SENI PAHAT: Pengertian, Teknik, Jenis, dan Contohnya

Seni pahat – Keindahan seni memang selalu membuat semua orang terpukau. Salah satu seni yang tidak pernah surut oleh perhatian orang yakni seni pahat. Seni yang satu ini seringkali diidentikan dengan seni patung.

Sebenarnya, apa sih definisinya? Apa saja teknik yang digunakan pada seni pahat? Lalu apa sajakah contohnya? Tenang, kamu akan segera menemukan jawabannya!

Pengertian Seni Pahat

pengertian seni pahat
pengertian seni pahat

Menurut pengertian yang ditulis oleh Wikipedia Indonesia, seni pahat merupakan cabang seni rupa 3 dimensi. Seni ini juga disebut sebagai seni patung yang mana seiring dengan berubahnya zaman, teknik yang digunakan semakin beragam.

Sedangkan menurut beberapa ahli, misalnya Mikke Susanto, menyatakan bahwa definisi seni pahat adalah suatu karya tiga dimensi yang dibentuk dengan metode subtraktif atau aditif. Soenarso dan Soeroto juga menyumbangkan pemikirannya dengan mendifinisikan bahwa seni patung adalah segala karya yang dalam bentuk meruang.

Kalians Besar Indonesia juga mendifinisikannya sebagai benda tiruan, bentuk manusia atau hewan yang cara pembuatannya dengan dipahat.

Dan yang terakhir, definisi yang dikemukakan oleh B.S myers, yang menyatakan bahwa seni pahat adalah karya tiga dimensi yang mana ia tidak terikat pada latar belakang apapun atau pada bidang manapun dalam kaitannya pada suatu bangunan.

Dari definisi diatas maka kamu dapat menyimpulkan bahwa seni patung atau pahat tersebut adalah suatu cabang karya tiga dimensi yang dilakukan dengan berbagai teknik dengan metode pahat.

Teknik-teknik Pahat

teknik seni pahat
teknik seni pahat

Setelah mengetahui pengertiannya, maka selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah tentang teknik-teknik pahat. Adapun teknik-teknik pahat adalah sebagai berikut:

1. Teknik Butsir

Teknik pahat yang pertama adalah teknik butsir. Butsir dapat digambarkan dengan cara mengurangkan bahan lunak yang berada pada patung. Contoh bahan patung yang dibuat dengan teknik butsir adalah tanah liatnya, gips, atau bahan yang lainnya. Dari pengurangan tersebut akhirnya tercipta suatu patung yang indah dan bernilai estetika.

2. Teknik Modeling

Teknik pahat selanjutnya adalah dengan cara teknik modelling. Teknik ini ialah membentuk suatu patung dengan cara membuat terlebih dahulu model dari patung tersebut, kemudian baru dilakukan pembentukan patung yang sebenarnya.

3. Teknik Merakit atau Cor

Untuk teknik yang satu ini, umumnya digunakan untuk pembuatan patung yang memiliki bahan dasar berupa logam. Cara pelaksanaan teknik yang satu ini adalah dengan cara memanaskan logam terlebih dahulu sehingga logam tersebut mencair, kemudan zat cair tersebut dituangkan kedalam cetakan yang telah disediakan yang berbentuk model patung yang diinginkan.

4. Teknik Membentuk

Teknik membentuk adalah teknik pembuatan patung yang dilakukan dengan bertahap sehingga pada hasil akhirnya akan menghasilkan membentuk patung yang dikehendaki. Pada teknik pahat yang satu ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Meskipun begitu, umumnya kualitas yang didapatkan dari pembuatan patung dengan teknik ini sangat tinggi karena dibutuhkan perasaan dalam pembuatannya.

5. Teknik Merakit

Teknik merakit ini serupa dengan penyusunan permainan puzzle, yakni dengan jalan merakit bahan dasar pembentuk patung dan kemudian mulai merangkainya sehingga terbentuk patung yang indah.

6. Teknik Pahat

Teknik terakhir pada seni pahat ini ialah teknik pahat, yakni umumnya yang dilakukan pada bahan dasar yang keras seperti batu, tulang, dan juga kayu. Cara pahat dilakukan dengan cara mengurangi suatu bagian tertentu pada bahan pembentuknya, yang nantinya akan menghasilkan bentuk patung sesuai dengan yang diinginkan.

Jenis Seni Pahat

jenis seni pahat
jenis seni pahat

Nah, setelah kamu mengetahui tentang definisi dan juga teknik-teknik pahat, kamu perlu mengetahui jenis dan contoh karya seni patung sehingga pengetahuanmu tentang cabang seni ini dapat lengkap. Penggolongannya antara lain adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan Bentuknya

Jika digolongkan berdasarkan bentuk, maka seni patung dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yakni figuratif dan non figuratif.

Figuratif adalah jenis patung yang dibentuk dengan cara meniru bentuk yang telah ada di kehidupan nyata, misalnya hewan dan tumbuhan seperti aslinya. Sedangkan non figuratif adalah jenis patung yang umumnya berupa garis, lekukan, dan bagian tertentu suatu objek.

2. Berdasarkan Jenisnya

Penggolongan patung berdasarkan jenis dibagi menjadi dua yakni zonde bosse dan juga relief. Zonde bosse adlaah jenis patung yang berdiri sendiri dan tidak menempel pada sisi tertentu. Relief adalah jenis patung yang mana menempel pada suatu permukaan dinding.

Contoh Seni Pahat

contoh seni pahat
contoh seni pahat

Ada banyak sekali contoh patung yang ada didunia, yang mungkin sebelumnya kamu telah mengetahui. Beberapa karya besar patung yang wajib kamu ketahui antara lain adalah sebagai berikut:

1. Patung Liberty

Patung yang sangat tinggi ini sangat terkenal dan mungkin hampir semua orang pasti mengetahuinya. Patung yang berada pada Amerika Serikat ini digambarkan sebagai sebuah patung perempuan yang sedang memegang obor. Patung tersebut menjadi saksi atas kejadian besar dan bersejarah di negeri Paman Sam ini.

Patung Liberty adalah patung hadiah dari Prancis kepada AS saat perayaan seratus tahun deklarasi kemerdekaan yang dilakukan pada tanggal 28 Oktober 1886. Kemegahan dan keindahan patung ini sangat terkenal didunia.

2. Christ The Redeemer, Rio de Janeiro

Patung satu ini ialah patung Yesus yang berukuran sangat besar setinggi tigapuluh meter. Patung Christ The Redeemer ini mempunyai tangan yang membentang di udara dengan panjang dua puluh delapan meter! Lokasinya yang tak biasa, yakni di puncak Gunung Corcovado, membuat patung ini sangat estetik dan mempesona.

Patung Christ The Redeemer ini dibuat pada rentang tahun dari 1926 hingga 1931 dan sudah menjadi patung yang sangat khas berasal dari Brazil. Ohya, patung ini juga dianggap sebagai salah satu patung terbesar di dunia, loh!

3. Garuda Wisnu Kencana

Patung menakjubkan selanjutnya berasal dari Indonesia, lho! Ia terteltak di Bukit Ungasan, Jimbaran, Bali. Ukuran patung yang satu ini setinggi 75 meter dan lebarnya yakni hingga 60 meter. Patung Garuda Wisnu Kencana dibangun pada tahun 1997 dan diresmikan pada 8 Agustus 2018 kemarin.

Patung GWK ini sudah menjadi ikon Bali dan setiap tahunnya tidak pernah sepi pengunjung baik dari wisata domestik maupun mancanegara.

4. Spring Temple Budha

Patung yang dikatakan sebagai patung tertinggi di dunia ini terletak di negara China, tepatnya di Henan. Patung satu ini dibangin dalam rentang waktu kurang lebih sebelas tahun yang dimulai tahun 1997. Tinggi patung ini adalah 153 meter dengan berat hingga 1000 ton. Fantasis sekali, kan?

5. Sphinx

Patung kebanggan mesir ini memiliki bentuk setengah manusia dan setengah hewan. Patung yang terbuat dari batu gamping ini berdiri dengan gagah di Dataran Tinggi Giza. Patung Sphinx ini memiliki tinggi kurang lebih 20 meter dengan panjang 73,5 dan lebar 19,3 meter. Patung Sphinx tidak hanya menjadi ikon Mesir, tetapi sekaligus menjadi tujuh keajaiban dunia.

Pahat memang menjadi kategori seni yang ternyata sering kita temui lewat patung pada kehidupan sehari-hari. Banyak sekali orang yang tiada hentinya mengangumi keindahan dari karya seni yang satu ini, dan kedepannya pasti akan banyak sekali karya karya baru yang tak kalah menakjubkan dari karya yang sudah ada.

Tinggalkan komentar