Apa itu Teks Eksplanasi ? Berikut adalah Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri & Kaidah Kebahasaannya

Apa itu teks eksplanasi? Berikut adalah pengertian, fungsi, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan teks eksplanasi dan cara membuatnya. Yuk simak pembahasan teks eksplanasi yang sudah pastiguna.com kemas dengan bahasa yang enak dipahami, dan dijamin nggak kaku kayak kanebo kering hehe….

Di sekolah, kamu pasti pernah mempelajari teks eksplanasi. Banyak yang menganggap bahwa jenis teks satu ini sulit untuk dipelajari. Semoga kamu bukan salah satunya ya! Hehehe… Pada dasarnya paragraf eksplanasi tidak jauh berbeda dengan teks lainnya, karena memiliki ciri dan struktur khusus yang membuatnya bisa dipahami dengan lebih mudah.

Apa itu teks eksplanasi?

Lantas, seperti apa sebenarnya tulisan eksplanasi? Secara garis besar, eksplanasi di ambil dari kata explanation yang berarti penjelasan. Dengan kata lain, tulisan ini memuat penjelasan mengenai berbagai hal sesuai dengan topik yang ingin dibahas, baik fenomena alam, sosial, dan lain sebagainya. Mari berkenalan lebih jauh dengan jenis teks ini!

Pengertian Teks Eksplanasi

pengertian teks eksplanasi
pengertian teks eksplanasi

Apa yang dimaksud teks eksplanasi?

Demi mempermudah kamu untuk memahami paragraf eksplanasi, sebaiknya ketahui dahulu pengertian teks ini. Menurut pengertiannya, eksplanasi merupakan sebuah teks yang menjelaskan mengenai sebuah proses atau tahapan yang menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana suatu fenomena alam, sosial, budaya, dan ilmiah dapat terjadi.

Pendapat lain mengatakan bahwa tulisan eksplanasi merupakan paragraf yang berisi informasi mengenai proses terjadinya suatu fenomena alam, kehidupan sosial, dan ilmu pengetahuan. Jenis teks ini biasa ditemukan pada buku sejarah dan sains.

Setiap peristiwa terjadi karena adanya hubungan sebab-akibat dengan berbagai peristiwa lain. Dalam eksplanasi, hubungan sebab-akibat tersebut dijelaskan secara lebih rinci sehingga bisa menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana tentang kejadian suatu peristiwa. Sebagai contoh, sebuah tulisan eksplanasi menjelaskan tentang proses terjadinya gunung meletus atau dampak global warming.

Setelah mengetahui pengertian teks eksplanasi, kamu tidak lagi bingung kan? Intinya, tulisan eksplanasi merupakan penjelasan dari berbagai kejadian di sekitar kita. Singkat, padat, dan jelas. Haha…

Fungsi Teks Eksplanasi

fungsi teks eksplanasi
fungsi teks eksplanasi

Setiap teks pasti mempunyai fungsi tersendiri. Begitu juga dengan eksplanasi yang memiliki fungsi khusus. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, jenis teks ini dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’. Namun untuk lebih rinci, kamu bisa menyimak fungsi paragraf eksplanasi di bawah ini:

Fungsi teks eksplanasi

• Menjelaskan bagaimana proses kerja sesuatu
• Menjelaskan alasan mengapa sesuatu dapat terjadi
• Menjelaskan pendekatan yang paling memungkinkan untuk memecahkan masalah
• Membandingkan persamaan dan juga perbedaan.

Sudah merasa lebih jelas mengenai teks eksplanasi? Tunggu dulu! Masih ada banyak pembahasan lain yang tidak boleh kamu lewatkan untuk lebih memahami jenis teks yang satu ini. Tetap di tempat ya! Hihi…

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

ciri-ciri teks eksplanasi
ciri-ciri teks eksplanasi

Bagaimana cara mengenali tulisan eksplanasi? Cara terbaik untuk mengidentifikasi tulisan ini adalah dengan mengetahui ciri-ciri yang dimiliki. Eksplanasi mempunyai karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dengan tulisan lain. Apa saja ya?

Ciri-ciri teks eksplanasi

1. Informasi di tulis berdasarkan fakta tanpa adanya penambahan unsur opini penulis.
2. Topik yang dibahas adalah fenomena yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan bersifat ilmiah, baik itu sosial, alam, maupun budaya.
3. Teks bersifat informatif dan tidak ada unsur persuasif atau mempengaruhi pembaca untuk mempercayai hal-hal tertentu.
4. Penjelasan menggunakan penanda urutan seperti kata ‘pertama’, ‘kedua’, dan lain sebagainya.

Apabila kamu menemukan sebuah teks dengan karakteristik seperti yang telah disebutkan, dapat dipastikan bahwa tulisan tersebut berjenis eksplanasi. Eits, tapi tunggu dulu. Ada cara lebih mudah untuk mengenali jenis tulisan yang satu ini. Tanpa perlu membaca teks secara utuh, kamu juga bisa mengidentifikasi teks eksplanasi dari judul yang dibuat.

Sebagai contoh, teks dengan judul mengandung kata ‘proses terjadinya’, ‘fenomena alam’, atau hal-hal yang bersifat ilmiah, hampir bisa dipastikan teks tersebut berjenis eksplanasi. Cara yang pintar, bukan? Haha…

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

kaidah kebahasaan teks eksplanasi
kaidah kebahasaan teks eksplanasi

Dibandingkan dengan teks lain, eksplanasi mempunyai keunikan tersendiri dari segi kaidah kebahasaan. Teks ini menggunakan bahasa yang cenderung lebih ilmiah dan kompleks sesuai dengan fakta untuk menjelaskan fenomena yang terjadi.

Penasaran seperti apa kaidah kebahasaan yang digunakan oleh jenis tulisan eksplanasi? Mari simak bersama-sama di bawah ini:

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi
  • Topik pembahasan lebih berfokus pada hal-hal umum daripada yang berhubungan dengan partisipasi manusia. Beberapa topik yang sering dibahas antara lain fenomena alam seperti badai, tsunami, gempa, dan gunung meletus.
  • Bahasa yang digunakan bersifat lebih ilmiah. Berbagai istilah ilmiah juga sering digunakan dalam teks ini.
  • Kalimat pasif menjadi syarat untuk penulisan teks.
  • Tulisan banyak menggunakan kalimat penghubung dan penanda waktu seperti ‘kemudian’, ‘sebelum’, ‘setelah’, ‘pertama’, dan lain sebagainya.
  • Penjelasan bertujuan untuk meyakinkan bahwa kejadian tersebut benar-benar ada.

Jadi, kamu tidak boleh menggunakan bahasa secara sembarangan saat membuat tulisan ini. Jika tetap nekat, alhasil kamu justru berakhir dengan karangan indah. Hihi…

Struktur Teks Eksplanasi

struktur teks eksplanasi
struktur teks eksplanasi

Untuk bisa disebut sebagai tulisan eksplanasi, terdapat struktur tertentu yang harus dipenuhi. Ada tiga struktur utama yang merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Struktur tersebut meliputi Pernyataan umum, Deretan penjelas, dan Interpretasi.

Apa saja yang dimaksud dengan masing-masing struktur tersebut? Berikut penjelasannya untuk kamu, iya kamu! Hehe… Ciee…

Struktur teks eksplanasi

1. Pernyataan umum
Bagian ini memuat tentang penjelasan umum yang berkaitan dengan suatu peristiwa yang tengah dibahas. Pernyataan ini berupa penjelasan secara singkat atau pengenalan agar pembaca lebih mudah untuk memahami isi teks selanjutnya.
2. Deretan penjelas
Sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi menjelaskan mengenai sebab dan akibat dari suatu fenomena. Penjelas ini disusun secara berurutan sehingga dapat menjelaskan fenomena dari awal kejadian hingga akhir.
3. Interpretasi
Bisa dibilang bahwa interpretasi merupakan penutup dalam sebuah teks eksplanasi. Bagian ini bukanlah sebuah keharusan, namun hanya sekedar kesimpulan dari pernyataan dan penjelas yang telah disampaikan pada bagian sebelumnya.

Struktur teks di atas harus disampaikan secara berurutan agar menghasilkan tulisan eksplanasi yang mudah dipahami oleh audiens. Untuk memudahkan dalam menulis teks ini, kamu bisa membuat kerangka terlebih dahulu sehingga lebih mudah dalam mengembangkan. Cara ini juga bertujuan agar pembahasan tidak melenceng dari topik semula, layaknya kereta yang tetap pada jalur. Hehe…

Cara Membuat Teks Eksplanasi

cara membuat teks eksplanasi
cara membuat teks eksplanasi

Kamu merasa sudah siap untuk membuat tulisan eksplanasi? Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menulis eksplanasi karena kamu sudah mengetahui ciri dan strukturnya. Demi mempermudah proses penulisan, berikut cara membuat teks yang perlu kamu tahu:

Cara membuat teks eksplanasi

1. Menentukan topik
Pada tahapan ini kamu bisa memilih topik yang dianggap menarik. Pastikan juga kamu menguasai topik yang akan dibahas.
2. Menentukan kerangka
Kerangka merupakan pola awal dari teks yang harus kamu ikuti. Kerangka mempermudah kamu untuk tetap pada jalur dan pembahasan tidak meleber seperti adonan yang terlalu encer. Haha…
3. Pengembangan
Setelah mendapatkan kerangka, kamu bisa mengembangkan paragraf sesuai dengan data dan fakta ilmiah dari sumber terpercaya.

Mudah bukan? Setelah kamu memahami tentang pengertian teks eksplanasi dan fungsinya. Kini kamu bisa untuk menulis teks eksplanasi sendiri. Dengan memperhatikan berbagai hal seperti kaidah kebahasaan teks eksplanasi, ciri-ciri, dan struktur, kamu bisa membuat sebuah tulisan eksplanasi yang berkualitas. Selamat menulis!

Leave a Comment