Teknik Dasar Bulutangkis yang Wajib Dimengerti oleh Setiap Pemain

Teknik dasar bulutangkis – Bermain bulutangkis memang menjadi kesukaan banyak orang. Saat bermain olahraga ini, tidak hanya memukul raket saja. Namun, juga harus menguasai teknik dasar bulutangkis agar dapat bermain dengan benar. Tentunya Sobat tidak mau dibully kan? Jika salah dalam melakukan permainan, hehe.

Beberapa Teknik Dasar Bulutangkis yang Bisa Dilakukan

teknik dasar bulu tangkis
teknik dasar bulu tangkis

Bulutangkis selain menyenangkan dan juga menyehatkan. Jika bermain bulutangkis secara resmi, Sobat harus memperhatikan teknik dasarnya. Dengan begitu, akan maksimal saat melakukan permainan tersebut. Berikut beberapa teknik dasar bulutangkis dan penjelasannya yang bisa dicoba:

1. Teknik Memegang Raket

Raket digunakan untuk memukul shuttlecock saat melakukan permainan ini. Dengan cara memegang yang benar, maka Sobat akan menghasilkan pukulan secara maksimal. Kesalahan dalam memegang raket bisa menjadikan keseleo pada pergelangan tangan dan ini bisa menyebabkan trauma, hehe

Ada dua teknik saat memegang raket dalam permainan bulutangkis. Yang pertama yaitu teknik Forehand. Pegang dengan posisi tangan menyerupai orang yang sedang bersalaman. Kemudian posisi badan agak menyamping. Usahakan jari-jari Sobat menggengam kuat dan jangan letoi, hehehe.

Backhand, Sobat bisa melakukan teknik ini baik menggunakan tangan kanan ataupun kiri. Dengan kepalan raket agak menyamping. Posisi jari ke empat usahakan pisah dengan jari tangan yang sebelah. Genggaman Sobat harus kuat saat melakukan teknik tersebut.

2. Teknik Melakukan Pukulan

Memukul dengan menggunakan raket tidak serta merta mengayunkannya. Agar tidak lepas kendali, Sobat juga harus memahami bagaimana posisi yang cocok agar pukulan tersebut tepat sasaran. Berikut langkah-langkah teknik memukul yang harus Sobat lakukan.

Berikut adalah langkah-langkaut untuk melakukan pukulan dalam permainan bulu tangkis :
  1. Praktikkan teknik memegang raket, baik forehand ataupun backhand.
  2. Posisi kaki kanan dan kiri menyilang. Kaki kiri berada di depan kaki kanan.
  3. Miringkan badan ke kanan.
  4. Pukul shuttlecock dengan mencondongkan bahu Sobat lebih ke depan.
  5. Pukul dan biarkan tangan bergerak ke bawah.
  6. Pukul sekeras mungkin.

Dengan melakukan gerakan di atas maka pemukulan shuttlecock saat melakukan oleh raga ini lebih mudah lagi. Semakin keras semakin bagus, namun Sobat juga harus memperhatikan ketepatan dari pukulan yang ada.

3. Gerakan Kaki

Untuk gerakan kaki pada permainan bulutangkis tidaklah susah. Sobat dapat menyesuaikan gerakan kaki dengan badan, baik kaki kanan di depan ataupun sebaliknya. Asalkan tidak di atas, hihihi. Gunakan posisi kaki yang dianggap mudah digunakan.

Kunci dari teknik dasar bulutangkis secara singkat ini adalah harmonisasi dengan tubuh. Ikuti saja kemana gerakan tubuh saat Sobat melakukan permainan ini, tapi jangan mengikuti orang lain. Saat melakukan pukulan dan bertahan juga harus menyesuaikan. Jadi Sobat tidak perlu repot-repot saat melakukan gerakan ini.

4. Posisi Badan

Sikap badan mengatur Sobat untuk menjaga keseimbangan. Dengan posisi yang baik maka Sobat akan lebih nyaman saat melakukan olah raga ini. Posisi badan yang salah akan berakibat terjatuh dan cedera. Jika sakit berlanjut hubungi dokter, haha. Berikut cara melakukan posisi badan yang benar.

Berikut cara melakukan posisi badan yang benar. dalam permainan bulutangkis:
  1. Saat melakukan penyerangan atau bertahan, tumpukkan posisi badan Sobat pada kedua kaki.
  2. Tekuk kedua lutut kemudian berdiri.
  3. Ujung kaki sampai pinggang tegak.
  4. Buka kaki selebar bahu dan satu kaki berada di depan.
  5. Bisa juga posisi sejajar.
  6. Tangan diposisikan di samping badan.

Dengan menggunakan cara di atas, Sobat akan leluasa saat memegang raket. Sehingga, mendapatkan posisi badan yang sempurna. Namun kesempurnaan yang hakiki milik tuhan semata, hehehe. Kesempurnaan posisi tersebut menjadikan teknik bermain bulutangkis akan lebih maksimal.

