Pengertian WiFi : Sejarah, Manfaat, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan

wifi adalah
wifi adalah

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Pengertian wifi – Di zaman yang serba modern ini, internet menjadi sebuah kebutuhan pokok yang menunjang berbagai kegiatan bisnis, kerja di kantor, belajar mengajar dan lain-lain. Adanya internet menjadikan semua pekerjaan berjalan lancar. Apalagi didukung dengan adanya wifi (wireless fidelity) yaitu teknologi yang banyak dipakai untuk bertukar file menggunakan gelombang radio dan peralatan elektronik seperti tablet, laptop, komputer, smartphone, printer, kamera dan konsol game.

Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian wifi, sejarah dan fungsinya untuk memahami bagaimana cara kerja wifi. Selain itu, informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari teknologi yang kaya akan manfaat ini juga penting diketahui.

Pengertian Wifi Menurut Para Ahli

pengertian wifi
pengertian wifi

Adapun beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian wifi yang bisa Anda simak dibawah ini.

1. Onno W. Purbo

Menurut beliau pengertian wifi adalah standar yang dipergunakan untuk alat komunikasi pada jaringan tanpa memakai kabel. Jaringan tersebut dipakai secara bersama-sama pada sebuah komunitas atau ruangan tertentu.

2. Priyambodo

Pengertian jariangan Wifi adalah standar dari jaringan yang tidak memakai kabel atau disebut Wireless Networking. Fungsinya untuk menyempurnakan beragam komponen jaringan internet agar proses penyambungan internet berlangsung mudah.

3. Yuhezir

Sedangkan menurut Yuhezir pengertian wifi adalah sebuah perangkat standar yang dimanfaatkan untuk tujuan komunikasi lokal dengan tidak menggunakan kabel penghubung.

4. Doni Kurniawan

Adapun pendapat Doni Kurniawan mengenai pengertian wifi adalah teknologi lama yang pada aplikasinya sudah dijumpai di dalam netbook pentium 3. Pada tahap lebih lanjut, penerapannya harus disambungkan dengan netbook pentium 4 serta versi berikutnya.

Selain itu, juga dapat didefinisikan sebagai jaringan yang asalnya dari teknologi terkini dan harus hadir dalam setiap generasi netbook. Hal ini ditujukan agar teknologi tersebut dapat berkembang lebih maju.

5. Jubilee Enterprise

Yang terakhir kita lihat dari pendapat Jubilee Enterprise bahwa pengertian jaringan wifi adalah versi terbaru dari teknologi informasi dan komunikasi yang bekerja dalam jaringan dan perangkat WLAN (Wireless Local Network).

Sejarah Perkembangan Wifi

sejarah wifi
sejarah wifi

Selanjutnya yakni kita akan bahas mengenai sejarah perkembangan wifi mulai dari tahun 1997 sampai yang terbaru. Yuk langsung saja simak penjelasannya yang ada bawah ini.

1. Sejarah wifi pada tahun 1997

Awal mulanya, jaringan nirkabel berhasil diciptakan pertama kali oleh IEEE atau Institute of Electrical and Electronics Engineers pada tahun 1997. Jaringan itu kemudian diberi nama 802.11.

2. Sejarah wifi pada tahun 1999

Teknologi nirkabel B didesain mempunyai kecepatan transfer data mencapai 11 Mbps. Teknologi ini masih memiliki kelemahan, yaitu frekuensi gelombang yang digunakan hanya 2.4 GHz sehingga gampang putus, hehe.

3. Sejarah wifi pada tahun 2003

Teknologi G nirkabel mulai dikembangkan dengan kecepatan yang lebih tinggi, yaitu hingga 54 Mbps. Namun, masih dijumpai kendala karena dioperasikan dengan gelombang radio berfrekuensi 2.4 GHz.

4. Sejarah wifi pada tahun 2009

Pada tahun ini diciptakan sebuah teknologi N nirkabel yang terdiri atas dua jenis. Jenis pertama 2 antena berkecepatan 300 Mbps dan jenis kedua memiliki 3 antena yang berkecepatan 450 Mbps. Kelebihan dari versi yang lama adalah jangkauannya jauh lebih luas.

5. Sejarah wifi pada tahun 2014

Teknologi mengalami kemajuan dengan hadirnya teknologi AC nirkabel. Kecepatan dalam pengiriman data lebih baik, yaitu dari 500 Mbps sampai 1 Gbps. Versi ini meskipun masih memakai gelombang radio, namun frekuensinya lebih tinggi yaitu 5 GHz.

Manfaat Wifi

manfaat wifi
manfaat wifi

Adapun manfaat wifi sangatlah banyak dalam membantu kegiatan kita sehari-hari. Berikut adalah berbagai manfaat wifi yang dapat membantumu dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Media untuk saling berbagi file maupun folder dengan mudah, cepat dan terjamin aman.
  2. Mempermudah Anda tersambung dengan internet.
  3. Memudahkan saat mensinkronisasi handphone pada laptop tanpa kabel atau USB. Caranya adalah Anda aktifkan wireless pada handphone.
  4. Memindahkan foto dan video ke laptop dengan mudah.
  5. Mencetak data di laptop menggunakan printer semakin mudah. Kini, Anda tidak perlu lagi menancapkan USB printer ketika hendak mencetak suatu dokumen.
  6. Anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak harus membeli kabel. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi pengguna smartphone, laptop dan para pekerja yang membutuhkan akses internet. Apabila Anda memakai data seluler tentu biaya yang dikeluarkan sangat besar, hehe.
  7. Kecepatan saat menggunakan internet lebih stabil. Anda bisa terhubung di mana saja dan kapan saja dengan catatan masih berada pada jangkauan hotspot.
  8. Meningkatkan produktivitas kerja karena pekerjaan menjadi lebih praktis dan akan cepat selesai saat internet lancar.

Fungsi Wifi

fungsi wifi
fungsi wifi

Adapun fungsi wifi dapat Anda lihat seperti yang ada dibawah ini.

1. Media untuk Komunikasi Wireless

Jadi, fungsi wifi berperan sebagai pengganti jaringan kabel sehingga user tidak membutuhkan kabel lagi untuk berkomunikasi antar perangkat. Hal ini sangat praktis untuk diaplikasikan di jaringan kantor.

2. Modem dari Smartphone

Smartphone atau device bisa lebih mudah terkoneksi internet. Dengan demikian, Anda bisa berjelajah di internet tanpa menghidupkan paket data berbayar. Uniknya lagi, Anda bisa memanfaatkan smartphone sebagai modem jika mendukung perangkat wireless. Kondisi ini sangat menguntungkan saat Anda sedang bepergian atau berada di tempat yang tidak terhubung internet.

3. Kecepatan Internet Tinggi

Anda menjadi lebih tenang saat melakukan browsing karena kecepatannya terjamin, tidak seperti ketika menggunakan jaringan seluler yang sering lelet akibat sinyal tidak stabil. Anda bisa mengeceknya dengan melakukan streaming. Apabila sinyal bagus maka video akan terputar dengan lancar, proses download file secepat kilat dan lain-lain, hihi.

4. Membantu Perangkat Terhubung ke Suatu Jaringan

Saat ini cara menghubungkan banyak komputer pada sebuah jaringan bisa dilakukan tanpa menambah pemasangan kabel. Dengan demikian, semakin mempermudah user karena prosesnya cepat. Berbeda dengan metode lama yang membutuhkan banyak kabel LAN agar bisa menghubungkan perangkat dalam jumlah banyak.

5. Menyambungkan Handphone ke PC dan Laptop

Semakin hari teknologi menunjukkan laju perkembangan yang cepat. Bahkan, karena kecanggihannya handphone pun bisa tersambung ke laptop atau PC. Syaratnya adalah laptop atau PC tersebut bisa menunjang perangkat tanpa kabel.

Cara Kerja Wifi

cara kerja wifi
cara kerja wifi

Cara kerja wifi yakni dua arah dan memanfaatkan gelombang radio dalam bentuk sinyal. Syaratnya komputer harus memiliki adaptor wireless. Dengan demikian, ketika ada user yang mengirim atau meminta sebuah data maka data tersebut mampu diterjemahkan oleh router. Hasilnya akan dikirim ke jaringan memakai koneksi ethernet.

Di dalam ruangan, router dapat menjangkau jarak sekitar 30 meter namun bisa lebih luas jika berada di luar ruangan. Cepat lambatnya koneksi sangat dipengaruhi oleh jarak antara perangkat penerima dan sumber sinyal. Semakin dekat jaraknya maka koneksi semakin cepat, sebaliknya semakin jauh dari router maka koneksi semakin lambat.

Kelebihan dan Kekurangan Wifi

kelebihan dan kekurangan wifi
kelebihan dan kekurangan wifi

Namun, wifi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Maka dari itu kita juga harus mengetahui kelebihan dan kekurang wifi, agar kita dapat memaksimalkan kelebihan wifi dan dapat mengatasi kekruangan wifi tersebut.

1. Kelebihan Wifi

  • Memangkas biaya pengeluaran.
  • Jaringan awet, tahan lama dan terbebas dari berbagai jenis gangguan.
  • Meminimalisir penggunaan kabel.
  • Semakin praktis dalam mengakses internet dan sharing data karena bisa bebas dilakukan di mana saja tanpa batasan waktu, haha.
  • Tidak banyak melakukan konfigurasi.

2. Kekurangan Wifi

  • Tingkat keamanan kurang baik sehingga perlu diamankan. Salah satu contohnya dengan menggunakan password agar yang bisa mengakses jaringan hanyalah orang-orang tertentu saja.
  • Distribusi sinyal tidak merata akibat jarak yang terbatas.
  • Kondisi iklim dan cuaca sangat berpengaruh terhadap sinyal jaringan.
  • Kurang cocok jika digunakan untuk memindahkan file dengan ukuran sangat besar.

Kehadiran wifi memberikan banyak manfaat, hal ini terlihat dari banyaknya kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya. Selain itu, kehadirannya juga menjadi solusi meringankan kinerja manusia. Kini Anda semakin dipermudah untuk tersambung ke internet, sehingga bisa leluasa berseluncur di dunia maya.

Nah itulah materi kita kali ini yakni penjelasan lengkap mulai pengertian WiFi, sejarah, manfaat, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangan wifi. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang apa itu wifi? semoga bermanfaat.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri