Alat Musik Tiup

Alat musik tiup – Siapa diantara kamu yang bisa dan menyukai permainan alat musik? Bermain alat musik bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Ada banyak jenis alat musik yang dapat kamu mainkan, salah satunya adalah alat musik tiup. Alat musik yang satu ini sesuai dengan namanya, dimainkan dengan cara di tiup. Contoh dari alat musik ini adalah Seruling.

Penasaran dengan jenis alat musik satu ini? Simak selengkapnya ya!

Jenis-jenis Alat Musik Tiup

jenis alat musik tiup
jenis alat musik tiup

Ada berbagai macam dari alat musik tiup yang harus kamu ketahui. Ternyata, di dunia ini sebenarnya banyak sekali alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Apasajakah itu? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Klarinet

alat musik tiup klarinet
alat musik tiup klarinet

Tahukah kamu alat musik klarinet? Alat musik kesukaan tokoh kartun dalam animasi Spongebob Squarepants ini adalah termasuk alat musik tiup. Alat musik ini mampu menghasilkan nada salah satunya nada sopran. Klarinet bisa menghasilkan suara yang elegan dan berkelas, sering kali ditampilkan dalam orkestra.

2. Obo

alat musik tiup obo
alat musik tiup obo

Selanjutnya adalah Obo. Alat musik ini merupakan alat musik double reed jenis woodwind. Ia merupakan keturunan dari shawm. Kata “obo” sendiri asalnya dari bahasa Perancis hautbois, yang mana memiliki makna “high wood”. Obo terkadang juga disebut sebagai hautboy didalam bahasa inggris. Orang yang memainkan alat musik ini dipanggil dengan sebutan obois.

Apabila dibandingkan dengan instrumen woodwind yang lain, maka alat musik obo mempunyai suara yang jernih dan juga melengking. Suara obo bisa terdengar dengan jelas didalam ansambel yang besar, hal inilah yang menyebabkan suaranya bisa dengan mudah untuk di dengarkan saat tuning.

3. Saksofon

alat musik tiup saksofon
alat musik tiup saksofon

Selanjutnya adalah Saksofon, yang mana masuk dalam kategori keluarga woodwind. Bahan pembuat alat musik ini adalah logam dan umumnya, Saksofon sering dikaitkan dengan musik populer seperti jazz dan big band music. Padahal, jika dilihat kebelakang sebenarnya alat musik ini digunakan untuk instrumen orkestra dan juga band militer.

Saksofon sendiri dibagi lagi menjadi tiga yakni Curved Bell Soprano Saxophone, Soprano Saxophone, Alto Saxophone.

4. Flute

alat musik tiup flute
alat musik tiup flute

Masih dalam kategori keluarga woodwind, suara Flute ini memiliki karakter lembut sehingga bagus dan cocok untuk dikombinasikan berbagai instrumen musik yang lainnya. Flute modern yang digunakan oleh profesional biasanya terbuat dari emas, perak, atau campuran antar keduanya. Sedangkan Flute yang biasa umumnya dibuat dari nikel-perak, atau berbahan logam yang kemudian dilapisi oleh perak.

5. Terompet

alat musik tiup terompet
alat musik tiup terompet

Alat musik tiup selanjutnya adalah yang sangat familiar di orang Indonesia, yakni Terompet. Terompet sendiri merupakan alat musik dengan cara ditiup yang terletak pada jajaran tertinggi diantara Trombon, Sousafon, Eufonium, Bariton, dan juga French Horn.

Alat musik yang satu ini hanya memiliki tiga tombol untuk dimaninkan, dan pemain haruslah melakukan penyesuaian embouchure untuk menghasilkan nada yang berbeda. Untuk jenis Terompet yang populer sendiri adalah Bb. Tetapi untuk Terompet C, D, Eb, E, F, G, A juga masih mudah untuk ditemukan. Di AS sendiri, Terompet jenis C lah yang paling banyak digunakan.

6. Trombon

alat musik tiup trombon
alat musik tiup trombon

Alat musik ini juga terbuat dari logam, yang mana dimainkan dengan cara ditiup atau dengan menggetarkan bibir. Trombon sendiri berasal dari bahasa Itali yakni Tromba yang artinya Terompet dan akhiran One yang artinya besar. Maka dapat diartikan bahwa Trombon artinya adalah terompet yang sangat besar.

