Perubahan Sosial Budaya: Pengertian, Proses, Faktor, Contoh, Dampak

Perubahan Sosial Budaya – Dalam kehidupan manusia pasti terjadi perubahan, ada yang sifatnya sementara maupun permanen. Hal tersebut sama dengan perubahan sosial budaya. Alasan paling utamanya adalah karena ada tatanan baru yang masuk dan bagaimana masyarakat menerima “pendatang baru” tersebut. Berikut ini penjelasan lengkap seputar perubahan di bidang sosial dan budaya tersebut.

Pengertian Perubahan Sosial Budaya

pengertian perubahan sosial budaya
pengertian perubahan sosial budaya

Dilihat dari konteks umumnya, pengertian perubahan sosial budaya adalah perubahan di bidang sosial dan budaya. Secara spesifik ahli sosial Samuel Koenig membeberkan bahwa pengertian perubahan sosial budaya yakni sebagai modifikasi pada bentuk kehidupan sosial di masyarakat. Penyebabnya bisa dari faktor eksternal yang asalnya dari luar diri seseorang, maupun faktor di dalam diri sendiri.

Selo Soemardjan berpendapat kalau pengertian perubahan sosial budaya adalah semua hal yang berubah di lembaga masyarakat dan kemudian berpengaruh pada sistem sosial yang terdiri dari norma, nilai,hingga perilaku yang ada. Beda lagi pengertian perubahan sosial budaya menurut Gillin yang mengungkapkannya sebagai ragam cara hidup dari masyarakat yang diterima karena beberapa faktor seperti inovasi, geografis, demografi, ideologi, hingga budaya.

Proses Perubahan Sosial Budaya

proses perubahan sosial budaya
proses perubahan sosial budaya

Perubahan yang terjadi di bidang sosial dan budaya ini meliputi tiga proses, di mana masing-masingnya punya peran penting hingga terjadinya perubahan. Anda mau tahu? Berikut adalah 3 proses perubahan sosial budaya yang dapat kemu ketahui.

1. Akulturasi

Pada proses ini terjadi pertemuan antara beberapa budaya, namun budaya asli masih ada dan diterapkan oleh masyarakat. Proses ini membutuhkan waktu, hingga akhirnya budaya baru diterima oleh masyarakat.

2. Asimilasi

Yaitu proses pertemuan beberapa budaya yang akhirnya menghasilkan budaya baru. Pada proses ini budaya lama yang sudah diterapkan masyarakat akan hilang, biasanya dilakukan untuk meminimalisir perbedaan signifikan di tengah masyarakat agar tujuan bersama bisa terealisasi.

3. Difusi

Adalah proses terjadinya sebaran budaya dari seseorang atau sebuah kelompok ke pihak lain. Proses akan berlangsung dimana kebudayaan yang dirasa memiliki manfaat, akan diterima lebih baik.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya

faktor penyebab perubahan sosial budaya
faktor penyebab perubahan sosial budaya

Untuk bagian ini ada dua jenis faktor penyebab perubahan sosial budaya yang perlu Anda ketahui, yaitu faktor penghambat dan pendorong. Kedua jenis faktor tersebut sama-sama mempengaruhi, proses perubahan sosial budaya yang terjadi. Ini penjelasannya:

A. Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya

Adapun faktor-faktor penghambat perubahan sosial budaya dapat Anda ketahui sebagai berikut.

1. Struktur Sosial

Adanya struktur sosial yang tidak mengakomodir terjadinya perubahan, biasanya sudah baku dan dijalankan oleh sebuah kelompok masyarakat sejak lama.

2. Sikap Tradisional

Masyarakat tradisional lebih susah menerima perubahan, karena pola pikirnya masih sangat sederhana. Inilah yang menjadi faktor penghambat perubahan sosial budaya.

3. Ideologi

Ideologi yang diterapkan pada sebuah tatanan masyarakat, juga bisa jadi salah satu faktor penghambat perubahan sosial budaya. Karena bisa jadi ada unsur dari budaya baru, yang tidak sesuai dengan ideologi yang sudah ada.

4. Agama

Sama halnya dengan ideologi, agama yang diabut dalam kelompok masyarakat juga bisa jadi faktor penyebab perubahan sosial budaya. Karena tentu masyarakat sudah memiliki keyakinan, yang dijadikan acuan hidup.

5. Minim Hubungan Antar Masyarakat

Ketika seseorang atau kelompok masyarakat kurang bersosialisasi, maka mereka akan susah untuk menerima perubahan sosial dan budaya.

6. Tertutup pada Perubahan

Ini adalah hambatan paling sulit, karena masyarakat tidak suka adanya perubahan sosial dan budaya. Jika dipaksakan, maka hasilnya tidak akan maksimal dan sesuai dengan tujuan. Hal ini bisa disebabkan pola pikir, tingkat pendidikan seseorang, atau kelompok tersebut.

B. Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya

Adapun faktor-faktor pendorong perubahan sosial budaya dapat Anda ketahui sebagai berikut.

1. Inovasi

Temuan baru akan menjadi slah satu faktor pendorong perubahan sosial budaya, apalagi jika berhubungan dengan hal yang dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Pendidikan yang Berkembang

Ketika masyarakat memiliki pendidikan yang semakin tinggi, mereka akan lebih mudah menerima perubahan di sekitarnya. Karena pola pikir yang lebih terbuka, banyaknya pemahaman tentang banyak hal akan menjadi faktor pendorong perubahan sosial budaya.

3. Standar Hidup Berubah

Perubahan standar hidup akan membuat orang lebih mudah untuk menerima perubahan, apalagi berhubungan dengan kondisi sosial dan budaya yang berubah.

4. Tidak Puas

Ketika terjadi ketidakpuasan terhadap kondisi saat ini, orang akan cenderung mencari hal yang bisa membuatnya puas. Kondisi pencarian ini akan menjadi salh satu faktor pendorong perubahan sosial budaya.

5. Masyarakat Heterogen

Masyarakat yang sudah majemuk pastinya memiliki banyak latar belakang sosial dan budaya, mereka akan lebih mudah menerima perubahan lagi di lingkungannya.

6. Terbuka

Sama halnya dengan heterogen, masyarakat dengan pola pikir terbuka akan lebih mudah menerima perubahan.

Contoh Perubahan Sosial Budaya

contoh perubahan sosial budaya
contoh perubahan sosial budaya

Banyak contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di tengah masyarakat, bisa jadi Anda termasuk salah satu yang sudah menikmati perubahan tersebut dan merasakan manfaatnya hehe. Apa saja contoh perubahan sosial budaya? Yuk simak berikut ini.

  1. Perubahan sistem pembayaran dalam jual beli, dulu hanya bisa dilakukan secara manual dengan memberikan langsung uang berbentuk kertas atau logam kepada penjual. Sekarang bisa melalui kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM), atau internet banking yang tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertatap muka langsung.
  2. Dulu tenaga manusia jadi sumber daya utama pada dunia industri, saat revolusi Industri yang terjadi di Inggris karena minimnya mesin. Tapi seiring waktu tenaga manusia mulai digantikan oleh mesin canggih, yang bisa dikelola secara otomatis dari jarak jauh.
  3. Terjadinya perubahan sosial dan budaya, di tengah masyarakat lereng Gunung Merapi Desa Kinahrejo. Mereka yang dulunya hidup bertani kini banyak beralih profesi menjadi tour guide karena pasca gunung meletus, daerah mereka banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat sisa-sisa bencana tersebut.
  4. Komunikasi yang dulunya harus melalui surat dan dikirim layanan pos, sekarang bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan kemajuan teknologi. Di mana sudah hadir telepon genggam dan internet yang bisa memudahkan komunikasi, bahkan melakukan berbagai aktivitas penting bersama dari jarak jauh saja.
  5. Di bidang kesenian, karena masuknya pengaruh budaya asing maka banyak tari yang dibuat versi modernnya. Atau lahirnya tari yang mengkolaborasikan unsur tradisional dengan modern, sesuai dengan kondisi sosial dan budaya suatu kelompok masyarakat.

Dampak Perubahan Sosial Budaya

dampak perubahan sosial budaya
dampak perubahan sosial budaya

Setelah tahu berbagai contoh perubahan sosial budaya diatas, Anda juga bisa lebih waspada dengan mengetahui dampak yang bisa terjadi akibat perubahan tersebut. Apa sajakah dampak perubahan sosial budaya?

1. Demonstrasi

Terjadinya protes dari sejumlah kalangan, yang tidak menyukai adanya perubahan sosial budaya yang terjadi. Karena bisa jadi menurut mereka perubahan tersebut hanya akan memberi dampak buruk, pada tatanan kehidupan yang sudah ada.

2. Akhlak Jadi Tidak Baik

Kalau perubahan yang terjadi di bidang sosial budaya tidak bisa ditelaah dan disaring dengan baik, bisa berdampak rusaknya akhlak masyarakat. Apalagi ketika menerima langsung secara menyeluruh sebuah perubahan, padahal sebenarnya tidak sesuai dengan norma dan kondisi sosial budaya yang sudah ada.

3. Konsumerisme

Munculnya kebiasaan menggunakan barang lebih dari porsinya atau berlebihan, hal ini merupakan dampak negatif perubahan sosial budaya yang cukup berbahaya dan bisa mengganggu pola hidup seseorang atau sekelompok orang.

4. Kriminalitas

Percaya atau tidak ketika perubahan terjadi, bisa berdampak pada meningkatnya angka kriminalitas. Bisa disebabkan keinginan masyarakat untuk segera menerapkan budaya baru, tanpa memikirkan kesanggupannya. Alhasil mereka menghalalkan cara negatif, untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

Mengetahui tentang segala hal tentang perubahan sosial budaya sangat menyenangkan, karena ternyata perubahan tersebut pasti sudah pernah Anda rasakan sendiri. Pastinya akan ada banyak lagi perubahan yang terjadi seiring perubahan zaman, kemajuan teknologi, dan tentunya kemampuan orang-orang untuk menerima perubahan itu sendiri.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar