✔ POSTER : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri, Jenis beserta Syarat Poster yang Baik

Pengertian Poster – Manusia berkomunikasi melalui berbagai macam cara, baik secara langsung maupun menggunakan perantara. Perantara, atau biasa disebut media komunikasi pun beragam bentuknya. Salah satu yang paling sering ditemui adalah poster yang berbentuk cetak.

Namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan poster? Mungkin tidak asing, akan tetapi banyak orang yang masih belum tahu apa itu poster. Untuk itu, disini kita akan bahas lengkap mulai pengertian poster, ciri-ciri poster, tujuan poster, jenis-jenis poster beserta dengan syarat-syarat poster yang baik.

Pengertian Poster

pengertian poster
pengertian poster

Apa itu poster?

Poster identik dengan dunia publikasi dan periklanan. Biasanya berupa selembar kertas berukuran besar yang memuat gambar-gambar dan tulisan menggoda. Desain poster umumnya atraktif, karena bertujuan agar mudah terlihat dan menarik perhatian khalayak.

Dalam dunia komersial, pengertian poster adalah salah satu bentuk media publikasi. Sebuah instansi komersial memanfaatkannya sebagai sarana pengenalan atau iklan produk, baik berupa barang, jasa, kegiatan, maupun kampanye.

Sementara dalam bidang kesenian, arti poster adalah sebagai bagian seni grafis dua dimensi. Komponen poster adalah perpaduan huruf, angka, dan gambar. Dicetak di atas media kertas berukuran besar, poster umumnya dipasang pada bidang yang rata di area keramaian.

Ensiklopedia Encarta pada edisi tahun 2004 juga mengungkapkan bahwa pengertian poster adalah iklan atau pengumuman yang diproduksi secara massal. Poster dibuat pada kertas berukuran besar dan berisi gambar berwarna indah, dengan teks atau merek dagang.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

pengertian poster menurut para ahli
pengertian poster menurut para ahli

Adapun perbedaan pendapat mengenai pengertian poster menurut para ahli, untuk lebih jelasanya kamu bisa langsung simak pengertian poster dari para ahli di bawah ini.

[su_box title=”Pengertian Poster Menurut Para Ahli” box_color=”#020202″]

1. Anitah (2009) dan Smith (2007)

Salah satu pendapat datang dari Anitah (2009) dan Smith (2007). Menurut keduanya telah berpendapat bahwa pengertian poster adalah media gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual, seperti garis, gambar, dan kata-kata untuk dapat menarik perhatian dan mengomunikasikan pesan secara singkat.

2. Sumbo Tinarbuko (2007)

Menurut Sumbo Tinarbuko (2007), pengertia poster adalah salah satu media komunikasi visual berbentuk dua dimensi. Kehadirannya bertujuan menyampaikan suatu pesan, keinginan, serta mengumumkan dan mengingatkan sesuatu yang dianggap penting kepada masyarakat.

3. Sabri (Musfiqon, 2012: 85)

Selanjutnya Sabri (Musfiqon, 2012: 85) mengutarakan bahwa arti poster adalah penggambaran yang ditunjukkan sebagai pemberitahuan, peringatan, maupun penggugah selera yang biasanya berisi gambar-gambar.

4. Kusrianto (2007: 338)

Pengertian poster lainnya disampaikan Kusrianto (2007: 338). Beliau menuliskan bahwa definisi poster adalah salah satu bagian dari seni dan desain yang memiliki gaya, aliran, maupun tren tersendiri yang tidak lepas dari tingkat penguasaan teknologi, serta gaya hidup dari suatu zaman.

5. Rudi Susilana dan Cepi Riana (2009: 14)

Sedangkan Rudi Susilana dan Cepi Riana (2009: 14) berpendapat bahwa definisi poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik perhatian orang yang lewat. Dari sini kita juga dapat menyimpulkan bahwa pemasangan poster sebaiknya dilakukan di lokasi yang tepat.[/su_box]

Tujuan Poster

tujuan dibuatnya poster
tujuan dibuatnya poster

Apa tujuan membuat poster?

Sejatinya tujuan membuat poster yakni untuk mengomunikasikan sesuatu. Karena media yang terbatas, informasi harus diringkas dengan hanya menonjolkan inti-intinya. Berikut penambahan elemen visual lain yang bertujuan untuk menarik minat konsumen.

Namun secara spesifik, tujuan pembuatan poster yakni ditujukan pada sasaran-sasaran tertentu sesuai dengan kebutuhan pembuatnya. Pada masa lalu, poster digunakan untuk menyampaikan pengumuman dari pemerintah atau raja kepada rakyat. Ini terjadi pada sekitar abad ke-15.

Poster juga dapat berperan sebagai media propaganda. Menjelang kemerdekaan Indonesia, marak diterbitkan poster-poster berisikan pesan bertema semangat nasionalisme. Tujuannya agar rakyat dapat bergairah dan bangkit untuk melepaskan diri dari kungkungan penjajah.

Dalam dunia pendidikan, pembuatan poster biasanya digunakan sebagai media pembelajaran berupa gagasan yang dituangkan dalam bentuk gambar dengan sedikit teks. Bahkan seniman bisa membuat poster tanpa tujuan tertentu selain ekspresi kreativitas.

Terkait dengan tujuan poster terbagi menjadi dua macam, yakni poster sosial dan poster komersial. Tujuan poster sosial berperan untuk mendukung sebuah program yang sedang berjalan, sebagai salah satu alat untuk menyampaikan informasi tentang program tersebut.

Sedangkan tujuan poster komersial, atau sering disebut pula dengan poster niaga, akan berisi penawaran-penawaran atau bujukan kepada konsumen. Tujuan utama pembuatan poster niaga adalah agar orang tertarik untuk mengonsumsi produk yang ditampilkan dalam poster.

Fungsi Poster

Apa Fungsi Poster?

Fungsi dari poster tidak jauh-jauh dengan pengertian poster, sebagai salah satu jenis media poster berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak umum. Hal ini, karena desain poster dibuat semenarik mungkin menggunakan warna yang akan membuat banyak orang tertarik untuk melihat dan membacanya.

Dengan cara itulah informasi dapat tersampaikan dengan baik tanpa menyinggung dan membuat pembaca merasa bosan dengan menggunakan cara penyampaian yang lebih menarik perhatian. Untuk lebih mudahnya, fungsi poster adalah sebagai berikut.

[su_box title=”Apa saja fungsi poster?” box_color=”#020202″]

  • Fungsi poster adalah sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik.
  • Fungsi poster adalah sebagai media promosi baik produk barang maupun jasa.
  • Fungsi poster adalah sebagai sarana para desainer grafis untuk berkreativitas.[/su_box]

Ciri-Ciri Poster

ciri-ciri poster
ciri-ciri poster

Tahukah kamu apa saja ciri-ciri poster?

Media komunikasi umumnya memiliki ciri utama, yaitu mengandung unsur ajakan atau memuat informasi tertentu. Namun khusus untuk poster, terdapat beberapa karakteristik yang membedakannya dengan media lainnya. Adapun ciri-ciri poster dapat kamu simak sebagai berikut.

[su_box title=”Sebutkan ciri-ciri poster?” box_color=”#020202″]

  1. Ciri pertama terkait dengan ukurannya. Sebagian besar poster pada media kertas, menggunakan kertas berukuran minimal 20×30 cm. Ukuran yang lebih kecil berarti tidak dapat disebut sebagai poster, melainkan flyer atau selebaran.
  2. Berikutnya mengenai komposisinya. poster mengandung perpaduan teks dan gambar yang didesain menarik, menggunakan warna-warna mencolok, serta memiliki kesan kuat meski hanya dilihat secara sekilas.
  3. Dan ciri-ciri poster yang terakhir berhubungan dengan metode pemasangannya. Poster dipasang pada bidang datar, di area yang mudah terlihat oleh khalayak. Faktor ini turut menentukan berapa ukuran poster yang paling pas dipasang pada bidang tertentu.[/su_box]

Syarat-Syarat Poster yang Baik

syarat-syarat poster yang baik
syarat-syarat poster yang baik

Lawson mengutarakan bahwa poster memiliki keuntungan dalam menarik orang-orang yang memunyai minat khusus terhadap sesuatu. Pasalnya, poster dapat menyampaikan atau menyajikan pokok dari suatu permasalahan (2005).

Dalam dunia komunikasi, poster digolongkan sebagai media komunikasi below the line, yang ditujukan secara langsung kepada konsumen atau pengguna. Oleh karena itu, pembuatan media poster sebaiknya berpedoman pada kriteria-kriteria tertentu.

Tahukah kamu apa syarat-syarat poster yang baik?

Jika disuruh sebutkan syarat-syarat poster yang baik, maka pertama-tama tentu saja apabila berhasil menarik perhatian banyak orang, terutama khalayak yang disasar. Kemudian secara efektif mampu menanamkan pesan atau informasi di dalamnya tanpa memberikan detail berlebihan.

Unsur teks pada poster sebaiknya singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami. Disampaikan secara kasual sebagai ajakan yang langsung bisa menancap dalam ingatan pemirsanya. Jenis huruf yang dipakai juga berukuran cukup besar dan memiliki tingkat keterbacaan tinggi.

Sementara dari segi gambar, poster menampilkan ilustrasi sesuai dengan sajian informasi utamanya. Biasanya menggunakan warna-warna tegas dan kuat, semakin memberi kesan mendalam bagi orang yang melihatnya.

Singkatnya, poster harus tersaji secara sederhana, mengandung sebuah ide untuk tujuan atau sasaran tertentu, berwarna, memiliki slogan yang ringkas dan jitu, teks jelas, serta motif dan desain bervariasi, yang tentunya dapat menarik perhatian banyak orang.

 

Jenis-jenis Poster

jenis-jenis poster
jenis-jenis poster

Selain pengelompokan menurut tujuannya, poster juga dibedakan berdasarkan metode instalasinya, yaitu poster luar ruangan dan dalam ruangan. Namun secara umum, berikut adalah jenis-jenis poster yang banyak dikenal masyarakat selama ini yakni dibagi menjadi 2 jenis yaitu jenis poster berdasarkan isi dan tujuannya.

a. Jenis-jenis poster Berdasarkan Isinya

Adapun jenis poster berdasarkan isinya ada 5 yaitu poster niaga, poster kegiatan, poster pendidikan, poster karya seni, dan poster masyarakat. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasannya sebagai berikut.

1. Poster Niaga

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, poster niaga adalah media untuk promosi produk atau hasil karya yang akan diperjualbelikan. Isinya berupa penawaran persuasif untuk memengaruhi keputusan calon konsumen.

2. Poster Kegiatan

Poster ini juga bisa mengandung unsur perniagaan. Poster kegiatan merupakan sarana publikasi sebuah program, aktivitas, kegiatan, atau acara yang akan diadakan oleh sebuah institusi tertentu. Bertujuan untuk mengundang khalayak agar menghadirinya.

3. Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah poster yang berisi tentang pesan-pesan informatif yang mendukung sebuah program, iklan layanan masyarakat, atau penjelasan akan sesuatu yang dianggap penting. Teks menjadi komponen utama poster ini, tetapi bisa juga disertai ilustrasi sederhana atau simbol-simbol.

4. Poster Karya Seni

Adapun poster karya seni adalah jenis poster yang dibuat untuk mengekspresikan kreativitas. Mengandung nilai artistik tertentu sesuai dengan keinginan pembuatnya. Poster karya seni bisa digunakan sebagai item dekorasi ruangan, atau diperjualbelikan bila ada peminatnya.

5. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah jenis poster yang isinya yaitu memberikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat, seperti poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

b. Jenis-jenis Poster Berdasarkan Tujuannya

Adapun jenis poster berdasarkan tujuan pembuatan poster tersebut dibagi menjadi 10 jenis. Apa saja itu? Yuks imak penjelasannya dibawah ini.

1. Poster Propaganda

Poster propaganda adalah poster  yang bentuknya seperti poster era kemerdekaan Indonesia. Tujuannya untuk menyampaikan ide atau pesan bernilai tinggi terkait dengan fenomena umum yang sedang berlangsung, yang dapat berpengaruh besar terhadap kehidupan khalayak pada umumnya.

2. Poster Kampanye

Poster kampanye adalah jenis poster yang biasanya sering muncul pada saat pilkada atau pemilu, tujuan poster ini untuk meraih simpati dari masyarakat sebanyak mungkin, supaya masyarakat memilihnya ketika pemilu sudah tiba.

3. Poster Afirmasi

Poster afirmasi adalah jenis poster yang memiliki tujuan untuk memotivasi para pembaca dengan menggunakan kalimat yang dapat mempengaruhi pembacannya.

4. Poster Wanted (Dicari)

Poster wanted adalah poster yang memiliki tujuan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan, seperti contoh poster perusahaan yang sedang mencari pekerja, poster untuk mencari orang hilang, buronan dan lain sebagainya.

5. Poster Film

Poster poster film adalah jenis poster yang memiliki tujuan untuk mempromosikan film-film terbaru yang akan segera tayang dengan harapan masyarakat lebih tertarik untuk melihatnya.

6. Poster Komik

Poster komik adalah jenis poster yang memiliki tujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum atau banyak orang.

7. Poster “Cheesecake”

Poster cheesecake adalah poster yang memiliki tujuan untuk mencari perhatian banyak orang, biasanya poster jenis ini memuat gambar-gambar tokoh terkenal seperti artis selebriti, penyanyi dan lain sebagainnya. Yang intinya bisa menarik perhatian dari banyak orang.

8. Poster Riset

Poster riset adalah yang memiliki tujuan untuk memberikan sebuah informasi kegiatan penelitian “riset” kepada banyak orang, kamu bisa menemui poster jenis ini disekolah.

9. Poster Komersial

Poster komersial adalah poster yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk maupun jasa yang dijual oleh suatu perusahaan, biasanya poster jenis ini disebut juga sebagai poster niaga.

10. Poster Kelas

Poster kelas adalah poster yang memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan motivasi kepada para siswa, poster ini biasanya dapat kita lihat di dalam kelas-kelas yang terdapat di sekolah.

Untuk sekarang ini, bentuk poster juga mengalami perubahan seiring dengan kemajuan teknologi digital. Dahulu hanya ada poster fisik, yang tercetak pada lembaran kertas atau kulit. Kini ada poster digital, yaitu berupa data gambar dengan kualitas resolusi tertentu.

Tinggalkan komentar