Bagaimana Sejarah Permainan Bulu tangkis itu? Yuk simak Penjelasannya

Sejarah permainan bulu tangkis – Bulutangkis memang jadi olah raga pilihan, baik bermain secara resmi ataupun tidak resmi. Banyak orang yang belum mengetahui asal mula olah raga ini. Ada kalanya Sobat mengetahui sejarah permainan bulutangkis agar paham bagaimana asal mulanya.

Bulutangkis tentu tidak muncul begitu saja, melainkan ada sejarah tersendiri. Berikut ini akan diulas mengenai sejarah permainan bulu tangkis lengkap.

Asal Mula Permainan Bulu Tangkis

sejarah bulutangkis
sejarah bulutangkis

Lain sumber, lain juga pendapatnya. Saat Sobat melakukan searching, akan mendapatkan banyak informasi tentang permainan bulutangkis. Di antaranya menyebutkan bahwa permainan ini sudah ada sejak 2000 tahun lalu. Wowwww…..lama juga ya, hehehe.

Ada juga yang berpendapat bahwa bulutangkis merupakan olahraga yang berasal dari China. Saat itu oleh raga ini diberi nama Jianzi (nama buat anak yang rekomended untuk pecinta bulutangkis, hehehe). Untuk peraturannya sendiri mirip bulutangkis saat ini. Yakni menjaga bola agar tidak jatuh dari lapangan.

Sejarah Bulu tangkis Dunia

sejarah bulu tangkis
sejarah bulu tangkis

Awal mula permainan ini dikenal tentunya bukan di Indonesia. Permainan tersebut mulai dimainkan di beberapa negara Eropa. Namun, bentuk permainannya masih bersifat tradisional dan menggunakan alat seadanya.

Battledore and Shuttlecock adalah permainan anak-anak Inggris pada masa pertengahan. Cara permainnya sudah modern. Walaupun alat yang digunakan masih berbentuk kayu. Namun bola yang digunakan sudah memakai bulu. Bulu unggah loh gaes, hehe.

Untuk cara main juga sama. Permainan tersebut mengharuskan memukul bola selama mungkin dan tidak boleh jatuh menggenai tanah. Seseorang yang garis dalamnya terkena bola maka dinyatakan kalah dan tim lawan akan mendapatkan poin.

Pada abad ke-17, bulutangkis sudah mulai mendunia. Di Inggris, permainan ini disebut dengan badminton. Badminton merupakan arti dari bulutangkis. Kata tersebut terinspirasi dari istana di inggris yang bernama Badminton House. Ini adalah sejarah permainan bulu tangkis di dunia yang populer.

Pemilik Badminton House mengadakan kompetisi bulutangkis dengan beberapa pilihan pemain. Dengan alat pemukul yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa serta menggunakan tali. Namun belum menyerupai raket. Dari penemuan itulah awal mula permainan bulutangkis menggunakan raket.

Untuk net, hanya berupa tali yang diikat di antara dua tiang. Setiap pemain diharuskan memukul bola melewati atas dari tali tersebut. Jika bola melewati bawah tali, maka dinyatakan gagal atau kalah. Tim lawan mendapat nilai penuh.

Dari taun ke tahun, permainan ini senantiasa mengalami perubahan. Hingga saat ini, Sobat bisa menikmati permainan bulutangkis kelas dunia dengan berbagai macam partai. Bukan partai politik lo ya, hehe. Tentunya dengan pemain andalan baik dari Indonesia ataupun mancanegara.

Sejarah Bulu Tangkis di Indonesia

sejarah bulu tangkis di indonesia
sejarah bulu tangkis di indonesia

Sejarah mencatat Indonesia mulai mengenal olahraga ini pada tahun 1930 an. Kamu belum lahir pastinya, hehehe. Pada saat itu, Indonesia masih dalam tekanan penjajah. Dalam beberapa waktu, olah raga ini tidak mendapat perhatian sehingga terlupakan.

Dulu belum ada Menteri Olahraga. Sehingga, olah raga ini di bawah naungan Ikatan Sport Indonesia (ISI). Selama penjajahan masih dalam kawalan pemerintah Belanda.

Pada tahun 1945 setelah era kemerdekaan, Indonesia kembali mengembangkan olahraga bulutangkis. Perkembangannya sangat pesat. Bahkan pada tahun 1948, Presiden Soekarno berkampanya tentang olahraga tersebut. Inilah sejarah permainan bulu tangkis di Indonesia.

Bertemakan “Nation Building” yang merupakan gerakan membangun bangsa. Antara lain membangun semua cabang olahraga. Salah satunya adalah bulutangkis. Membangun rumah tangga jug perlu loh.

Sejarah permainan bulutangkis mencatat bahwa kala itu bulutangkis menjadi cabang olahraga yang diperkenalkan. Bahkan menargetkan Indonesia menajadi juara dunia. Latihan demi latihan terus digempur setelah kampanye tersebut berlangsung.

Usaha tersebut membuahkan hasil manis. Pada tahun 1958, Indonesia memenangkan Kejuaraan Thomas Cup di Singapura. Hal tersebut merupakan pembuktian tersendiri karena Indonesia hanya dianggap tim lemah. Dengan kemenangan ini, menjadikan Indonesia berperingkat 10 dunia.

Mengenal Organisasi bulutangkis

Semua olahraga tentunya memiliki Induk organisasi yang mengatur cabang tersebut. Begitu juga dengan bulutangkis. Hal tersebut dikarenakan saat melakukan pertandingan, baik nasional ataupun internasional akan mengatasnamakan organisasi ini.

1. Organisasi Bulu Tangkis Dunia

International Badminton Federataion merupakan induk dari organisasi permainan bulutangkis seluruh dunia. Organisasi berdiri sejak tahun 1934 dengan beberapa Negara yang menjadi pelopornya. Kebanyakan Negara pelopor meruapakan Negara-negara di eropa. Asia belum masuh brow, hahaha.

Adapun beberapa Negara pelopor antara lain Wales, Denmark, BelSobat, Inggris, Irlandia, Skotlandia, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis. Saat ini hampir semua Negara bergabung dengan organisai ini.

Sejak saat berdiri, sudah 186 negara ikut bergabung. Setiap tahun juga mengadakan kejuaraan bergengsi. Baik di tingkat benua maupun di tingkat dunia. Ada 5 jenis kepengurusan pada organisasi ini antara lain BWF Commissions, BWF Committees, Executive Board, BWF Council, dan Management.

2. Organisasi Bulu Tangkis Indonesia

Setelah kemerdekaan, semua cabang olahraga berdiri sendiri dengan berbagai macam induk organisai. Tidak lain halnya dengan bulutangkis. Cabang ini awal mulanya bernama Persatuan Olahraga Republik Indonesia.

Seiring perkembangnya waktu, pada tahun 1951 olah raga ini berubah nama menjadi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Dan sampai sekarang nama ini terus digunakan. Organisasi ini mengurusi semua cabang bulutangkis di tanah air.

Organisasi tersebut memiliki anak cabang untuk semua tingat bawahnya. Di tingkat kabupaten, terdapat kepengurusan dengan nama Pengurus daerah. Lebih bawah lagi ada yang mengurusi tingkat kecamatan dengan nama Pengurus Cabang. Desa gak ada dong, hehehe.

PBSI sudah bergabung dengan IBF. Jadi organisasi ini sudah dikenal dunia.

Peraturan Bulu Tangkis

Untuk peraturan bulutangkis juga memiliki beberapa sejarah. Peraturan ini tidak serta merta ada, namun dengan beberapa perubahan dari sistem kuno menjadi sistem modern. Berikut beberapa peraturan bulutangkis yang pernah ada:

1. Peraturan Sistem Klasik

Peraturan permainan bulutangkis ini sudah digunakan mulai dari awal mula permainan ini sampai dengan tahun 2002. Namun saat ini sudah menggunakan peraturan yang lain. Pada peraturan ini menggunakan 15 poin dan juga 11 poin untuk setiap set.

15 poin digunakan untuk pertandingan yang mempunyai partai tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Sedangkan 11 poin hanya untuk tunggal putri saja. Untuk menentukan poin, tergantung tim yang melakukan servis.

2. Peraturan Sistem 5×7 Poin

Saat menggunakan peraturan ini, permainan akan menjadi singkat. Penonton kurang puas biasanya. Hanya dengan memiliki 7 poin, tim sudah dinyatakan menang di satu set. Namun terdapat 5 set, jika tim tersebut memenangkan sebanyak 3 set, maka tim tersebut yang memenangkan pertandingan.

Permainan ini juga tergantung pada orang yang melakukan servis. Jika orang yang servis memasukan bola, maka akan mendapatkan satu poin tambahan, begitu pula sebaliknya. Namun peraturan ini tidak pertahan lama. Sampai malam brow, hahaha.

3. Peraturan Sistem Reli 3×21 poin

Aturan permainan bulutangkis ini mulai dikenal di dunia bulutangkis sejak mei 2006. Saat ini hampir semua pertandingan bulutangkis menggunakan sistem 3×21 poin. Peraturan tersebut digunakan pada semua partai bulutangkis yang ada.

Tim dinyatakan menang jika mereka memiliki kemenangan 3 set. Jika kemenangan beruntun, maka 2 set berikutnya tidak dimainkan. Namun jika tidak secara beruntun, akan dilakukan pertandingan sampai salah satu tim mendapatkan 3 set. Mudah kan…

Setiap set harus memiliki poin berjumlah 21 terlebih dahulu. Jika poin tersebut sama, maka akan diberikan babak tambahan sampai salah satu tim memiliki poin lebih.

Dengan mengetahui Sejarah permainan bulutangkis, Sobat tidak perlu penasaran lagi tentang asal mulanya. Disisi lain, permainan ini juga memberikan kesenangan tersendiri. Alat permainannya juga terbilang murah dan mudah untuk didapatkan.

Leave a Comment