Alat Musik Pukul

Alat musik pukul – Pernahkah kamu memainkan alat musik yang cara mendapatkan suaranya adalah dengan cara dipukul? Nampaknya, bermain alat musik dengan cara dipukul terlihat lebih mudah jika dibandingkan dengan alat musik lainnya. Salah satu jenis alat musik pukul yang mudah diamati adalah Drum. Drum dapat menghasilkan suara dengan cara kita memukulkan stik drum kepada drumnya.

Selain Drum, ada banyak jenis alat musik pukul yang juga harus kamu ketahui. Hal ini dikarenakan agar wawasan kamu bertambah, dan juga bisa membantu kamu menemukan alat musik yang mungkin bisa kamu mainkan. Apasajakah jenis-jenisnya? Simak pada artikel berikut ini!

Jenis-jenis Alat Musik Pukul

Jenis alat musik pukul
Jenis alat musik pukul

Ternyata, ada banyak jenis alat musik pukul di dunia ini selain Drum, lho! Jenis-jenis alat musik tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kolintang

alat musik kolintang
alat musik kolintang

Alat musik pukul yang pertama ini berasal dari Indonesia, khususnya dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Alat musik yang satu ini terbuat dari kayu lokal yang bersifat ringan dan juga kuat. Contoh bahan kayu yang dibuat misalnya kayu waru, cempaka, dan juga wenuang.

Alat musik ini juga memiliki nama lain seperti Kulintangan dan Totobuang. Kolintang termasuk alat musik perkusi yang mana memiliki skala Pelog dan juga Slendro. Alat musik pukul yang satu ini juga termasuk alat musik bernada yang dipukul.

2. Gamelan

alat musik gamelan
alat musik gamelan

Seperangkat Gamelan juga merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Dalam memainkan seperangkat Gamelan, umumnya terdiri atas:

  • Gambang
  • Gendang
  • Gong
  • Saron
  • Demung
  • Peking
  • Dan lain sebagainya

Seluruh perangkat Gamelan tersebut dapat disebut sebagai satu kesatuan karena dalam memainkannya, perangkat itu semua berdampingan dan saling mengisi. Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa, yakni kata ‘Gamel’ yang memiliki arti menabuh atau memukul.

Gamelan umumnya digunakan untuk mengiringi berbagai macam pertunjukan yang ada di Jawa. Misalnya untuk mengiringi tari tradisional, sebagai iringan wayang, dan lain sebagainya. Gamelan juga memiliki skala Pelog dan juga Slendro.

3. Calung

alat musik calung
alat musik calung

Alat musik pukul berikutnya adalah Calung. Alat musik yang berasal dari daerah Banyumas ini terbuat dari bambu. Cara membunyikan alat musik ini adalah dengan cara dipukul dibagian ruas bambu yang mana telah disusun berdasarkan tangga nada.

Untuk membuat sebuah Calung, biasanya ia menggunakan bambu hitam atau sebutanya adalah Awi Wulung. Selain bambu hitam, ia juga bisa dibuat dari Awi Temen atau sebutan bagi bambu ater yang memiliki warna hijau.

4. Xylophone

alat musik Xylophone
alat musik Xylophone

Selanjutnya adalah alat musik pukul yang berasal dari Slovakia. Ia masuk dalam kategori musik perkusi. Xylo artinya adalah kayu dan Phone artinya adalah suara. Alat musik ini merupakan susunan kayu yang dijajar dengan berbagai ukuran. Untuk menghasilkan suara, maka kayu tersebut harus dipukul oleh pemukul yang disebut Malet.

Malet sendiri terbuat dari kayu, plastik, ataupun karet. Setiap kayu yang ada pada Xylophone memiliki nada tersendiri. Makin panjang kayunya, maka makin rendah nada yang dihasilkan dan semakin pendek kayunya maka nada yang dihasilkan pun semakin tinggi.

5. Vibraphone

alat musik Vibraphone
alat musik Vibraphone

Vibraphone juga disebut dengan Vibraharp atau Vibes. Memang jika diperhatikan sekilas, maka kamu akan setuju bahwa bentuk dari alat musik satu ini seripa dengan Xylophone. Tetapi, alat musik satu ini tidak terbuat dari kayu melainkan terbuat dari batang-batang alumunium yang mempunyai pedal layaknya piano.

