contohnya

jenis-jenis website
jenis-jenis website

Adapun jenis-jenis website berdasarkan sifatnya dapat dibagi menjadi 3 yaitu website statis, dinamis dan interaktif. Yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini lengkap dengan contohnya.

1. Website Statis

Jenis website statis yakni tidak berubah kecuali Anda mengubah kode secara manual. Informasi di dalamnya bersifat satu arah, artinya hanya bersumber dari orang yang memiliki software sehingga orang lain tidak bisa melakukan update.

Contoh website statis adalah Google.

2. Website Dinamis

Sedangkan jenis website dinamis yaitu halamannya selalu diupdate dan dijumpai adanya halaman administrator yang berfungsi mengubah maupun menambahkan konten. Oleh karena itu, web memerlukan database penyimpan. Arus informasi bersifat dua arah, yaitu bersumber dari pemilik dan pengguna sehingga keduanya juga bisa mengupdate web.

Contoh website dinamis adalah blog, situs berita dan katalog online.

3. Website Interaktif

Untuk Jenis website interaktif berfungsi untuk berkomunikasi, berinteraksi atau bertukar pikiran secara online dengan orang lain. Biasanya dimanfaatkan oleh suatu komunitas atau orang yang aktif menggunakan internet, hihi.

Contoh website interaktif adalah seperti web-web forum

Unsur-unsur Website

unsur-unsur website
unsur-unsur website

Adapun unsur-unsur website ada 3 yaitu domain, web hosting dan konten website. Yuk langsung saja simak penjelasannya yang ada dibawah ini.

1. Domain

Salah satu unsur website yang pertama adalah domain. Jadi, domain bisa diibaratkan seperti merek suatu produk. Semakin menarik domain yang dipakai maka akan mengundang banyak orang untuk mengunjungi web. Keunikan nama domain membantu mempermudah orang lain untuk menemukan web Anda kembali.

Nama tersebut diperjualbelikan secara online dengan sistem menyewa tahunan. Anda bisa mendapatkannya melalui domainesia.com, niagahoster, name.com, rumahweb dan masih banyak penyedia domain lainnya. Biasanya, akhiran nama disesuaikan dengan lokasi keberadaan dan kepentingannya seperti berikut ini:

  • co.id : dipakai badan usaha yang memiliki badan hukum sah
  • ac.id : untuk web suatu lembaga pendidikan.
  • go.id : hanya diperuntukkan bagi lembaga pemerintahan Republik Indonesia
  • web.id : digunakan organisasi, badan usaha atau perseorangan yang menjalankan aktivitas di World Wide Web.

2. Web Hosting

Unsur website berikutnya yaitu web hosting, Yang mana hosting berfungsi sebagai penyimpan database seperti gambar, teks, script dan video yang dibutuhkan agar terbentuk sebuah web. Cara memperolehnya dengan menyewa ke niagahoster, rumahweb.id atau hostinger.

3. Konten Website

Unsur website yang terakhir yaitu konten. Sebuah konten dibuat untuk mengisi web Anda agar banyak orang yang berkunjung. Layaknya sebuah toko, konten merupakan barang dagangan yang dijual sehingga harus dikemas semenarik mungkin. Konten pada web ada yang diciptakan oleh pemiliknya sendiri seperti blog dan ada pula yang dibuat oleh user misalnya situs ads.id.

Cara Membuat Website

cara membuat website
cara membuat website

Tahukah Anda bagaimana cara membuat website? Mungkin sangat sulit bagi orang awam yang belum pernah membuat website. Namun, jika kita bener-bener mau belajar dan langsung mempraktekkannya pasti akan terasa mudah.

Kenapa Anda harus bisa membuat website? Dijaman sekarang, memiliki sebuah website sangatlah penting dalam menunjuang usaha maupun personal branding. Nah, kali ini kita mulai belajar cara membuat website. Secara garis besar yakni ada 4 tahap yang harus Anda lalui dalam mebuat website yaitu Menentukan tujuan, membeli domain, memilih hosting atau server, dan memilih plalform untuk menginstallnya. Untuk lebih jelasnnya, dapat Anda simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Menentukan Tujuan

Langkah awal dalam membuat website yang harus Anda lakukan adalah menentukan apakah web yang dibuat ditujukan untuk kepentingan bisnis atau hanya untuk blog pribadi. Hal ini akan berpengaruh terhadap konsep dasar.

Saat Anda membuat blog maka hal-hal yang harus dipersiapkan adalah niche meliputi nama, konten dan template blog. Sedangkan, jika tujuannya untuk bisnis maka pelajari apa saja komponen penyusun situs web sebuah toko untuk berbelanja secara online.

2. Melakukan Registrasi Nama Domain

Langkah selanjutnya dalam membuat website yaitu memilih nama domain. Sebenarnya terserah sih, namun sebaiknya domain sebuah website harus diberi nama yang pendek namun bagus, tidak mengandung angka atau garis putus-putus agar mudah diingat orang lain, haha. Biasanya ekstensi yang dipilih adalah .com karena lebih familiar dikalangan masyarakat.

3. Memilih Web Hosting

langkah ketiga dalam membuat website yaitu memilih web hosting/web server. Ada tiga macam web hosting yang bisa dipilih, yaitu shared hosting, cloud hosting dan VPS hosting. Ketiganya dibedakan berdasarkan penggunaannya. Shared hosting dipakai oleh perusahaan kecil sampai menengah. Cloud hosting untuk menjalankan bisnis seperti toko online. Sedangkan, VPS hosting banyak dipergunakan oleh user yang menghendaki kebebasan dalam mengelola web miliknya.

4. Memilih Platform

WordPress merupakan salah satu platform situs web paling terpercaya. Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi contohnya blog. Selain itu, Anda bisa membangun sebuah web belanja online.

Kehadiran website memberikan banyak manfaat dan mempermudah manusia untuk menjalankan aktivitasnya. Langkah-langkah membuat website pun terbilang sangat mudah. Anda bisa memilih salah satu jenis website sesuai kebutuhan.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai sebuah website, Yang mana telah kita bahas lengkap mulai dari pengertian website menurut para ahli, sejarah website, fungsi website, dan cara membuat website. Semoga dengan adanya pembahan kali ini, Anda dapat memahami apa itu website.

Tinggalkan komentar