Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Pengertian, ciri-ciri , serta Perbedaannya

Kalimat langsung dan tidak langsung – dua kalimat ini adalah fokus pembahasan kita mulai dari pengertian, ciri-ciri, contoh dan aturan cara penulisan kalimat langsung dan tidak langsung. Baca sampai habis, biar paham sepenuhnya dan selamat memperoleh ilmunya.

Ketika anda menulis atau berbicara yang berarti bahwa anda sedang menyampaikan sebuah informasi, baik kepada pembaca maupun pendengar ada beberapa hal yang perlu kamu pahami. Dimana ketika seseorang menyampaikan sebuah informasi, biasanya kalimat yang disampaikan mengandung dua unsur yakni kalimat langsung dan tidak langsung sebagai beberapa gabungan kata yang disampaikan.

Dalam dunia bahasa, biasanya saat seseorang menyampaikan informasi, penerima informasi akan menerima informasi tersebut diantara kedua jenis kalimat ini. Dimana keduanya memiliki arti yang berbeda, bahkan fungsi dari keduanya pun akan berbeda ketika digunakan, nah, jika kamu ingin mengerti lebih jelas tentang kegunaan kalimat ini dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa ciri aturan untuk menulisnya.

Kalimat Langsung

Pengertian Kalimat Langsung

pengertian kalimat langsung
pengertian kalimat langsung

Apa itu kalimat langsung?

Untuk mengerti tentang apa itu kalimat langsung? Kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang fungsi dari kalimat ini, yang juga berhubungan dengan pengertiannya. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kamu sering kali menemukan kalimat jenis ini, terutama ketika bertemu dengan seseorang kemudian kamu menceritakan kabar atau beberapa informasi secara langsung dihadapan orang yang diajak bicara.

Menurut KKBI Pengertian kalimat langsung adalah

Jika dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian dari kalimat langsung adalah sebuah kalimat yang dikutip langsung dari pernyataan seseorang. Misalkan kamu bertemu dengan seseorang kemudian orang tersebut memberikan sebuah informasi yang berasal dari dirinya secara langsung, seperti sebuah pernyataan, atau jika kata-kata tersebut diambil akan sama seperti apa yang disampaikan oleh seseorang.

Biasanya kalimat langsung juga tidak hanya digunakan pada beberapa cara berkomunikasi secara langsung saja, terkadang penulis juga sering kali memasukan kalimat langsung ini di dalam tulisannya. Ketika penulis memasukan tulisan ini didalam tulisan yang dibuatnya, maka penulis tersebut diharuskan untuk memasukan semua kalimat atau kata-kata yang sesuai dengan ucapan yang berbicara.

Ciri-Ciri Kalimat Langsung

ciri-ciri kalimat langsung
ciri-ciri kalimat langsung

Ciri-ciri Kalimat Langsung

1. Penggunaan tanda petik atau kutip pada penulisan

Jika kamu sering membaca sebuah tulisan, baik secara fiksi atau non-fiksi maupun sebuah karya ilmiah dimana penulis mengambil sebuah kalimat atau kata-kata, dimana kalimat tersebut diambil dari pembicaraan seseorang. Maka penulis tersebut diharuskan untuk menggunakan tanda petik atau kutip baik sebelum atau sesudah kalimat tersebut, menandakan bahwa tulisan tersebut merupakan kalimat langsung.

2. Membaca dengan nada sedikit ditekan

Jika kamu membaca sebuah naskah tulisan yang didalamnya berada kalimat langsung atau memiliki tanda kutip sebelum atau sesudah kalimat tersebut ditulis, maka kamu diharuskan untuk memberikan penekanan nada pada pembacaannya. Hal ini berfungsi untuk menegaskan kepada pendengar, jika kalimat yang kamu bacakan merupakan kalimat langsung sehingga nada pembacaannya mengalami sedikit penekanan.

Aturan Atau Cara Menulis Kalimat Langsung

cara menulis kalimat langsung
cara menulis kalimat langsung

Ketika anda menulis sebuah kalimat langsung, maka anda diharuskan untuk membuat sebuah tulisan dengan format kalimat langsung sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia. Mungkin saat ini kamu sedang memiliki hobi menulis, maka untuk menulis kalimat langsung tanda kutip pada awal dan akhir penulisan merupakan suatu hal yang penting, untuk memberikan informasi yang jelas kepada pembaca.

Contoh Kalimat Langsung

contoh kalimat langsung
contoh kalimat langsung

Contoh Kalimat Langsung

• Menurut Bapak Presiden Jokowi, “Menjaga hubungan bilateral dengan negara tetangga merupakan suatu langkah penting, untuk mempertahankan hubungan diplomatik antar negara”
• Bapak waluyo menegaskan dalam pidatonya, “Keadaan pendidikan di Kota Tasikmalaya saat ini sedang dalam keadaan yang baik, dengan banyaknya murid berprestasi yang semakin bertambah jumlahnya.

Kalimat Tidak Langsung

Pengertian Kalimat Tidak Langsung

pengertian kalimat tidak langsung
pengertian kalimat tidak langsung

Dalam membahas kalimat langsung dan tidak langsung, maka kamu diharuskan untuk mempelajari keduanya dengan sangat baik. Terutama untuk memahami beberapa aturan yang menjelaskan tentang cara penulisan, serta cara penyampaiannya secara langsung kepada lawan bicara, sehingga nantinya semua kalimat yang kamu tulis dan ucapkan dapat dengan mudah dimengerti oleh pembaca.

Jika pada kalimat langsung akan menggunakan sebuah tanda petik, yang merupakan penegas jika kata tersebut merupakan kalimat dari pernyataan seseorang. Maka pada kalimat tidak langsung cara penyampaiannya adalah dengan memberikan pernyataan seseorang dengan tidak langsung, sehingga tidak perlu menggunakan tanda petik pada penulisannya dan menggunakan bahasa kamu sendiri.

Ciri-Ciri Kalimat Tidak Langsung

ciri-ciri kalimat tidak langsung
ciri-ciri kalimat tidak langsung

Ciri-ciri Kalimat Tidak Langsung

1.  Tidak menggunakan tanda petik pada penulisannya

Tentunya penulisan tulisan pada kalimat langsung dan tidak langsung akan berbeda serta memiliki cirinya tersendiri, untuk yang pertama terletak pada tanda penulisannya. Biasanya pada kalimat tidak langsung, tidak akan menggunakan tanda petik atau tanda kutip pada penulisannya sehingga pembaca dapat mengetahui jika penulisan tersebut berarti bahwa kalimat yang ditulis bukan kalimat langsung.

2. Intonasi kalimat datar

Berbeda dengan kalimat langsung, untuk kalimat yang memiliki makna tidak langsung cara pembacaanya akan terkesan datar. Bahkan biasanya untuk penyampaiannya pun nada atau intonasi yang digunakan akan terkesan menurun di akhir kalimat, maka jika kamu menemukan jenis tulisan yang merupakan tulisan tidak langsung cara pembacaanya akan berbeda dengan kalimat langsung terutama pada nadanya.

3. Menggunakan kata penghubung atau konjungsi

Sudah menjadi sebuah ciri khas pada kalimat tidak langsung, jika anda menulis atau membacakan sebuah kalimat tidak langsung biasanya akan menggunakan kata konjungsi. Kata konjungsi itu sendiri biasanya digunakan sebagai kata penghubung dimana kalimat yang langsung dapat dirubah menjadi kalimat tidak langsung, biasanya kalimat ini akan menggunakan kalimat yang diucapkan oleh kamu secara langsung.

Cara Penulisan Kalimat Tidak Langsung

cara menulis kalimat tidak langsung
cara menulis kalimat tidak langsung

Tentunya untuk cara penulisan kalimat tidak langsung, anda diharuskan untuk menulisnya dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dimana nantinya penulisanya pun akan berbeda dengan kalimat langsung, pada kalimat tidak langsung ketika anda menulis anda tidak diharuskan untuk menggunakan tanda kutip pada awal atau akhir kalimat yang berfungsi sebagai salah satu penegas

Contoh Kalimat Tidak Langsung

contoh kalimat tidak langsung
contoh kalimat tidak langsung

Contoh Kalimat Tidak Langsung
  • Pak bos Teguh berkata, bahwa pada hari Kamis nanti sistem absen elektrik akan diberlakukan, demi menjaga kedisiplinan pegawai untuk masuk atau datang tepat waktu ke kantor.
  • Pak Arif menegaskan, dimulai pada minggu depan laporan keuangan akan dilakukan pengecekan pada hari jum’at sore, sehingga sistem keuangan yang ada tidak terlambat dilaporkan.

Perbedaan Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung
perbedaan kalimat langsung dan tidak langsung

Berbicara mengenai perbedaan antara kalimat langsung dan tidak langsung, maka ciri paling jelas akan terlihat pada cara penulisan serta cara pengucapannya yang berbeda. Jika pada kalimat langsung maka cara penulisannya adalah dengan memberikan tanda kutip di awal serta diakhir kalimat, yang mana cara penulisan pada kalimat tidak langsung akan berbeda dengan kalimat tidak langsung.

Untuk ciri yang kedua dalam membedakan antara kedua jenis kalimat ini, kamu dapat membedakannya dari cara pengucapannya. Pada kalimat langsung ketika kamu membaca maka diharuskan untuk memberikan sedikit tekanan di awal membaca, sedangkan pada kalimat tidak langsung hal ini tidak perlu untuk dilakukan dalam pembacaannya.

Fungsi Kalimat Langsung dan Tidak Langsung

kalimat langsung dan tidak langsung
fungsi kalimat langsung dan tidak langsung
Berbicara mengenai fungsinya, kedua kalimat ini memiliki fungsi yang dapat membedakan ketika seseorang menulis atau menyampaikan sebuah kalimat. hal ini akan mempermudah penerima informasi, baik pembaca atau pendengar dalam membedakan ciri dari keduanya, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman ketika sedang berkomunikasi antara satu dengan yang lain.

Tentunya untuk mengetahui ciri atau tanda dari kalimat langsung dan tidak langsung berikut dengan pengertian serta fungsinya, bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Terutama anda dapat membedakannya dengan mudah dari cara penulisan serta pembacaanya.

Leave a Comment