Contoh Teks Anekdot Beserta Stuktur dan Kaidahnya [Terlucu]

Contoh teks anekdot – membahas anekdot sangat banyak jenisnya? Tapi tenang saja di sini kami akan membahas semuanya mulai contoh teks anekdot lucu, contoh teks anekdot singkat, contoh teks anekdot pendidikan, contoh teks anekdot hukum dan masih banyak lagi.

Namun, sebelum membahas tentang contoh teks anekdot pastiguna menyarankan untuk mengetahui tentang pengertian teks anekdot, ciri-ciri teks anekdot, struktur teks anekdot, kaidah teks anekdot dan tujuan teks anekdot itu sendiri untuk apa? Nah setelah mengetahui pengetahuan dasar dari anekdot kita bisa menilai apakah teks anekdot itu bagus atau tidak.

Tidak hanya itu kita juga bisa membuat sebuah karya teks anekdot, karena kita sudah memiliki bekal dari dasar-dasarnya untuk membuat teks anekdot.

Oke tidak usah lama-lama, langsung saja kita bahas teks anekdot lebih mendetail mulai dari pengertiannya terlebih dahulu yang nantinya pasti akan pastiguna lengkapi dengan berbagai contoh teks anekdot lucu yang bisa membuat Anda ngakak. hehehe

Pengertian Teks Anekdot

pengertian teks anekdot
pengertian teks anekdot
Teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang mengandung unsur lucu, namun juga memiliki kandungan untuk mengkritik seseorang atau menyindir lewat kata-kata yang lucu itu, dan biasanya kritikan yang terdapat dalam teks anekdot terdapat dalam cerita tentang hukum, layanan publik atau umum, sosial, di lingkungan pendidikan seperti sekolah dan lain-lain.

Tujuan Teks Anekdot

tujuan teks anekdot
tujuan teks anekdot

Tujuan teks anekdot adalah untuk membangkitkan tawa, akan tetapi tidak hanya itu juga untuk mengungkapkan suatu kebenaran dari suatu peristiwa atau kejadian dengan sifat menyindir.Tujuan teks anekdot juga bisa diartikan sebagai karya untuk menggambarkan sifat karakter dengan kata-kata yang lucu dan sindiran yang halus sehingga tidak menjadi provokasi.

Ciri-Ciri Teks Anekdot

ciri-ciri teks anekdot
ciri-ciri teks anekdot

Nah Mengenai ciri-ciri teks anekdot, Pastiguna telah menyajikan tentang ciri-ciri teks anekdot yang pokok saja, Karena menurut Pastiguna ciri-ciri teks anekdot di bawah ini sudah cukup sebagai pengetahuan dasar tentang teks anekdot.

Adapun ciri-ciri teks anekdot adalah:

  1. Tokoh Aktual.
  2. Mempunyai Alur/Plot.
  3. Mempunyai Latar Waktu, Tempat Dan Suasana.
  4. Mempunyai Pendapat Aspirasi (Opini).
  5. Menyindir (Sarkasme).

Struktur Teks Anekdot

Struktur Teks Anekdot
Struktur Teks Anekdot

Struktur teks anekdot adalah susunan yang menjadi ci khas dari sebuah teks anekdot.

Adapun 5 Struktur teks anekdot adalah sebagai berikut:

  1. Abstraksi
  2. Orientasi
  3. Krisis
  4. Reaksi
  5. Koda

Masing-masing dari struktur teks anekdot akan pastiguna jelaskan di bawah ini.

1. Abstraksi

Abstraksi adalah suatu bagian yang berada di awal paragraf yang memiliki fungsi untuk menjelaskan gambaran tentang isi teks tersebut. di bagian abstraksi dalam teks anekdot biasanya memberi petunjuk tentang suatu hal yang unik dalam teks tersebut.

2. Orientasi

Orientasi adalah suatu bagian yang memberikan petunjuk tentang awal kejadian cerita atau latar belakang dari suatu peristiwa tentang bagaimana hal itu bisa terjadi. Dalam bagian ini penulis biasanya menceritakan hingga mendetail.

3. Krisis

Krisis adalah suatu bagian yang menunjukkan dimana terjadinya suatu peristiwa atau masalah yang unik atau masalah yang tidak akan terjadi pada orang yang diceritakan maupun penulis sendiri.

4. Reaksi

Reaksi adalah suatu bagian dari cara penulis atau bisa juga orang yang ditulis untuk menyelesaikan masalah yang timbul atau terjadi di bagian krisis tadi.

5. Koda

Koda adalah suatu bagian yang menjadi akhir dari cerita unik tersebut. Di bagian koda teks anekdot biasanya terdapat suatu kesimpulan dari kejadian atau peristiwa yang dialami oleh tokoh yang di tulis maupun penulis itu sendiri.[/su_box]

Kaidah/Unsur Kebahasaan Teks Anekdot

Unsur Kebahasaan Teks Anekdot
Unsur Kebahasaan Teks Anekdot

Kemudian Pastiguna akan menjelaskan bagaimana tentang kaidah-kaidah kebahasaan teks anekdot yang harus dipenuhi. Jadi pada dasarnya semua teks memiliki unsur-unsur tersendiri seperti unsur kebahasaan teks anekdot dibawah Ini.

Adapun kaidah kebahasaan teks anekdot adalah sebagai berikut:

  • Mengandung kebenaran (Factual).
  • Bahasa yang digunakan harus lugas.
  • Sesuai dengan struktur seperti diatas.
  • Terdapat pelajaran dari peristiwa yang ada dalam teks anekdot tersebut.
  • Merupakan cerita lucu atau cerita yang membuat tawa.
  • Seseorang bisa mengambil pelajaran dari teks tersebut karena mengandung unsur kebenaran.

Kumpulan Contoh Teks Anekdot beserta Strukturnya

Nah, inilah bahasan pastiguna yang ditunggu-tunggu oleh semua pengunjung pastiguna karena dibagian ini adalah bagian yang paling menarik dan tentunya akan menghibur pengunjung pastiguna, Kenapa?

Karena dibagian ini pastiguna akan menyajikan berbagai contoh teks anekdot lucu dari berbagai sumber yang tentunya bisa membuat anda ngakak hahaha, meskipun teksnya singkat.

1. Contoh Teks Anekdot Singkat dan Lucu

Contoh Teks Anekdot Singkat
Contoh Teks Anekdot Singkat

Teks anekdot lucu yang pertama adalah cerita singkat dalam sebuah layanan di sekolah, mengenai layanan di sekolah ini ternyata bisa dijadikan sebuah karya seperti teks anekdot lucu.

Berkat penulis yang kreatif, hal yang tidak kita sangka seperti fasilitas di sekolah, ternyata bisa disulap menjadi karya lucu yang sangat menghibur dan tentunya dari situ pengunjung bisa mengambil pelajarannya. Penasaran? silahkan baca dibawah ini.

Contoh Teks Anekdot Singkat dan Lucu : Kipas Angin Disekolah

Disekolah ternama disuatu kota yang terkenal dengan murid-muridnya yang pandai, sudah terdapat fasilitas sekolah yang memadai yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Setiap ruang kelas sudah dilengkapi LCD, Kipas angin, lampu , bahkan ada wifi pula (walaupun agak sedikit lemot) serta tentunya kipas angin yang bisa memberikan kesegaran di kelas itu.

Disuatu siang hari yang panas, disekolah itu tepatnya di ruang kelas IPA 3, ada seorang anak jurusan IPS bernama Anu yang sedang menerima pelajaran Bahasa Indonesia,( memang kedengarannya membingungkan, ya tapi itulah kurikulum yang sedang diterapkan saat itu.) Diruang itu udaranya sangat panas, untung saja ada kipas angin di kelas itu.

Lalu Anu segera menyalakannya. Saat tombolnya mulai diputar, kipas angin itu mulai bergerak, pelan-pelan tapi pasti dan lama kelamaan bertambah kecepatannya, namun anehnya udaranya masih tetap panas.

Setelah dilihat dengan cermat, ternyata tidak ada udara yang berhembus dari kipas angin itu. Hanya kipas anginnya saja yang memutar, sedangkan baling-balingnya tetap diam. Suasana kelas menjadi gaduh seketika, murid-murid tertawa terbahak-bahak melihat hal itu. Pelajaran bahasa Indonesia kembali berlangsung dan mereka hanya bisa pasrah sambil berkipas-kipas ria dengan buku bahasa Indonesia.

2. Contoh Teks Anekdot beserta Strukturnya Tentang Layanan Publik

contoh teks anekdot beserta struktur
contoh teks anekdot beserta struktur

Kemudian contoh teks anekdot beserta strukturnya berikut ini adalah contoh teks anekdot layanan publik beserta strukturnya. Yang mana contoh cerita anekdot tentang layanan publik ini, juga tidak kalah lucu. Kamu bisa bandingkan dengan contoh anekdot yang pertama tadi. Ingin buktikan? silahkan baca cerita anekdot dibawah ini. Dijamin ngakak wkwkwkw.