Ketika pedal yang dimiliki Vibraphone ini naik, maka batang aluminum tadi akan tertahan dan kemudian menghasilkan suara yang pendek. Dan sebaliknya, ketika pedal tersebut turun maka suara yang keluar akan menjadi tinggi. Umumnya alat musik satu ini digunakan untuk mengiringi pertunjukan musik jazz.

6. Bellyra

alat musik Bellyra
alat musik Bellyra

Nah, alat musik satu ini dapat kamu ketahui pada drum band. Bellyra terdiri atas beberapa logam yang mana setiap logam memiliki nada tertentu. Bellyra dimainkan untuk menghasilkan nada melodi, yang mana adalah nada lagu pada suatu pertunjukan drum band. Dengan adanya alat musik ini, penonton drum band menjadi tahu tentang lagu apa yang sedang dibawakan.

7. Glockenspiel

alat musik Glockenspiel
alat musik Glockenspiel

Alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul satu ini terdiri dari satu set kunci yang disusun secara rapi dalam mode keyboard piano. Jika diperhatikan, maka kamu akan menemukan bahwa alat musik satu ini serupa dengan Gambang. Yang membedakan adalah, Gambang terbuat dari kayu sedangkan Glockenspiel ini terbuat dari logam.

8. Rebana

alat musik Rebana
alat musik Rebana

Alat musik Rebana dikategorikan sebagai alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul, tetapi tanpa nada. Bentuk dari alat musik ini adalah bundar dan pipih. Ia terbuat dari pinggiran kayu dan bagian tengahnya yang terbuat dari kulit hewan. Umumnya, alat musik ini digunakan sebagai iring-iringan saat Khasidah dan juga Gambus. Memukul alat musik ini tidak menggunakan alat, melainkan langsung menggunakan tangan.

9. Ketipung

alat musik Ketipung
alat musik Ketipung

Alat musik satu ini berasal dari Indonesia, yang bentuknya sekilas mirip dengan Gendang. Yang membedakan adalah ukuran dari Ketipung adalah lebih kecil. Ketipung terbuat dari kayu yang dibubut yang mana tengahnya diberi lubang. Alat musik ini menghasilkan musik dangdut, keroncong, dan juga melayu.

10. Tamborin

alat musik Tamborin
alat musik Tamborin

Alat musik yang biasanya disebut juga sebagai “ecek-ecek” ini digunakan untuk mengiringi lagu yang ceria. Bentuknya adalah lingkaran, yang mana pada tiap sisinya dipasangi bulatan logam tipis yang akan menghasilkan suara. Cara memainkannya adalah dengan cara dipukulkan ke tangan sehingga bulatan logam tipis akan tergoyang dan menghasilkan suara.

11. Simbal

alat musik Simbal
alat musik Simbal

Alat musik Simbal ini ternyata sudah ada sejak zaman kuno, lho! Ia masuk dalam keluarga perkusi dan berasal dari negara Turki. Alat musik yang satu ini terbuat dari campuran logam dan bahan yang tidak diketahui hingga sekarang.

12. Triangle

alat musik Triangle
alat musik Triangle

Triangle ialah sebuah alat musik yang berbentuk segitiga. Ia masuk dalam kategori alat musik tidak bernada yang dimainkan dengan cara dipukul. Dengan memainkan alat musik ini, maka dapat mengiringi berbagai lagu yang dimainkan. Rendah atau tingginya nada yang dihasilkan oleh alat musik ini bergantung dari bahan yang menjadi pembuat alat musik ini.

Cara memainkan Triangle adalah dengan memukulkan stik Triangle yang terbuat dari logam. Alat musik ini memang tidak terkenal di Indonesia, tetapi cukup populer di negara Barat.

13. Timpani

alat musik Timpani
alat musik Timpani

Timpani memiliki nama lain yakni Kettledrum. Alat musik ini juga masuk dalam kategori perkusi tetapi tidak bernada. Ia terbuat dari kulit yang dibentangkan pada atas mangkuk besar. Mangkuk besarnya sendiri terbuat dari tembaga. Untuk membuat alat musik ini berbunyi, yang perlu dilakukan adalah memukulkan bagian kulitnya dengan stik Timpani.

Selain jenis alat musik yang dipukul diatas, ada banyak sekali alat musik yang dipukul lainnya yang tidak sempat dituliskan di artikel ini. Umumnya, memainkan alat musik yang dipukul membutuhkan keahlian yang cukup mudah jika dibandingkan dengan alat musik yang lainnya.

Tinggalkan komentar