Alat Musik Tradisional Maluku

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa alat musik tradisional Maluku memiliki berbagai macam jenis yang masih dapat kita saksikan penampilannya. Maluku sendiri merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia, dengan berbagai jenis kebudayaan yang ada pada Maluku. Penggunaan alat musik di Maluku juga sangat banyak, pada setiap pertunjukkan seni yang ditampilkan seperti tarian dan sebagainya.

Cara memainkan alat musik ini sendiri memiliki perbedaan untuk setiap jenis musik yang dimainkan, baik dengan cara dipukul, ditiup dan lainnya. Umumnya pentas seni alat musik ini digunakan untuk media hiburan, dan juga untuk media pengiring pada acara khusus. Jika diperhatikan alat musik tradisional dari provinsi Maluku ini, memiliki banyak keunggulan dengan suaranya yang khas.

Nama Alat Musik Tradisional Maluku

alat musik tradisional maluku
alat musik tradisional maluku

Ada banyak nama dari alat musik khas Maluku ini, tentunya setiap alat musik memiliki suara yang berbeda-beda. Jika terdapat beberapa hal yang sama dari alat musik tersebut tetap akan memiliki perbedaan yang menonjol dan kuat. Berikut ini adalah jenis-jenis alat musik tradisional khas dari Maluku yang bisa Anda pelajari.

1. Arababu

alat musik arababu
alat musik arababu

Alat musik dengan jenis arababu ini merupakan salah satu alat musik khas yang memiliki bentuk mirip seperti rebab. Hal ini karena awalnya arababu berkembang di Maluku sejak perdagangan Arab yang datang ke Indonesia. Arababu sendiri merupakan jenis alat musik yang dapat Anda mainkan dengan cara menggeseknya pada dawai atau senar hingga menimbulkan bunyi.

Uniknya alat musik ini hanya memiliki satu senar saja, dan memiliki pegangan yang terbuat dari bambu yang menjadi pegangan pemusik. Terdapat juga sebuah tabung untuk resonansi suara, yang telah dibuat dengan bentuk unik menggunakan tempurung kelapa. Arababu juga masih banyak digunakan pada acara tertentu seperti tari dan pertunjukkan daerah saja.

2. Totobuang

alat musik totobuang
alat musik totobuang

Totobuang adalah sebuah alat musik khas yang berasal dari Maluku, dan dibuat oleh masyarakat asli dari Maluku sendiri. Alat musik ini awalnya adalah benda khas dari masyarakat Maluku yang menganut agama Kristen. Saat pementasan, biasanya totobuang akan dimainkan bersama dengan alat musik lainnya secara beriringan untuk mendapatkan kompilasi nada yang sesuai dengan instrumen.

Totobuang sendiri umumnya memiliki fungsi yang dapat mengisi kekurangan dari alat musik lainnya dengan nada yang indah. Namun alat musik ini hanya dapat Anda temui pada beberapa daerah saja, karena telah jarang ditampilkan secara terbuka. Totobuang memiliki nada yang sangat khas, dan sangat berbeda dari jenis nada yang dihasilkan alat musik tradisional Maluku yang lain.

3. Hawaia

alat musik hawaia
alat musik hawaia

Alat musik tradisional Maluku yang memiliki sebutan nama sebagai hawaia ini merupakan jenis alat musik sedikit mirip dengan gitar. Ada perbedaan pada hawaia dan gitar, karena untuk bisa menggunakan hawaia Anda memerlukan listrik. Hal inilah yang membuatnya tidak sepenuhnya masuk dalam jenis alat musik tradisional, namun alat musik ini telah ada sebelum jenis alat musik modern saat ini.

Jika Anda ingin memainkan alat musik hawaia harus mengaturnya terlebih dahulu agar tidak menimbulkan suara yang sumbang dan aneh. Hawaia ini sendiri memiliki dawai yang berjumlah 8 dawai, dan harus ditekan menggunakan alat bantu agar dapat mengeluarkan suara. Umumnya alat ini mengeluarkan suara yang mirip dengan gitar listrik, saat dipetik dan digoyangkan alat ini akan mengeluarkan suara yang bergelombang.

4. Idiokordo

alat musik idiokordo
alat musik idiokordo

Idiokordo merupakan jenis alat musik dari provinsi Maluku cukup dikenal di daerah Nias Utara, idiokordo sendiri biasa disebut sebagai tatabuhan. Idiokordo sendiri memiliki dawai yang berjumlah tiga, Anda bisa memainkannya dengan cara dipetik. Jika dilihat kembali alat musik tradisional ini sedikit mirip dengan alat musik siter, namun memiliki beberapa perbedaan.

Idiokordo sendiri dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu yang menjadi bahan dasarnya, selain itu terdapat ukiran yang menjadi hiasan khusus. Biasanya idiokordo ditampilkan pada saat acara pementasan atau juga pada acara adat tertentu. Suara yang dihasilkan dari alat musik ini terdengar indah, karena memiliki intonasi yang berirama.

5. Rumba

alat musik rumba
alat musik rumba

Rumba sendiri merupakan jenis alat musik tradisional dari provinsi maluku yang sudah sulit ditemukan keberadaannya, sehingga tidak heran jika alat ini jarang di dengar. Rumba menggunakan kayu dan juga buah labu atau tempurung kelapa sebagai bahan utama dalam pembuatan alat musik in. Rumba juga termasuk ke dalam jenis alat musik tradisional perkusi.

Awalnya alat musik dibawa oleh pedagang Spanyol yang datang ke Indonesia menuju ke daerah Ambon, sehingga dikembangkan oleh masyarakat Maluku Ambon. Alat musik ini memiliki suara dan bentuk yang sangat unik, dan termasuk ke dalam alat musik tradisional kuno dari Maluku. Pada bagian tempurung kelapa di isikan batu kerikil dan juga diberi pegangan, sehingga saat dimainkan dapat menimbulkan suara.

6. Suling Melintang Floit

alat musik Suling Melintang Floit
alat musik Suling Melintang Floit

Ada jenis suling yang terdapat pada provinsi dari Maluku ini yaitu suling melintang atau yang biasa disebut sebagai floit. Floit ini merupakan nama lain dari suling melintang yang diberikan oleh masyarakat Maluku, karena bentuknya yang unik. Alat musik floit ini sendiri bisa digunakan oleh 30 orang kelompok dalam sebuah bentuk akor dari suara 1,2,3, dan juga 4.

Cara menggunakan suling melintang atau floit ini sama dengan jenis suling lainnya yaitu dengan meniup suling pada bagian ujung. Suling jenis ini termasuk ke dalam jenis alat musik tradisional impor yang memiliki pengaruh dari budaya luar. Namun suling ini telah berkembang dan menjadi alat musik tradisional Maluku, dan dikenal hingga pada saat ini.

7. Bambu Hitada

alat musik bambu hitada
alat musik bambu hitada

Bambu hitada merupakan salah satu jenis kesenian dari musik tradisional yang berasal dari sebuah provinsi yaitu Maluku Utara. Biasanya alat musik ini ditampilkan ketika sedang melaksanakan sebuah acara pesta adat, yang digunakan secara bersamaan dengan lainnya. Cara memainkannya juga dibutuhkan teknik khusus, yang mana pemusik harus mengetahui kombinasi dan juga fungsi dari alat musik tersebut.

Anda dapat menggunakannya dengan cara menghentakkan bambu hitada pada ke bawah hingga mengeluarkan suara yang berbeda-beda. Alat ini memiliki fungsi yang berbeda-beda yang dapat Anda kombinasikan untuk mendapatkan satu irama yang indah. Hal ini karena umumnya setiap bambu hitada yang dimainkan memiliki satu nada, yang jika dimainkan bersamaan akan menimbulkan bunyi yang indah.

8. Ukulele

alat musik ukulele
alat musik ukulele

Salah satu alat musik yang dikenal dari Maluku ialah ukulele yang memiliki fungsi dan bentuknya yang sama seperti sebuah gitar, dengan cara memainkannya yang dipetik. Alat musik ini merupakan jenis alat musik tua yang datang ke Maluku pada abad ke-15, dan disambut dengan baik oleh masyarakat Maluku. Seiring berjalannya waktu alat musik ini telah sulit ditemukan dan tidak lagi digunakan pada pementasan seni.

Maluku memang memiliki ragam alat musik yang masih memiliki nilai tradisional yang sangat kental, dan masih digunakan. Namun terdapat beberapa jenis alat musik tradisional Maluku yang sudah tidak lagi dikenal, dan sulit untuk ditemukan.

Tinggalkan komentar