#1. Hukum Penjara Seumur Hidup untuk Pencuri IkanAbstraksi

Ada seorang nelayan muda yang baru saja dijebloskan ke dalam penjara.

Orientasi

Pada hari pertama ia mendekam di penjara, napi sebelahnya menanyakan perihal kenapa ia sampai dipenjara :

Napi : “Kamu masih muda kok sudah masuk penjara, kejahatan apa yang telah kamu lakukan?”

Nelayan : “Saya hanya mencuri ikan”

Napi : “Terus kamu divonis berapa tahun?”

Nelayan : “Hanya divonis hukuman seumur hidup dengan masa percobaan 2 tahun.”

Krisis

Dengan rasa heran, si napi itu menanyakan lebih jauh lagi karena ini terbilang aneh

Napi : “Cuman mencuri ikan kamu bisa dihukum seberat ini? Memang ikan apa yang telah kamu curi? Paus langka?”

Nelayan : “Begini, aku mencoba membom ikan di dalam waduk dengan sebuah detonator atau bom kecil. Kemudian berhasil, ada 3 ekor ikan mengambang di permukaan air setelah alat yang saya gunakan meledak”

Napi : “Wah kalau cuman itu harusnya beberapa hari saja, tidak sampai seumur hidup dong?!”

Nelayan : “Belum selesai, permasalahannya adalah setelah ikan yang mengapung, tak lama kemudian ada 2 mayat penyelam yang ikut mengapung!”

Reaksi

Napi : “Wahahaha pantas saja kamu masuk penjara, ternyata tidak hanya ikan yang berhasil kamu bom. Bahkan penyelam yang tak bedosa saja ikut terkena bom”

Koda

Gelak tawa mereka mulai mereda. Setelah perbincangan singkat mengenai perihal si nelayan muda masuk penjara dan divonis seumur hidup mereka melanjutkan perbincangan dengan pembahasan lain.

#2. Aku Tidak Apa-Apa

Abstraksi

Pada suatu malam yang mencekam, ada seorang kakek tunawisma yang berjalan di jalan yang sepi dan hendak menyebrang jalan. Ia terlihat miskin, bisa dinilai dari banyu yang ia kenakan compang camping.

Orientasi

Namun baru satu langkah ia berjalan untuk menyebrang, tiba-tiba saja ada sebuah mobil dengan cepat melintas di hadapannya. Sontak berteriak dengan keras dan mulai menangis sesenggukan.

Krisis

Mobil itupun berhenti, dan pengemudinya bergegas keluar menghampiri sang kakek yang mungkin ia tabrak tadi. Penampilan pengemudi tersebut seperti orang kaya! Berjas hitam dan tampak modis. Ia pun bertanya kepada si kakek, “Apakah saya baru saja menabrak Anda?”

Reaksi

Dengan ramahnya sang Kakek menjawab, “Tidak nak tampan”. Kemudian si pengendara mobil bertanya sekali lagi. “Atau kakek sedang kelaparan dan mencoba memanggil bantuan dengan car amenjerit dan menangis?”. Si kakek menjawab kembali pertanyaan tersebut dengan jawaban Tidak. Si pengemudi tentu kebingungan mendengar jawaban si kakek. “Lalu apa yang membuat kakek menjerit dan menangis?”

Koda

Sembari berbalik badan hendak pergi meninggalkan si pengemudi, sang kakek menjawab “Saat kamu melintas tadi, ban mobilmu sempat melindas kaki makanya aku menjerit!”

#3. Anak Saya Kerja Dengan Negara!

Abstraksi

Pada suatu hari, Presiden negara A hendak membeli kue kepada seorang ibu di pinggir jalan.

Orientasi

Karena rasa ketertarikan yang kuat dengan penjual kue unik tersebut, sang Presiden mencoba bertanya kepada si ibu.

Presiden : “Sudah berapa lama ibu berjualan kue ini?”

Ibu : “Alhamdulillah, sudah hamper 30 tahun lamanya Pak”

Presiden : “Lho sudah 30 tahun tapi kenapa anak ibu tidak ikut membantu?”

Krisis

Ibu : “Saya punya anak 4, mereka sedang bekerja semua. Yang pertama bekerja di KPK, ke-2 di POLDA, ke-3 di Kejaksaan Negeri dan yang terakhir di DPR. Mereka sangat sibuk sekali.

Bapak Presiden menggeleng-gelengkan kepala seakan tidak percaya kakan apa yang didengarnya. Beberapa pengawal presiden berbicara di belakang. “Meskipun hanya berjualan kue, ibu ini bisa menjadikan anaknya sukses, jujur. Kalau mereka sampai korupsi mungin ibu ini sudah tinggal di rumah mewah!”

Presiden : “Wah, hebat sekali. Ngomong-ngomong apa jawaban anak ibu di POLDA, KPK, Kejaksaan Negeri dan DPR?

Ibu : “Ya sama seperti saya, jualan kue juga”

Koda

Bapak Presiden tercengan mendengar jawaban yang diberikan di penjual kue. Situasi kembali normal dan bapak presiden beserta pengawalnya kembali ke kantor setelah membeli kue tersebut.

#4. Budaya Menyerobot

Abstraksi

Beberapa hari setelah hari raya idul fitri di sore hari. Yugi sedang mengobrol kesana kemari dengan sang kakak ipar dan saudara yang berkunjung ke rumahnya. Suadara Yugi menetap di Purwokerto, karena kebetulan sengaja berkunjung ke Jakarta untuk menikmati sisa libur lebaran yang ia punya.

Orientasi

Kemudian obrolan mereka bertiga sampai pada pembahasan mengenai riak dan pernik mudik saat lebaran. Ia bercerita mengenai betapa banyak pengemudi jalan raya tidak mematuhi aturan lalu lintas yang ada. Contoh saja mengenai seringnya mengabaikan keselamatan, missal satu sepeda dinaiki 5 orang. Juga aksi kebut-kebutan yang membahayakan banyak orang.

Krisis

Ia juga bercerita bahwa di Purwokerto kalai ada orang yang main serobot aja di lampu merah di suasana lebaran, pasti ada yang mengatakan “Itu pasti pemudik dari Jakarta!”

Reaksi

Aksi serobot lampu merah ini memang seperti budaya sendiri di Jakara. Banyak pengguna jalan yang kurang peduli pada rambu-rambu lalu lintas yang seharusnya ditaati. Ada peluang sedikit saja, langsung main serobot, melanggar lalu lintas.

Koda

Tingginya angka kecelakaan di kala musim mudik ini memang disebabkan karena budaya melanggar lalulintas

#5. Mengukur Kedalaman Banjir Memakai Badan

Abstraksi

Banjir merupakan fenomena alam yang kerap terjadi di beberapa kota besar di Indonesia khususnya ibu kota tercinta, Jakarta. Pada tahun 2015 kemarin menjadi berita utama di berbagai media berita.

Orientasi

Banyak sekali yang meliput mengenai betapa memprihatinkannya kondisi area yang terkena banjir.

Krisis

Namun dalam peliputan berita, para jurnalis kerap mengalami kesulitan dalam melakukan pelaporan banjir besar yang melanda, karena orang Jakarta tidak mengukur dengan satuan ‘centimeter’, ‘meter’, dan ‘inchi’. Tapi menggunakan ukuran sendiri, yaitu dengan ukuran ‘mata kaki’, ‘dengkul’, ‘betis’, ‘pinggang’, bahkan ‘dada’!.

Reaksi

Apalah daya si jurnalis tersebut, mau tidak mau ia harus tetap melaporkan berita sesuai pemikirannya.

Koda

Akhirnya liputan mengenai banjir tetap bisa terlaksana dengan baik dengan menggunakan ukuran centimeter.

(Contoh Teks Anekdot Layanan Publik beserta Strukturnya)

3. Contoh Teks Anekdot Dialog Singkat Yang Lucu

Contoh Teks Anekdot Dialog
Contoh Teks Anekdot Dialog

Selanjutnya, pastiguna akan menyajikan contoh teks anekdot singkat dan lucu di dalam lingkungan pendidikan atau sekolah. Cerita anekdot ini menceritakan tentang guru dengan murid yang sangat polos. cerita anekdot singkat dan lucu ini yang siap menghibur anda untuk kembali tertawa setelah membaca contoh di atas, karena cerita anekdot lucu ini memiliki ciri cerita yang unik dan menggelitik para pembacanya.

Sekolah Bertaraf Internasional

Suatu hari di suatu sekolah negeri Antah Berantah,

seorang guru memberi tahu kepada murid-muridnya

bahwa sekolah mereka akan menjadi sekolah SBI.

Guru: Anak-anak, ada kabar gembira untuk kita semua. Sekolah kita sebentar lagi akan menjadi sekolah SBI

(Sekolah Bertaraf Internasional). Nah, untuk menyambut hal ini, saya mau tanya apa yang akan kalian

siapkan. Joni, apa yang akan kamu untuk menyambut ini?

Joni: Belajar bahasa Inggris agar lebih mahir dalam berbicara bahasa Inggris.

Guru: Bagus sekali. Kalau kamu, Jono?

Jono: Harus siap uang, Pak.

Guru: Lho kok uang?

Jono: Ya Pak. Soalnya kalau sekolah kita statusnya sudah SBI, pasti bayarnya lebih mahal. Masa sih bayarnya sama kayak sekolah biasa? Udah gitu, pasti nanti diminta iuran untuk ini itu.

Guru: Jawabanmu kok sinis sekali? Begini lho, kalau sekolah kita bertaraf internasional artinya sekolah kita itu setara dengan sekolah luar negeri. Jadi, kalian seperti sekolah di luar negeri.

Jono: Tapi Pak, kalau menurut saya, SBI itu bukan Sekolah Bertaraf Internasional, tapi Sekolah Bertarif Internasional.

Akhirnya guru tersebut kebingungan membalas kata-kata Jono dan langsung membahas materi pelajaran.

Sebagai informasi tambahan, Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) sekarang sudah dibubarkan oleh MK.

(Contoh Teks Anekdot dialog singkat)

4. Contoh Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya

Contoh Teks Anekdot Lucu
Contoh Teks Anekdot Lucu

Contoh cerita anekdot yang tidak kalah lucu dan menggelitik, adalah contoh teks anekdot tentang kesehatan yang berjudul “minum obat bodrek” dan “kesetrika”. Selain lucu teks anekdot di bawah ini juga dilengkapi dengan strukturnya lengkap. Jadi, teks anekdot di bawah ini bisa dijadikan sebagai lelucon dan juga sebagai pembelajaran untuk anak sekolah.

#1 Contoh Teks Anekdot Yang lucu Tentang Kesehatan

Obat Bodrex

Suatu hari dibulan puasa , ada seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit, dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya, cucunya melihat kejadian itu langsung bertanya, “Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat ?” tanpa tampang berdosa, si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!”

Bagian bagian struktur dari cerita anekdot ( bodrex ) diatas:

Abstrak : suatu hari dibulan puasa

Orientasi : seoarang kakek sedang puasa tiba tiba kepalanya sakit

Krisis : dengan panik sikakek langsung meminum obat bodrex yang tersedia dirumahnya

Reaksi : Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat

Koda : si kakek pun langsung menjawab, “ itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja !!

#2 Contoh Teks Anekdot Tentang Kesehatan

Kesetrika

Di siang hari yang panas, ada seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar, Dokter : “Kenapa telinga anda” Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu setrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.” Dokter: “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ? Pasien : “ Lah itu dok si bego itu nelpon lagi“

Bagian bagian struktur dari cerita anekdot ( Kesetrika ) diatas:

Abstrak : Disiang hari yang panas

Orientasi : seorang pria datang kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar

Krisis : Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya, nah waktu saya sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering, karena reflek, seketika itu seketrika yang saya pegang saya tempelkan ditelinga kanan saya dok.

Reaksi : “ Ooo.. saya paham keluhan anda, terus telinga yang satunya lagi kenapa ?

Koda : Lah itu dok si bego itu nelpon lagi.

Contoh Teks Anekdot Beserta Struktur dan Kaidahnya

5. Contoh Teks Anekdot yang Singkat Tentang Kritikan Sosial Ala Gus Dur

contoh teks anekdot sindiran
contoh teks anekdot sindiran

Anekdot yang sempat populer dikalangan masyarakat adalah contoh teks anekdot singkat tentang kritikan sosial ala Gus dur. Cerita anekdot lucu di bawah ini sempat viral dikalangan masyarakat, karena selain lucu cerita anekdot ini juga mengandung kritikan secara halus. Anda dapat mengambil pelajaran dari contoh teks anekdot singkat di bawah ini.

Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Kritikan Sosial Ala Gus Dur

1. Kaum Almarhum

Mungkinkah Gus Dur benar-benar percaya pada isyarat dari makam-makam leluhur? Kelihatannya dia memang percaya, sebab Gus Dur selalu siap dengan gigih dan sungguh-sungguh membela “ideologi”nya itu. Padahal hal tersebut sering membuat repot para koleganya. Tapi, ini mungkin jawaban yang benar, ketika ditanya kenapa Gus Dur sering berziarah ke makam para ulama dan leluhur. “Saya datang ke makam, karena saya tahu. Mereka yang mati itu sudah tidak punya kepentingan lagi.” Katanya.

2. Obrolan Presiden

Saking udah bosannya keliling dunia, Gus Dur coba cari suasana di pesawat RI-01. Kali ini dia mengundang Presiden AS dan Perancis terbang bersama Gus Dur buat keliling dunia. Boleh dong, emangnya AS dan Perancis aja yang punya pesawat kepresidenan. Seperti biasa… setiap presiden selalu ingin memamerkan apa yang menjadi kebanggaan negerinya.Tidak lama presiden Amerika, Clinton mengeluarkan tangannya dan sesaat kemudian dia berkata: “Wah kita sedang berada di atas New York!”

Presiden Indonesia (Gus Dur): “Lho kok bisa tau sih?”

“Itu.. patung Liberty kepegang!”, jawab Clinton dengan bangganya.

Nggak mau kalah presiden Perancis, Jacques Chirac, ikut menjulurkan tangannya keluar. “Tau nggak… kita sedang berada di atas kota Paris!”, katanya dengan sombongnya.

Presiden Indonesia: “Wah… kok bisa tau juga?”

“Itu… menara Eiffel kepegang!”, sahut presiden Perancis tersebut.

Karena disombongin sama Clinton dan Chirac, giliran Gus Dur yang menjulurkan tangannya keluar pesawat… “Wah… kita sedang berada di atas Tanah Abang!!!”, teriak Gus Dur.

“Lho kok bisa tau sih?” tanya Clinton dan Chirac heran karena tahu Gus Dur itu kan nggak bisa ngeliat.

“Ini… jam tangan saya ilang…”, jawab Gus Dur kalem.

3. Becak, Dilarang Masuk

Saat menjadi Presiden, Gus Dur pernah bercerita kepada Menteri Pertahanan Mahfud MD tentang orang Madura yang katanya banyak akal dan cerdik. Ceritanya ada seorang tukang becak asal Madura yang pernah dipergoki oleh polisi ketika melanggar rambu “Becak dilarang masuk”. Tukang becak itu masuk ke jalan yang ada rambu gambar becak disilang dengan garis hitam yang berarti jalan itu tidak boleh dimasuki becak.

“Apa kamu tidak melihat gambar itu? Itu kan gambar becak tak boleh masuk jalan ini,” bentak Pak polisi.

“Oh saya melihat pak, tapi itu kan gambarnya becak kosong tidak ada pengemudinya. Becak saya kan ada yang mengemudi, tidak kosong berarti boleh masuk,” jawab si tukang becak.

“Bodoh, apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itukan ada tulisan bahwa becak dilarang masuk,” bentak Pak polisi lagi.

“Tidak pak, saya tidak bisa baca, kalau saya bisa membaca maka saya jadi polisi seperti sampeyan, bukan jadi tukang becak begini,” jawab si tukang becak sambil cengengesan.

(Contoh Teks Anekdot Singkat dan lucu Ala Gus Dur)

6. Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum Yang Sangat Lucu

contoh teks anekdot menyindir koruptor
contoh teks anekdot tentang hukum

Tidak hanya itu, ternyata teks anekdot bisa dibuat bisa dengan semua tema. Buktinya cerita yang bertema tentang hukum yang biasanya menegangkan dengan anekdot bisa di sulap menjadi suatu cerita lelucon yang lucu dan menghibur. Terlebih lagi juga disisipin sebuah pelajaran untuk diambil kebaikannya.

Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum

1. KUHP

Seorang dosen Fakultas Hukum sedang memberi kuliah Hukum Pidana, saat tiba sesi tanya-jawab si Ali bertanya pada pak dosen, apa kepanjangan daripada KUHP pak…?. Lalu pak dosen tidak menjawab sendiri melainkan dilemparkannya pada si Ahmad. ‘Saudara Ahmad, coba saya dibantu untuk menjawab pertanyaan saudara Ali’, pinta pak dosen. Lalu dengan tegas si Ahmad menjawab, ‘Kasih Uang Habis Perkara pak…!!!’, tegasnya. Mahasiswa lain tentu pada ketawa, sedang pak dosen geleng-geleng kepala, seraya menambahkan pertanyaan pada si Ahmad, ‘saudara Ahmad, darimana saudara tahu jawaban itu?!!’. Dasar si Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya pula dengan tegas, ‘peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik pak…!!!.

2. SARANG LABA-LABA

Pada saat pak dosen memberi kuliah Sosiologi Hukum, bertanyalah ia pada mahasiswa yang bernama Elisa.

Dosen : Saudari Elisa, coba utarakan seringkas mungkin kondisi penegakan hukum di Negara kita tercinta ini…!, tanyanya;

Elisa : Bagaikan sarang laba-laba pak!!’ jawabnya tegas;

Dosen : Maksudnya…?!

Elisa : Kalau kelas nyamuk akan tertangkap dan tak dapat berkutik pak!, sedang kalau kelas kumbang, wah…, jebol pak…!!;

Dosen : Kalau kelas gagak?!

Elisa : Tak tahu pak…!!

Mahasiswa lainnya : Hahaha

3. BIKIN UNDANG-UNDANG

Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lengang Dodi diajak cari sarapan, mereka naik mobil, tentu Allan yang nyopir. Di perempatan jalan, waduh…, lampu merah menyala, tapi Allan melaju terus, maka itu Dodi menegor sepupunya itu.

Dodi : Lampu merah, mengapa engkau melaju terus?!

Allan : Alah…, tenang aja, di Negeri ini aku bisa bikin Undang-undang kok…!, jawabnya santai..

Dodi : Bagaimana bisa?!, bukankah yang membuat Undang-undang itu DPR plus Pemerintah?!

Allan : (Meminggirkan mobilnya)

Dodi : Mengapa meminggir?!

Allan : Mau menjawab pertanyaanmu!!, jawabnya ketus.

Dodi : Mengapa harus meminggir?!

Allan : (Mobil dihentikan, lalu dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi seraya berkata): Ini jawabannya!! Sambil menancapkan gas…

Dodi : Oh…!!!

4. ADVOKAT

Suatu sore dua anak muda, mereka adalah mahasiswa Fakultas Hukum sedang terlibat diskusi kecil, nama mereka adalah Fredi dan Ibrahim:

Fredi : Apa ya, kepanjangan daripada ADVOKAT?

Ibrahim : Ada Duit adVOKasi All ouT!

Fredi : Hah…!!

5. PUNTUNG ROKOK

Singapore termasuk salah satu Negara yang bersih, bagi siapa yang membuang sampah sembarangan bisa didenda, termasuk puntung rokok sekalipun. Suatu ketika si Jeki sedang berlibur, tapi nampaknya ia tak tahu akan adanya aturan itu, ia merokok sendirian sambil duduk di bangku. Oleh sebab rokok sudah hampir habis dibuanglah begitu saja dan persis jatuh di sisi kaki kanannya. Tampa disangka, tiba tiba datang petugas:

Petugas : Tahukah anda, bahwa anda telah melakukan pelanggaran?!!. Tegasnya;

Azam : Tidak tahu, apa gerangan yang telah saya perbuat?!!

Petugas : Anda telah membuang sampah sembarangan, yaitu puntung rokok!!. Tegasnya lagi;

Azam : Dengan sigap ia menjawab, ‘oh…, maaf terjatuh…, dan lalu diambilnya puntung rokok itu serta langsung dihisapnya lagi….

Petugas : ??!!!!!

(Contoh teks anekdot hukum)

7. Contoh Teks Anekdot Pendidikan Singkat di Lingkungan Sekolah Yang Lucu

Contoh Teks Anekdot Pendidikan
Contoh Teks Anekdot Pendidikan

Cerita anekdot lucu memang sangat seru untuk di baca, karena bisa membuat pembaca akan tertawa dan merasa terhibur meskipun teksnya sangat singkat. Apa lagi kalau kita membaca cerita anekdot lucu yang satu ini tentang kepolosan anak kelas satu sd di sekolah.

Contoh Teks Anekdot Lucu

TANDA ORANG PINTAR

“anak-anak tandà orang pintar apà?” guru bertanyà

“rajin baca dàn nulis, bu!!!” jawab anak anàk

“bagus-bagus” puji guru

“rajin nyontek bu” jawab àmir

“lah kok, gitu mir” tegur guru

“buktinyà kita nyontek buat kapal, ahirnyà kita pintar buat kapal” betulkàn, bu”

“betul jugà, kamu mir” jadi anak-ànak rajinlah nyontek” guru berkatà

“asiiiik, besok ulangan kità bisa nyotek” jawab anak anak gembirà.

“bukan, yang model itu” seru guru sàmbil megang jidat.

==========================

Seorang guru sedang asik duduk dikelas satu. Murid bertanya.

Murid : “bu gulu ! (màklum belum bisà ucap r), katà amin satu tamba satu sebelàs”

Guru : “Min satu tambàh satu dua nak”. (bu guru menjelaskan padà amin)

Amin : “nggak bu, sebelàs. Ini buktinya” àmin maju menulis angka 11 dipapan tulis “sebelaskan, bu ?”

Guru : “dasar ànak-anak, kecil udah ngeyel gimanà besarnya ?” (dalam hati)

(Contoh Teks Anekdot Pendidikan)

8. Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Pendidikan di Lingkungan Sekolah

contoh teks anekdot pendek
contoh teks anekdot tentang pendidikan

Contoh teks anekdot yang terakhir adalah cerita drama antara murid dan guru. Cerita drama anekdot ini yang akan menjadi kesan yang sangat mengesankan dalam perjumpaan kita dalam kunjungan Anda, mengenai contoh teks anekdot lucu dan singkat.

Contoh Teks Anekdot di Sekolah

Ekstrakurikuler

Suatu hari seorang guru di suatu sekolah sedang melakukan sosialisasi kepada para siswa baru tentang kegiatan ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh mereka.

Guru: Anak-anak, selain mendapatkan pelajaran saat jam belajar di sekolah, kalian juga bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Adapun ekstrakurikuler yang wajib kalian adalah pramuka. Selain yang wajib, ada juga ekstrakurikuler lain yang bisa kalian ikuti, antara lain PMR, PKS, PBB, rohis, drumband, dan komputer

Ada pertanyaan?

Jono: Pak, apa sih gunanya kita ikut ekstrakurikuler?

Guru: Oh, banyak. Dengan ikut kegiatan ekstrakurikuler, kita bisa melatih kedisiplinan, kekeluargaan, kepemimpinan, dan sebagainya. Pokoknya banyak manfaatnya kalau kalian ikut ekstrakurikluer.

Joni: Termasuk tambahan uang saku ya Pak.

Guru: Ya, itu juga termasuk (sambil tersenyum).

Jono: Pak, kalau PBB itu gunanya apa Pak?

Guru: Seperti yang sudah saya katakan tadi, intinya berguna untuk kehidupan kita.

Jono: Gimana Pak, saya nggak mudeng. Kalau PMR kan berguna untuk menolong orang sakit, pramuka untuk melatih kedisiplinan dan cara bertahan hidup di alam bebas, PKS biar tahu rambu-rambu dalam berkendara. Kalau rohis sih sudah jelas bermanfaat untuk keimanan dan ketakwaan.

Nah, kalau PBB kan kegiatannya berbaris, berjalan, hadap kanan, hadap kiri, pokoknya kayak gitu deh. Apa kegiatan ini bertujuan untuk mengatur kita berjalan?

Apa kalau kita mau keluar rumah, kita harus jalan di tempat dulu lalu langkah tegap maju jalan?

Guru: Tentu bukan begitu. Misalnya, saat kalian rame-rame akan masuk kelas. Pintu kelas kan kecil, sedangkan jumlah kalian banyak. Nah, kalian bisa baris dulu, lalu masuk satu persatu.

Tiba-tiba salah seorang siswa memberikan tanggapannya.

Joni: Pak, kalau menurut saya, PBB itu mengajarkan kita kalau kita melakukan sesuatu harus diperintah. Kalau disuruh istirahat tempat ya istirahat tempat saja, nggak boleh jalan di tempat. Kalau itu diterapkan dalam kehidupan, berarti kita nggak boleh belajar sebelum diperintah dong Pak.

Guru: Jadi pusing saya. Sudah cukup. Sekarang kalian cuma tinggal pilih saja ekstrakurikuler yang akan kalian ikuti, kalau nggak suka ya nggak usah dipilih.

(Contoh Teks Anekdot Pendidikan)

Nah, alhamdulillah akhirnya pastiguna telah mengakhiri pembahasan tentang teks anekdot ini dengan kumpulan contoh teks anekdot singkat, lucu, menarik, dan menghibur para pengunjung pastiguna. Dan tidak hanya itu pastiguna juga membekali tentang dasar dari teks anekdot, yaitu pengertian teks anekdot, ciri-ciri teks anekdot, struktur teks anekdot, dan unsur-unsur kaidah kebahasaan teks anekdot.

Tinggalkan komentar