Pengertian Batik beserta Ciri-ciri dan Jenis-jenis Batik

Pengertian Batik – Tahukah kamu bahwa kita memiliki suatu seni yang sudah menjadi warisan dunia? Ya, seni tersebut adalah berbentuk batik. Jenis motif yang biasanya sering kamu gunakan untuk berbagai acara ini adalah hasil kebudayaan asli Indonesia. Apakah kamu tahu apa pengertian, ciri, dan juga jenisnya? Jika belum, jangan khawatir! Kamu akan segera menemukan jawabannya di artikel berikut ini!

Pengertian Batik

pengertian batik
pengertian batik

Sebelum membahas lebih jauh tentang ciri dan juga jenis-jeni batik, apakah kamu telah mengetahui apa itu batik? Ya, jadi pengertian batik merupakan kain yang bergambar, dimana proses pembuatannya secara khusus dengan cara menulsikan atau menerakan malam pada kain tersebut. Selanjutnya, dari proses tersebut dilakukan lagi pengolahan dengan suatu cara tertentu yang mana nanti menimbulkan kekhasan.

Beberapa pengertian batik menurut para ahli yang harus anda ketahui misalnya adalah sebagai berikut:

1. Pengertian Batik Menurut Santosa Doellah:

“Batik Merupakan sehelai kain yang dibuat dengan cara tradisional dan utamanya digunakan juga dalam matra tradisional. mempunyai berbagai corak hias dan juga pola tertentu dimana dalam proses penciptaannya menggunakan teknik celup rintang dengan lilin batik untuk perintang warnanya”

2. Pengertian Batik Menurut Afif Syukur:

“Batik adalah Serentang warna yang mencakup proses lilin atau pemalaman, pencelupan atau pewarnaan, pelorotan atau pemanasan, yang mana akhirnya menghasilkan motif yang halus dimana seluruh proses tersebut membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi”

3. Pengertian Batik Menurut Irawan Tirta:

“Batik Ialah suatu teknik untuk menghias tekstil atau kain dengan cara menggunakan lilin pada proses pencelupan warna. Seluruh proses yang dilakukan tersebut adalah menggunakan tangan”

Seiring berjalannya waktu, memang pembuatan motif khas Indonesia tersebut tidak selalu menggunakan manual atau cara tradisional, tetapi juga dapat dilakukan dengan cara cap dan juga printing. Tetapi meskipun demikian, coraknya yang khas dan berulang itu memang sangat mudah membuat orang mengenalinya.

Kain bergambar tersebut sudah terkenal di seluruh dunia bahwa itu merupakan asli budaya Indonesia. Bahkan, telah diakui oleh UNESCO sehingga keasliannya dan kekhasannya tidak diragukan lagi. Umumnya orang Indonesia memanfaatkan motif ini untuk pakaian, tas, taplak meja, dan lain sebagainya. Motifnya yang beragam dan cantik menyebabkan batik selalu menjadi favorit banyak orang.

Ciri-ciri Batik

ciri-ciri batik
ciri-ciri batik

Bagaimana kamu dapat mengenali sebuah kain bergambar atau motif tersebut merupakan batik? Kamu dapat memastikannya dengan melihat ciri-cirinya. Ciri-ciri batik dapat dibedakan dari kedua jenis yakni batik tradisional dan yang modern.

Ciri Batik Tradisional

Ciri-ciri batik tradisional antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai corak disertai makna simbolik
  2. Biasanya coraknya terdapat variasi hias seperti pagoda, barong, ular, dan benda-benda geometris
  3. Warna motif yang dimiliki cenderung gelap seperti coklat kehitaman, hitam, dan juga berwarna putih
  4. Biasanya memiliki ciri khas sesuai dengan daerah asal
  5. Umumnya dibuat dengan cara tradisional atau manual

Ciri Batik Modern

Bagaimana dengan motif yang modern? Berikut merupakan ciri-ciri batik modern adalah sebagai berikut:

  1. Umumnya corak batik yang dibuat tidak mempunyai makna khusus
  2. Umumnya corak berupa tumbuhan, rangkaian bunga, dan lain sebagainya
  3. Untuk warnanya, cenderung bebas dan bervariatif seperti biru, merah, ungu, hijau, dan lain sebagainya.
  4. Lebih bebas dan dapat dibuat sekreatif mungkin
  5. Umumnya dibuat dengan cara modern seperti cap atau printing

Jenis Batik Ciri Khas Indonesia

jenis-jenis batik
jenis-jenis batik

Telah disinggung diawal bahwa memang batik ini terkenal diseluruh dunia. Secara teknik, memang dapat dikategorikan sebagai batik tulis dan cap ataupun kombinasi. Tetapi tahukah kamu, secara spesifik jenis batik yang mana kah yang dianggap sebagai ciri khas Indonesia? Tentunya banyak, ya! Jenis-jenis batik antara lain adalah sebagai berikut:

1. Batik Mega Mendung

batik mega mendung
batik mega mendung

Jenis batik mega mendung motif pertama ini adalah berasal dari daerah Cirebon. Disebut sebagai motif Megamendung karena bentuknya yang berupa awan besar yang berwarna cerah dan juga menonjol. Umumnya ia berwarna biru, merah tua, hijau tua, serta ungu. Banyak orang yang menyukai menggunakan motif ini karena unik dan juga cantik.

