Present Continuous Tense

Terdapat lebih dari 10 rumus tenses yang ada dan perlu untuk dipelajari. Dasar-dasar tenses berikutnya adalah present continuous tense sebagai salah satu bentuk tense yang menyatakan sebuah aksi. Dalam aksi tersebut dilakukan pada waktu yang tertentu. Sesuai dengan Namanya, present yang berartikan sekarang atau kata kerja yang dijelaskan saat ini. Berikut beberapa rumus dan ciri lainnya.

Pengertian Present Continuous Tense

Present continous tense dibuat atau digunakan dalam menyatakan sebuah aksi. Bentuk aksi tersebut dilakukan atau berlangsung dalam kurun waktu tertentu di masa sekarang. Bentuk bahwa aksi yang dijelaskan terjadi sebelum atau begins before selama atau in progress dalam bentuk present dan berlanjut setelah atau continuous present dari masa aksinya.

Tense ini sering disebut sebagai present progressive tense. Dijelaskan sebagai salah satu bentuk kata kerja untuk menyatakan sebuah aksi di masa sekarang atau present. Di dalamnya juga menjelaskan sebuah aksi atau rencana yang disusun untuk masa depan.

Rumus Present Continuous Tense

Setiap tense dengan bentuk ini akan di bangun menggunakan auxiliary verb “be” atau sering disebut sebagai is/am/are. Bentuk tersebut karena penggunaan waktu yang ada di masa sekarang. Selain itu jenis tense ini pun di bangun dengan present participle yang memiliki akhiran ing. Untuk bentuk “Is”, harus digunakan pada bentuk atau subject yang singular noun dan singular pronoun.

Untuk bentuk singular pronoun bisa menggunakan subject seperti she, he, dan it. “Are” sering digunakan pada bentuk plural noun, sedangkan untuk plural pronoun akan menggunakan we, they, dan You, penggunaan am digunakan untuk subject “I.” Tense ini sering kali digunakan pada beberapa bentuk action verb yang berbentuk dynamic dan tidak stative.

Hal tersebut terjadi karena hanya bentuk verb dalam bentuk dynamic yang memiliki bentuk continuous ini. Biasanya, untuk menciptakan kalimat dengan bentuk tense ini harus menggunakan rumus be + present participle “-ing” yang ditempatkan di kata kerja utama.

Rumus Penggunaan:

a. Dalam bentuk positif:

Subject + Be (are/am/is) + verb “ing”: dengan contoh kalimat = I am eating right now, dan We are working right now.

b. Dalam bentuk negative:

Subject + Be (are/am/is) + not + Verb “ing”: dengan contoh kalimat = I am not eating right now, dan We are not working right now.

c. Dalam bentuk interrogative:

Be (are/am/is) + Subject + Verb “ing” +….?: dengan contoh kalimat = Are We working right now?

Contoh dan Penggunaan

Dalam menulis present continuous tense perlu diperhatikan bahwa ada penggunaan yang harus disesuaikan dengan rumus. Bisa disebut sebagai penggunaan yang menunjukan suatu aksi dalam waktu tertentu. Penting untuk memahami beberapa penggunaan bentuk tense ini ketika Kamu akan membuat kalimat pada situasi atau kondisi tertentu.

1. Berfungsi pada penjelasan aksi di mana aksi tersebut sedang berlangsung:

Contoh kalimat: It is Friday and I am waiting for my Father to pick me up for Dinner,

artinya: hari ini hari Jumat dan saya sedang menunggu ayah saya untuk menjemput untuk makan malam.

2. Digunakan untuk menyatakan aksi yang terjadi namun di sekitar waktu pembicaraan tertentu:

Contoh kalimat: This year my mom taking five trips to London

Artinya: Tahun ini Ibu ku mengambil lima kali perjalanan ke London. Hal ini dijelaskan selama kejadian di jelaskan di waktu atau pembicaraan yang sama.

3. Menjelaskan sebuah rencana yang telah pasti, atau pasti terjadi di waktu yang dekat:

Contoh kalimat: They are spending their summer in Indonesia next week.

Penjelasan: Mereka akan menghabiskan waktu liburan musim panasnya di Indonesia minggu depan. Yang berartikan bahwa rencana tersebut memang akan terjadi dalam waktu dekat.

Pembahasan yang dibedakan untuk menjelaskan suatu kejadian yang sedang berlangsung dan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang dalam waktu dekat. Memerhatikan penggunaan keterangan waktu akan berguna untuk membantu menjelaskan bentuk tense ini. Berikut penjelasan mengenai waktu yang bisa Kamu gunakan dalam bentuk tense ini:

Yang terjadi di saat pembicaraan:

  • Right now
  • At present
  • Today
  • At the moment
  • Now on

Yang terjadi pada sekitar waktu pembicaraan atau dalam waktu dekat:

  • This period
  • This semester
  • This year
  • This month
  • This week

Penggunaan bentuk keterangan waktu tersebut, menjelaskan kalimat dalam bentuk present continuous tense akan jauh lebih mudah. Bahkan, keterangan waktu bisa membuat lawan bicara lebih paham mengenai jalan cerita informasi yang diberikan.

Peraturan Kata Kerja yang Tidak Boleh Digunakan

Di dalam bentuk tense ini, ada beberapa kata kerja yang memang tidak boleh digunakan karena akan memengaruhi kejelasan kalimat. Penggunaan kata kerja yang tidak diperbolehkan biasanya bisa merubah keadaan atau apa yang telah digambarkan dalam kalimat. Kata kerja stative merupakan salah satu kata kerja yang tidak diperbolehkan dalam bentuk tense ini.

1. Beberapa bentuk kata kerja dengan menunjukan perasaan dan emosi love, hate, appreciate, like, want, prefer, dan dislike.

Contoh: I prefer noodle dan rice, yang tidak mungkin jika diubah menjadi: I am preferring noodle than rice.

2. Bentuk kata kerja dengan menjelaskan indra tertentu touch, hear, smell, taste, and see.

Contoh: The noodle smells different, maka tidak mungkin diubah menjadi: The noodle smelling different.

3. Bentuk kata kerja dengan mengekspresikan sesuatu know, recognize, think, understand, believe.

Contoh: I believe in Moslem, dan tidak mungkin untuk diubah menjadi I believing Moslem.

4. Bentuk dengan menunjukan kepemilikan termasuk own, belong, posses, dan juga have.

Contoh: The chair belongs to that granny, serta tidak mungkin diubah menjadi: The chair is belonging to that granny.

5. Bentuk kata kerja satis yang lainnya seem, be, cost, need, and exist.

Contoh: Fish needs water to survive, tidak akan mungkin untuk di ubah menjadi: Plant is needing the sun to survive.

Dapat diperhatikan jika Kamu menggunakan beberapa kata kerja tersebut, semua kalimat yang diucapkan akan terasa aneh. Selain itu, hal tersebut juga sangat menyalahi aturan untuk membuat kalimat dengan tense ini. Akan lebih baik jika aturan atau rumus di atas digunakan termasuk untuk keterangan waktunya.

Penggunaan Passive Voice

Terdapat juga materi mengenai present continuous tense dalam bentuk passive voice. Setiap bentuk passive voice tense yang digunakan merupakan past participle. Nantinya akan ditemani dengan auxiliary verb -be atau are/am/is juga being. Untuk rumusnya akan menggunakan bentuk sebagai berikut:

Subject direct object + are/am/is + being + present participle + atau – by (Agent)

Kamu bisa menggunakan rumus di atas untuk membuat kalimat dalam bentuk passive voicenya. Hal tersebut dilakukan agar semua kalimat tidak menyalahi aturan pembuatannya.

Tinggalkan komentar