7. Harmonika

alat musik tiup harmonika
alat musik tiup harmonika

Hayo, siapa diantara kamu yang tidak mengerti alat musik satu ini? Alat musik ini termasuk alat musik yang sangat mudah dimainkan. Cara memainkannya hanya dengan cara dihisap dan juga ditiup, maka akan menghasilkan suara yang baus. Harmonika sendiri berasal dari China yang namanya adalah “Sheng” dan telah digunakan sejak kekaisaran Nyu-kwa.

Nah kemudian Harmonika modern ditemukan sekitar tahun 1821 oleh Buschmann. Ia kemudian mendesain Harmonika dengan berbentuk plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan desain yang sederhana dan menyediakan nada tiup kromatis. Kemudian dari desain awal yang ia buat itulah banyak orang yang melakukan berbagai modifikasi.

Salah satu orang yang berhasil memodifikasi dengan baik adalah desain dari Richter, yang kemudian menjadi desain Harmonika modern. Di tahun 1826, ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar. Nada yang dibuat Richter ini merupakan nada diatonis yang kemudian menjadi standar nada dari Harmonika.

8. Basson

alat musik tiup basson
alat musik tiup basson

Selanjutnya adalah Bassoon, yang masuk dalam kelompok woodwind pula. Ia mempunyai suara terendah dari instrumen sejenis lainnya.

9. Tuba

alat musik tiup tuba
alat musik tiup tuba

Alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini terbuat dari logam, berbentuk menyerupai Terompet yang meliuk-liuk.

10. Tahuri

alat musik tiup tahuri
alat musik tiup tahuri

Nah untuk alat musik satu ini berasal dari Indonesia, lho! Ia merupakan Terompet kima atau suatu kerang yang besar. Asal tepatnya adalah dari daerah Maluku, umumnya di daerah pesisir. Untuk membuat alat musik ini, dibutuhkan kerang raksasa yang dicuci bersih. Setelah itu, kerang dilubangi dengan bor.

Nada yang dihasilkan tergantung dengan besar kecilnya kerang yang ada. Semakin kecil kerangnya, maka semakin nyaring atau tinggi nada yang dihasilkan. Dan semakin besar kerang yang ada, maka hasil nadanya akan semakin rendah.

11. Serunai

alat musik tiup serunai
alat musik tiup serunai

Masih alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia, Serunai atau juga disebut dengan Puput Serunai ini merupakan alat musik masyarakat Minang. Alat musik ini unik karena mempunyai bagian ujung yang mengembang. Fungsinya adalah untuk memperbesar volume suara yang ada.

12. Kinu

alat musik tiup kinu
alat musik tiup kinu

Alat musik tiup yang selanjutnya ini merupakan alat musik yang juga berasal dari Indonesia. Kinu merupakan jenis alat musik yang asalnya adalah dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat NTT suka menggunakan alat musik satu ini untuk berbagai perayaan yang mereka miliki.

13. Foy Doa

alat musik tiup foy doa
alat musik tiup foy doa

Foy Doa ini mirip dengan suling, tetapi berjumlah ganda. Asalnya juga dari Indonesia, tepatnya adalah dari Ngada, Flores, NTT. Foy Doa sendiri terbuat dari bambu kecil yang bergandeng, dua atau bahkan lebih.

Umumnya, Foy Doa digunakan oleh para pemudi untuk memainkan pertunjukan rakyat pada malam hari yang dilakukan dengan cara melingkar.

14. Pereret Pengasih-Asih

alat musik tiup pereret pengasih-asih
alat musik tiup pereret pengasih-asih

Alat musik yang satu ini berasal dari Bali. Pereret Pengasih-Asih sering disamakan dengan terompet, tetapi yang menjadi pembeda adalah bahan bakunya yang berasal dari kayu. Kayu tersebut diolah sedemikian rupa sehingga memiliki bunyi layaknya terompet.

15. Foi Mere

alat musik tiup foi mere
alat musik tiup foi mere

Dan yang terakhir, alat musik yang berasal dari Flores satu ini. Bentuknya panjang dan mampu menghasilkan suara merdu, sehingga tidak mengherankan bahwa alat musik satu ini menjadi favorit warga sekitar untuk memainkan musik dan berbagai pertunjukan.

Dari berbagai alat musik tiup diatas, yang manakah yang bisa kamu mainkan? Memainkan alat musik bisa menyalurkan ekspresi diri kita dan juga dapat membuat terhindar dari berbagai macam stres. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar