Apa itu Hosting? Pengertian, Fungsi, Jenis

Hosting merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam data yang berbentuk tulisan, gambar, video dan lain sebagainya. Biasanya hosting ini disewakan sebagai tempat untuk menyimpan data-data dari sebuah website maupun aplikasi.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas tuntas mengenai hosting mulai dari pengertian, fungsi hingga kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis hosting.

Simak baik-baik penjelasan berikut, agar tahu jenis hosting mana yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Apa itu Hosting?

Hosting adalah layanan berbasis internet yang memberikan pelayanan tempat penyimpanan ataupun resource buat disewakan sebagai wadah untuk menaruh informasi ataupun tempat untuk menjalankan aplikasi ataupun web, tempat penyimpanan ini biasa disebut dengan server. Dimana server membolehkan badan organisasi ataupun orang untuk menaruh data di internet yang berbentuk HTTP, FTP, EMAIL, ataupun DNS.

Dapat dibilang, hosting merupakan tempat buat menaruh bermacam informasi dari sesuatu web yang dapat diakses oleh pelanggan dengan cara online. Informasi yang berada dalam hosting amat beraneka ragam, mulai dari gambar, video, tulisan, script code, email, database, sampai aplikasi.

Seperti halnya saat akan membuat rumah. Jika Kamu mau membuat rumah yang besar, maka diperlukan lahan yang besar pula. Nah begitupun juga dengan web, jika mau membuat website yang memiliki kapasitas serta performa yang besar, Kamu memerlukan hosting yang besar. Anda bisa coba salah satu hosting terbaik niagahoster untuk menjalankan sebuah website.

Fungsi Hosting

Fungsi utama dari hosting adalah sebagai wadah untuk menerbitkan website ke dalam jaringan internet sehingga web bisa diakses oleh para pengguna internet. Selain itu, ada beberapa fungsi hosting yang harus Anda ketahui.

Diantara fungsi hosting adalah:

  • Sebagai wadah untuk menaruh Informasi website.
  • Untuk melindungi Web ataupun Aplikasi Senantiasa Online.
  • Membantu SEO Website.
  • Membuat Email Profesional.
  • Melindungi supaya web bebas dari spam serta virus dengan memasang SSL( Secure Socket Layer).

Jenis-Jenis Hosting

Terdapat beberapa jenis hosting yang wajib untuk Anda ketahui dan pelajari, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Hal itu karena dari setiap jenis web server memiliki kelebihan dan kekurangan mulai dari segi kapasitas penyimpanan, kecepatan, harga hingga pelayanannya. Anda cukup membeli hosting sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan saja.

Adapun jenis-jenis hosting, diantaranya adalah:

  1. Shared Hosting.
  2. Dedicated Hosting.
  3. Semi Dedicated Hosting.
  4. VPS Hosting.
  5. Managed WordPress Hosting.
  6. Cloud Hosting.

Simak penjelasan dari setiap jenis hosting dibawah ini, Agar Anda bisa mempunyai gambaran untuk memilih jenis hosting mana yang tepat.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah salah satu jenis hosting yang dipakai buat layanan website hosting di mana sebagian web memberi wadah dari website server yang besar.

Shared website hosting merupakan tipe opsi yang paling murah serta sangat terjangkau dari jenis hosting lain semacam VPS ataupun Dedicated Server.

Kelebihan Kekurangan
Mendapat layanan pengolahan server dari penyedia hosting Penyewa tidak mempunyai kontrol pada konfigurasi server
Penggunaannya mudah Kurang cocok untuk menampung trafik website yang besar
Mempunyai control panel yang
 ituitifHarga terjangkau

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan sebutan yang dipakai buat mendeskripsikan paket website hosting yang memberikan dedicated server dengan wadah yang didedikasikan buat pengguna tunggal saja.

Dedicated hosting yang sempurna buat web WordPress dengan jumlah pengunjung yang amat besar. Banyak Fasilitator Layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Kelebihan Kekurangan
Keamanan yang terjamin Butuh biaya yang mahal
Memiliki kontrol penuh pada konfigurasi server Dibutuhkan manajemen yang baik untuk mengelola server
Tidak berbagai sumber daya server

3. Semi Dedicated Hosting

Semi dedicated hosting adalah semacam shared hosting yang dipakai dengan cara bersama-sama. Akan tetapi keunggulan dari tipe hosting ini yakni memiliki perfoma yang lebih baik jika dibandingkan dengan shared hosting.

Kelebihan Kekurangan
Mendapat Spek CPU yang jelas Tidak semua paket komplit
Performa sesuai dengan paket CPU Mengatur sendiri
Root access

4. VPS Hosting

VPS hosting merupakan kependekan dari Virtual Private Server hosting. VPS hosting menawarkan mesin virtual buat pelanggannya. Rancangan virtualisasi mendekati dengan shared hosting, di mana satu pc server bisa mempunyai sebagian web yang berjalan di atasnya. Cek promo vps murah indonesia terbaik.

Akan tetapi, teknologi virtualisasi membolehkan tiap account wajib diperlakukan selaku mesin sendiri dengan pangkal energi sendiri yang berdedikasi serta memiliki sistem operasi sendiri juga.

Kelebihan Kekurangan
Memperoleh jatah server sendiri Harga lebih mahal vs shared hosting
Bisa akses root ke server Butuh pengetahuan dalam mengelola
Bisa mengolah server hosting sendiri

5. Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun spesial untuk menjalankan web dengan program WordPress.

Kelebihan Kekurangan
Cepat dan tidak ada downtime Kurang kontrol
Dukungan ahli dan backup harian Terbatas
Keamanan diperhatikan Harga lumayan mahal

6. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting yang memiliki teknologi terkini dan bisa jadi belum pernah kalian temui pada seluruh fasilitator layanan website hosting.

Cloud hosting merupakan tipe hosting yang memakai teknologi rancangan komputasi awan yang memiliki kecekatan yang lebih bagus serta lebih nyaman, sebab tidak cuma memercayakan satu server saja melainkan memakai banyak server yang terhambur diberbagai titik serta bermacam negeri.

Perihal inilah yang menghasilkan cloud hosting teruji lebih nyaman, sebab bila satu server tidak berfungsi dengan baik maka server lain hendak mengambil alih.

Kelebihan Kekurangan
Harga fleksibel sesuai penggunaan Jika penggunaanya besar maka makin mahal
Skalabilitas Rentan terhadap serangan cyber
Pemuatan data lebih cepat Kecepatan server tergantung pada internet
Uptime lebih stabil

Kesimpulan:

Hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan data berupa gambar, tulisan, video dan untuk menjalankan sebuat website dan aplikasi agar dapat diakses.

Semoga dengan adanya pembahasan kali ini mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis hosting dapat membuat Anda tahu apa itu hosting dan bisa memilih hosting mana yang cocok untuk Anda pakai sesuai kebutuhan.

Tinggalkan komentar