5. Posisi Badan saat memukul

Posisi badan sangat bepengaruh terhadap pukulan yang Sobat lakukan. Dengan posisi yang bagus, pukulan juga bisa menjadi semakin kuat. Semakin kuat semakin nikmat, hihihi. Dengan begitu lawan akan merasa kesulitan menerima umpan. Berikut langkah-langkah agar posisi badan sempurna:

Berikut langkah-langkah agar posisi badan sempurna pada saat memukul dalam permainan bulu tangkis :
  1. Badan menyamping dan menghadap ke arah net.
  2. Posisi dari Kaki kiri di depan.
  3. Letakkan badan di belakang shuttlecock
  4. Bahu kanan ditarik ke arah belakang, namun jangan banyak-banyak.
  5. Bahu kanan dan kiri ketika melakukan pukulan harus saling bergantian.

Pastikan Sobat melakukan gerakan tersebut dengan benar. Sedikit kesalahan akan menjadikan umpan Sobat mudah dipatahkan oleh lawan.

6. Melakukan Servis

Servis adalah teknik dasar bulutangkis berikutnya. Dengan servis yang baik, maka akan menghasilkan pukulan yang susah dikembalikan oleh lawan. Teknik melakukan servis terbilang mudah untuk dipraktikan. Berikan adalah langkah servis yang memuaskan. Hehe.

Ada dua teknik yang bisa Sobat gunakan untuk melakukan servis. Yang pertama yaitu forehand pendek. Dengan memukul shuttlecock secara perlahan, maka ia akan terjatuh di dekat net. Untuk melakukan cara ini, Sobat harus ektra berhati-harti. Usahakan tidak jatuh di tempat sendiri.

Forehand tinggi. Saat melakukannya Sobat harus menggunakan kekuatan sekuat tenaga. Dengan begitu, posisi shuttlecock akan jatuh ke belakang tempat tim lawan. Namun jangan sampai keluar arena. Karena bisa mengurangi poin. Nanti malu dong..!!

7. Teknik Mengembalikan Servis

Gunakan pukulan yang terarah saat menggunakan teknik ini. Usahakan pukulan pengembalian servis mengarah ke titik buta pemain lawan. Sehingga, mereka akan kesulitan saat mengembalikan pukulan tersebut. Bisa jadi Sobat akan mendapatkan poin lebih.

Jika Sobat salah dalam mengembalikan bola servis, bisa jadi akan terkena serangan balik yang mematikan langkah. Jadi usahakan membaca gerakan lawan terlebih dahulu sebelum mengembalikan pukulan tersebut.

8. Teknik Melakukan Smash

Gerakan smash biasanya dilakukan dengan pukulan sekuat tanaga dan sekuat hati dengan penuh perasaan agar lawan susah mengembalikannya. Namun akurasi juga perlu dipertimbangkan saat Sobat melakukan gerakan tersebut. Hal ini dikarenakan agar tidak jauh dari target yang dituju.

Pada saat melakukan gerakan ini, Sobat harus melompat dengan tinggi. Selain itu, harus diimbangi dengan pukulan yang keras dan tajam. Usahakan mengenai bagian yang sulit dijangkau oleh lawan agar susah untuk dikembalikan. Ini adalah teknik dasar bulu tangkis internasional.

9. Teknik Dropshot

Teknik ini dilakukan agar lawan tidak bisa menggembalikan pukulan Sobat. Namun teknik ini berbeda dengan teknik smash. Jika teknis smash dilakukan dengan keras, maka teknik ini dilakukan dengan tenaga yang cukup, penuh penghayatan, namun akurasi tinggi. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah-langkah melakukan teknik dropshot dalam permainan bulu tangkis
  1. Pegang raket dengan teknik yang telah Sobat kuasai.
  2. Posisi tubuh menyamping ke arah bahu.
  3. Gerakan tubuh dengan lincah saat berada di belakang shuttlecock.
  4. Pukul raket dengan tangan yang lurus.
  5. Lakukan gerakan smash ketika hendak memukul shuttlecock.
  6. Lakukan dorongan secara halus dan pelan.
  7. Arahkan shuttlecock yang sekiranya tidak bisa dijangkau tim lawan.

Dengan menggunakan teknik Dropshot yang bagus, Sobat akan mudah mencuri poin dari tim lawan. Namun juga berlaku sebaliknya. Usahakan saat menggunakan teknik ini Sobat tidak tergesa-gesa. Agar teknik tersebut berjalan sempurna.

10. Netting

Selanjutnya, teknik dasar bulutangkis adalah teknik netting. Teknik ini merupakan teknik tersulit pada permainan bulutangkis. Saat menggunakan teknik ini dibutuhkan kejelian yang luar biasa agar shuttlecock bisa masuk namun raket tidak mengenai net. Kalau kena raket, Sobat akan disoraki penonoton, huuuuuuu….!!!

Pastikan Sobat melakukan semua teknis dasar bulutangkis tersebut dengan benar. Sehingga permainan akan kelihatan cantik. Jika dirasa kurang bisa menguasai teknik tersebut, maka bisa meminta tolong kepada pelatih yang profesional.

Leave a Comment