Pengertian Komunikasi : Tujuan, Fungsi, Syarat, Macam, Jenis, Unsur

komunikasi
komunikasi

Pengertian komunikasi – Kata komunikasi sangat erat kaitannya dengan aktivitas sehari-hari, siapapun pasti pernah melakukannya. Mau yang dilakukan secara langsung melalui tatap muka, atau melalui media penghubung. Walau terkadang hasilnya tidak selalu memberi dampak positif terhadap siapapun yang terlibat di dalamnya.

Sejak lahir seseorang sudah diajarkan melakukan proses interaksi ini, hingga akhirnya bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Nah untuk menambah wawasan Anda, berikut ini informasi lengkap tentang pengertian komunikasi hingga apa saja jenis-jenis komunikasi. Simak sampai tuntas ya!

Pengertian Komunikasi

pengertian komunikasi
pengertian komunikasi

Apa itu komunikasi? Di awali dengan pemahaman tentang definisi komunikasi, yang sangat berhubungan dengan transfer informasi ini. Jadi, pengertian komunikasi secara umum adalah proses memakai informasi dari satu pihak ke pihak lain, agar tercipta sebuah hubungan dengan kondisi sekitar. Biasanya proses ini dilakukan secara langsung atau verbal.

Misalnya saat Anda bertanya tentang kondisi si dia saat bertemu sore kemarin, lalu dia menjawab I’m fine! Berarti sudah terjadi sebuah transfer informasi melalui proses berbicara antara kalian berdua. Atau ketika Anda dimarahi dosen karena nyontek saat ujian, itu juga proses transfer informasi verbal tapi mungkin akan membuat Anda malu apalagi kalau dimarahinya di depan gebetan haha.

Selanjutnya kita akan simak pengertian komunikasi menurut para ahli tentunya dengan pendapat-pendapatnya yang memiliki perbedaan pendapat dari setiap ahli. Disebutkan oleh sejumlah ahli seperti Gode, yang mengatakan bahwa pengertian komunikasi adalah kegiatan di mana seseorang melakukan sesuatu dan memberitahukannya kepada pihak lain.

Kemudian Anwar Arifin juga membeberkan bahwa pengertian komunikasi merupakan jenis dari proses sosial yang sangat erat hubungannya dengan manusia, penyampaian pesan, dan tingkah laku.

Tujuan Komunikasi

tujuan komunikasi
tujuan komunikasi

Nah setelah kita bahas pengertian komunikasi secara umum dan menurut para ahli, Untuk mengenal apa itu komunikasi kita lanjut pada tujuan komunikasi itu sendiri. Anda akan mengetahui bahwa proses ini punya segudang tujuan penting lho! Jadi tetap stay di sini dan pahami tujuan komunikasi berikut ini.

1. Tujuan Komunikasi untuk Lebih Mengenal Orang Lain

Salah satu tujuan komunikasi adalah untuk mengenal orang lain. Ketika melakukan proses ini secara langsung Anda akan mengenal lawan bicara, baik perorangan atau kelompok. Karena dengan adanya interaksi verbal maupun non verbal, seseorang akan memperlihatkan beberapa karakternya di hadapan orang lain.

Contohnya ketika Anda bertengkar dengan sopir angkot lalu dia mengeluarkan kata kasar untuk membentak, otomatis Anda bisa paham kalau karakter orang tersebut keras.

2. Agar Informasi Mudah Dimengerti

Melalui proses ini Anda juga akan mencapai tujuan komunikasi yang dapat memberikan informasi kepada orang lain, agar mudah dimengerti. Contohnya ketika ingin menginformasikan acara keluarga yang akan digelar minggu depan di rumah Anda, tentu butuh proses transfer informasi. Terutama antara Anda dan anggota keluarga lain, bisa secara verbal atau pakai media penghubung.

3. Untuk Mengajarkan Sesuatu

Seperti guru mentransfer ilmunya pada murid, tentu butuh proses penyampaian informasi. Sehingga murid bisa paham apa yang diajarkan, lalu mempraktekkannya dengan cara yang tepat.

4. Memperkenalkan Diri Sendiri

Ketika berada di forum atau komunitas baru, orang tidak akan mengenal Anda tanpa upaya untuk memperkenalkan diri. Makanya salah satu tujuan komunikasi yaitu perlu berinteraksi dan memberikan informasi tentang diri sendiri, sehingga orang lain tidak lagi menduga-duga siapa sosok Anda sebenarnya.

5. Memberikan Motivasi

Tujuan komunikasi berikutnya adalah sebagai sarana memberikan motivasi kepada orang lain, sehingga mereka lebih semangat dalam mengerjakan sesuatu. Contohnya Anda memberitahu si kecil agar mengerjakan tugas, nanti setelah tugas selesai dia akan diberi hadiah. Ini tentu akan memberi hasil positif, di mana anak termotivasi untuk melakukan tugasnya.

Bisa juga ketika Anda dimotivasi untuk move on dari mantan oleh sahabat karib, pastinya akan jadi suntikan semangat untuk segera dapat pasangan baru. Yang pastinya lebih baik, keren, tajir,hingga mencintai Anda lebih dari si mantan haha.

6. Membentuk Karakter

Tujuan komunikasi yang terakhir yaitu untuk membentuk karakter. Ketika proses transfer informasi ini dilakukan seorang pendakwah untuk majelisnya, seorang guru saat memberi amanat upacara atau orang tua kepada anaknya tentang hal-hal baik, maka hasil akhirnya adalah membentuk karakter. Walau tidak akan terjadi secara langsung, namun akan terlihat jika dilakukan secara terus menerus.

Fungsi Komunikasi

fungsi komunikasi
fungsi komunikasi

Mau tahu juga apa fungsi komunikasi? Lanjutkan menyimak sampai tuntas, kalau bosan coba stretching dulu biar badan kembali segar dan siap menambah wawasan tentang informasi penting ini. Oke, kalau sudah yuk simak fungsi-fungsi komunikasi sebagai berikut.

1. Menyebarkan Informasi

Saat seseorang melakukan proses memberikan informasi kepada orang lain baik dengan cara verbal maupun tidak, secara langsung dia sudah menyebarkan sebuah informasi. Terlepas dari positif atau negatif informasi tersebut, hingga bagaimana setiap orang menanggapinya. Nah itulah yang menjadi fungsi komunikasi.

Contohnya ketika ada peristiwa tanah longsor, kemudian Anda melakukan interaksi verbal dengan orang lain maka Anda sudah menyebarkan informasi tersebut. Siapa tahu salah satu keluarga korban longsor ikut mendengar, lalu segera datang ke lokasi tersebut.

2. Menambah Wawasan

Menahbah wawasan juga merupakan fungsi komunikasi, karena melalui komunikasi Anda juga bisa menambah wawasan terhadap berbagai hal. Misalnya saat melakukannya dengan seorang dokter tentang penyakit yang Anda alami, paling tidak ada wawasan baru tentang cara menyembuhkan penyakit tersebut, termasuk apa saja pantangan yang harus dihindari.

3. Mengemukakan Pendapat

Dalam sebuah audiensi, proses interaksi verbal juga sangat penting sebagai fungsi komunikasi untuk mengemukakan pendapat. Begitu juga di dunia maya dengan memanfaatkan proses transfer informasi ini Anda bisa mengeluarkan pendapat apapun di grup chat, tentang segala sesuatu yang sedang dibahas agar diketahui orang lain.

4. Pengambilan Keputusan

Untuk mengambil sebuah keputusan juga sangat dibutuhkan sebuah proses transfer informasi, bisa antara atasan dengan bawahan terkait kinerja karyawan. Atau antara suami dan istri ketika bertengkar, sebelum memutuskan untuk mengambil keputusan berpisah atau melanjutkan rumah tangga. Maka dari itu dibutuhkan komunikasi yang baik agar tidak menyesal dalam mengambil sebuah keputusan.

5. Beribadah

Fungsi komunikasi yang sangat dibutuhkan oleh seorang manusia adalah berkomunikasi dengan tuhannya. Proses komunikasi juga dilakukan ketika seseorang beribadah, karena dibutuhkan percakapan intens baik dari dalam hati saja maupun secara lantang dalam doa. Sehingga muncul koneksi yang luar biasa agar manusia menjadi lebih dekat dengan tuhannya.

Nah itulah tujuan dan fungsi komunikasi yang telah kita bahas bersama, namun hal itu tidak akan berjalan dengan mulus jika tidak memenuhi syarat-syarat komunikasi yang ada dibawah ini.

Syarat-syarat Komunikasi yang Baik

syarat komunikasi
syarat-syarat komunikasi yang baik

Adapun syarat-syarat komunikasi yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.

  • Terdapat sumber (source) yang akan disampaikan
  • Terdapat Komunikator sebagai pemberi pesan.
  • Terdapat Komunikan sebagai penerima pesan
  • Terdapat Pesan yang akan Disampaikan
  • Terdapat Saluran (Effect) tempat berlangsungnya proses komunikasi.

Macam-Macam Komunikasi

macam-macam komunikasi
macam-macam komunikasi

Dalam penerapannya proses transfer informasi ini memiliki beberapa macam, Anda pasti pernah melakukan semuanya baik secara sadar atau tidak sadar. Apa saja macam-macam komunikasi? Terdapat 3 macam komunikasi yang dapat Anda ketahui yaitu berdasarkan tujuan, aliran dan cara menyampaikannya. Yuk langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Komunikasi Berdasarkan Tujuan

Ada yang tujuannya untuk memberikan perintah kepada seseorang, memberikan saran, atau melakukan investigasi terkait suatu hal yang terjadi. Dalam konsep tujuan ini, peran komunikator sangat penting agar tujuan transfer informasi bisa tercapai.

2. Komunikasi Berdasarkan Aliran

Ada yang dilakukan dengan komunikasi aliran satu arah seperti penceramah kepada audien atau pembawa berita kepada pemirsa. Kemudian ada komunikasi aliran dua arah di mana dua pihak yang melakukan komunikasi, saling berinteraksi dan memberikan umpan balik dari informasi yang disebarkan.

3. Komunikasi Berdasarkan Cara Penyampaiannya

Ada dua macam cara menyampaikan informasi saat melakukan komunikasi, yaitu secara langsung atau lisan (verbal) di mana kedua pihak berhadapan langsung. Kedua menggunakan media seperti telepon atau video call untuk zaman canggih seperti sekarang hehe.

Kedua yaitu tulisan yang melibatkan media seperti kertas hingga chat di berbagai platform media sosial. Sah-sah saja ketika proses ini terjadi, dan mungkin saat ini Anda pun sedang melakukannya dengan gebetan hehe.

Jenis-Jenis Komunikasi

jenis komunikasi
jenis-jenis komunikasi

Adapun jenis-jenis komunikasi bisa dibedakan dari berbagai sudut pandang diantara lain sebagai berikut:

  • Komunikasi yang berdasarkan peranan individu.
  • Komunikasi yang berdasarkan penyampaian.
  • Komunikasi yang berdasarkan kelangsungannya.
  • Komunikasi yang berdasarkan perilaku.
  • Komunikasi yang berdasarkan maksud komunikasi.
  • Komunikasi yang berdasarkan ajaran informasi.
  • Komunikasi yang berdasarkan jaringan kerja.
  • Komunikasi yang berdasarkan jumlah seseorang yang berkomunikasi.

Unsur-unsur Komunikasi

unsur komunikasi
unsur-unsur komunikasi

Adapun unsur pembentuk komunikasi ada tiga, Apa saja unsur-unsur komunikasi itu? Berikut adalah unsur komunikasi yang dapat Anda ketahui:

  1. Komunikator/pengirim/sender
  2. Komunikasi/penerima/receiver
  3. Saluran/media/channel

Setelah mengetahui apa itu komunikasi dan seluk beluk terkait proses transfer informasi tersebut, maka Anda juga harus belajar teknik berkomunikasi yang akan membuat Anda lebih paham saat melakukannya. Paling tidak bisa menggunakannya untuk menyebarluaskan informasi yang bermanfaat bagi siapa saja. Kemudian jadi pribadi yang lebih menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain. Apakah Anda setuju?

Mungkin itu saja pembahasan kita tentang komunikasi, yang menurut admin sudah cukup lengkap mulai dari berbagai pengertian komunikasi menurut para ahli, tujuan komunikasi, fungsi komunikasi, syarat-syarat komunikasi yang baik, macam-macam komunikasi, jenis-jenis komunikasi, dan yang terakhir yaitu unsur-unsur komunikasi. Semoga Anda jadi lebih paham tentang apa itu komunikasi.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri