Apa itu Kalimat Sumbang?

kalimat sumbang
apa itu kalimat sumbang

Apa itu Kalimat Sumbang – Berikut adalah pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh dan bagaimana cara menemukan kalimat sumbang. In sha allah disini akan dijelaskan secara lengkap mengenai kalimat sumbang.

Dalam tata bahasa sastra Indonesia, biasanya ada beberapa aturan atau pengertian tentang kalimat yang sering digunakan untuk menulis sebuah tulisan. Mungkin kamu pernah mendengar beberapa istilah yang sering muncul pada beberapa pembelajaran tata bahasa Indonesia, akan tetapi tidak semuanya mudah untuk dihafal serta dimengerti, salah satu contohnya adalah pengertian dari kalimat sumbang.

Banyak hal yang perlu kamu pelajari mengenai kalimat sumbang ini, meskipun tidak sesulit yang dibayangkan akan ada beberapa peraturan penulisan, yang dapat menyatakan jika suatu kalimat dapat diartikan sebagai kalimat sumbang. Nah, dengan adanya beberapa aturan yang harus dipahami, maka saat ini kamu haruslah tahu terlebih dahulu pengertian kalimat sumbang, ciri-ciri, serta hal-hal lain mengenai jenis kalimat yang satu ini.

Pengertian Kalimat Sumbang

pengertian kalimat sumbang
pengertian kalimat sumbang adalah

Apa itu kalimat sumbang ?

Dalam sebuah tata bahasa, setiap kalimat memiliki beberapa kriterianya tersendiri untuk dikatakan sebagai kalimat sempurna atau sesuai dengan aturan bahasa. Dengan demikian pada penulisan tata bahasa Indonesia, ada istilah kalimat yang dikatakan sumbang yang juga memiliki arti tersendiri untuk istilah ini, yang saat ini sangat penting untuk kamu pelajari untuk menjadi lebih mengerti tata bahasa yang baik.

Kalimat sumbang adalah…?

Dalam pengertiannya kalimat sumbang sering kali dikatakan sebagai salah satu istilah yang menyatakan, bahwa pada sebuah penulisan terdapat sebuah kalimat yang keluar dari arti sebenarnya, atau bisa dibilang keluar dari topik serta pembahasan yang sedang dibicarakan. Mungkin kamu sering juga menemukan beberapa kalimat yang tidak mendukung gagasan utama pembahasan, sehingga membuatnya sumbang.

Beberapa penulis mungkin tidak sengaja menuliskan sesuatu yang diluar dari topik, akan tetapi untuk kalimat sumbang ini dalam dunia sastra bahasa Indonesia, sering kali dianggap sebagai salah satu unsur kesengajaan dari penulis tersebut. Dengan demikian ketika anda menemukan beberapa kalimat yang sumbang, maka biasanya penulis dari buku tersebut mungkin saja melakukannya dengan sengaja.

Pengertian kalimat sumbang menurut KBBI

Jika dilihat dari sisi Kamus Besar Bahasa Indonesia, untuk kalimat yang seperti ini diartikan sebagai salah satu kalimat yang tidak selaras, salah, dan juga janggal pada sebuah penulisan. Sama seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jika pada kalimat ini biasanya topik pembicaraan yang dibahas tidak sesuai dengan kalimat utama atau gagasan pokoknya, maka dari itulah kalimat ini dapat dikatakan sumbang.

Ciri-Ciri Kalimat Sumbang

ciri-ciri kalimat sumbang
ciri-ciri kalimat sumbang

Berikut adalah ciri-ciri kalimat sumbang yang bisa kamu lihat seperti dibawah ini.

Ciri-ciri Kalimat Sumbang

1. Kalimat tidak sesuai dengan topik

Untuk kamu yang ingin mengetahui ciri-ciri kalimat sumbang, maka ciri utamanya dapat dilihat dari pembahasan yang dibawakan pada kalimat tersebut. Biasanya topik yang dibawakan dengan apa yang dituliskan pada tulisan tersebut tidaklah sesuai dengan apa yang dibicarakan, dimana seharusnya apa yang dituliskan masih membahas segala sesuatu yang berhubungan dengan topik sebuah tulisan.

2. Ada beberapa kalimat yang bertolak belakang dengan topik

Ciri-ciri kalimat sumbang yang kedua yaitu ketika kamu membaca sebuah tulisan, seringkali kamu akan membacanya secara langsung sampai ke akhir kalimat yang ditulis pada karangan atau tulisan tersebut. Biasanya ada sebuah kondisi dimana kamu membaca sebuah tulisan yang membuat anda kurang nyaman untuk membacanya, diantaranya adanya suatu kalimat yang bukan hanya tidak sesuai tetapi bertolak belakang dari topik yang dibicarakan.