2. Batik Parang Rusak

batik parang rusak
batik parang rusak

Jenis motif batik parang rusak adalah jenis batik yang agaknya sangat sering kamu temukan dimana-mana dan sangat terkenal di Indonesia sendiri. Tahukah kamu arti dari motif Parang Rusak ini? Ternyata artinya sangat mendalam guys, artinya adalah peperangan manusia dalam memerangi sifat buruk dan juga nafsu selama masih bernyawa. Wah, sangat simbolik sekali ya!

3. Batik Keraton

batik keraton
batik keraton

Jenis motif batik keraton yang satu ini dahulu awalnya merupakan motif batik yang diciptakan oleh para putri dan juga pengerajin yang berada pada lingkungan Keraton. Motif batik yang satu ini sangat kental dengan nuansa yang sakral dan elegan, serta sangat erat kaitanya dengan folosofi kehidupan. Inilah alasan mengapa dahulu motif batik keraton hanya diperbolehkan untuk beberapa kalangan saja.

4. Batik Priyangan Tasikmalaya

Batik priyangan tasikmalaya
Batik priyangan tasikmalaya

Motif Batik Priyangan Tasikmalaya memiliki cirikhas yakni coraknya yang rapat, elegan, dan juga rapi. Umumnya dinominasi oleh rerumputan dan tumbuhan lainnya. Banyak orang yang memanfaatkan jenis batik priyangan untuk berbagai pakaian baik formal maupun santai.

5. Batik Lasem

batik lasem
batik lasem

Nama motif batik lasem diambil dari daerah asalnya yakni suatu daerah di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. jenis batik ini memiliki ciri khas yakni warnanya yang merah nyala. Mengapa demikian? warna yang ada tersebut memiliki hubungan atas terpengaruhinya budaya tersebut dengan kebudayaan China.

6. Batik Bali

batik bali
batik bali

Motif batik yang berasal dari Pulau Dewata ini popularitasnya tidak kalah dengan jenis batik lainnya. Salah satu yang menjadi cirikhas dari motif batik bali adalah ada banyaknya corak yang bergambar hewan seperti rusa, kura-kura, bangau, dan lain sebagainya. Motif batik bali biasanya menggunakan warna warna cerah seperti ungu, kuning, dan juga biru.

7. Batik Pring Sedapur Magetan

batik pring sedapur magetan
batik pring sedapur magetan

Motif batik pring sedapur magetan ini terlihat sangat sederhana dan juga simpel, tetapi begitu cantik dan elegan. Ia juga memiliki makna filosofis yang mendalam. Motif Pring Sedapur Magetan memiliki arti hidup rukun dan tentram yang digambarkan dari tanaman bambu yang ada.

8. Batik Malang

batik malang
batik malang

Kota yang terkenal sebagai daerah wisata di Jawa Timur ini memiliki motif batik juga, lho! Ia memiliki ciri khas warnanya yang cerah. Untuk motifnya sendiri, biasanya berupa kombinasi gambar candi yang berada pada kota Malang. Unik sekali, bukan?

9. Batik Betawi

batik betawi
batik betawi

Motif batik betawi ini sering sekali digunakan di berbagai acara bergengsi di Jakarta seperti pemilihan Abang None Jakarta. Dengan warna-warna yang cerah nan mencolok ini, ditambah dengan motif yang khas seperti pucuk rebung, nusa kelapa, ondel-ondel menyebabkan jenis motif batik ini sangat kental dan dapat membuat kita langsung mengetahui asal dari motif satu ini.

10. Batik Pekalongan

batik pekalongan
batik pekalongan

Ciri khas yang dimiliki motif batik pekalongan adalah didominasinya dengan motif hewan serta tumbuhan. Motif batik pelakongan memang terkenal diseluruh dunia khususnya di Indonesia sendiri. Sangat cocok jika penggunaannya dikombinsikan dengan pakaian yang terbuat dari bahan polosan.

Tidak salah jika batik kemudian menjadi sangat terkenal di dunia. Kamu kini telah mengetahui bahkan dari banyak daerah di Indonesia, memiliki jenis motifnya tersendiri sehingga menambah kekayaan khasanah budaya Indonesia yang ada. Sebagai penduduk Indonesia, kita wajib berbangga diri dan melestarikannya dengan sering menggunakannya diberbagai kegiatan dan acara yang kamu miliki.

Tinggalkan komentar