Alat Musik Gesek

Alat musik gesek – Ada berbagai alat musik yang bisa kamu mainkan. Mulai dari drum hingga Biola. Semua alat musik dibedakan dari caranya untuk menghasilkan bunyi tersebut. Salah satu sumber bunyi dari alat musik adalah dengan cara digesek.

Apakah kamu tahu apa itu alat musik gesek? Apa sajakah jenis-jenisnya? Jika kamu ingin mengetahuinya, tenang, kamu akan segera mengetahui jawabannya!

Alat musik gesek adalah suatu instrumen alat musik yang sumber suaranya didapatkan dengan cara digesek. Umumnya, alat musik ini akan menghasilkan suara dengan cara pergesekan antara dawai dengan busurnya. Salah satu contoh alat musik ini yang sangat mudah kamu amati dan lihat adalah Biola.

Jenis-Jenis Alat Musik Gesek

jenis alat musik gesek
jenis alat musik gesek

Ada berbagai jenis atau macam alat musik gesek yang harus kamu ketahui. Ternyata, ada banyak macam lainnya selain alat musik Biola seperti yang selama ini kita ketahui. Apa sajakah itu? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Biola

alat musik gesek biola
alat musik gesek biola

Telah disinggung diawal salah satu alat musik yang dibunyikan dengan cara digesek adalah Biola. Biola adalah alat musik modern yang umumnya digunakan untuk berbagai pertunjukan musik seperti orkestra, jazz pop, dan juga musik melayu.

Biola memiliki empat dawai yang akan berbunyi indah ketika digesek. Orang yang membawakan alat ini disebut dengan violinist.

Biola nampaknya menjadi alat musik yang dimainkan secara gesek yang mana sangat universal. Hampir semua negara akrab dengan alat musik satu ini dan sering dipelajari oleh banyak orang di negara manapun.

2. Double Bass atau Contre Bass

Double Bass atau Contre Bass
Double Bass atau Contre Bass

Alat satu ini serupa dengan Biola, tetapi ia memiliki ukuran yang besar. Ia juga umumnya dipertontonkan di orkestra, musik jazz dan juga bluegrass.

Selain dimainkan dengan cara digesek, ia juga dimainkan dengan cara dipetik. Meskipun di Indonesia alat musik yang satu ini kurang lazim, tetapi ia sangat terkenal di negara Latin dan juga Eropa.

3. Viola

alat musik gesek viola
alat musik gesek viola

Viola merupakan alat musik gesek yang termasuk dalam keluarga Biola. Mungkin kebanyakan orang menyamakan antara keduanya, padahal sejatinya kedua alat musik tersebut berbeda.

Perbedaan yang ada terletak dari ukuran alat musik serta nada yang dihasilkan antara Viola dan Biola. Viola biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Biola.

4. Cello

alat musik gesek cello
alat musik gesek cello

Alat musik yang dimainkan dengan cara digesek selanjutnya adalah Cello. Ia memiliki nama lain violoncello. Ukurannya memang lebih kecil jika dibandingkan dengan contre bass tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan Biola.

Cello adalah alat musik yang harus ada didalam pertunjukan musik klasik Eropa.

5. Rebab

alat musik gesek rebab
alat musik gesek rebab

Nah, untuk alat musik yang satu ini mungkin tidak terlalu asing di telinga kita. Rebab yang merupakan alat musik yang biasanya ada ketika ada pertunjukan seni Betawi ini sebenarnya adalah alat musik tradisional yang berasal dari Arab.

Selain Betawi, banyak pertunjukan khas Jawa yang juga menghadirkan alat musik ini sebagai pengiring kesenian daerah tersebut.

6. Tarawangsa

alat musik gesek Tarawangsa
alat musik gesek Tarawangsa

Alat musik yang satu ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Terdiri dari dua dawai yang terbuat dari besi atau kawat baja, alat musik satu ini sangat khas Indonesia.

Yang perlu kamu ketahui adalah, memainkan senar alat ini dilakukan dengan dua cara yakni dengan cara digesek untuk senar yang paling dekat dengan pemain dan satunya dimainkan dengan cara dipetik.

7. Tehyan

alat musik gesek Tehyan
alat musik gesek Tehyan

Masih merupakan alat musik gesek dari Indonesia, contoh selanjutnya Tehyan. Alat musik ini berasal dari Jakarta. Alat musik ini tergolong unik, karena terbuat dari kayu jati dengan tabungnya yang terbuat dari batok kelapa.

Tehyan menghasilkan nada nada yang tinggi, yang mana diadaptasi dari budaya Tionghoa.

8. Arababu

alat musik gesek Arababu
alat musik gesek Arababu

Alat musik ini berasal dari maluku, yang juga dimainkan dengan cara digesek. Uniknya, alat musik ini hanya memiliki satu senar atau dawai saja, lho! Alat musik yang satu ini mempunyai batang pegang yang terbuat dari bambu serta tabung resonansi dari setengah sisi tempurung kelapa.

Bagaimana dengan nada yang dihasilkan oleh Arababu ini? Tentunya tidak kalah dari suara yang dihasilkan Rebab. Alat ini ukurannya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan Rebab.

9. Haegeum

alat musik gesek Haegeum
alat musik gesek Haegeum

Alat musik berikutnya ini berasal dari Korea. Haegeum merupakan Rebab yang telah diadaptasi dari Rebab yang berasal dari negara China. Bentuknya memang unik sekali, yakni berupa silinder dibagian bawah dengan bagian leher yang jenjang.

Alat musik yang satu ini memiliki dua buah senar yang dimainkan dengan cara digesek. Karena bentuknya yang seperti ini, maka cara memainkannya adalah dengan cara dipangku oleh pemain. Tentu cara memainkannya berbeda dengan Biola yang dimainkan dengan cara dipanggul di bahu pemainnya.

Nada yang dihasilkan oleh alat musik Haegeum ini terdengar sambung menyambung dan sangat apik, sehinnga kombinasi yang pas dengan instrumen yang lainnya seperti Gayageum dan juga Geomungo.

10. Erhu

alat musik gesek Erhu
alat musik gesek Erhu

Alat musik Erhu merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digesek, yang berasal dari Tiongkok. Bahkan, asal usul dari Erhu ini dapat dilacak mulai dari zaman Dinasti Tang di abad ke-7 hingga abad ke-10 Masehi. Di zaman tersebut, alat musik ini sangat populer dikalangan minoritas yang bertempat tinggal di daerah barat laut Tiongkok.

Alat musik Erhu ini dimainkan di dalam opera tradisional yang ada di Tiongkok. Yang perlu kamu ketahui pula, struktur yang dimiliki oleh Erhu ini sangatlah sederhana dan memiliki panjang sekitar 80 cm saja dengan dua senar. Pada opera, pemain musik Erhu akan memegangnya menggunakan tangan kiri dan tangan kanannya untuk memegang dawai.

Alat musik Erhu memang sangat khas dan terkenal di daerah Tiongkok. Maka tidak mengherankan apabila akhirnya musik Erhu ini dianggap sebagai Biola ala Tiongkok oleh banyak orang. Nada yang dihasilkan oleh Erhu sangat ekspresif dan indah untuk diperdengarkan disetiap pertunjukannya.

11. Yangqin

alat musik gesek Yangqin
alat musik gesek Yangqin

Selanjutnya adalah alat musik yang juga berasal dari Tiongkok. Alat musik satu ini tidak hanya dimainkan dengan cara digesek, tetapi juga dikombinasikan dengan cara dipukul. Suara yang dihasilkan oleh Yangqin adalah sangat kuat, nyaring, dan juga ekspresif. Alat musik yang satu ini juga memiliki peran yang penting dalam pertunjukan musik tradisional Tiongkok.

Meskipun dimainkan dengan cara digesek, tetapi menurut kitab sejarah, pada sebelum abad menengah alat ini dimainkan dengan cara dipukul senarnya oleh beberapa negara Arab di Timur Tengah. Alat musik satu ini terbuat dari kayu. Secara fisik, ia berbentuk kotak yang jika dilihat mirip dengan seekor kupu-kupu.

Kini kamu telah mengetahui kan, bahwa jenis dari alat musik yang digesek bukan hanya Biola. Setidaknya ada 10 alat musik lainnya yang juga dimainkan dengan cara digesek. Dari kesebelas alat musik diatas, yang mana yang bisa kamu mainkan? Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang kamu butuhkan, ya!

Tinggalkan komentar