3. Tata bahasa yang kurang baik

Menulis sebuah tulisan haruslah berpatokan dengan aturan penulisan yang baik dan benar, salah satunya adalah berpatokan dengan ejaan bahasa Indonesia yang sudah sesuai dengan aturannya. Mungkin bagi beberapa penulis akan menganggap tata bahasa ini, sebagai salah satu aturan yang tidak begitu penting bagi pembaca, akan tetapi jika dilihat kembali tata bahasa ini dapat memberikan efek yang besar.

Efek besarnya terdapat pada beberapa kemungkinan yang membuat pembaca menjadi tidak nyaman, terutama jika banyak tata bahasa yang tidak baik dan benar sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Maka dari itu hal ini juga dapat mempengaruhi sumbangnya sebuah kalimat pada suatu tulisan, bahkan beberapa pembaca akan dibuat tidak nyaman dengan apa yang dituliskan oleh penulis tersebut.

Cara Menemukan Kalimat Sumbang

cara menemukan kalimat sumbang
cara menemukan kalimat sumbang

Langkah-langkah untuk Menemukan Kalimat Sumbang dalam Paragraf

1. Membaca tulisan secara berulang

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui jika sebuah tulisan memang memiliki kalimat sumbang didalamnya, bahkan cara untuk menemukannya pun cukup mudah untuk dilakukan. Untuk cara yang pertama mungkin kamu bisa mencoba dengan membaca secara berulang untuk beberapa kalimat yang ada pada tulisan, kemudian nantinya kamu akan dengan mudah menemukan sebuah kejanggalan.

Dengan membacanya secara berulang, biasanya kamu bisa dengan mudah memahami alur pembahasan yang ada pada suatu kalimat. Jika kamu membacanya secara berulang akan mudah ketika menemukan suatu kesalahan dalam penulisan, baik untuk kalimat yang sumbang atau untuk beberapa kesalahan lainnya yang biasanya membuat kualitas tulisan menjadi kurang baik sehingga tidak nyaman dibaca.

2. Dianjurkan untuk mengerti ide pokok pembahasan

Jika kamu ingin mengetahui sebuah kalimat sumbang dengan mudah, maka cara yang harus dilakukan adalah dengan mengerti terlebih dahulu ide pokok dari pembahasan sebuah topik yang kamu baca. Jika kamu sudah mengetahui dengan jelas topik pembicaraan pada sebuah tulisan, terutama untuk mengerti tentang ide pokok yang tertulis pada tulisan biasanya akan menjadi lebih mudah untuk menemukannya.

Memang tidak semua orang dapat melakukan hal ini dengan cepat, mungkin untuk kamu yang sudah mengerti sebuah tata bahasa akan menjadi lebih cepat dalam melakukannya. Berbeda dengan beberapa orang yang belum begitu memahami bagaimana cara mengetahui sebuah ide pokok pada suatu pembahasan, sehingga menjadi lebih sulit untuk memahaminya dengan pengetahuan yang kurang.

3. Cobalah untuk mencari kalimat yang janggal

Biasanya pada sebuah tulisan kamu pasti saja dapat menemukan sebuah tulisan yang janggal, sehingga membuat kamu menjadi tidak nyaman untuk membaca. Jika kamu ingin menemukan sebuah kata atau kalimat yang sumbang, mungkin kamu bisa mencoba untuk mencari kata-kata yang janggal pada tulisan tersebut, sehingga lebih mudah untuk memahami tulisan dan menemukan kesalahannya pada penulisan.

Contoh Kalimat Sumbang Dalam Paragraf

contoh kalimat sumbang
contoh kalimat sumbang dalam paragraf
(1) Singapura termasuk sebagai salah satu negara maju di Asia Tenggara. (2) Dengan menjadi salah satu negara yang menggunakan sistem teknologi dalam segala aspek. (2) kemampuannya untuk menjadi negara maju berbasis teknologi terlihat dari sistem yang digunakan pada pelabuhannya yang berbasis teknologi. (3) dengan masyarakatnya yang cerdas.

Contoh kalimat sumbang dari paragraf diatas yakni terdapat pada nomor 3, dimana penulis sedang membicarakan topik tentang kemajuan Negara Singapura, yang berbasis teknologi pada segala aspeknya termasuk dalam sistem di pelabuhan. Akan tetapi disisi lain penulis juga menyebutkan tentang kecerdasan masyarakat di Singapura, dimana pembahasan ini memang keluar dari topik yang sedang dibicarakan pada topiknya.

Menemukan kalimat sumbang pada sebuah tulisan saat ini bukanlah sebuah perkara yang sulit lagi, dengan melakukan beberapa tips atau cara menemukan yang sudah dijelaskan. Maka anda dapat menjadi lebih mengerti tentang ciri dari kalimat ini serta cara untuk menemukannya yang terbilang mudah.

Mudah-mudahan pembahasan kita kali ini, mengenai pengertian kalimat sumbang, ciri-ciri kalimat sumbang, contoh kalimat sumbang dan cara menemukan kalimat sumbang bisa membantu Anda dalam memahami kalimat ini. Semoga bermanfaat…

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri