Alat Musik Tradisional Papua

Alat musik tradisional Papua – Papua merupakan provinsi yang berada Indonesia, dengan berbagai jenis kelebihan seperti pada alat musik tradisional Papua sendiri. Alat musik sendiri biasanya selain dimainkan untuk acara khusus, pemain juga sering mengekspresikan diri dengan lantunan musik tersebut. Hal ini dilakukan untuk menyalurkan perasaan melalui alunan musik yang sedang dimainkan oleh pemusik.

Papua juga menggunakan alat musik ketika sedang mengisi suatu pementasan seni, perayaan, dan juga pada saat acara khusus seperti upacara adat. Alat musik dari Papua sendiri memiliki jumlah yang tidak sedikit, mulai dari yang sudah kuno dan sudah dikembangkan.

Masyarakat dari provinsi Papua juga memiliki beberapa teknik bermain alat musik yang khas dan ahli.

Nama Alat Musik Tradisional Papua

alat musik tradisional papua
alat musik tradisional papua

Ketika Anda mencari tahu mengenai alat musik yang ada pada Papua Anda akan melihat rangkaian nama alat musik tradisional dari Papua yang banyak. Hal ini karena Papua memiliki banyak jenis musik yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luar dari daerah Papua tersebut. Anda dapat menyimak rangkaian penjelasan dari beberapa jenis dan nama alat musik tradisional khas Papua ini.

1. Tifa

alat musik tifa
alat musik tifa

Tifa merupakan salah satu jenis alat musik khas Papua yang cukup dikenal pada zamannya. Bentuknya sendiri jika dilihat sekilas akan menyerupai seperti kendang. Alat musik jenis tifa ini terbuat dari kayu yang telah dilubangi pada bagian tengahnya. Alat musik tifa dari Papua ini terkenal dengan keunikannya. Penutup bagian dari tifa sendiri biasanya menggunakan kulit hewan seperti kendang.

Alat musik tradisional tifa memiliki beberapa jenis seperti tifa dasar, tifa bas, tifa potong, dan juga tifa jekir yang masih dikenal. Hiasan yang terdapat pada jenis alat musik ini yaitu terdapat jenis ukiran yang indah dan juga khas dari masyarakat Papua. Umumnya alat musik Tifa biasanya digunakan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti pada tari perang, dan juga jenis tari tradisional lainnya.

2. Pikon

alat musik pikon
alat musik pikon

Pikon yang menjadi alat musik khas dari provinsi Papua ini berasal dari Bahasa Baliem, yaitu pkinone yang berarti alat musik bunyi. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh laki-laki, dengan bunyi yang dihasilkannya mirip seperti suara kicauan burung, sehingga terdengar lebih unik. Alat musik pikon sendiri terbuat dari bahan bambu yang memiliki ruas-ruas dan juga berongga dengan nama hite.

Tidak sembarang orang bisa memainkannya, karena dibutuhkan teknik khusus dan memiliki khasnya sendiri. Alat musik pikon biasanya hanya mengeluarkan nada-nada dasar seperti nada do, mi, dan sol, karena cukup sulit, dan rumit. Alat musik ini bisa dimainkan dengan meniup dan menarik talinya hingga mengeluarkan nada, bisa dipadukan dengan alat musik lainnya, dipadukan dengan melodi lagu.

3. Triton

alat musik triton
alat musik triton

Triton merupakan salah satu alat musik tradisional Papua yang sedikit mirip dengan pikon, namun terdapat beberapa perbedaan. Cara memainkan alat musik ini juga sama, namun saat mengeluarkan hasil suaranya terdengar sangat berbeda. Triton sendiri memiliki ciri khas yang unik dan berbeda, sehingga tidak heran jika Triton banyak dikenal di luar daerah Papua.

Dulu triton digunakan sebagai alat komunikasi, namun sekarang hanya digunakan sebagai hiburan semata.

Dahulu triton digunakan untuk sebuah sarana berkomunikasi ketika sedang meminta pertolongan. Saat ini triton sering digunakan untuk mengiringi pentas seni musik pada sebuah acara untuk hiburan. Alat ini juga dimainkan bersama dengan alat musik Papua lainnya untuk memberikan kolaborasi nada yang terdengar lebih indah.

4. Butshake

alat musik Butshake
alat musik Butshake

Alat musik tradisional yang berasal dari Papua ini memiliki bentuk yang sangat unik, dan tampil berbeda dari alat musik Papua lainnya. Alat musik jenis butshake ini sendiri terbuat dari bahan utamanya yang menggunakan bambu dan juga buah kenari. Bunyi yang dihasilkan dari jenis alat musik butshake sendiri terdengar sangat asing dan berbeda, Anda akan merasakan keunikan dan ciri khas yang sangat kuat.

Bunyi yang dihasilkan dari alat musik tradisional butshake ini mempunyai suara yang khas yaitu seperti suara gemercik saat dimainkan. Biasanya, alat musik butshake ini hanya akan ditampilkan dan dimainkan untuk sebuah acara pada pertunjukkan seni tarian-tarian adat tradisional.

5. Atowo

alat musik atowo
alat musik atowo

Alat musik tradisional Papua dengan jenis atowo merupakan salah satu alat musik yang sangat unik dan juga memiliki bentuk yang langka. Alat musik atowo yang terbilang langka ini karena sudah sulit untuk ditemukan, dan sudah sangat jarang digunakan. Ukuran pada alat musik ini kecil dan memiliki bentuk yang panjang namun bulat, sehingga sangat ringan pada saat dimainkan.

Umumnya alat musik atowo dapat Anda mainkan dengan menggunakan kedua tangan, seperti tangan satu memegang badan, tangan satu lagi akan memukul penutup dari atowo. Alat musik atowo seperti ini memiliki teknik tersendiri untuk bisa memainkannya, perlu untuk mempelajarinya terlebih dahulu untuk bisa menyesuaikan irama pada atowo.

6. Fuu

alat musik papua fuu
alat musik papua fuu

Fuu merupakan sebuah alat musik yang berasal dari Papua dan sangat dikenal oleh masyarakat Papua terutama dari Suku Asmat. Alat musik tradisional ini sendiri awalnya dibuat dengan menggunakan kayu dan juga bambu, yang telah dibuat dengan khusus. Pada bentuk alat musik fuu ini sendiri merupakan perpaduan dari bentuk suling dan juga bentuk tabung.

Hal ini karena pada bentuk fuu ada yang terlihat gempal dan juga terdapat lubang pada ujung dari alat musik tifa ini. Umumnya alat musik ini akan dimainkan bersamaan dengan tifa dan juga alat musik lainnya, untuk mengiringi tarian tradisional Papua yaitu Suku Asmat. Namun alat ini sudah tidak lagi didengar ke berbagai daerah yang berada di luar Papua.

7. Kecapi Mulut

alat musik kecapi mulut
alat musik kecapi mulut

Terdapat alat musik tradisional Papua yang bernama kecapi mulut, dengan keunikannya yang berbeda dari kecapi lainnya. Bahan yang utama atau dasar yang digunakan untuk alat musik tradisional ini yaitu dengan menggunakan bambu wulu, dengan teknik melibatkan punukan.

Cara memainkan alat musik kecapi ini sangat unik yaitu dengan meletakkannya di bibir Anda, setelah itu tarik talinya.

Alat musik ini awalnya dimainkan dan ditemukan oleh masyarakat dari Suku Dani yang berada di sebuah Lembah Baliem yang ada di Papua.

Jika melihat alat musik ini Anda akan merasakan ciri khas tradisional Papua yang sangat kental, pada alat musik ini. Suara yang dihasilkan dari alat musik kecapi mulut umumnya tidak terdengar keras, dan hanya digunakan untuk pentas hiburan saja.

8. Krombi

alat musik krombi
alat musik krombi

Krombi, termasuk dalam jenis alat musik tradisional yang jarang sekali didengar dan dilihat oleh masyarakat yang berada di luar daerah dari Papua. Krombi sendiri digunakan dan dimainkan oleh Suku Tehit sebagai media dari kesenian musik yang menjadi pengiring tarian adat. Alat musik tradisional dengan jenis krombi sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari bambu yang dibentuk khusus.

Papua memang tidak hanya dikenal sebagai provinsi yang menyimpan banyak keindahan, dan juga suku yang beragam. Namun Papua juga memiliki banyak ragam jenis alat musik tradisional Papua yang hingga saat ini masih dikembangkan dan di mainkan.

Tinggalkan komentar