Alat Musik Petik

Alat musik petik merupakan salah satu perlengkapan yang digunakan untuk mendukung permainan musik yang lebih baik. Indonesia sendiri memiliki banyak ragam jenis musik yang hingga saat ini masih digunakan untuk pementasan dan lainnya. Umumnya setiap daerah memiliki budaya dan jenis musik yang berbeda-beda sesuai dengan ciri khas budaya dari daerah itu sendiri.

Alat musik sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu alat musik modern dan alat musik tradisional. Setiap alat musik memiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda untuk mengiringi lagu dan sebagainya. Alat musik sendiri umumnya memiliki karakteristik dengan cara memainkannya yang unik, suara atau instrumen yang didapatkan juga beragam tergantung dari jenisnya.

Pengertian Alat Musik Petik

pengertian alat musik petik
pengertian alat musik petik

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini sangat banyak, dan tidak sedikit jumlahnya. Alat musik seperti ini juga umumnya merupakan salah satu alat musik yang menggunakan senar dan dimainkan dengan cara dipetik. Sehingga suara yang dihasilkan dari alat musik tersebut berasal dari getaran senar atau dawai yang dipetik.

Tinggi dan rendah nada atau irama yang dihasilkan dari alat musik yang dipetik seperti ini biasanya tergantung dengan panjang dan pendeknya dawai yang digunakan. Alat musik model petik ini juga mengeluarkan bunyi yang kompilasi pada saat dipetik di bagian senar hingga bergetar. Cara memainkan alat musik jenis petik ini juga bermacam-macam tergantung dari bentuk dan jenisnya.

Jenis-Jenis Alat Musik Petik

jenis alat musik petik
jenis alat musik petik

Ada begitu banyak jenis alat musik petik yang memiliki fungsi dan bentuk yang beragam. Seiring berkembangnya zaman, alat musik ini juga turut berkembang menjadi alat musik yang modern. Berikut ini terdapat beberapa jenis alat musik jenis petik yang tradisional dan modern.

1. Gitar

Gitar
Gitar

Gitar merupakan salah satu alat musik jenis petik yang sudah banyak dikenal dan diketahui hingga ke seluruh dunia. Gitar sendiri umumnya memiliki bentuk yang terbuat dari bahan kayu. Bentuknya yang khas dan cara memainkannya juga bukan hanya bisa dipetik, namun bisa juga di genjreng. Jenis gitar sendiri dibagi menjadi dua yaitu gitar elektrik dan juga gitar akustik dengan jumlah kord yang bisa digunakan.

2. Kecapi

Kecapi
Kecapi

Alat musik kecapi berasal dari daerah Jawa Barat dan terbuat dari bahan kayu dan dibentuk dengan khas. Alat musik ini dapat dimainkan dengan beberapa teknik yaitu sintreuk torl, petik dijungkalkan, dan juga teknik jambret. Kecapi sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu alat musik kecapi rincik dan indung, namun yang dikenal yaitu kecapi siter dan perahu.

Fungsi yang ada pada alat musik kecapi juga berbeda satu sama lain, pada kecapi rincik berfungsi sebagai pengiring kecapi indung. Ukuran kecapi rincik yang lebih kecil membuat ukuran dawai yang dimilikinya hanya berjumlah 15 dawai. Namun, rata-rata kecapi indung memiliki ukuran yang besar dengan jumlah dawai yang mencapai 18 hingga 20 dawai.

3. Sasando

Sasando
Sasando

Alat musik jenis sasando ini pertama kali ada di Pulau Rote Nusa Tenggara Timur sejak zaman sejarah dahulu hingga kini. Bahan utama yang digunakan untuk pembuatan alat musik sasando ini sendiri menggunakan bambu tabung yang panjang. Sasando sendiri memberikan hasil bunyi yang hampir mirip dengan alat musik petik lainnya yang biasa digunakan.

Ada dua jenis sasando yang dikenal yaitu sasando dobel, dan sasando engkel, selain itu ada jenis sasando dengan bentuk elektrik. Umumnya alat musik sasando ini biasa digunakan untuk acara tradisional masyarakat yang ada di Pulau Rote pada saat acara tradisional masyarakat sekitar. Alat musik ini memiliki ciri khas keunikan sendiri pada bentuk dan bunyinya.

4. Harpa

Harpa
Harpa

Salah satu alat musik tertua yang dimainkan dengan cara dipetik yaitu harpa, yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Pada masa sejarah, alat ini dibentuk dengan menggunakan busur panah yang sudah biasa digunakan untuk berburu. Umumnya ada 22 tali yang lengkap dengan komponen penting pada papan suara, dan leher, dengan jumlah dawai 47 senar yang diterima.

5. Sitar

Sitar
Sitar

Alat musik ini merupakan salah satu jenis alat musik khas Indonesia, terutama pada daerah jawa tengah. Alat ini masih sangat sering kali dimainkan pada saat acara acara seni musik senior di berbagai daerah. Bentuknya yang unik terdiri dari ruang penggema bunyi dengan bentangan dawai yang kuat dan juga panjang.

6. Shamisen

Shamisen
Shamisen

Jenis alat seperti shamisen merupakan alat musik yang sudah tidak asing lagi di negara Jepang, selain itu shamisen juga memiliki unsur penting untuk seni tradisional mereka. Walaupun berbeda, cara memainkannya sama seperti peralatan musik petik pada umumnya. Shamisen tidak seperti alat lainnya karena memiliki dawai yang hanya berjumlah tiga, tidak seperti yang lain.

Alat musik ini memiliki bentuk yang unik dan indah yaitu bentuk segitiga yang terdapat warna emas, sehingga membuatnya terlihat mewah. Tidak hanya itu cara memainkan alat ini juga bisa dengan cara dipetik menggunakan tangan atau dengan kaki. Biasanya alat ini dipentaskan saat ada acara pertunjukkan dunia atau pada saat acara orkestra atau seni musik lainnya.

7. Gambus

Gambus
Gambus

Gambus merupakan salah satu alat musik yang berasal dari daerah Timur Tengah dan hingga saat ini telah menyebar luas ke berbagai daerah. Gambus terlihat sama seperti gitar, namun memiliki beberapa perbedaan yang menonjol. Bentuk dari gambus sendiri sedikit unik, dengan suara yang dihasilkan begitu khas, dengan cara memainkannya berkelompok. Fungsi gambus biasanya untuk mengiringi tarian zapin, dan musik bernuansa islami.

8. Saung Gauk

Saung Gauk
Saung Gauk

Alat ini berasal dari Kalimantan Selatan, dengan bentuk yang unik yaitu melengkung pada bagian leher. Alat ini dimainkan dengan cara dipetik seperti alat musik petik pada umumnya, suara yang dihasilkan juga sangat unik. Saung gauk termasuk dalam jenis alat musik tertua di Benua Asia, saung juga termasuk ke dalam jenis harpa tradisional yang sudah kuno.

9. Hasapi

Hasapi
Hasapi

Alat musik ini hampir mirip dengan kecapi, bahkan memiliki kesamaan dari bentuknya yang unik. Hasapi sendiri merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari masyarakat khas Batak Toba. Jenisnya sendiri telah dibagi menjadi dua, yaitu hasapi doal dan juga hasapi ended, yang biasanya sering digunakan pada acara pernikahan.

10. Harpa Gitar

Harpa Gitar
Harpa Gitar

Harpa gitar merupakan alat musik yang berasal dari paduan kolaborasi harpa dan gitar, sehingga tidak heran jika bentuknya yang mirip gitar. Jenis yang dikenal hingga saat ini yaitu harpa gitar elektrik dan juga akustik yang memiliki bunyi unik. Cara memainkannya juga dikolaborasikan dengan alat musik lainnya pada saat pementasan seni dan sebagainya.

Alat musik di atas memiliki keunikan dan juga ciri khas yang berbeda-beda, namun tentunya dapat membuat Anda merasa senang memainkannya. Untuk Anda yang menyukai seni musik akan sangat menyukai jenis alat musik ini, bahkan Anda dapat merasa bingung untuk menentukan pilihan dari alat musik petik ini.

Tinggalkan komentar