Passive Voice

Kamu ingin fasih berbahasa Inggris? Ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu passive voice atau kalimat pasif. Bentuk kalimat yang satu ini sangat lazim digunakan dalam percakapan sehari-hari maupun dalam berbagai teks bacaan. Oleh karena itu, wajar jika menguasai kalimat pasif menjadi salah satu kunci penting agar kamu bisa fasih berbicara dan menulis bahasa Inggris.

Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan passive voice? Apakah kalimat pasif yang satu ini sama dengan yang kita miliki? Daripada penasaran, yuk simak pembahasan lengkap berikut. Dijamin kamu akan lebih paham tentang materi yang satu ini!

Pengertian Passive Voice

Passive voice atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kalimat pasif adalah sebuah kalimat dimana subyek menerima perlakuan dari obyek. Kalimat ini berlawanan dengan active voice yang menggambarkan subyek melakukan aksi terhadap obyek. Kalimat pasif biasanya menggunakan transitive verb seperti buy, bring, write, dan sebagainya. Sedangkan intransitive verb biasanya tidak bisa dipakai dalam kalimat ini.

Saat kamu membuat sebuah kalimat pasif, maka hal ini menunjukkan bahwa kamu ingin fokus pada seseorang atau sesuatu yang mendapat perlakuan daripada seseorang atau sesuatu yang melakukan. Terkadang tipe kalimat ini juga digunakan saat kamu tidak tahu atau tidak ingin membahas siapa yang melakukan aksi.

Fungsi Passive Voice

Pada dasarnya, tidak semua kalimat bisa diungkapkan menggunakan active voice. Oleh karena itu, kamu harus belajar memahami fungsi dari kalimat pasif agar bisa memakainya di saat yang tepat. Berbicara mengenai fungsi, kalimat pasif mempunyai beberapa kegunaan yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

1. Menjelaskan kejadian yang tidak diketahui pelakunya

Terkadang sesuatu terjadi tanpa bisa dijelaskan bagaimana atau siapa yang melakukannya. Di saat seperti inilah kalimat pasif harus digunakan. Fungsinya adalah agar kamu tidak perlu repot-repot mencari siapa yang melakukan tindakan tersebut. Meskipun bisa saja kamu menggunakan ‘someone’ atau ‘something’, namun bentuk pasif membuat kalimat kamu lebih berbobot.

2. Menjelaskan kejadian saat yang diperlakukan lebih penting dari pelaku

Kalimat pasif juga dapat digunakan ketika obyek lebih penting daripada subyek (pelaku). Meskipun kamu mengetahui siapa pelakunya, namun mungkin kamu menganggap bahwa subyek tersebut tidak penting untuk diketahui oleh pembaca. Oleh karena itu, bentuk pasif dapat digunakan.

3. Membuat kalimat lebih bervariasi

Saat kamu harus membuat sebuah tulisan, tentu pembaca akan merasa sangat jenuh jika membaca kalimat aktif secara terus-menerus. Kehadiran kalimat dengan bentuk pasif bisa memberikan variasi yang menyegarkan bagi pembaca sehingga tertarik untuk menghabiskan seluruh bacaan.

Rumus Passive Voice

Kurang lengkap rasanya jika belajar kalimat bahasa Inggris tanpa rumus! Yup, dalam pembahasan passive voice kamu juga akan menemukan rumus untuk membuat bentuk pasif yang baik. Pada dasarnya, rumus yang digunakan adalah:

Subject + to be + past participle (Verb 3)

Sangat sederhana bukan? Meskipun demikian, rumus di atas menjadi bervariasi tergantung tenses yang digunakan. Dengan kata lain ada 16 rumus passive voice yang bisa kamu pakai untuk menyusun sebuah kalimat! Namun pembahasan kali ini hanya akan berfokus pada 8 rumus saja. Selamat menyimak!

1. Simple present

Rumus: subject + is/am/are + past participle

Contoh: The statue is created by a professional.

2. Present continuous

Rumus: subject + is/am/are being + past participle

Contoh: The rice is being cooked by my mother.

3. Simple past

Rumus: subject + was/were + past participle

Contoh: My car was fixed in Mr. Smith’s garage

4. Past continuous

Rumus: subject + was/were being + past participle

Contoh: The building was being maintained when the accident occurred.

5. Present perfect

Rumus: subject + has/have been + past participle

Contoh: Thalia has been examined by the doctor

6. Past perfect

Rumus: subject + had been + past participle

Contoh: The essay had been written before you asked.

7. Simple future

Rumus: subject + will be + past participle

Contoh: The house will be cleaned tomorrow.

8. Future continuous

Rumus: subject + will be being + past participle

Contoh: This paper will be being written by Professor Smithson

Variasi Passive Voice

Selain beragam bentuk di atas, masih ada berbagai variasi passive voice yang lazim digunakan. Variasi tersebut meliputi bentuk pasif dengan infinitive, dengan gerund, dengan get, dan dengan to be born. Yuk simak penjelasan berikut ini!

– Bentuk pasif dengan infinitive

Variasi yang satu ini dipakai saat kamu menggunakan modal verb atau verb lain yang biasanya diikuti oleh to infinitive. Perhatikan contoh kalimat pasif dengan infinitive di bawah ini.

  • I want to be invited to the farewell party.
  • My brother expects to be promoted this year.
  • They might be asked to find another location for the gathering.

– Bentuk pasif dengan gerund

Masih ingat dengan gerund? Yup, V-ing yang berubah fungsi menjadi kata benda ini juga bisa digunakan dalam kalimat pasif. Gerund biasanya digunakan setelah preposisi atau verb yang biasa diikuti gerund. Berikut contoh kalimat yang bisa kamu pelajari.

  • The kids remember being taken to the forest.
  • I hate being stared by strangers.
  • Smith is excited about being chosen as a host.

– Bentuk pasif dengan get

Dalam membentuk kalimat pasif, terutama dalam percakapan informal, to be (is/am/are) dapat digantikan dengan get. Meskipun begitu, makna kalimat tidak berubah. Contoh kalimat pasif dengan get adalah:

  • The customers get treated very well.
  • This building is getting developed.
  • The plants get examined thoroughly.

– Bentuk pasif dengan to be born

To be born merupakan kalimat pasif dan seringkali menggunakan bentuk past tense. Namun, dalam beberapa kasus to be born juga bisa dipakai untuk kalimat present atau future tense. Contoh:

  • I was born in Paris.
  • More than 300 babies are born every month in this locality.
  • Mr. and Mrs. Johansson agree that the baby will be born in Thailand.

Contoh Passive Voice

Masih penasaran dengan bentuk kalimat yang satu ini? Kamu butuh lebih banyak contoh agar lebih paham? Tenang! Di bawah ini, kamu akan menemukan banyak sekali contoh kalimat pasif dengan beragam variasi. Dijamin kamu tidak akan kebingungan lagi deh!

  • His car was stolen by a man wearing a black jacket.
  • The research will be conducted tomorrow.
  • This company has been established since 1940.
  • The students are taught by the smartest teacher in this school.
  • The floor has been mopped this morning.
  • I remember being hit by that bike.
  • My smartphone is being fixed at the moment.
  • She needs to be noticed.
  • They were born on the same day.

Tinggalkan komentar